10 Film yang Menggambarkan Halusinasi Akibat Skizofrenia

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Kurangnya informasi tentang skizofrenia membuat adanya kesalahan interpretasi. Beberapa masih menganggap jika orang yang mengidap penyakit jiwa ini adalah orang gila. Akibatnya, masih banyak yang mengucilkan para penderitanya. Padahal Anggapan tersebut terbilang keliru, dan mereka yang mengalami skizofrenia bisa disembuhkan dengan penanganan yang benar.

Secara sederhananya, skizofrenia menyebabkan sebuah halusinasi dan delusi yang mempengaruhi perubahan tingkah laku. Mereka yang mengalami gangguan mental seperti ini, sulit untuk membedakan antara kenyataan dengan alam pikirannya sendiri.

Untuk mereduksi salah pengertian dari skizofrenia, orang awam bisa memperoleh informasi yang tepat dari sebuah film. Melalui media ini, penyampaian pesan akan terasa efektif, sehingga stigma negatif dari penderita gangguan jiwa ini akan hilang. Maka dari itu, kali ini Bacaterus akan merekomendasikan film dengan tema skizofrenia sebagai sumber pengetahuan agar bisa menyikapinya dengan bijak.

1. Christopher Robin (2018)

Christopher Robin

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Comedy, Drama, Family
  • Sutradara: Marc Forster
  • Pemeran: Ewan McGregor, Hayley Atwell, Bronte Carmichael
  • Perusahaan Produksi: 2DUX², Walt Disney Pictures

Menurut sebuah studi berjudul "Pathology in the Hundred Acre Wood: a neurodevelopmental perspective on A.A. Milne", mengatakan bahwa Christopher Robin dicurigai mengidap skizofrenia. Studi ilmiah tersebut diterbitkan dalam Asosiasi Medis Kanada pada tahun 2000. Semua karakter dalam Winnie The Pooh adalah teman imajiner dari buah hasil pikiran Christopher Robin itu sendiri.

Walaupun begitu, film yang satu ini menyiratkan berbagai pesan yang cukup hangat. Pesan tersebut disampaikan melalui makna pencarian kebahagian dan arti sebuah keluarga. Ketika Christopher beranjak besar dan harus melupakan teman imajinernya, maka perlahan demi perlahan pikirannya masuk dalam rutinitas kehidupan orang dewasa pada umumnya.

Saat ia berkeluarga dan mempunyai seorang anak, sekejap saja keceriaan yang ia dapatkan ketika masa kecilnya perlahan hilang. Ia terlalu sibuk bekerja, lupa akan keluarganya dan mulai menghilangkan imajinasinya. Di suatu hari, secara ajaib Pooh muncul lagi dalam kehidupannya. Mereka memutuskan berpetualang lagi untuk menemukan Tigger, Piglet, Eeyore, Rabbit, Kanga, Roo, dan Owl.

 2. The Soloist (2009)

The Soloist

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Biography, Drama, Music
  • Sutradara: Joe Wright
  • Pemeran: Jamie Foxx, Robert Downey Jr., Catherine Keener
  • Perusahaan Produksi: DreamWorks, Universal Pictures, StudioCanal

Sebelum menderita penyakit skizofrenia, Nathaniel Anthony Ayers adalah seorang seniman yang berbakat. Ia bergabung dengan sebuah grup orkestra dan bermain musik di sana. Hidupnya cukup cemerlang dengan mempunyai tempat tinggal yang layak. Namun suatu waktu, ia mulai merasakan gejala aneh dalam kepalanya. Ia seolah merasakan ada suara bising yang menyerang pikirannya.

Gangguan tersebut selalu beruang-ulang menghantuinya. Dengan kondisi seperti itu, membuat Nathaniel harus keluar dari grup orkestra tersebut. Ia pun menjadi kacau dan hidup layaknya seorang tunawisma.

Secara tidak sengaja, seorang wartawan bernama Steve Lopez bertemu dengannya di sebuah taman. Merasa iba, wartawan itu pun mencoba membantu kehidupannya agar kembali menjadi lebih baik lagi. 

3. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind

  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Biography, Drama
  • Sutradara: Ron Howard
  • Pemeran: Russell Crowe, Ed Harris, Jennifer Connelly
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, DreamWorks, Imagine Entertainment

John Nash adalah seorang ilmuwan dibidang matematika, ia memiliki gangguan psikologis berupa skizofrenia. Selama berkuliah di Universitas Princeton, ia mempunyai seorang teman bernama Charles Herman. Sahabatnya itu adalah orang yang selalu mengerti tentang dirinya. Setelah lulus kuliah, ia bekerja sebagai peneliti di Wheller Defense Lab, MIT.

Ia bertemu dengan seorang agen rahasia bernama William Parcher. Agen tersebut meminta John untuk memecahkan kode rahasia dari Uni Soviet. Selama memecahkan pola rahasia itu, John selalu merasa gelisah karena berpikir akan ada orang yang mau membunuhnya. Mengetahui akan sikap aneh suaminya, sang istri mulai curiga dan mencoba untuk mengobatinya.

Alicia Larde, sang istri akhirnya mengetahui jika suaminya mengalami skizofrenia. Ia pun mulai mencari kebenaran akan sikap suaminya. Alicia menemukan fakta bahwa Charles Herman, dan William Parcher tidak penah ada. Mereka adalah rekaan dari halusinasi John. Begitu juga dengan kode rahasia Uni Soviet, dan orang yang akan membunuhnya, semuanya adalah manifestasi khayalan dari pikiran John Nash. 

4. K-PAX (2001)

K-PAX

  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Drama, Mystery, Sci-Fi
  • Sutradara: Iain Softley
  • Pemeran: Kevin Spacey, Jeff Bridges, Mary McCormack
  • Perusahaan Produksi: IMF Internationale Medien und Film GmbH & Co. 2. Produktions KG

Sebuah halusinasi tingkat tinggi mendera seorang pria yang bernama Prot. Ia menganggap bahwa dirinya bukan berasal dari bumi, melainkan dari planet K-PAX. Prot selalu menyakini bahwa ia adalah seorang alien, dan bukan manusia pada umumnya. Maka dari itu, setiap berada di jalanan ia selalu menggunakan kaca mata hitam sebagai identitasnya.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram