Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2019

Tema-teman perfilman begitu beragam di dunia ini. Salah satunya adalah survival atau bertahan hidup. Tema ini begitu banyak nilai moral yang ingin disampaikan. Rasa empati pun muncul dari para penonton ketika menyaksikan perjuangan si karakter.

Tema survival tak hanya mengambil satu setting tempat. Kamu bisa menemukan dengan latar luar angkasa, lautan, kota, dan sebuah pulau. Dari semua latar tersebut, kamu tentu bisa mengambil nilai-nilai yang disampaikan si pembuat film.

Nah di bawah ini, Bacaterus membuat daftar judul film survival yang terdampar di sebuah film. Nah, kira-kira apa saja judul film tersebut?

10 Film Tentang Terdampar di Pulau

1. Cast Away (2000)

Cast Away

* sumber: www.hollywoodreporter.com

Film Cast Away merupakan film tahun 2000 yang mengangkat cerita yang sederhana. Chuck Nolan (Tom Hanks) terdampar di pulau setelah pesawat yang ditumpanginya terkena badai. Dalam perannya, Tom Hanks sangat pantas dijadikan sebagai panutan terdampar di pulau terpencil.

Film ini memperlihatkan ia betapa sulitnya mencari makanan, mencari tempat berteduh, dan adanya perubahan fisik serta psikis. Gangguan psikologis yang dialami Tom Hanks adalah kesendirian yang sangat. Ia pun menuangkannya pada bola voli bernama ‘Wilson’.

Perjuangan Tom Hanks untuk mencari jalan kembali patut kamu tonton. Kegigihannya bisa menjadi pelajaran untuk kita agar tak mudah menyerah. Film Cast Away wajib banget kamu tonton.

2. The Blue Lagoon (1980)

The Blue Lagoon

* sumber: movieboozer.com

The Blue Lagoon adalah film 1980 yang diadaptasi dari sebuah novel karya Henry De Vere Stacpoole dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang terdamparnya dua orang kakak beradik. Mereka adalah Emmeline Lestrange (Brooke Shields) dan Richard Lestrange (Christopher Atkins).

Petualangan mereka bertahan hidup dimulai sedari kecil yang diceritakan sudah terdampar di sebuah pulau. Film ini tidak langsung bercerita tentang perjuangan tokoh untuk keluar pulau. Tapi, fokus kepada usaha hidup dengan kondisi yang tidak serba susah di sebuah pulau terpencil.

Film di awal tahun 80-an ini tentu sangat keren banget. Apalagi pada masa zamannya. Meski demikian, The Blue Lagoon masih sangat asyik untuk ditonton saat ini juga.

3. Castaway on the Moon (2009)

Castaway on the Moon

* sumber: inikpop.com

Kim Seong-geun menjadi lelaki paling malang dalam film Castaway on The Moon. Ia memiliki banyak utang, diputuskan pacar, bahkan dipecat dari pekerjaanya. Hal itu membuat ia sangat stress dan putus asa. Sehingga, ia pun memutuskan untuk bunuh diri.

Jalan yang dilakukannya adalah melompat dari jembatan yang sangat tinggi. Namun, bukan kematian yang didapatkannya, malah ia terdampar di sebuah pulau kecil di pinggiran kota ketika sadar. Kamu sebagai penikmat film, sebaiknya jangan melewatkan yang satu ini. Pasti seru menemani waktu menontonnya.

4. The Grey (2011)

The Grey

* sumber: www.imdb.com

The Grey berkisah tentang sekelompok pekerja tambang minyak di Artik. Salah satu tokohnya adalah Ottway yang diperankan Liam Neeson. Mereka berencana pulang dari tempat pengeboran. Akibat cuaca buruk, pesawat terjatuh dan mereka pun terdampar.

Mau tidak mau, Liam harus memimpin kelompoknya agar bisa bertahan hidup dari cuaca ekstrem dan serangan serigala. Mereka harus bertarung dengan kawanan serigala sembari menunggu bantuan datang.

Meski jalan ceritanya sedikit klise, tapi kamu enggak boleh kelewat film ini. Selain perjuangan menghadapi kesulitan di daratan es, film ini juga memperlihatkan kisah cinta Liam kepada sang istri di rumahnya.

5. In the Heart of the Sea (2015)

In the Heart of the Sea

* sumber: medium.com

In the Heart of the Sea adalah film drama petualangan yang diproduksi tahun 2015. Karakter utama Owen Chase diperankan Chris Hemsworth. Ia adalah seorang pelaut yang berburu paus untuk dijadikan bahan bakar dan kebutuhan sehari-hari. Kebiasaan itu sering dilakukan pada tahun 1840-an.

In the Heart of the Sea mengangkat kisah tentang paus berukuran besar ‘Moby Dick’. Dalam satu adegan, Owen Chase bersama kru kapal terdampar di sebuah pulau.

Memilih melaut kembali tanpa harus takut munculnya serangan dari paus raksasa ketimbang harus bertahan di sebuah pulau jadi pilihan yang sulit.

Film yang satu ini menceritakan tentang musibah yang terjadi di laut. Jika kamu ingin menonton film bertema serupa, kunjungi artikel film tentang musibah di laut.

6. Red Turtle (2016)

Red Turtle

Red Turtle adalah film animasi yang menceritakan perjuangan seseorang yang terdampar di pulau terpencil. Film tahun 2016 ini mempertemukan seorang pria dengan seekor penyu raksasa berwarna merah.

Ketika si tokoh pria akan keluar dari pulau, rakitnya harus hancur karena penyu tersebut. Di sini, para penonton diajak membangkitkan imajinasi karena si penyu merah dapat berubah wujud menjadi wanita yang sangat cantik,

Red Turtle memiliki grafis yang sangat baik, film animasi tentang terdampar dan survival di sebuah pulau terpencil yang wajib kamu tonton.

7. Swiss Army Man (2016)

Swiss Army Man

* sumber: www.nziff.co.nz

Bagi yang sudah menonton film ini, sulit untuk diungkapkan kata-kata. Filmnya cukup absurd. Daniel Radcliffe (Manny) berperan sebagai mayat yang multifungsi. Bisa digunakan sebagai apa saja oleh temannya. Makanya, ia terlihat seperti pisau lipat “Swiss Army” yang sangat multifungsi.

Manny dan temannya Hank, berusaha keluar dari pulau terpencil. Hanya saja, dalam usahanya tersebut, banyak adegan-adegan aneh. Seperti mayat Manny yang masih mengeluarkan gas dari tubuhnya. Hingga akhirnya digunakan oleh karakter lainnya yaitu Hank untuk dijadikan sebagai speed boat.

Swiss Army Man sangat dianjurkan bagi kamu yang sudah bosan dengan film-film berita yang itu-itu saja. Film ini juga membuat penonton harus berimajinasi dan akan tertawa terbahak-bahak. Namun, peran Daniel mungkin akan membuat fans Harry Potter sedikit ilfeel.

8. Six Days, Seven Nights (1998)

Six Days, Seven Nights

* sumber: news-speaker.com

Six Days Seven Nights adalah film bergenre petualangan-komedi. Film ini bercerita tentang editor associate majalah Robin Monroe dan pacarnya Frank pergi berlibur di sebuah pulau terpencil.

Mereka juga menjadwalkan pemotretan satu hari di Tahiti. Robin akhirnya menggunakan jasa pilot kargo Pasifik Selatan Quinn Harris. Namun, badai mendatar Robin dan Quinn di pulau terpencil yang tidak dikenal. Petualang mereka pun akhirnya dimulai dan terus berusaha untuk menemukan jalan keluarnya.

9. Nim’s Island (2008)

Nim's Island

* sumber: www.imdb.com

Petualangan dimulai ketika Jack (Gerard Butler) mengajak putrinya Nim (Abigail Breslin) berlayar mengelilingi dunia untuk mencari ibunya. Sayangnya mereka berdua malah terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni.

Namun, petualangan mereka berbeda dengan yang lainnya. Jack yang merupakan seorang ahli biologi laut memutuskan untuk meneliti kehidupan biota di sekitar pulau. Mereka pun akhirnya tinggal di pulau terpencil hanya berdua saja.

Film drama petualangan ini merupakan adaptasi dari Wendy Orr dengan judul yang sama. Walaupun jalan cerita sudah dapat ditebak dari awal film, namun sang sutradara cukup cerdik untuk membuat tiap adegan jadi menarik untuk ditonton.

10. Three (Survival Island) (2005)

Three (Survival Island)

* sumber: modni-auto.info

Pasangan Jack (Billy Zane) dan Jennifer (Kelly Brook) berpesiar di Karibia selama Natal. Liburan mereka begitu menyenangkan. Hingga malapetaka tiba saat kapal terbakar oleh kesalahan seorang kru. Mereka berdua akhirnya terdampar di sebuah pulau terpencil yang tidak berpenghuni.

Perjuangan mereka dibumbui oleh kecurigaan Jack terhadap pria bernama Michael yang juga selamat dari kecelakaan kapal. Jack menduga Michael memiliki hasrat kepada istrinya.

Hubungan ketiganya pun mulai memanas. Pertengkaran antara dua lelaki itu sering terjadi hingga akhirnya sebuah kapal pesiar berlabuh di sana.

Apakah kamu sudah pernah menonton salah satu film survival di atas? Rasanya film-film di atas sangat cocok untuk menemani hari libur kamu. Selamat menonton, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .