Bacaterus / Film Bencana / 10 Film Tentang Bencana Tsunami yang Menegangkan

10 Film Tentang Bencana Tsunami yang Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bencana alam memang sebuah kejadian yang tidak bisa diprediksi manusia secara akurat. Seringnya terjadi bencana alam di seluruh dunia menginspirasi para sineas film di seluruh dunia mengangkat isu bencana ke dalam sebuah film. Salah satu bencana yang sering kita dengar adalah Tsunami.

 ‘Tsunami’ sendiri berarti ombak besar dalam bahasa Jepang. Tsunami yang pernah terjadi dibeberapa negara, termasuk di Indonesia ini telah memperlihatkan kekuatannya yang dahsyat. Nah, kali ini Bacaterus akan membagikan informasi tentang 10 film bertema Tsunami yang wajib untuk ditonton. Berikut adalah daftarnya:

1. The Impossible

The Impossible (Copy)

The Impossible adalah karya Juan Antonio yang diangkat dari kisah nyata sebuah keluarga Spanyol bernama Enrique Alvarez dan Istrinya Maria Belon. Film ini diperankan oleh Ewan McGregor dan Naomi Watts.

Berkisah tentang sebuah keluarga yang sedang merayakan hari Natal dengan berlibur ke Thailand. Saat menginap di sebuah villa yang berada di bibir pantai, tanpa terduga terjadi Tsunami yang memisahkan keluarga tersebut.

Selain menampilkan adegan menegangkan saat bencana, film ini juga mengangkat isu kemanusiaan  yang mampu menginspirasi penonton. Kegigihan perjuangan suami istri untuk tetap hidup di tengah bencana, menjadikan film ini menarik untuk ditonton.

2. The Wave

The Wave (Copy)

Film ini bercerita mengenai seorang ahli geologi bernama Kristian Eikjord. Kristian sebenarnya telah memprediksi akan adanya bencana akibat retakan yang terjadi di gunung Akneset. Namun, sebelum ia memutuskan untuk meninggalkan tempat itu, gunung Akneset longsor hingga menciptakan Tsunami setinggi 85 meter di kota tersebut. Ia dan keluarganya pun harus terpisah karena bencana itu.

Mengambil latar sebuah kota bernama Geirenger yang ada di Norwegia. Film ini berhasil memukau penonton dengan keindahan alamnya. Film bertema tsunami yang dirilis tahun 2015 ini memang cukup menegangkan. Maka tak salah bila film ini menjadi film yang menarik untuk ditonton.

3. San Andreas

San Andreas (Copy)

Film yang satu ini diperankan oleh aktor Dwayne Johnson, seorang pilot sebuah helikopter penyelamat. Seorang geologi Lawrence sedang melakukan penelitian tentang gempa, saat sebuah bencana terjadi di California hingga menewaskan banyak nyawa.

Tidak hanya itu, potensi terjadinya tsunami akibat bencana yang terjadi membuat semua orang panik. Ray yang mengetahui situasi tersebut berusaha menyelamatkan anak dan istrinya yang berada di Los Angeles. Menampilkan sinematografi yang keren, film Hollywood yang menceritakan tentang pergeseran sesar San Andreas ini memang sayang untuk dilewatkan.

4. The Day After Tomorrow

The Day After Tomorrow (Copy)

Film bergenre fiksi ilmiah yang dirilis tahun 2004 ini berkisah mengenai bencana besar akibat Global Warming. Seorang ahli klimatologis telah mengemukakan teori tentang perubahan suhu ekstrim pada pemerintah. Namun, pemerintah mengatakan itu sebagai sesuatu yang mustahil terjadi.

Hingga suatu hari sebuah badai Tsunami besar melanda kota New York. Putra sang ahli klimatologis bernama Sam yang diperankan oleh Jack Gyllenhaal yang sedang mengikuti sebuah lomba. Ia harus terjebak bersama rekan perempuannya dan beberapa orang di perpustakaan di New York.

Tidak hanya itu, prediksi sang ahli tentang perubahan suhu ekstrim akhirnya terbukti. Dalam waktu singkat, air yang menggenang kota New York berubah membeku menjadi es. Berhasilkah Sam dan orang-orang bertahan di tengah suhu ekstrim? Film survival yang satu ini memang menarik untuk ditonton.

5. 2012

2012 (Copy)

Isu kiamat yang sempat menghebohkan tahun 2012 telah membawa film 2012 meraih kesuksesan. Film yang menampilkan banyak adegan menegangkan ini bermula dari penemuan ilmuan bernama Dr. Satnam Tsurutani, tentang inti bumi yang semakin memanas.

Dr Adrian Helmsley yang mengetahui informasi tersebut segera memberi tahu presiden Amerika terhadap bencana yang akan terjadi. Presiden pun segera memberi peringatan bencana pada seluruh pemimpin dunia.

Di satu sisi, seorang penulis bernama Jackson Curtis yang diperankan John Cusack sedang membawa anaknya berlibur ke sebuah danau. Ketika ia harus dikejutkan dengan sebuah bencana alam. Ia kemudian diberi sebuah petunjuk oleh seseorang mengenai keberadaan bahtera yang dibangun rahasia oleh pemerintah.

Berhasilkah Jackson membawa keluarganya pada bahtera yang dapat menyelamatkan hidup mereka? Film yang sempat mengguncang seluruh bioskop dunia ini memang sayang untuk dilewatkan.

6. Hereafter

Hereafter (Copy)

Film bertema drama misteri ini dirilis tahun 2010. Bercerita mengenai tiga orang yang dihantui dengan kematian. Salah satu kisah bercerita mengenai seorang jurnalis televisi dari Perancis bernama Marie yang diperankan oleh Cecile de France yang bertugas di Thailand.

Ia sedang berbelanja hadiah untuk anak-anaknya, saat sang suami melihat gelombang Tsunami dari atas balkonnya. Marie yang menyadari gelombang besar tersebut segera berlari menyelamatkan diri. Namun, saat ia berusaha menyelamatkan nyawa seorang gadis kecil, keduanya tersapu oleh Tsunami.

Dalam keadaan hampir mati tersebut, Marie mengalami perjalanan spiritual yang membuatnya bertemu dengan sosok misterius bercahaya, sebelum akhirnya disadarkan oleh tim penyelamat yang memberinya nafas bantuan.

Pasca bencana, Marie dan suaminya kembali ke Perancis. Namun, sejak kejadian Tsunami tersebut, kejiwaannya mulai terganggu. Nah, untuk melihat kelanjutan ceritanya sebaiknya tonton sendiri filmnya!

7. Perfect Storm

Perfect Storm (Copy)

Perfect Storm adalah film yang telah dirilis tahun 2000. Film yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi tahun 1991 ini diperankan oleh George Clooney yang berperan sebagai Billy, seorang kapten kapal penangkap ikan.

Bercerita mengenai perjuangan sekelompok nelayan dalam menghadapi gelombang besar di dalam kapal penangkap ikan. Film yang mengambil seting di tengah lautan lepas ini berhasil membawa ketegangan bagi penonton.

Film yang berhasil memasukan namanya ke dalam nominasi Oscar untuk visual efek terbaik dan sound efek terbaik, menjadikan film yang satu ini wajib untuk ditonton bersama keluarga.

8. Deep Impact

Deep Impact (Copy)

Bercerita mengenai anggota klub astronom bernama Leo Biederman yang diperankan oleh Ellijah Wood. Setelah ia menemukan benda asing luar angkasa di wilayah Richmond, Virginia. Leo segera menyerahkan penemuannya itu pada seorang astronomi bernama Dr Wolf. Dalam penelitiannya Dr Wolf menemukan fakta bahwa ada sebuah komet yang akan menabrak bumi.

Namun, sebelum ia memberitahukan hal tersebut pada semua orang, ia mengalami sebuah kecelakaan dan meninggal. Satu tahun berlalu, kisah beralih pada seorang jurnalis muda bernama Jennie Lerner yang hidup dari orang tua yang bercerai. Jennie yang sedang menyelidiki E.L.E. mengira nama itu adalah nama selingkuhan presiden. Namun setelah ia mengetahui bahwa E.L.E adalah sebuah upaya penyelamatan bumi dari tabrakan komet.

Berita pun mulai meluas sampai akhirnya stasiun televisi mengundang Leo untuk wawancara. Dan menamakan meteor yang akan menabrak bumi dengan Wolf-Biederman sebagai penghormatan atas penemuannya. Film bencana yang penuh ketegangan ini memang menjadi salah satu film yang sukses di seluruh dunia.

9. Geostorm

Geostorm (Copy)

Geostorm bercerita mengenai isu pemanasan global yang menimbulkan banyak korban nyawa. Mulai dari gempa, banjir, tsunami sampai gelombang panas. Karena cuaca ekstrim yang terjadi di bumi, PBB memutuskan untuk membangun sebuah stasiun luar angkasa bernama Dutch Boy untuk mengatur cuaca ekstrim yang ada di Bumi.

Usaha yang digagas pria bernama Jake Lawson yang diperankan oleh Gerard Butter itu berhasil. Namun, karena Jake sering melawan atasannya, ia diberhentikan dalam proyek tersebut. Beberapa tahun kemudian terjadi kejadian aneh yang merenggut banyak nyawa.

Hal itu di duga akibat konspirasi politik yang berkaitan dengan satelit luar angkasa Dutch Boy. Mampukah Jack memecahkan misteri yang merenggut banyak nyawa tersebut? Tonton filmnya, ya!

10. Poseidon

Poseidon (Copy)

Film terakhir yang akan kita bahas adalah Poseidon. Film yang sudah dirilis tahun 2006 ini bercerita mengenai sebuah kapal pesiar mewah bernama Poseidon. Kapal pesiar yang terkena gelombang besar Tsunami di tengah samudera Atlantik.

Perjuangan penumpang untuk menyelamatkan diri dalam perut kapal bisa memacu adrenaline para penonton. Berhasilkah mereka selamat dari gelombang Tsunami yang telah menelan kapal? Jawabannya akan kalian dapat setelah menonton filmnya.

Nah, itulah 10 film bertema Tsunami yang wajib kalian tonton. Semua bencana yang terjadi bisa jadi karena ulah tangan manusia. Semoga film yang satu ini bisa menginspirasi semua untuk tetap menjaga alam. Nantikan informasi menarik lainnya di Bacaterus.

Oh iya, selain film tentang bencana tsunami, kami juga punya rekomendasi tentang film konspirasi yang menarik untuk ditonton. Yuk, cari tahu referensi filmnya di artikel ini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *