10 Film tentang Suku Indian yang Menarik untuk Ditonton

Ditulis oleh Syarip Ahmad D

Suku Indian adalah salah satu suku asli Amerika Serikat yang kerap diangkat sebagai jalan cerita dalam berbagai genre film. Mulai dari drama, aksi, romansa, komedi, hingga sejarah. Meski terkadang jalan cerita yang dihadirkan memiliki kesamaan satu dan yang lainnya, tetapi antusias penonton terhadap film-film bertema suku Indian tersebut masih sangat besar.

Sejumlah film bahkan sempat meraih penghargaan untuk beberapa kategori bergengsi. Nah, berbicara mengenai film bertema Indian. Judul film yang akan Bacaterus bahas di bawah bisa menjadi rekomendasi tontonan yang menarik. Film apa saja itu? Berikut adalah daftarnya.

1. Geronimo: An American Legend

  • Tahun Rilis: 1993
  • Genre: Drama Adventure
  • Sutradara: Walter Hill
  • Pemain: Jason Patric, Robert Duvall, Gene Hackman, Wes Studi

Geronimo: An American Legend adalah film bertema suku Indian yang telah dirilis pada tahun 1993. Film ini menceritakan tentang kisah suku Indian Apache yang berjuang menolak untuk menetap di area reservasi dari pemerintah Amerika Serikat. Alasan penolakannya sendiri karena tidak semua bangsa Apache mampu beradaptasi dengan kehidupan para petani jagung.

Film Geronimo sendiri berfokus pada sosok bernama Geronimo (Wes Studi), bangsa Apache yang menyimpan luka akibat perlakuan buruk suku ras kulit putih dan Meksiko pada keluarga dan rakyatnya. Bersama dengan pejuang Apache lain, Ia membentuk pasukan dan melakukan berbagai perlawanan pada pemerintah. Ingin tahu bagaimana Geronimo beraksi? Yuk, tonton sendiri filmnya.

2. Little Big Man

  • Tahun Rilis: 1970
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Arthur Penn
  • Pemain: Dustin Hoffman, Faye Dunaway, Chief Dan George, Martin Balsam, Richard Mulligan, Cal Bellini

Little Big Man adalah film yang diadaptasi dari novel satir karya penulis Arthur Penn tahun 1970. Film yang mengambil latar waktu masa lalu ini menceritakan tentang perjalanan kehidupan Jack Crab (Dustin Hoffman), seorang pria keturunan kulit putih yang diadopsi dan dibesarkan oleh bangsa suku Indian Cheyenne bernama Old Lodge Skins (Chief Dan George).

Jack yang kemudian berganti nama menjadi Little Big Man adalah orang satu-satunya orang kulit putih yang selamat dari Custer's Last Stand, yaitu pertempuran yang terjadi antara pasukan gabungan suku Lakota, Cheyenne, dan Arapaho melawan Resimen Kavaleri VII Amerika Serikat.

Selama 147 menit, penonton akan diajak menyelami kehidupan Jack dengan berbagai konflik dan sudut pandang yang cukup menarik. So, jangan sampai kamu lewatkan, ya

3. The Ridiculous 6

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama, Komedi
  • Sutradara: Frank Coraci
  • Pemain: Adam Sandler, Terry Crews, Jorge Garcia, Taylor Lautner, Rob Schneider, Luke Wilson

Film tentang suku Indian selanjutnya yang cukup menarik untuk ditonton berjudul The Ridiculous 6. Film komedi karya Frank Coraci ini mengisahkan tentang perjalanan seorang anak kulit putih bernama Tommy (Adam Sandler) yang diadopsi oleh penduduk asli suku Indian. Setelah mengetahui ayah kandungnya diculik oleh sekelompok bandit berbahaya.

Tommy pun kemudian berusaha untuk menyelamatkannya. Di tengah perjalanan, Tommy pun mengetahui bahwa dirinya memiliki 5 saudara tiri dari ayahnya. Ia kemudian berusaha mengumpulkan mereka untuk melakukan petualangan bersama.

Menghadirkan banyak adegan konyol yang dapat mengocok perut, The Ridiculous 6 bisa menjadi rekomendasi tontonan yang cukup menghibur bagi keluarga.

4. Pocahontas

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Animasi, Musikal, Drama
  • Sutradara: Eric Goldberg, Mike Gabriel
  • Pemain: Irene Bedard, Mel Gibson, David Ogden Stiers, John Kassir, Russell Means, Frank Welker

Film animasi Disney yang dirilis pada tahun 1995 ini mengisahkan tentang Pocahontas, putri kepala suku yang jatuh cinta pada seorang kapten kapal asal Inggris bernama John Smith. Perbedaan latar belakang keduanya membuat hubungan mereka mengalami banyak kendala.

Terlebih ketika salah satu anggota suku Indian yang bernama Kocoum harus tewas akibat rasa cemburu pada hubungan Pocahontas dan John Smith. Akibat insiden tersebut, John Smith pun harus ditawan dan terancam menjalani hukuman mati.

Sementara di tengah rasa sedih yang dalam, Pocahontas berusaha mencari cara untuk menyelamatkan kekasih dan menghentikan pertikaian yang terjadi antara dua bangsa. Berhasilkah usahanya tersebut? Untuk tahu jawabannya, tonton sendiri filmnya.

5. The Lone Ranger

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Aksi, Petualangan
  • Sutradara: Gore Verbinski
  • Pemain: Johnny Depp, Armie Hammer, Tom Wilkinson, William Fichtner, Barry Pepper, James Badge Dale, Helena Bonham Carter

Film yang karya sutradara Gore Verbinski ini mengambil latar waktu tahun 1933. Dimana seorang anak laki-laki bernama Will (Mason Cook) sangat mengidolakan seorang legenda Indian terkenal yang disebut the Lone Ranger. Suatu hari, Will secara tidak sengaja bertemu seorang pria Indian tua yang terperangkap di dalam ruang kaca museum sejarah Indian di San Fransisco.

Pria itu kemudian mengisahkan pada Will tentang perjalanan hidup seorang mantan jaksa bernama John Reid (Armie Hammer) dan seorang pejuang Indian bernama Tonto (Johnny Depp). Dimana, pertemuan keduanya saat di atas gerbong kereta telah membawa mereka pada misi yang sama, yaitu memburu penjahat kelas kakap paling berbahaya bernama Butch Cavendish (William Fichtner).

Keduanya kemudian melakukan petualangan bersama untuk menangkap sang kriminal. Penasaran bagaimana aksi kedua jagoan tersebut saat beraksi? Saksikan saja sendiri filmnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram