Bacaterus / Entertainment / Film India / 10 Rekomendasi Film Terbaik yang Dibintangi Anupam Kher

10 Rekomendasi Film Terbaik yang Dibintangi Anupam Kher

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Anupam Kher adalah salah satu aktor senior di perfilman Bollywood yang aktingnya sudah diakui oleh kritikus film dan moviegoers. Meski lebih sering berperan sebagai supporting actor, tetapi lewat peran-peran seperti itulah justru karirnya terangkat. Ingat perannya sebagai kakek dari Anjani kecil di film Kuch Kuch Hota Hai [1999]?

Anupam Kher memulai karir aktingnya langsung di film layar lebar, hal yang tidak biasa bagi aktor pada umumnya yang biasanya memulai karir lewat serial dan film televisi. Sejak mulai berakting di tahun 1982, sudah hampir 500 film dia bintangi. Tidak hanya di Bollywood saja, tetapi Anupam Kher juga sempat berperan dalam film-film produksi Eropa, Asia, dan Hollywood.

Berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik darinya yang menampilkan performa akting yang mumpuni dan khasanah filmography-nya yang mendunia.

10 Film Terbaik Anupam Kher

1. Saaransh [1984]

* sumber: www.indianexpress.com

Film perdana di mana Anupam Kher tampil sebagai aktor utama ini adalah film yang bertanggung jawab mengatrol karir perfilmannya di Bollywood. Meski usianya saat itu 29 tahun, usia yang bisa dibilang terlambat untuk memulai karir akting, tetapi tidak berlaku baginya.

Di film karya Mahesh Bhatt ini, Anupam Kher membuktikan kapasitas aktingnya yang diembannya saat belajar di National School of Drama. Dan hasilnya adalah gelar Best Actor dari FilmFare Award berhasil diraihnya. Karena perannya di film drama ini sebagai orang tua, di film-film selanjutnya dia pun selalu dipercaya untuk tampil dalam karakter yang nyaris serupa.

2. Lamhe [1991]

* sumber: www.rediff.com

Film drama romance ini adalah salah satu karya terbaik dari sutradara Yash Chopra yang menampilkan pasangan Anil Kapoor dan Sridevi. Film yang meraih banyak penghargaan dari FilmFare Award dan festival film lainnya ini termasuk ke dalam Top Ten Best Movies di perfilman Bollywood.

Anupam Kher berperan sebagai Prem yang merupakan sahabat karib tokoh utamanya ketika tinggal di London. Karakternya memang dibuat untuk mencairkan suasana dengan aktingnya yang lucu. Oleh karena itu, dirinya kemudian berhasil meraih penghargaan sebagai Best Comedian di FilmFare Award.

3. Darr [1993]

* sumber: www.rediff.com

Di film hits karya Yash Chopra ini, semua yang terlibat di dalamnya mendapatkan predikat bintang dan menaikkan karir mereka masing-masing di dunia perfilman. Selain Shah Rukh Khan dan Juhi Chawla, Anupam Kher juga mampu menampilkan akting lucunya kembali dengan baik.

Penghargaan Best Comedian dari FilmFare Award pun kemudian berhasil diraih kembali yang menasbihkan Anupam Kher sebagai bintang comedy papan atas dengan merebut penghargaan tersebut secara beruntun dalam tiga tahun. Sebelum film ini, dia meraih penghargaan serupa di film Khel [1992].

4. Dilwale Dulhania Le Jayenge [1995]

* sumber: blog.erosnow.com

Dalam salah satu film tersukses dan terbaik dari perfilman Bollywood ini, Anupam Kher berperan sebagai ayah Raj bernama Dharamvir Malhotra. Kembali memamerkan kemampuan comedic-nya, Best Comedian berhasil diraihnya kembali dari FilmFare Award untuk yang keempat kalinya.

Chemistry-nya bersama Shah Rukh Khan memang selalu menghasilkan film-film sukses, setelah sebelumnya bertemu dalam Darr [1993]. Setelah ini pun lewat Kuch Kuch Hota Hai [1998] dan Mohabbatein [2000], mereka berdua pun sukses kembali di kedua film tersebut.

5. Bend It Like Beckham [2002]

* sumber: www.vagabomb.com

Film produksi Inggris ini disutradarai oleh Gurinder Chadha yang menampilkan kisah perjuangan seorang gadis remaja keturunan India yang menyukai sepakbola tetapi ditentang oleh keluarganya. Film ini melambungkan karir salah satu aktrisnya yaitu Keira Knightley.

Anupam Kher berperan stereotype, yaitu peran sebagai ayah dari aktris utamanya. Pada awalnya, dirinya tidak setuju jika anak gadisnya ikut dalam tim sepakbola, yang kemudian diperumit dengan kisah cintanya dengan pelatih timnya sendiri. Namun pada akhirnya, dia menyetujui jalan hidup anaknya itu.

Meski mengusung nama David Beckham di dalam judulnya, jangan harapkan dirinya akan selalu hadir di dalam film ini. Hanya di akhir film, terlihat sang megabintang sepakbola asal Inggris itu berjalan di bandara sambil dikelilingi oleh fans-nya, bahkan itu pun hanya terlihat dari jauh.

6. Maine Gandhi Ko Nahin Mara [2005]

* sumber: www.allmovie.com

Sekali ini Anupam Kher keluar dari zona amannya sebagai aktor comedy atau peran sebagai orang tua. Di film drama psychology yang juga diproduseri olehnya ini, dia berperan sebagai seorang pensiunan profesor bernama Uttam Chaudhary yang mengidap dementia dan kemudian dituduh sebagai pembunuh Mohandas Gandhi.

Lewat proses yang cukup rumit dan banyaknya praduga serta pengakuan dari banyak pihak yang simpang siur tentangnya, kasus ini kemudian terus berkembang hingga mencapai titik kulminasi dan keputusan yang kontroversial. Dari film ini, Anupam Kher meraih Special Jury Award dari National Film Award.

7. Khosla Ka Ghosla! [2006]

* sumber: www.vagabomb.com

Film dengan bujet kecil dan disutradarai oleh sineas debutan pastinya mengundang banyak tanda tanya akan kesuksesan filmnya sendiri. Meski begitu, Anupam Kher berani mengambil peran utama dalam film comedy yang naskahnya ditulis oleh Jaideep Sahni yang kemudian akan sukses lewt film Chak De! India [2007].

Meski tidak meraih satupun penghargaan, Anupam Kher tampil prima sebagai aktor utama dan membuat keseluruhan film berjalan dengan baik. Pada akhirnya, film ini menjadi salah satu film sukses di tahun 2006 dan meraih Best Feature Film dari National Film Award.

8. Lust, Caution [2007]

Lust, Caution [2007]

* sumber: www.inuth.com

Film produksi China ini dianggap sebagai salah satu film China terbaik di era 2000an. Seluruh pemerannya tampil dalam performa terbaik. Tang Wei dan Tony Leung Chiu-Wai menuai banyak pujian, juga dengan penampilan Anupam Kher sebagai Hali Salahuddin.

Meski hanya tampil dalam durasi yang tidak banyak, penampilannya dalam film karya Ang Lee ini dianggap mengharumkan nama India di kancah perfilman dunia. Apalagi kemudian film ini diputar di beberapa festival film bergengsi di Eropa, seperti Venice Film Festival dan berhasil meraih Golden Lion.

9. Silver Linings Playbook [2012]

Silver Linings Playbook [2012]

* sumber: www.thenational.ae

Di film peraih Oscar karya David O. Russell ini, Anupam Kher berperan sebagai Dr. Cliff Patel, dokter sekaligus teman dari Pat Solitano yang diperankan oleh Bradley Cooper. Karakternya tampil bijak dan teus berusaha meyakini Pat untuk mengambil langkah medis dalam mengatasi masalahnya.

Anupam Kher merupakan pilihan pertama sang sutradara untuk memerankan karakter ini dan langsung diterima olehnya sehingga dia pun mendapatkan naskahnya enam bulan sebelum syuting dimulai. Hasilnya, bersama para pemeran lainnya, dirinya menuai banyak pujian dari para kritikus film.

10. The Big Sick [2017]

* sumber: www.allmovie.com

Nama Anupam Kher sebagai salah satu aktor India yang sudah mendunia kembali diperhitungkan setelah berperan dalam film romantic comedy yang merupakan adaptasi dari kisah nyata aktor utamanya sendiri, Kumail Nanjiani, seorang comedian berdarah Pakistan.

Meski kembali kepada peran stereotype-nya seperti yang pernah dibawakannya dalam Bend It Like Beckham [2002], tetapi ada yang berbeda dalam penampilannya kali ini, yaitu sisi dramatis yang lebih digali meski sisi comedy-nya tetap tampil dalam porsi yang cukup.

Kesuksesan yang dikecap oleh Anupam Kher bukanlah datang secara tiba-tiba. Kerja kerasnya mengembangkan bakat aktingnya, tampil dalam performa yang prima dan total dalam setiap film dan hubungan baik dengan para sineas serta aktor lainnya adalah kunci utama kesuksesan dalam karirnya.

Saat ini, Anupam Kher menjabat sebagai Chairman of Film and Television Institute of India dan telah mendapat dua penghargaan dari pemerintah India, yaitu Padma Shri di tahun 2004 dan Padma Bushan di tahun 2016 atas kontribusinya dalam mengharumkan nama negaranya di dunia seni peran.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment