Bacaterus / Entertainment / Film Barat / 10 Film Terbaik dan Populer Karya Sutradara Clint Eastwood

10 Film Terbaik dan Populer Karya Sutradara Clint Eastwood

Clint Eastwood adalah contoh sukses insan film di Hollywood. Memulai karir sebagai aktor dengan banyak film sukses dan kemudian menjadi sutradara handal yang menghasilkan banyak film berkualitas. Mungkin moviegoers mengenal sosok ini sebagai cowboy di film trilogi spaghetti western karya Sergio Leone dan di 5 film action sebagai sosok polisi urakan Dirty Harry.

Memulai karir akting sejak tahun 1955, di tahun 1970 Clint Eastwood memberanikan diri membesut film arahannya sendiri, Play Misty for Me [1970], yang tidak disangka ternyata mendapat sambutan yang baik dari para moviegoers. Hal ini membuktikan jika dia memiliki talenta sebagai sineas papan atas kelak. Dan dugaan itu tidak meleset. Saat ini, Clint Eastwood telah menjadi salah satu sutradara terbaik Hollywood.

Dari 39 film yang sudah dirilis sejak tahun 1970 hingga 2017 ini, berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik diantaranya. Beberapa diantaranya adalah peraih Oscar dan juga mendapat penghargaan di berbagai festival film bergengsi.

1. High Plains Drifter [1973]

high plans drifter

Masih terpengaruh oleh karakter cowboy-nya di beberapa filmnya bersama Sergio Leone dan Don Siegel, Clint Eastwood menampilkan film western sederhana tetapi bermutu tinggi. Ceritanya mungkin biasa saja, dimana seorang cowboy asing datang ke sebuah desa yang mengalami ketegangan karena akan kedatangan tiga orang bandit.

Meski film ini sedikit banyak mendapat cibiran dari beberapa kritikus film, bahkan John Wayne yang sering bermain dalam film cowboy menilai film ini dangkal, tetapi nyatanya film ini menjadi salah satu film western terlaris di tahun 1970an dan masih dianggap sebagai salah satu film western terbaik menurut AFI. Bahkan, Rotten Tomatoes memberikan rating 96% untuk film yang mengambil syuting di Danau Mono California ini.

2. The Outlaw Josey Wales [1976]

the outlaw josey wales

Dalam film western berseting di era American Civil War ini, Clint Eastwood berperan sebagai Josey Wales yang merupakan seorang petani yang terpaksa angkat senjata untuk membalaskan dendam atas pembunuhan terhadap anggota keluarganya yang dilakukan oleh Pasukan Union. Kemudian dia bergabung ke Pasukan Gerilya Konfederasi dalam perang saudara tersebut.

Josey Wales adalah karakter fiktif yang menjadi populer karena kesuksesan novel The Rebel Outlaw: Josey Wales yang diterbitkan di tahun 1973. Kisah novelnya yang berliku-liku dan penuh petualangan serta pelarian, ditampilkan dalam layar lebar dengan cukup baik oleh Clint Eastwood yang membuat seorang Orson Welles memprediksi jika Eastwood akan menjadi sutradara besar kelak.

3. Unforgiven [1992]

unforgiven

Seorang gunslinger yang sudah pensiun memutuskan untuk kembali beraksi dalam satu misi terakhirnya. William Munny, yang diperankan oleh Clint Eastwood, dibantu oleh beberapa rekannya yang diperankan oleh Gene Hackman, Morgan Freeman dan Richard Harris. Dalam promosi film ini, Eastwood menyatakan jika film ini adalah film western terakhirnya.

Sebuah tribute bagi para mentornya, Sergio Leone dan Don Siegel, film ini meraih 4 Oscar dari 9 nominasi. Clint Eastwood sendiri berhasil membawa pulang Oscar sebagai Best Director dan sebagai nominator di kategori Best Actor. Selain itu, film ini juga berhasil meraih Oscar di kategori Best Picture, Best Supporting Actor untuk Gene Hackman dan Best Film Editing.

4. The Bridges of Madison County [1995]

the bridges of madison county

Film drama romantis yang diadaptasi dari novel best-seller karya Robert James Waller ini memadukan Clint Eastwood dengan Meryl Streep dalam salah satu performa terbaiknya. Bercerita tentang kisah cinta dan perselingkuhan antara seorang ibu rumah tangga dan fotografer National Geographic selama empat hari yang kemudian merubah hidup mereka selamanya.

Clint Eastwood yang biasanya bermain dalam film western atau action, tidak disangka bisa tampil baik dalam sebuah film romantis dan memiliki chemistry yang nyaris sempurna dengan Meryl Streep, sehingga mengantarkan Meryl Streep masuk nominasi Oscar di kategori Best Actress.

5. Mystic River [2003]

mystic river

Film psychological thriller ini merupakan adaptasi novel karya Denis Lehane yang menceritakan sebuah tragedi di kota kecil yang mempertemukan kembali tiga orang teman masa kecil dalam posisi yang saling mencurigakan. Film yang musiknya ditangani juga oleh Clint Eastwood ini dibintangi oleh tiga aktor kawakan, yaitu Sean Penn, Tim Robbins dan Kevin Bacon.

Pujian banyak dituai oleh film ini yang mulai memasukkan nama Clint Eastwood sebagai salah satu sutradara terbaik Hollywood. Total dua Oscar dari enam kategori Academy Award berhasil mereka raih, yaitu Best Actor untuk Sean Penn dan Best Supporting Actor untuk Tim Robbins. Nuansa kelam dan misterius memenuhi sepanjang durasi film ini.

6. Million Dollar Baby [2004]

million dollar baby

Di film drama olahraga tentang dunia tinju ini, Clint Eastwood selain bertindak sebagai sutradara juga, seperti biasanya, sebagai aktor, produser dan penggubah musik.Film sederhana beraroma Oscar ini menampilkan akting terbaik dari Hilary Swank, Clint Eastwood dan Morgan Freeman. Alur ceritanya yang sedikit mellow, membuat kita mampu menitikkan air mata.

Dari total tujuh nominasi, film yang diangkat dari cerita pendek karya F.X. Toole ini berhasil membawa pulang empat Oscar, yaitu Best Picture, Best Actress untuk Hilary Swank, Best Supporting Actor untuk Morgan Freeman dan Best Achievement in Directing untuk Clint Eastwood yang mengabsahkan kemampuannya dalam mengarahkan film berkualitas.

7. Letters from Iwo Jima [2006]

letter from iwo jiwa

Kali ini, Clint Eastwood menampilkan sebuah film drama perang tentang Pertempuran Iwo Jima dari sudut pandang pasukan Jepang, lengkap dengan penggunaan bahasa Jepang di sepanjang filmnya. Film ini merupakan pelengkap film sebelumnya, Flags of Our Fathers [2006], yang menceritakan pertempuran yang sama dari sudut pandang pasukan Amerika.

Film ini terbukti tampil lebih baik dari film kembarannya yang sama-sama disutradarai oleh Clint Eastwood juga, baik secara kualitas maupun hasil box-office-nya. Meski hanya meraih satu Oscar dari kategori Best Sound Editing, film ini tetap berhasil masuk daftar deretan film-film terbaik di tahun 2007, setelah film yang juga diproduseri oleh Steven Spielberg ini dirilis luas di Amerika.

8. Changeling [2008]

changeling

Clint Eastwood kembali membesut film bergenre psychological thriller dengan Angelina Jolie sebagai pemeran utamanya. Film ini bercerita tentang perjuangan seorang ibu yang memperjuangkan pendapatnya bahwa anak yang ditemukan oleh polisi bukanlah anaknya yang hilang, tetapi pihak yang berwajib justru memposisikan dirinya sebagai pihak yang salah.

Kisah ini terinspirasi dari peristiwa nyata di tahun 1928 yang membuka borok pemerintah dan pihak berwajib California di era tersebut. Film ini memaparkan tentang kriminalitas terhadap anak kecil, diskriminasi hukum terhadap kaum wanita, dan penyalahgunaan wewenang oleh pemerintah. Respon atas film ini beragam dan tidak ada Oscar yang berhasil diraih.

9. Gran Torino [2008]

gran torino

Film ini mengangkat tema tentang kehidupan para pengungsi suku Hmong asal Laos di Amerika. Salah satu remajanya terlibat gangster yang mengakibatkan bahaya bagi keluarga dan para tetangganya. Seorang veteran Perang Korea, yang diperankan oleh Clint Eastwood, membantu menyelesaikan masalah ini dengan caranya sendiri.

Film yang menampilkan dua putra Eastwood ini, Scott sebagai aktor dan Kyle sebagai penggubah musik, memiliki ritme yang lambat tetapi membuat kita penasaran dengan apa yang akan terjadi setelahnya. Ending yang ditampilkan pun meninggalkan kesan mendalam bagi penonton yang tidak akan mudah terlupakan.

10. Sully [2016]

sully

Film ini mengangkat kisah pilot Chesley Sullenberger yang melakukan pendaratan darurat di Sungai Hudson tanpa ada korban jiwa, tetapi disudutkan dalam investigasi di atas pengakuan atas tindakannya yang menyelamatkan banyak jiwa. Tokoh utamanya diperankan oleh Tom Hanks dengan cukup baik dan menampilkan sosok aslinya pada credit title.

Film ini menuai banyak pujian, tetapi dikritik oleh sebagian pihak yang menempatkan National Transportation Safety Board sebagai pihak antagonis yang selalu mencari-cari kesalahan atas sebuah peristiwa di dunia transportasi. Padahal seluruh penumpang menyanjung dan berterima kasih kepada sang pilot atas tindakan kepahlawanannya tersebut.

Meski saat ini Clint Eastwood telah menjadi salah satu sutradara papan atas Hollywood, tetapi dirinya masih terus berkembang jika melihat filmography-nya. Dari film ke film grafiknya selalu naik meski ada beberapa diantara tidak tampil lebih baik dari film sebelumnya. Dan uniknya, sudah berbagai macam genre dicoba olehnya, mungkin hanya film horror saja yang belum pernah dibuatnya.

Di usia yang sudah sangat sepuh, terbukti tangan dingin Clint Eastwood tetap menghasilkan film-film berkualitas tinggi. Menurut para aktor dan kru film, pembawaan yang santai dalam mengarahkan film membuat mereka nyaman dan suasana syuting menjadi kondusif. Hal ini membuat banyak aktor ingin kembali bekerjasama dengannya. Kita tunggu bersama film berkualitas berikutnya dari sang kakek ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan Sumber Gambar :

About the Author:

Dhany Wahyudi
Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment