Bacaterus / Film Kolosal / 10 Film tentang Viking bagi Penggemar Mitologi dan Perang

10 Film tentang Viking bagi Penggemar Mitologi dan Perang

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Desember 2019

Film dengan tema sejarah memiliki penggemarnya tersendiri, seperti sejarah bangsa Viking yang belum banyak mendapat perhatian. Sejarah tentang pertempuran mereka yang brutal atau kisah-kisah para dewa-dewa bangsa Viking selalu menjadi bahan yang menarik untuk dieksplorasi.

Ada banyak film yang dapat memberikan kamu pengetahuan yang banyak tentang mitologi Nordik atau sejarah bangsa Viking. Jika kamu menyukai kisah para dewa seperti Thor, Loki atau kisah pertempuran para ksatria Viking yang dahsyat, maka beberapa film berikut ini bisa dijadikan referensi untuk kamu tonton.

1. The Vikings (1958)

The Vikings

Film The Vikings dirilis pada tahun 1958 dan disutradarai oleh Richard Fleischer. Peran utama Einar dimainkan oleh Kirk Douglas dan peran seorang budak dimainkan oleh Tony Curtis sedangkan Morgana diperankan oleh Janet Leigh. Para pemain yang bermain di film ini dibekali dengan kemampuan menggunakan pedang, termasuk pemeran Morgana.

Film bercerita seputar dua orang pria yang terlibat dalam perselisihan yang terjadi karena Einar menculik Morgana sang Putri. Morgana sesungguhnya telah bertunangan dengan Raja Aella, tetapi dia hanya mencintai Eric sang budak. Morgana menjadi pusat perhatian dari tiga pria pendendam, dan semuanya gigih mengklaim Morgana sebagai pengantin mereka.

2. Valhalla Rising (2009)

Valhalla Rising

Film yang berlatar belakang Viking di Skandinavia pada abad ke-11 ini disutradarai oleh Nicolas Winding Refn. Mads Mikkelsen berperan sebagai seorang budak bernama On Eye. Dia hanya memiliki satu mata diakibatkan luka parah diwajahnya. Dia menjadi pemimpin pemberontakan melawan orang yang telah memenjarakannya.

Setelah bebas dari penyanderaan dia bergabung bersama para ksatria perang salib menuju Tanah Suci Yerusalem. Selama dalam perjalanan mereka menuju tanah suci mereka mengalami kelaparan, pertikaian serta penyerangan yang berasal dari lepas pantai. Pembantaian dan permusuhan telah menunggu One eye dalam kisah yang sangat suram ini, tetapi menakjubkan secara visual.

3. Thor (2011)

Thor

Thor yang merupakan pahlawan super dari komik Marvel dengan judul yang sama. Film ini disutradarai oleh Kenneth Branagh, dan dibintangi oleh Chris Hemsworth, Natalie Portman, Tom Hiddleston, Stellan Skarsgard, Idris Elba, Anthony Hopkins, Colm Feore, Ray Stevenson, Rene Russo. Film Thor dirilis pada tanggal 17 April 2011.

Film ini bercerita tentang Thor yang dibuang dari Asgard ke Bumi. Dia dibuang karena kesombongan dan ketidakpatuhannya dalam pertempuran. Dia kehilangan kekuatannya akan Palu Mjolnir. Dia jatuh cinta dengan seorang ilmuwan, Jane Foster, yang membantunya untuk menemukan kembali kekuatannya. Dia pun harus bertempur dengan adiknya Loki yang ingin merebut tahtanya.

4. The 13th Warrior (1999)

The 13th Warrior

The 13th Warrior adalah film yang dirilis pada tanggal 27 Agustus 1999. Film ini disutradarai oleh John McTiernan dengan pemeran utamanya adalah Antonio Banderas. Banderas berperan sebagai Ahmed Ibn Fahdlan, seorang duta besar Muslim. Dia diasingkan dengan menjadi duta dikarenakan sang khalifah cemburu karena istrinya tertarik pada Fahdlan yang seorang penyair.

Dalam perjalanannya Rombongannya sempat diserang bangsa Tartar dan terselamatkan dengan berlindung di rombongan bangsa viking. Di saat bangsa viking mendapatkan ancaman dari kejahatan kuno, Fahdlan pun diharuskan bertarung bersama bangsa Viking walaupun dia tidak memiliki kemampuan sebagai petarung karena dia hanya seorang penyair.

5. Outlander (2008)

Outlander

Film ini dirilis pada tahun 2008 dengan sutradara Howard McCain dengan pemeran utamanya Jim Cavaviez. Outlander adalah film yang mengaburkan batas antara sejarah dan fiksi ilmiah, dengan mengambil latar belakang di era Viking. Cerita tentang para monster dan manusia yang saling membalas dendam dikarenakan kekejaman yang dilakukan pada mereka masing-masing.

Cerita berawal dari sebuah pesawat luar angkasa  yang jatuh di bumi kerajaan Viking di Norwegia. Kainan, Sang pilot selamat tetapi monster Moorwen yang dibawanya berhasil lepas. Di saat sedang mengejar Moorwen dia melihat desa yang telah hancur. Kainan dan para ksatria Viking berusaha menangkap Moorwen dengan menyatukan persenjataan Viking dengan senjata modern.

6. Bewoulf (2007)

Bewoulf

Di awal perilisannya Bewoulf kurang diterima dengan baik karena penonton merasa gaya pembuatan film yang menggunakan CGI kurang sreg dibanding dengan menggunakan aktor asli. Aktor-aktor yang dibuat dalam bentuk CGI terasa aneh. Walaupun begitu ini adalah sebuah film yang epik dan ambisius dengan mengambil cerita legenda dan menggunakan semua bintang sebagai pemerannya.

Film ini dirilis pada tanggal  16 November 20017 di Amerika Serikat dan disutradarai oleh Robert Zemeckis. Para pemain yang terlibat dalam film ini adalah Ray Winstone, Crispin Glover, Angelina Jolie dan Antony Hopkins. Beowulf bercerita tentang prajurit yang harus mengalahkan monster Grendel.

Beowulf seorang prajurit yang pemberani di panggil oleh sang Raja Hrothgar untuk melindungi rakyat di kerajaannya dari iblis yang berbahaya yang dikenal dengan nama Grendel. Meskipun terbukti ternyata Grendel bukanlah lawan yang seimbang untuk Beowulf yang perkasa. Kematian Grendel mengundang kemarahan ibunya, mahluk yang ganas yang siap membalas dendam.

7. Erik The Viking (1989)

Erik The Viking

Film dengan genre komedi petualangan dan fantasi ini dirilis pada tanggal 22 September 1989, di Amerika Serikat. Sebuah film yang terinspirasi dari buku anak-anak tentang seorang Viking muda bernama Erik. Sutradara dan penulis naskah dari Erik The Viking adalah Terry Jones, sedangkan tokoh Erik sendiri di perankan oleh Tim Robbins.

Film ini berkisah tentang seorang anak bernama Erik yang berbeda dari seluruh anggota sukunya yang keras. Erik tidak memiliki keinginan untuk menjarah barang milik orang lain. Saat Erik dihantui oleh kematian seorang wanita muda, dia memutuskan untuk pergi Ke Asgard. Dia ingin mengajukan petisi kepada para dewa untuk mengakhiri era Ragnarok dan memohon perdamaian di dunia.

8. The Long ships (1964)

Sebuah film epik Viking dibuat sekitar tahun 60an. Sutradara filmnnya adalah Jack Cardiff, dengan para pemerannya adalah Richard Widmark, Sidney Poitier dan Russ Tamblyn. Film ini berkisah tentang sebuah bel emas, yang dikenal dengan nama “ Suara-suara ibu”, yang terbuat dari emas murni. Ukurannya  tiga kali ukuran manusia.

Dua orang yang sangat berkuasa melakukan perjalanan untuk mencari bel emas. Mereka adalah Penguasa Moor El Mansuh dan seorang kepala suku Viking Rolfe. Rolfe dan anak buahnya berlayar dari Skandinavia menuju Afrika, dengan terpaksa membawa El Mansuh dan kelompoknya naik ke kapal. Nilai spiritual dan kekuatan fisik mereka diuji dalam perjalanan ini.

9. Northmen–A Viking Saga (2014)

Northmen–A Viking Saga

Film ini adalah film sejarah yang dibuat oleh sutradara asal Swiss Claudio Fäh. Ada tiga negara yang terlibat dalam pembuatan film ini yaitu Swiss, Jerman dan Afrika Selatan. Para pemain dari film ini adalah Ed Skrein, Tom Hopper, James Norton.

Sekelompok bangsa Viking terdampar di daerah musuh di pantai Alba. Di saat kapal mereka menghantam badai yang mengerikan, jalan untuk selamat satu-satunya adalah dengan menuju ke pemukiman Viking di Danelagh. Perjalanan mereka menjadi perlombaan untuk hidup di saat Raja Alba mengirim tentara bayaran untuk membunuh mereka.

Dalam pelariannya dari Raja Alba, mereka bertemu dengan para misionaris Kristen yang baik yang menolong mereka dengan keahlian pedangnya. Pembunuh bayaran menjadi orang yang diburu, saat orang-orang Viking mulai memasang jebakan yang mematikan.

10. Hammer of The Gods (2013)

Hammer of The Gods

Film ini disutradarai oleh Farren Blackburn dirilis pada tahun 2013 di Inggris. Film Hammer of The Gods dibintangi oleh Charlie Bewley, Alexandra Dowling, Clive Standen. Film ini bercerita tentang Raja Bagsecg yand merupakan raja yang berkuasa di saat perang melawan orang  Saxon. Dia terluka parah dalam pertempuran. Menjelang ajalnya dia memberi misi  kepada putranya, Pangeran Steinar.

Dia memerintahkan Steinar untuk mencari putranya yang hilang yang bernama Hakan untuk menjadi raja berikutnya. Steinar memulai perjalanannya dengan ditemani sahabat dekatnya Hagen, Grim, dan Jokul. Perjalanan mencari sang kakak menjadi sebuah perjalanan menemukan kebenaran atas pengasingan sang kakak.

Film Viking sangat menarik bagi yang senang dengan kisah-kisah mitologi dan cerita para ksatria. Selain itu bagi para pecinta film-film yang tertarik dengan aksi-aksi laga dalam peperangan, mungkin film-film ini bisa jadi pilihan untuk ditonton. Film Viking apa yang kamu suka?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *