Bacaterus / Film Psikologi / 10 Film yang Menggambarkan Halusinasi Akibat Skizofrenia

10 Film yang Menggambarkan Halusinasi Akibat Skizofrenia

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Desember 2019

Kurangnya informasi tentang skizofrenia membuat adanya kesalahan interpretasi. Beberapa masih menganggap jika orang yang mengidap penyakit jiwa ini adalah orang gila. Akibatnya, masih banyak yang mengucilkan para penderitanya. Padahal Anggapan tersebut terbilang keliru, dan mereka yang mengalami skizofrenia bisa disembuhkan dengan penanganan yang benar.

Secara sederhananya, skizofrenia menyebabkan sebuah halusinasi dan delusi yang mempengaruhi perubahan tingkah laku. Mereka yang mengalami gangguan mental seperti ini, sulit untuk membedakan antara kenyataan dengan alam pikirannya sendiri.

Untuk mereduksi salah pengertian dari skizofrenia, orang awam bisa memperoleh informasi yang tepat dari sebuah film. Melalui media ini, penyampaian pesan akan terasa efektif, sehingga stigma negatif dari penderita gangguan jiwa ini akan hilang. Maka dari itu, kali ini Bacaterus akan merekomendasikan film dengan tema skizofrenia sebagai sumber pengetahuan agar bisa menyikapinya dengan bijak.

1. Christopher Robin (2018)

Christopher Robin

Menurut sebuah studi berjudul “Pathology in the Hundred Acre Wood: a neurodevelopmental perspective on A.A. Milne”, mengatakan bahwa Christopher Robin dicurigai mengidap skizofrenia. Studi ilmiah tersebut diterbitkan dalam Asosiasi Medis Kanada pada tahun 2000. Semua karakter dalam Winnie The Pooh adalah teman imajiner dari buah hasil pikiran Christopher Robin itu sendiri.

Walaupun begitu, film yang satu ini menyiratkan berbagai pesan yang cukup hangat. Pesan tersebut disampaikan melalui makna pencarian kebahagian dan arti sebuah keluarga. Ketika Christopher beranjak besar dan harus melupakan teman imajinernya, maka perlahan demi perlahan pikirannya masuk dalam rutinitas kehidupan orang dewasa pada umumnya.

Saat ia berkeluarga dan mempunyai seorang anak, sekejap saja keceriaan yang ia dapatkan ketika masa kecilnya perlahan hilang. Ia terlalu sibuk bekerja, lupa akan keluarganya dan mulai menghilangkan imajinasinya. Di suatu hari, secara ajaib Pooh muncul lagi dalam kehidupannya. Mereka memutuskan berpetualang lagi untuk menemukan Tigger, Piglet, Eeyore, Rabbit, Kanga, Roo, dan Owl.

 2. The Soloist (2009)

The Soloist

Sebelum menderita penyakit skizofrenia, Nathaniel Anthony Ayers adalah seorang seniman yang berbakat. Ia bergabung dengan sebuah grup orkestra dan bermain musik di sana. Hidupnya cukup cemerlang dengan mempunyai tempat tinggal yang layak. Namun suatu waktu, ia mulai merasakan gejala aneh dalam kepalanya. Ia seolah merasakan ada suara bising yang menyerang pikirannya.

Gangguan tersebut selalu beruang-ulang menghantuinya. Dengan kondisi seperti itu, membuat Nathaniel harus keluar dari grup orkestra tersebut. Ia pun menjadi kacau dan hidup layaknya seorang tunawisma.

Secara tidak sengaja, seorang wartawan bernama Steve Lopez bertemu dengannya di sebuah taman. Merasa iba, wartawan itu pun mencoba membantu kehidupannya agar kembali menjadi lebih baik lagi. 

3. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind

John Nash adalah seorang ilmuwan dibidang matematika, ia memiliki gangguan psikologis berupa skizofrenia. Selama berkuliah di Universitas Princeton, ia mempunyai seorang teman bernama Charles Herman. Sahabatnya itu adalah orang yang selalu mengerti tentang dirinya. Setelah lulus kuliah, ia bekerja sebagai peneliti di Wheller Defense Lab, MIT.

Ia bertemu dengan seorang agen rahasia bernama William Parcher. Agen tersebut meminta John untuk memecahkan kode rahasia dari Uni Soviet. Selama memecahkan pola rahasia itu, John selalu merasa gelisah karena berpikir akan ada orang yang mau membunuhnya. Mengetahui akan sikap aneh suaminya, sang istri mulai curiga dan mencoba untuk mengobatinya.

Alicia Larde, sang istri akhirnya mengetahui jika suaminya mengalami skizofrenia. Ia pun mulai mencari kebenaran akan sikap suaminya. Alicia menemukan fakta bahwa Charles Herman, dan William Parcher tidak penah ada. Mereka adalah rekaan dari halusinasi John. Begitu juga dengan kode rahasia Uni Soviet, dan orang yang akan membunuhnya, semuanya adalah manifestasi khayalan dari pikiran John Nash. 

4. K-PAX (2001)

K-PAX

Sebuah halusinasi tingkat tinggi mendera seorang pria yang bernama Prot. Ia menganggap bahwa dirinya bukan berasal dari bumi, melainkan dari planet K-PAX. Prot selalu menyakini bahwa ia adalah seorang alien, dan bukan manusia pada umumnya. Maka dari itu, setiap berada di jalanan ia selalu menggunakan kaca mata hitam sebagai identitasnya.

Seorang psikiater yang bernama Dr. Mark Powell, kemudian berusaha untuk menyembuhkan delusi yang dialami oleh Prot. Untuk bisa mencerna setiap cerita yang diutarakan oleh pasiannya itu, sang dokter pun tidak sungkan membawanya bertemu dengan para ilmuwan. Hal itu ia lakukan agar Prot mau memberikan gambaran tentang tempat tinggalnya di planet K-PAX.

Intensitas hubungan antara dokter dan pasien ini pun cukup kuat. Usaha untuk mengobati sang pasien pun dilakukan lebih mendalam. Ia mengajak Prot untuk berkunjung ke rumahnya. Lalu bagaimana sang dokter ini bisa membedah alam pikiran dan mengobati pasiennya tersebut? Jangan lupa saksikan film ini untuk mengetahui kelanjutan ceritanya. 

5. Shutter Island (2010)

Shutter Island

Diakhiri dengan kesimpulan yang tidak terduga, film yang satu ini menghadirkan drama psikologis yang muram dengan alur cerita yang kuat. Permainan delusi yang dibawakan oleh sang tokoh utama, mampu mengalirkan sebuah kondisi terlihat seperti nyata. Namun faktanya, dia menciptakan ruang imajinasinya sendiri dengan orang-orang sekitar sebagai pendukung dari apa yang ia lakukan.

Secara garis besar, film ini berkisah tentang seorang anggota federal U.S Marshall bernama Teddy Daniels bersama rekan kerjanya Chuck Aule. Mereka berdua bertugas untuk menyelidiki misteri hilangnya seorang pasien di Rumah Sakit Jiwa Aschecliffe. Selama penyelidikan, Daniels merasa bahwa pihak rumah sakit selalu menutup-nutupi fakta dari kasus yang ia cari.

Daniels yang nampak serius dalam setiap pencarian barang bukti, mulai menghadapi keanehan dalam pikirannya. Ia kemudian dihinggapi perasaaan cemas, dan mimpi aneh. Kini sebuah halusinasi datang kepada dirinya. Ia pun bingung dan ragu untuk menyatakan mana yang nyata dan mana yang merupakan sebuah delusi. 

6. PI (1998)

PI

Film yang satu ini cukup unik diantara yang lainnya. Kenapa? Visualisasi hitam putih akan menjadi nuansa utama sepanjang jalan cerita. Pria bernama Maximillian Cohen adalah karakter utama dalam film PI ini. Ia adalah seorang introvert garis keras yang anti dengan namanya bersosialisasi. Walaupun begitu, Cohen merupakan seorang pria jenius dan ahli di bidang eksakta. Ia sangat terobesi dengan perhitungan angka.

Dalam cara pandangannya, ia berkesimpulan bahwa alam semesta tercipta karena memiliki polanya tersendiri. Pola yang ia maksud bisa terbentuk dari sebuah bilangan angka. Maka dari itu, ia melakukan penelitian untuk membuktikan hipotesanya. Selain cerdas, Cohen pun mengidap rasa takut berlebihan dan sering berhalusinasi tentang hal-hal aneh. 

7. Benny & Joon (1991)

Benny & Joon

Film ini menampilkan kepiawaian Johnny Depp dalam berakting. Ia berperan sebagai Sam, seorang pria yang menganggap dirinya adalah kembaran dari Charlie Chaplin. Ia tinggal di sebuah rumah yang diisi oleh sepasang kakak dan adik, bernama Benny dan Joon. Awalnya sang kakak, Benny, tidak ingin Sam tinggal dirumahnya. Karena Sam sering membersihkan rumahnya, maka ia pun mengizinkannya untuk menetap.

Adiknya Benny yang bernama Joon menderita gangguan psikologis. Dengan kehadiran Sam dalam rumahnya, membuat kondisi Joon jadi lebih ceria. Mereka pun pada akhirnya saling menyukai, Sam yang buta huruf sering dibantu oleh Joon untuk menulis. Sementara itu, sang kakak menjalin asmara dengan seorang pelayan restoran bernama Ruthie. 

8. Shine (1996)

Shine

Shine menuturkan kisah nyata seorang pianis Australia bernama David Helfgott. Sosok tersebut diperankan oleh aktor bernama Geoffrey Rush. Selama masa remaja, David adalah pemain piano yang berbakat. Ayahnya adalah orang pertama yang mengajarkan ia bermain alat musik tersebut. Dibalik sikap bangga terhadap David, ia ternyata sangat konservatif dan bersikap keras terhadap anaknya.

Merasa adanya serangan mental dari sang ayah, David ingin melepaskan cengkraman psikologis tersebut. Ia pun mendapatkan beasiswa Royal College Of Music di London dan melakukan konser solonya di sana. Selama konser berlangsung, ia memukau semua penonton. Namun setelah menyelesaikan pentasnya, ia mengalami gangguan saraf akibat akumulasi tekanan mental yang ia alami selama ini.

Waktu pun terus berjalan, kini kehidupan David menjadi kacau. Ia sering berhalusinasi dan berbicara sendirian. Sampai suatu saat, di sebuah restoran ia mengejutkan para pengunjung dengan aksi pianonya. Tempat itu menjadi titik balik dalam kehidupannya. Ia dipertemukan dengan Gillian, seorang perempuan yang nantinya akan menjadi istrinya dan membantunya untuk mengembalikan karir musiknya. 

9. The Fisher King (1991)

The Fisher King

Di suatu malam yang sunyi, Jack Lucas sedang merenung dan memutuskan untuk bunuh diri. Sebelum niatnya itu terlaksana, seorang pria jalanan bernama Parry menggagalkan aksi nekatnya tersebut. Jack selamat dari kematian, dan Parry pun mulai menceritakan tentang dirinya kepada Jack. Dengan percaya diri, ia mengatakan bahwa dirinya memiliki misi untuk menemukan Holy Grail (Cawan Suci).

Merasa aneh dengan ceritanya, Jack enggan membantu pria tersebut. Namun atas balas budi yang ingin ia lakukan, akhirnya Jack mulai menemani Parry. Ia pun mengetahui jika teman barunya itu mengidap gangguan kejiwaan. Jack sering melihat Parry berhalusinasi dan panik karena terus di hantui oleh Ksatria Merah. Melihat keadaannya, ia merasa bertanggung jawab akan kondisi dari sosok temannya tersebut. 

10. Donnie Darko (2001)

Donnie Darko

Donnie Darko adalah seorang pelajar yang menderita skizofrenia. Ketika malam hari, ia selalu sleepwalking dan mendapati dirinya berada disebuah tempat yang jauh dari rumahnya. Saat mengalami hal tersebut, Donnie bertemu dengan teman imajinasinya yang menggunakan baju kelinci. Teman imajinernya itu bernama Frank, lalu ia mengatakan kepada Donnie bahwa dalam 28 hari ke depan bumi akan kiamat.

Donnie selalu berperilaku aneh dan menuruti apa yang disuruh oleh Frank. Ia mulai membuat kekacauan,  Donnie menghancurkan pipa air di sekolahnya yang mengakibatkan banjir. Merasa ada yang aneh dalam dirinya, ia mulai mendatangi seorang psikolog dan menceritakan tentang halusinasi yang ia dapatkan. Bagaimana kehidupan Donnie selanjutnya? Jangan sampai kelewatan menonton film yang satu ini.

Itulah 10 film rekomendasi tentang skizofrenia dari Bacaterus. Dari semua film yang sudah dibahas di atas, semuanya mengandung banyak pesan dalam menyikapi gangguan mental ini. Semoga kamu punya waktu luang untuk bisa menonton semuanya, dan diharapkan film-film tersebut bisa menjadi sumber pengetahuan baru tentang penyakit psikologis yang satu ini. Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *