Bacaterus / Film Petualangan / 10 Rekomendasi Film Tentang Suku Pedalaman yang Unik

10 Rekomendasi Film Tentang Suku Pedalaman yang Unik

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Berbagai genre dan tema yang ditawarkan para sineas film kepada penonton memang tak akan pernah ada habisnya. Berharap menarik penonton dengan tema unik dan jalan cerita film yang seru, beberapa sineas pun mengangkat tema yang bisa membuat penasaran para penonton.

Beberapa tema film unik yang disukai banyak penonton dari berbagai negara adalah makhluk mitologi, alien hingga suku pedalaman. Nah, kali ini Bacaterus akan membahas sejumlah film bertema suku pedalaman yang menarik untuk ditonton. Berikut adalah daftarnya.

1. The Emerald Forest (1985)

The Emerald Forest (1985)

* sumber: www.imdb.com

The Emerald Forest adalah sebuah film tentang suku pedalaman yang dirilis pada tahun 1985. Film ini mengisahkan Bill Markham (diperankan oleh Powers Boothe), seorang insinyur yang baru saja pindah ke Brazil bersama keluarganya untuk bekerja di sebuah bendungan pembangkit tenaga listrik.

Cerita bermula saat istri dan kedua anaknya sedang piknik di sebuah hutan yang jauh dari area pembangunan. Tiba-tiba, Tommy anak laki-lakinya menghilang tanpa jejak. Seorang yang berasal dari suku “tidak terlihat” telah menculiknya. Markham pun akhirnya melakukan pencarian ke dalam hutan, namun tak membuahkan hasil.

10 tahun kemudian setelah bendungan selesai, Tommy diketahui masih hidup dan menjadi bagian dari suku yang “tidak terlihat” tersebut. Di dalam hutan ternyata tidak hanya dihuni oleh suku “tidak terlihat” saja, tapi juga oleh suka kanibal yang setiap saat mengintai untuk berburu.

Sanggupkah Markham melewati rintangan untuk bertemu dengan anaknya? Film lawas tentang suku pedalaman ini memang menarik untuk ditonton.

2. The Sleeping Dictionary (2003)

The Sleeping Dictionary (2003)

* sumber: www.imdb.com

The Sleeping Dictionary yang dirilis tahun 2003 adalah film yang mengisahkan seorang pria berkebangsaan Inggris bernama John Truscott yang baru saja ditugaskan ke Sarawak, Borneo atau Kalimantan.

Di tempat itu John dipertemukan dengan budaya yang disebut “The Sleeping Dictionary” di mana perempuan dari suku lokal akan tinggal bersama pria itu selama mempelajari bahasa setempat.

John awalnya menolak. Namun karena tekanan dari lingkungannya, John pun akhirnya menerima keputusan untuk tinggal bersama perempuan bernama Selima yang diperankan oleh Jessica Alba.

Film yang sebagian besar syuting di Pulau Kalimantan ini memang cukup menarik. Menampilkan keindahan alam yang mempesona, kisah cinta antara John dan Selima pun ibarat kisah cinta Romeo dan Juliet.

3. End of Spears (2005)

End of Spears (2005)

* sumber: www.imdb.com

Film End of Spears mengisahkan seorang misionaris bernama Nate Saint dan keempat sahabatnya ketika berkunjung ke sebuah wilayah di Ekuador untuk menemui suatu suku yang terkenal sangat sadis dan barbar bernama Waodani.

Berbekal keahlian menerbangkan pesawat, Nate pun bertugas menyuplai segala kebutuhan para misionaris yang ada di wilayah terpencil. Suatu hari, Nate melihat salah seorang dari suku Waodani sedang mengintai.

Mengetahui hal tersebut, Nate kembali dan memutuskan mengirim suplai makanan untuk suku Waodani. Menganggap suku Waodani sudah mulai terbuka. Nate dan kawan-kawannya memutuskan untuk menemui mereka secara langsung.

Naasnya mereka tidak disambut dengan baik. Nate dan kawan-kawannya pun tewas ditangan suku tersebut. Film yang diangkat dari kisah nyata ini cukup menarik untuk ditonton.

4. The New World (2005)

The New World (2005)

* sumber: www.imdb.com

Film The New World yang telah dibuat dalam tiga versi ini dirilis tahun 2005. Film ini mengisahkan awal mula penjajahan Eropa di Amerika pada tahun 1600-an. Pada saat itu, seorang wanita muda anak dari kepala suku Indian Algonqian bernama Pocahontas (diperankan oleh Kilcher) jatuh cinta pada Captain John Smith (diperankan Collin Farrell).

Smith sendiri saat itu adalah orang buangan yang akan dihukum mati oleh suku Indian. Kisah cinta terlarang antara Pocahontas dan Smith pun perlahan terjalin, hingga puncaknya ia kemudian harus dibuang oleh ayahnya sendiri karena hal tersebut.

Dalam penantiannya, Pocahontas pun akhirnya menikah dengan Rolfe yang diperankan oleh Cristian Bale. Kalau kamu penasaran dengan kisah cinta Pocahontas, kamu bisa menonton sendiri film keren karya Terrence Malick ini.

5. Apocalypto (2006)

Apocalypto (2006)

* sumber: www.imdb.com

Apocalypto adalah sebuah film produksi Hollywood yang dirilis pada tahun 2006. Disutradarai oleh aktor kawakan Mel Gibson, film yang mengambil latar di Semenanjung Yucatan, Meksiko ini memang sempat mencuri perhatian penonton pasca dirilis.

Film ini mengisahkan perjalanan suku Maya. Flint Sky dan putranya Jaguar Paw sedang berburu di hutan Mesoamerika ketika desa mereka diserang oleh suku lain yang dipimpin oleh Zero Wolf. Sebenarnya Jaguar Paw dan sukunya adalah pengungsi yang berhasil kabur dari peperangan.

Dalam penyerangan tersebut Flint Sky tewas. Sementara itu, istri Jaguar yang bernama Seven dan anaknya, Turtles berhasil melarikan diri dan bersembunyi di gua sempit. Jaguar Paw pun ditangkap bersama penduduk suku lain.

Setelah dibawa ke kota, para tawanan perempuan dijual sebagai budak. Sementara itu, para tawanan pria dibawa menuju puncak piramida untuk dikorbankan di hadapan Raja dan Ratu.

Berhasilkah Jaguar dan tawanan lain terhindar dari kematian? Film yang banyak dipenuhi dengan adegan mengerikan ini memang bisa membuat bulu kuduk penonton berdiri. Meskipun demikian, film karya Gibson ini memang cukup menarik untuk ditonton.

6. Ao: The Last Hunter (2010)

* sumber: www.imdb.com

Film yang dirilis tahun 2010 ini mengambil setting waktu 30.000 tahun yang lalu dan berfokus pada periode di mana manusia Neanderthals dan Magnons hidup berdampingan serta membagi dua wilayah bagian Eurasia.

Kisah film ini bermula di sebelah utara Serbia ketika dua orang dari kelompok Neanderthals, yaitu Ao yang diperankan Simmon Paul Sutton dan Boorh yang diperankan Craig Morris mengirim persediaan makanan untuk kelompok mereka.

Suatu hari ketika Ao kembali dari perburuan, ia mendapati istri dan kelompoknya telah tewas oleh manusia modern yang telah menginjakkan kaki di wilayahnya. Setelah kematian kelompoknya Ao memutuskan pergi meninggalkan Siberia yang dingin menuju tempat saudaranya yang ada di selatan.

Dalam perjalanannya ia dipertemukan dengan seorang wanita hamil dari suku lain yang ditinggalkan suaminya akibat ritual pengorbanan. Berhasilkah Ao bertemu saudaranya yang ada di selatan? Siapa yang membantai suku dari kelompok Ao? Jawabannya bisa kamu temukan setelah menonton film yang satu ini.

7. Warrior of the Rainbow (2011)

Warrior of the Rainbow (2011)

* sumber: www.imdb.com

Film ini mengisahkan sebuah suku pedalaman di Taiwan yang terkenal dengan nama Seediq Bale. Penduduk suku ini memang dikenal memegang teguh adat istiadat yang diturunkan oleh nenek moyang mereka.

Suatu hari, ketika penjajahan tentara Jepang di Taiwan, suku mereka telah diadu domba dengan suku lainnya. Puncaknya adalah ketika ribuan tentara Jepang berusaha menyerang hutan tempat mereka tinggal.

Dengan hanya 300 orang, mereka pun berhasil mengalahkan Jepang di hutan tempat mereka tinggal. Ingin tahu bagaimana cara penduduk suku ini bisa memenangkan pertarungan? Tonton sendiri filmnya.

8. The Dead Land (2014)

The Dead Land (2014)

* sumber: www.imdb.com

Film The Dead Land mengisahkan seorang pemuda suku, anak dari kepala suku Maori bernama Hongi yang memutuskan untuk melakukan pembalasan terhadap pembunuh ayahnya agar arwah sang ayah tenang dan damai.

Dengan jumlah pengikut yang kecil. Hongi berusaha mencari cara untuk mengalahkan Te Kohe Tuhaka, pemimpin kelompok pengkhianat yang telah membunuh ayahnya.

Hongi pun menemukan satu-satunya cara dan harapan untuk bisa mengalahkan suku tersebut dengan memanfaatkan Dead Land atau Tanah Mati yang sangat ditakuti.

Keberadaan suku misterius yang mereka sebut “Warrior” di tanah tersebut memang sangat terkenal. Warrior sendiri merupakan seorang pejuang kejam yang telah menguasai wilayah tersebut selama bertahun-tahun.

Berhasilkah Hongi menjalankan misinya? Apakah Warrior akan membantu Hongi? Yuk, temukan jawabannya dengan menonton filmnya.

9. Xuan Yuan The Great Emperor (2016)

Xuan Yuan The Great Emperor (2016)

* sumber: www.imdb.com

Xuan Yuan The Great Emperor mengisahkan suku pedalaman yang menjadi leluhur dari legenda Tiongkok bernama Ji Di yang hidup dan tinggal di lembah Sungai Kuning sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Ji Di adalah sosok yang pintar dan cerdas dari suku pedalaman. Keahliannya membuat sebuah benteng kokoh yang belum pernah dibuat sebelumnya membuat kagum orang-orang yang ada di sekitarnya.

Setelah peperangan yang melibatkan dua suku, Ji Di berhasil membantu sukunya memenangkan peperangan karena kepandaiannya. Ingin tahu sepak terjang suku pedalaman yang ada di Tiongkok ini? Film yang satu ini bisa menjadi tontonan yang seru di akhir pekan.

10. Alpha (2018)

Alpha (2018)

* sumber: www.imdb.com

Film tentang suku pedalaman yang satu ini mengisahkan seorang remaja bernama Keda yang diperankan oleh Kodi Smith McPhee. Saat sedang ikut berburu bersama orang dewasa, ia tak bisa mengendalikan hewan buruannya. Hal itu menyebabkan dirinya terjatuh ke jurang dan berpisah dengan kelompoknya.

Meskipun cedera pada beberapa bagian tubuhnya, Keda tetap berusaha kembali pulang pada sukunya. Namun, ia harus berurusan dengan beberapa serigala kelaparan yang siap memangsanya hidup-hidup.

Berhasilkah Keda mengalahkan serigala yang menyerangnya dan kembali pada sukunya? Film yang satu ini menjadi film menarik tentang suku pedalaman yang wajib kamu tonton.

Nah, itulah rekomendasi 10 film tentang suku pedalaman yang berhasil Bacaterus rangkum buat kamu. Nantikan informasi lainnya yang lebih menarik hanya di Bacaterus.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *