Bacaterus / Film Adaptasi Buku / 10 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Buku Non-fiksi

10 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Buku Non-fiksi

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Non-fiction adalah sebuah pemaparan yang dibuat oleh penulisnya berdasarkan kejadian nyata, biasanya dalam sebuah cerita.  Meski terkesan realistis, tetapi mayoritas karya tulis ini tidak terpaku oleh detil kejadian, seperti hari-bulan-tahun peristiwa, melainkan lebih mengedepankan sisi dramatis dari peristiwa tersebut untuk konsumsi masyarakat umum. Terkadang juga keakuratan kisahnya sering dipertanyakan keabsahannya meski memang ada bukti yang menguatkan.

Buku-buku non-fiksi ini adalah ladang naskah bagi para sineas Hollywood. Setiap buku non-fiksi yang dirilis dan menjadi best-seller sudah dipastikan akan tampil di layar lebar dalam waktu dekat. Biasanya, film jenis ini difokuskan untuk menjadi kandidat juara festival dengan memasang aktor-aktris terkenal dan sutradara yang handal.

Lalu, apa saja film terbaik yang naskahnya berdasarkan adaptasi dari buku-buku non-fiksi? Berikut ini Bacaterus pilihkan sepuluh diantaranya yang terbaik.

All the President’s Men [1976]

All the President’s Men

Film thriller politik yang sudah menjadi klasik karya sutradara Alan J. Pakula ini memaparkan kisah dua orang jurnalis yang melakukan investigasi skandal Watergate untuk The Washington Post.

Berdasarkan buku karya Carl Bernstein yang diperankan oleh Dustin Hoffman dan Bob Woodward yang diperankan oleh Robert Redford di film ini, detil langkah mereka dalam menguak skandal yang menjatuhkan Presiden Richard Nixon dari kursi pemerintahannya ditampilkan dengan sangat baik. Naskah film ini berhasil meraih Oscar di kategori Best Adapted Screenplay.

JFK [1991]

JFK

 

Film yang bercerita tentang konspirasi pembunuhan Presiden USA John F. Kennedy dengan bintang Kevin Costner sebagai Jim Garrison ini menuai banyak kontroversi. Sutradara Oliver Stone yang menulis naskahnya berdasarkan buku On the Trail of the Assassins karya Jim Garrison dan Crossfire: The Plot That Killed Kennedy karya Jim Marrs ini dituduh telah melakukan interpretasi secara bebas sebuah peristiwa bersejarah.

Memang tidak banyak fakta yang diberikan, tetapi yang sedikit ini cukup membuka mata publik akan rumitnya konspirasi sebuah pembunuhan kepala negara adidaya nan kharismatik ini.

Apollo 13 [1995]

Apollo 13

Film yang sukses secara komersial dan kualitas karya sutradara Ron Howard ini memaparkan detil peristiwa peluncuran pesawat ulang-alik Apollo 13 pada tahun 1970 yang gagal mendarat di Bulan karena terjadi kerusakan yang mengharuskan mereka kembali ke Bumi demi menyelamatkan nyawa mereka.

Dibintangi oleh Tom Hanks sebagai Jim Lovell, film ini merupakan adaptasi dari buku yang ditulis oleh Jim Lovell sendiri sehingga keakuratan cerita sangat terjaga terutama dari perspektif dirinya sendiri.

The Basketball Diaries [1995]

Film yang melambungkan Leonardo DiCaprio sebagai idola remaja baru ini menceritakan kisah seorang remaja yang terkena pengaruh buruk kecanduan heroin, sehingga bisa menghancurkan karirnya sebagai pelajar, penulis dan atlet basket.

Naskahnya merupakan adaptasi dari buku karya Jim Caroll yang diterbitkan pada tahun 1978. Kisah aslinya berseting di tahun 1960an, tetapi dalam film dipindahkan ke era 1990an sesuai dengan saat filmnya dirilis.

Friday Night Lights [2004]

Film yang menceritakan perjuangan tim American Football dari Permian High School dalam mengejar gelar juara di tahun 1988 ini diadaptasi dari buku karya H.G. Bissinger yang terbit di tahun 1990. Film karya sutradara Peter Berg ini menampilkan bagaimana eratnya tim ini dengan para fansnya juga masyarakat di kotanya yang membela mereka dalam ajang kompetisi yang mereka ikuti.

Meski tidak sesukses seperti yang diprediksikan, tetapi film ini kemudian dikembangkan menjadi serial yang ditayangkan di NBC sejak tahun 2006 hingga 2011 yang telah berakhir di season ke-5.

Freedom Writers [2007]

Freedom Writers

Peran guru dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Terutama yang memiliki metode brilian dalam mengasah potensi terpendam dari para muridnya. Hilary Swank berperan sebagai Erin Gruwell yang bukunya dijadikan dasar kisah di film ini.

Gruwell menanamkan semangat menulis kepada para muridnya untuk menceritakan apa saja yang ada dalam pikiran mereka yang ternyata mampu membuat mereka menjadi orang yang lebih baik dalam lingkungan yang penuh kejahatan di Long Beach, California.

Into the Wild [2007]

Into the Wild

Christopher McCandless mungkin tidak akan dikenal oleh publik jika kisahnya tidak diangkat oleh Jon Krakauer lewat buku yang dirilis di tahun 1996, empat tahun setelah kematiannya yang tragis dalam kesendirian di Stampede Trail, Alaska.

McCandless hanyalah seorang pemuda yang jengah dengan kerumitan hidup modern dan memilih menyendiri di pegunungan Alaska agar bisa menyatu dengan alam. Dalam filmnya, McCandless diperankan oleh Emile Hirsch dengan sangat baik sekali dibawah arahan Sean Penn yang bertindak selaku sutradara.

The Blind Side [2009]

The Blind Side

Film yang penuh pesan motivasi ini berhasil membawa Sandra Bullock sebagai peraih Oscar di kategori Best Actress. Disadur dari buku karya Michael Lewis yang diterbitkan di tahun 2006, film ini mengisahkan bagaimana seorang remaja miskin yang diasuh oleh keluarga kaya-raya sehingga berhasil menjadi superstar olahraga American Football dan juga sukses dalam pendidikannya.

Film ini tampil ringan khas film-film keluarga lengkap dengan elemen-elemen yang harus hadir, makanya menjadi sebuah kejutan ketika kemudian banyak mendulang penghargaan dan pendapatan yang besar.

Argo [2012]

Argo

Film yang disutradarai dan diperankan oleh Ben Affleck ini menceritakan kisah penyelamatan beberapa warga negara USA dari penyanderaan di Teheran, Iran.

Diadaptasi dari buku The Master of Disguise karya Tony Mendez yang di film diperankan oleh Ben Affleck, detil kejadian diungkap dengan sangat baik, meski banyak pengamat politik yang menyatakan ketidakakuratan peristiwa di sana-sini. Meski begitu, film ini berhasil membawa pulang tiga Oscar, salah satunya sebagai Best Picture.

The Big Short [2015]

The Big Short

Di tahun 2007-2008, USA pernah mengalami krisis keuangan yang diakibatkan oleh kredit perumahan yang meninggi. Buku yang membahas kejadian ini ditulis oleh Michael Lewis dan diterbitkan di tahun 2010. Anehnya, film ini tampil seolah tidak serius tetapi dalam akan pemahaman ekonominya.

Dibintangi oleh Steve Carell, Christian Bale dan Ryan Gosling, mereka bertiga tampil dalam salah satu performa terbaik mereka sebagai orang-orang yang memprediksi krisis ini dan ingin mencuri keuntungan dalam kesempatan ini. Pemaparan istilah ekonominya ditampilkan cukup unik dengan pembahasan ringan dan menarik oleh para cameo yang hadir, salah satunya adalah Selena Gomez.

Itulah sepuluh film terbaik yang naskahnya berdasarkan adaptasi dari buku non-fiksi. Dengan beragam tema yang ditampilkan, akan mampu menambah wawasan kita tentang berbagai bidang yang disajikan di film yang semuanya berdasarkan kisah nyata.

Biasanya, seiring perilisan filmnya, buku yang menjadi inspirasinya diterbitkan kembali dengan cover yang sudah disamakan dengan poster filmnya dan kembali meledak yang menimbulkan minat baca yang tinggi dari publik.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *