Bacaterus / Film Barat / Suka Sulap? Ini Rekomendasi 10 Film Tentang Sulap Terbaik!

Suka Sulap? Ini Rekomendasi 10 Film Tentang Sulap Terbaik!

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 November 2019

Kalau kita nonton pertunjukan sulap di televisi, kita pasti akan terhibur oleh keterampilan si pesulap. Lain cerita kalau kita nonton film tentang sulap, ada lebih banyak hal yang bisa dinikmati selain trik sulapnya itu sendiri. Ada drama, konflik, atau latar belakang yang nggak kita dapat dari pertunjukan sulap biasa.

Meskipun nggak banyak, film tentang sulap ada kok. Selain Now You See Me yang memang film tentang sulap paling terkenal, masih ada judul-judul lainnya. Kalau kamu belum tahu, ini ada rekomendasi 10 film tentang sulap terbaik.

 1. The Prestige [2006]

The Prestige (Copy)

Persaingan nggak cuma terjadi di dunia bisnis atau olahraga. Dunia sulap juga punya persaingan sendiri. Film ini menceritakan tentang dua orang pesulap yang bersaing sengit. Antara Robert Angier yang punya nama panggung The Great Danton, dengan Alfred Borden yang punya nama panggung The Professor.

Karakter Robert diperankan oleh Hugh Jeffman dan Alfren diperankan oleh Christian Bale. Robert hanya dibantu oleh Mr. Fallon, asistennya. Sementara Alfred dibantu oleh seorang insinyur dan asistennya. Ambisi untuk saling mengalahkan membuat persaingan mereka semakin sengit dan semakin nggak sehat, sampai membawa mereka menemui sebuah tragedi menyedihkan. Mengingat temanya yang nggak biasa, film ini sangat layak ditonton.

 2. The Incredible Burt Wonderstone [2013]

The Incredible Burt Wonderstone (Copy)

Kita pasti sangat akrab dengan istilah perkembangan zaman yang identik dengan perubahan. Segalanya berubah dan satu-satunya sikap untuk menghadapi perubahan itu adalah adaptasi. Itulah yang dirasakan oleh Burt Wonderstone sebagai pesulap lama dengan trik klasik.

Burt mulai terlupakan waktu para penonton di Las Vegas lebih suka pesulap baru yang lebih berani dan menantang. Nggak mau pasrah begitu saja, Burt mencoba bangkit. Seperti apakah jalan yang harus dia tempuh? Meskipun temanya sulap, tetapi apa yang diceritakan di film ini sangat dekat dengan kita. Perubahan dan adaptasi pasti dialami oleh siapapun dengan konflik yang berbeda-beda. Film ini segar dan menghibur, teman-teman!

3. The Illusionist [2006]

The Illusionist (Copy)

Film ini menggabungkan dua hal yang menarik, sulap dan kerajaan. Nggak banyak film yang mengemas cerita seperti ini. Agak sayang kalau sampai dilewatkan karena film ini menyajikan drama dan cinta dari spektrum yang berbeda dan unik.

Ini tentang seorang pesulap muda yang berkeliling dunia. Dia berkeliling dunia bukan untuk travelling apalagi panjat sosial, tetapi untuk menyelamatkan kekasihnya. Drama percintaan yang nggak biasa, menceritakan kesenjangan sosial dengan cara yang berbeda tetapi mengena. Waktu yang diluangkan buat film nggak akan sia-sia.

4. Red Light [2012]

Red Light (Copy)

Seperti apa jadinya kalau sulap dan supranatural dijahit dalam satu cerita yang epik? Film ini adalah jawabannya. Dua dunia yang keduanya sama-sama nggak biasa cukup jadi alasan yang bikin film ini nggak boleh dilewatkan.

Dr. Margaret Matheson dan asistennya Tom Buckley adalah paranormal investigator. Mereka berdua membongkar orang-orang yang mengaku cenayang, pembaca pikiran, dan hal-hal serupa dengan logika fisika. Mereka sangat skeptis, menganggap kalau orang-orang supranatural nggak berbeda dengan pesulap yang punya segudang trik. Tiba-tiba, seorang cenayang hebat yang menghilang 3 dekade bernama Simon Silver muncul kembali. Kehadiran Simon mengusik mereka.

5. Now You See Me [2013]

Now You See Me (Copy)

Film ini mungkin film tentang sulap paling terkenal. Nggak heran karena ceritanya pun luar biasa keren. Aluh cerita seru dan sulit ditebak. Film ini juga melahirkan banyak kutipan yang menarik dari dialog karakternya. Salah satunya adalah, ‘the closer you look, the less you see.’

Bagaimana jadinya kalau sulap dipadukan dengan perampokan? Empat orang pesulap jalanan dengan kemampuan luar biasa berkumpul dan membuat pertunjukan hebat. Trik-trik yang mereka mainkan disukai banyak orang.

Sampai akhirnya, mereka menggelar pertunjukan besar sekaligus melakukan perampokan besar. Masalahnya bukan pertunjukannya karena berjalan sangat sukses. Namun, kenapa mereka merampok? Itulah hal menarik yang bisa dipahami kalau nonton filmnya.

6. Magic in the Moonlight [2014]

Magic in the Moonlight (Copy)

Woody Allen sebagai sutradara sepertinya sudah cukup memberikan jaminan kalau film ini nggak akan membosankan. Dia selalu berhasil membuat cerita yang nggak cuma unik tetapi juga epik. Kalau kamu belum pernah menonton karya Woody Allen sebelumnya, film ini bisa jadi pintu untuk berkenalan dengan karyanya.

Kalau kata anak gaul sekarang, namanya baper. Namun, ini bukan karena KKN atau kerja kelompok. Ini karena Stanley yang merupakan seorang pesulap dipanggil untuk membongkar seorang paranormal palsu bernama Sophie. Hubungan yang terjalin di antara mereka kemudian menjadi rumit tapi menarik. Cinta dan benci ada di sana.

7. The Great Buck Howard [2008]

The Great Buck Howard (Copy)

Ini bukan film komedi yang bisa bikin kamu ngakak guling-guling. Meski begitu, film ini bisa bikin kamu senyum-senyum sendiri karena kehangat yang datang dari ceritanya. Garis besarnya tentang mimpi, dan melakukan sesuatu yang kita cintai. Hal yang sangat dekat dengan kita, kan?

Buck Howard seorang pesulap tua dengan kepribadian unik dan penuh misteri. Pada masa jayanya, dia kerap tampil di acara besar. Namun, sekarang dia harus berkeliling kota kecil dan teater tua untuk membuat pertunjukkan.

Buck ditemani Troy, asistennya yang bermimpi jadi penulis. Buck bilang kalau dia akan memberikan kejutan untuk dunia sulap dan itu akan mengembalikan namanya ke jajaran pesulap papan atas. Apakah Buck akan berhasil? Ikutin perjuangan Buck dengan menonton filmnya, ya!

8. Sleight [2016]

Sleight (Copy)

Sleight adalah film tentang seorang kakak yang berjuang untuk menjaga adiknya. Sudah banyak film drama keluarga yang mengangkat teman seperti ini, namun film ini dikemas dengan cara yang berbeda. Kehangatannya sama, khas film drama keluarga yang bagus pada umumnya.

Ceritanya tentang seorang pesulap jalanan yang harus merawat adik perempuannya yang masih kecil. Dia jadi penjual narkoba untuk bertahan hidup. Suatu hari, dia bermasalah sama bandar. Di waktu yang sama, adiknya diculik. Dia mengandalkan kemampuan sulapnya dan kecerdasannya untuk menyelamatkan adiknya. Mau tahu bagaimana sulap membantu dia menyelamatkan adiknya? Segera nonton filmnya, ya!

9. An Honest Liar [2014] 

An Honest Liar (Copy)

Ada dua kata yang saling bertentangan dalam satu kalimat yang menjadi judul film ini.  Film ini ditujukan buat kamu yang ingin tahu dunia sulap lebih dalam. Film ini membahas dunia sulap cukup detil, sampai ke hal-hal yang seharusnya nggak diketahui penonton. Tentu saja semuanya benar karena ini adalah film dokementer tentang James ‘The Amazing” Randi.

Dia adalah seorang pesulap kontroversial era 1970-an. Pada masa itu dia melakukan sesuatu yang meresahkan dunia sulap, termasuk para koleganya. Dia membongkar dan menyebarkan rahasia trik sulap kepada masyarakat umum. Padahal dia sendiri seorang pesulap, karena itulah film ini diberi judul An Honest Liar.

10. Magicians [2007] 

Magicians (Copy)

Film ini menjadi unik karena berasal dari British dan bergenre komedi. Mungkin asing buat sebagian orang, tapi bukankah itu yang menarik? Menonton sesuatu yang benar-benar baru dan kita nggak punya gambaran apa-apa tentang film ini. Nggak tahu pemainnya, penulisnya, atau sutradaranya.

Magicians bercerita tentang Harry Kane dan Karl Allen yang merupakan teman baik sekaligus rekan kerja. Mereka pesulap duo yang hebat. Keduanya memutuskan berpisah karena sebuah kejadian bodoh. Mereka dipertemukan kembali beberapa tahun kemduian di sebuah kompetisi sulap. Komedi yang disajikan film ini komedi khas British yang segar dan tepat sasaran.

Itulah 10 film tentang sulap terbaik yang direkomendasikan. Kalau seandainya kamu punya film tentang sulap lain yang belum tertulis, kamu bisa menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan. Kalau kamu pernah nonton film yang diulas di atas, boleh juga menulis ulasanmu buat pembaca lain yang belum nonton. Berbagi itu indah, teman-teman!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *