Bacaterus / Film Barat / Inilah 10 Film Terbaik tentang Wabah Virus Mematikan

Inilah 10 Film Terbaik tentang Wabah Virus Mematikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Virus seolah jadi momok tersendiri bagi manusia, apalagi kalau virus tersebut menyebabkan penyakit mematikan dan mewabah di seluruh dunia. Hal inilah yang coba digambarkan oleh para sineas ketika membuat film bertema virus. Penonton seolah diajak untuk merasakan ketakutan dan kehilangan harapan hidup.

Saat masuk ke dunia fiksi, virus tidak hanya sebatas soal penyakit yang biasa kita kenal, tapi juga berkaitan dengan wabah aneh seperti zombie. Nah, film apa saja yang Bacaterus rekomendasikan kali ini? Yuk, simak daftar 10 film tentang virus yang harus kalian tonton setidaknya sekali seumur hidup!

1. 12 Monkeys (1995)

12 Monkeys (1995)

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Mystery, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Terry Gilliam
  • Pemeran: Bruce Willis, Madeleine Stowe, Brad Pitt
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Atlas Entertainment

Daftar ini dibuka dengan film yang cukup lawas tapi masih sangat layak untuk ditonton. “12 Monkey” yang disutradarai oleh Terry Gilliam ini tidak sekadar bercerita tentang penyebaran virus, tapi juga menggabungkannya dengan unsur time travel.

Dalam film ini diceritakan bahwa pada tahun 1996 terjadi wabah virus yang memusnahkan peradaban manusia. Orang-orang yang berhasil selamat akhirnya tinggal di bawah tanah agar terhindar dari udara yang terkontaminasi virus. Pada tahun 2035, ketika mesin waktu sudah diciptakan, seorang napi dikirim ke masa lalu untuk menyelidiki soal wabah virus 1996.

Napi tersebut adalah James Cole (Bruce Willis). Tapi, alih-alih pergi ke tahun 1996, James Cole justru terdampar di tahun 1990. James pun berusaha menyelamatkan orang-orang dengan memberi peringatan soal wabah virus yang akan melanda di tahun 1996, tapi James malah dianggap gila dan dijebloskan ke rumah sakit jiwa.

Di sinilah James bertemu dengan psikiater Dr. Kathryn Railly (Madeleine Stowe) dan pasien RSJ lain bernama Jeffrey Goines (Brad Pitt) yang nantinya akan membantu James. Seiring berjalannya waktu, James tak hanya mencari informasi soal virus yang kabarnya disebarkan oleh organisasi 12 Monkeys, tapi juga harus berjuang mencari kebenaran karena ia mulai meragukan kewarasannya sendiri.

2. Outbreak (1995)

Outbreak (1995)

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Action, Drama, Thriller
  • Sutradara: Wolfgang Petersen
  • Pemeran: Dustin Hoffman, Rene Russo, Morgan Freeman
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Arnold Kopelson Productions, Punch Productions

Film ini menceritakan tentang virus mematikan bernama Motaba yang ditemukan di pedalaman hutan Afrika pada tahun 1967. Virus ini kemudian menjangkiti sebuah kamp tentara sehingga banyak orang yang terinfeksi. Para pejabat militer lalu memutuskan untuk menutup-nutupi insiden tersebut dan menghancurkan kamp tentara yang sudah terjangkit virus.

Sekitar 30 tahun kemudian, seorang ahli virus Sam Daniels (Dustin Hoffman) ditugaskan untuk menyelidiki virus yang mewabah di Zaire. Hasilnya, virus tersebut sama dengan virus yang ditemukan di tahun 1967. Tapi seorang pejabat militer bernama Ford (Morgan Freeman) menegaskan bahwa virus itu tak akan menyebar ke negara lain. Sayangnya, perkiraan tersebut salah.

Berawal dari seekor monyet terinfeksi yang diselundupkan ke Amerika, virus mematikan mulai menyebar di California dan menimbulkan kepanikan. Yang mengejutkan, ada konspirasi besar di balik wabah virus yang merajalela.

Sam Daniel akhirnya mengetahui agenda tersembunyi soal virus Motaba yang dirahasiakan oleh pihak militer. Ia juga menemukan fakta tentang rencana operasi sapu bersih, alias menghancurkan wilayah yang sudah terinfeksi. Di sisi lain, nyawa Sam Daniel juga ikut terancam karena ia terus berusaha menemukan obat penangkal virus. 

3. Resident Evil (2002)

Resident Evil (2002)

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Action, Horror, Sci-Fi
  • Sutradara: Paul W.S. Anderson
  • Pemeran: Milla Jovovich, Michelle Rodriguez, Ryan McCluskey
  • Perusahaan Produksi: Constantin Film, New Legacy, Davis-Films

“Resident Evil” adalah film yang diadaptasi dari sebuah video game dengan judul sama dan tergolong cukup sukses di pasaran. Buktinya, film karya sutradara Paul W.S. Anderson ini memiliki banyak sekuel dan selalu menarik perhatian para pencinta film.

Kisahnya sendiri dimulai dengan cerita Umbrella Corporation yang memiliki laboratorium rahasia bernama The Hive. Di lab inilah para ilmuwan melakukan berbagai macam penelitian, baik untuk tujuan medis hinga senjata biologis. Suatu ketika, terjadi pencurian T-virus yang kemudian mengontaminasi The Hive dan mengubah staf menjadi zombie.

Sistem keamanan The Hive, Red Queen, mengalami malfungsi dan membunuh semua staf. Di tempat lain, ada Alice (Milla Jovovich) dan beberapa pasukan Umbrella Corporation yang berusaha mematikan Red Queen. Tapi hal ini bukan pekerjaan mudah, selain harus bertahan dari zombie, mereka juga berhadapan dengan ancaman Red Queen yang berbahaya.

4. 28 Days Later (2002)

28 Days Later (2002)

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Action, Drama, Horror
  • Sutradara: Danny Boyle
  • Pemeran: Cillian Murphy, Naomie Harris, Christopher Eccleston
  • Perusahaan Produksi: DNA Films, British Film Council

Film yang dibintangi oleh Cillian Murphy ini juga mengangkat tema virus zombie. Ceritanya berawal dari aktivis yang menuntut agar simpanse di sebuah laboratorium dibebaskan. Padahal, simpanse tersebut sudah terinfeksi virus berbahaya.

Ketika simpanse berhasil bebas, virus pun menyebar luas dengan sangat cepat. Parahnya lagi, manusia yang terinfeksi virus akan berubah menjadi zombie. Sementara di sebuah rumah sakit di London, Jim (Cillian Murphy) terbangun dari koma.

Jim mendapati rumah sakit yang sepi, bahkan keseluruhan London sudah seperti kota mati. Jim sempat diserang oleh zombie tapi akhirnya diselamatkan oleh beberapa survivor lain. Bersama mereka, Jim lalu berusaha mencari perlindungan sekaligus mempertahankan diri dari serangan zombie ganas.

Film garapan sutradara Danny Boyle ini termasuk salah satu film bertema virus yang cukup sukses. Film “28 Days Later” pun mendapat rating tinggi dan populer di kalangan pencinta film, bahkan sempat dibuatkan sekuelnya dengan judul “28 Weeks Later” yang rilis tahun 2007.

5. I Am Legend (2007)

I Am Legend (2007)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Adventure, Drama
  • Sutradara: Francis Lawrence
  • Pemeran: Will Smith, Alice Braga, Charlie Tahan
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Weed Road Pictures

Tak jauh-jauh dari tema zombie, “I Am Legend” berlatar belakang Kota New York yang sudah mati akibat serangan virus misterius. Virus ini bisa mengubah manusia menjadi makhluk karnivora ganas yang tak tahan dengan sinar matahari. Makhluk ini juga dijuluki sebagai Dark Seeker. Ironisnya, di tengah kota mati tersebut hanya satu orang yang masih selamat,  yaitu Robert Neville (Will Smith).

Neville hidup seorang diri bersama anjing kesayangannya dan setiap hari berkeliling kota untuk mencari survivor lain. Neville sendiri bisa selamat karena kebal terhadap virus, karena itu ia selalu melakukan penelitian dan berusaha membuat vaksin dari darahnya sendiri.

Film “I Am Legend” sebenarnya diangkat dari sebuah novel berjudul sama karangan Richard Matheson. Meski tidak menawarkan sesuatu yang benar-benar baru, film garapan sutradara Francis Lawrence ini masih sangat layak ditonton, apalagi akting Will Smith yang begitu matang benar-benar berhasil menghidupkan setiap scene di film ini.

6. The Happening (2008)

The Happening (2008)

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Drama, Mystery, Sci-Fi
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Pemeran: Mark Wahlberg, Zooey Deschanel, John Leguizamo
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, UTV Motion Pictures, Spyglass Entertainment

Film “The Happening” diawali dengan cerita seorang guru bernama Elliot Moore (Mark Wahlberg) yang sedang mengajar ilmu sains di kelasnya. Di waktu yang hampir bersamaan, insiden mengerikan terjadi di seluruh kota. Sejumlah orang mendadak berperilaku aneh, mereka seperti hilang kesadaran lalu bunuh diri dengan cara apapun.

Kejadian ini langsung membuat semua orang panik. Elliot Moore bersama sang istri, Alma (Zooey Deschanel), dan temannya berusaha menyelamatkan diri dari fenomena janggal tersebut. Sementara itu, berbagai teori mengenai bunuh diri massal ini mulai bermunculan, mulai dari adanya virus, serangan teroris, hingga efek dari senjata biologis yang mengontaminasi udara.

Namun apapun teorinya, tidak ada orang yang bisa menghentikan aksi bunuh diri yang seolah menular tersebut. Elliot dan orang-orang yang masih hidup pun hanya bisa terus melarikan diri dan berharap dapat lolos dari apapun yang menghantui mereka.

7. Carriers (2009)

Carriers (2009)

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Adventure, Drama, Sci-Fi
  • Sutradara: David Pastor, Àlex Pastor
  • Pemeran: Chris Pine, Piper Perabo, Lou Taylor Pucci
  • Perusahaan Produksi: Paramount Vantage, Likely Story, This Is That Productions

Film “Carriers” yang digarap oleh sutradara David dan Alex Pastor ini bercerita tentang dunia yang kacau akibat wabah virus. Nyaris tidak ada lagi tempat yang aman, sedangkan virus terus merajalela dan memakan korban setiap waktunya.

Di tengah kekacauan inilah ada empat anak muda yang mencoba mencari ketenangan dengan pergi ke sebuah pantai. Mereka adalah Brian (Chris Pine), Danny (Lou Taylor Pucci), Bobby (Piper Perabo), dan juga Kate (Emily VanCamp). Rencananya, mereka akan tinggal di sebuah penginapan di pantai untuk beberapa waktu sampai wabah virus berakhir.

Demi bertahan hidup, keempat anak muda ini bepergian dengan menerapkan aturan ketat, yaitu tidak peduli pada siapapun yang mereka temui selama di perjalanan. Kalaupun ada orang terinfeksi yang meminta pertolongan, mereka harus mengabaikannya agar tidak ikut tertular virus. Tapi, perjalanan Brian dan kawan-kawannya ternyata tidak semudah yang diharapkan.

Mereka akhirnya bertemu orang-orang terinfeksi yang membutuhkan bantuan. Di sinilah pertarungan batin dimulai. Di satu sisi mereka ingin menolong, tapi di sisi lain mereka juga tidak mau ikut terinfeksi. Film ini seolah ingin memberitahu bahwa virus memang berbahaya, tapi sisi gelap manusia ternyata bisa lebih mematikan. 

8. The Crazies (2010)

The Crazies (2010)

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Horror, Thriller
  • Sutradara: Breck Eisner
  • Pemeran: Radha Mitchell, Timothy Olyphant, Danielle Panabaker
  • Perusahaan Produksi: Overture Films, Participant, Imagenation Abu Dhabi FZ

Cerita film “The Crazies” berpusat di kota kecil bernama Ogden Marsh yang tenang dan damai. Kota kecil ini nyaris terlihat sempurna dan warganya pun hidup bahagia. Tapi semuanya berubah ketika kecelakaan pesawat militer terjadi di kota tersebut. Parahnya lagi, pesawat itu bermuatan senjata biologis yang akhirnya bocor dan mencemari aliran air di sana.

Senjata biologis itupun langsung menginfeksi warga kota. Mereka yang terinfeksi menunjukkan gejala kekerasan dan membahayakan orang-orang layaknya psikopat. Kekacauan ini membuat pemerintah terpaksa menutup semua akses kota.

Sementara itu, seorang sheriff bernama David Dutton (Timothy Olyphant) dan istrinya, Judy Radha Mitchell, berusaha menyelamatkan diri bersama orang-orang yang tidak terinfeksi. Satu-satunya cara untuk bertahan hidup hanyalah kabur dari kota yang sudah rusak tersebut.

9. Contagion (2011)

Contagion (2011)

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Drama, Thriller
  • Sutradara: Steven Soderbergh
  • Pemeran: Matt Damon, Kate Winslet, Jude Law
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Participant, Imagenation Abu Dhabi FZ

Film ini menggambarkan kondisi dunia yang terserang virus berbahaya dan mengancam peradaban manusia. Ironisnya, penyebaran virus ini tidak hanya berdampak pada fisik, tapi juga psikis. Ketakutan merajalela dan tak terkendali, bahkan orang-orang yang belum terinfeksi pun sudah seperti orang mati karena tak punya harapan hidup lagi.

Cerita “Contagion” dimulai ketika Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) yang baru pulang dari Hong Kong mendadak sakit dan meninggal, begitu juga dengan anak laki-lakinya. Pihak medis menyatakan bahwa Beth terserang sebuah virus berbahaya. Sang suami yang bernama Mitch (Matt Damon) pun langsung dikarantina. Tapi, belakangan diketahui kalau Mitch ternyata kebal dari virus tersebut.

Sementara itu, virus mematikan ini terus menyebar di berbagai negara. WHO dan CDC (Centers for Disease Control) di Amerika Serikat berkejaran dengan waktu untuk meneliti virus dan menemukan penangkalnya. Di waktu yang sama, terjadi kepanikan massal karena virus yang terus memakan korban.

10. World War Z (2013)

World War Z (2013)

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Action, Adventure, Horror
  • Sutradara: Marc Forster
  • Pemeran: Brad Pitt, Mireille Enos, Daniella Kertesz
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Skydance Media, Hemisphere Media Capital

Berikutnya ada film “World War Z” yang disutradarai oleh Marc Forster. Film ini bercerita tentang virus zombie yang menyerang banyak negara. Seperti film bertema zombie pada umumnya, penyebaran virus berlangsung sangat cepat karena zombie akan menyerang siapa saja dengan brutal, sedangkan orang yang tergigit akan berubah menjadi zombie dalam waktu singkat.

Film ini berpusat pada tokoh seorang laki-laki bernama Gerry Lane (Brad Pitt) yang merupakan mantan pegawai PBB. Ketika insiden zombie menyerang, Gerry Lane dan keluarganya berusaha lari dan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Di waktu yang sama, Gerry ditugaskan untuk menyelidiki wabah zombie tersebut. Seorang ahli virus mengatakan bahwa mereka harus  mencari tahu penyebabnya untuk membuat vaksin. Karena Gerry juga ingin menyelamatkan keluarganya, ia pun tak punya pilihan lain selain mempertaruhkan nyawa dan mencari tahu sumber dari wabah zombie tersebut.

Itu dia 10 film bertema virus yang bisa kalian tonton saat akhir pekan. Apakah ada film favoritmu di atas? Kalau punya rekomendasi lain soal film bertema virus, jangan ragu menuliskan judulnya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *