Bacaterus / Film Olahraga / 10 Rekomendasi Film Tentang Skateboard yang Penuh Motivasi

10 Rekomendasi Film Tentang Skateboard yang Penuh Motivasi

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 November 2019

Di penghujung tahun 90an, game Tony Hawk’s Pro Skater dirilis dalam platform PlayStation 1. Game itu laris manis dan hampir semua anak muda keranjingan memainkan permainan papan luncur tersebut.

Ada Bob Burnquist, Bam Margera, Tony Hawk dan pemain pro lainnya yang bisa dimainkan dalam game itu. Berkat game tersebut, permainan skateboard mulai dikenal dari tahun ke tahun.

Skateboard memang dikategorikan sebagai olahraga ekstrim. Namun, banyak orang yang menyukai bermain papan luncur ini. Bermain skateboard sekarang ini sudah menjadi gaya hidup kaum urban, khususnya anak-anak muda.

Di kota-kota besar di Indonesia pun sudah ada skate park atau taman khusus untuk bermain skateboard. Jadi, untuk yang mau belajar mengangkat papan skate tidak perlu repot lagi karena sudah ada tempatnya.

Agar semakin termotivasi untuk bisa bermain olahraga ini, ada beberapa film bertemakan skateboard yang bisa menjadi bahan referensi buat kamu. Berikut ini Bacaterus telah merangkum 10 film tentang skateboard yang bagus untuk ditonton.

1. Mid90s (2018)

Mid90s

* sumber: thepartae.com

Layaknya anak-anak yang memasuki masa remaja, Stevie selalu melakukan banyak hal yang ia sukai. Salah satunya adalah dengan bermain skateboard. Ia tumbuh kembang di pertengahan tahun 90an, di mana budaya skateboarding yang kental saat itu mengantarkan dirinya bertemu dengan para skateboarder lainnya.

Stevie mulai bergaul dengan beberapa teman yang usianya lebih tua darinya. Ia mulai merasa betah berada dalam lingkungan barunya. Walaupun usia mereka jauh lebih tua, ia merasa nyaman karena memiliki banyak teman untuk bermain skateboard. Stevie sendiri sering lari dari rumahnya, lalu mencuri waktu untuk sekedar berkumpul dan bermain skateboard.

Selain diisi dengan aksi-aksi permainan skateboard yang menarik untuk dilihat, film ini juga menampilkan nostalgia akan kehidupan remaja di tahun 90an. Film ini sangat menghibur dan tidak boleh untuk dilewatkan.

2. Grind (2003)

Grind

* sumber: www.pinterest.ch

Film skateboard yang satu ini dikemas dalam unsur komedi remaja Hollywood. Grind bercerita tentang empat sahabat yang bercita-cita menjadi pemain skateboard profesional. Eric Rivers, Matt Jensen, Dustin Knight dan Sweet Lou akhirnya membentuk tim skate mereka sendiri. Mereka melakukan road trip dari Chicago ke Santa Monica untuk dapat menggampai mimpi tersebut.

Film ini menampilkan beberapa skater profesional, seperti Bucky Lasek, Bob Burnquist, Pierre Luc Gagnon dan Bam Margera. Selain menampilkan teknik skate yang cukup sulit, unsur persahabatan yang ditonjolkan dalam film ini pun cukup baik. Mereka berusaha sekali mendapatkan promotor untuk menjadi seorang skater profesional.

3. Skate Kitchen (2018)

Skate Kitchen

* sumber: berlinfilmjournal.com

Camile adalah seorang gadis pendiam yang memiliki hobi bermain skateboard. Suatu waktu ia pernah mengalami cidera saat memainkan papan luncurnya. Sejak saat itu ibunya melarangnya untuk bermain skateboard lagi.

Tanpa sengaja, Camile melihat sebuah postingan di media sosial tentang sebuah grup skateboard perempuan di Kota New York. Ia pun memutuskan untuk pergi ke kota tersebut.

Grup skateboard perempuan tersebut memiliki nama Skate Kitchen. Di New York, kehidupan Camile lebih berwarna. Ia bertemu dengan grup itu dan mulai mendapatkan teman-teman yang paham akan dirinya. Intrik-intrik ala remaja menghiasi film ini, namun esensi sebagai sebuah tontonan skateboarding masih tetap ada di sepanjang film.

4. Thrashin (1986)

Thrashin

* sumber: www.imdb.com

Meski terbilang lawas, film ini menjadi salah satu tontonan wajib bagi yang menyukai skateboard. Dibintangi oleh aktor pemeran Thanos, Josh Brolin, film Thrashin juga menampilkan skater-skater legendaris, seperti Tony Hawk, Tony Alva dan Steve Caballero. Josh Brolin yang berperan sebagai Corey Webster mempunyai geng skateboard yang bernama The Ramp Locals.

Geng Corey tersebut selalu berseteru dengan sesama grup skateboard lainnya The Daggers. Mereka bertarung dalam permainan skateboarding untuk menentukan grup siapa yang paling keren. Film ini juga menyajikan cerita drama klise antara Corey yang menyukai Chrissy. Gadis pujaan hatinya tersebut merupakan adik dari pimpinan grup rivalnya tadi.

Meskipun dibalut dengan cerita drama remaja yang klise, tidak ada salahnya untuk menonton film ini. Film berdurasi 92 menit ini cukup menghibur dengan menggambarkan realitas kehidupan remaja Amerika di pertengahan tahun 80an.

5. Gleaming The Cube (1989)

Gleaming The Cube

* sumber: www.empireonline.com

Jika kamu berpikir kalau Gleaming The Cube hanya sekedar film skateboard bisa, mulai saat ini buang jauh pikiran itu. Seperti film action ala Hollywood, film ini menyuguhkan aksi kejar-kejaran dengan mobil dan tembak-menembak dengan senjata api. Dengan menggabungkan kultur skateboard dan action, film ini cukup populer karena mengambil konsep cerita yang tidak biasa pada zamannya.

Film tentang skateboard yang satu ini menceritakan seorang pemain skateboard yang bernama Brian Kelly. Di usianya yang baru menginjak 16 tahun, ia sudah mahir dalam bermain papan luncur. Brian mempunyai seorang saudara angkat dari Vietnam bernama Vinh. Malapetaka terjadi kepada saudara angkatnya tersebut, ia ditemukan tewas terbunuh. Brian pun merasa ada yang janggal dengan kematian Vinh.

Dari situlah konflik mulai berkembang, Brian pun mencari tahu untuk mengungkap kasus pembunuhan terhadap Vinh. Dibantu dengan grup skateboard yang dia miliki, Brian mencoba untuk memecahkan kasus tersebut.

6. Lords of Dogtown (2005)

Lords of Dogtown

* sumber: www.cineoutsider.com

Film bergenre drama biografi ini patut dimasukkan ke dalam daftar tontonan kamu. Diambil dari kisah nyata, film ini menuturkan cerita persahabatan antara para maestro skateboarder, yakni Tony Alva, Jay Adams dan Stacy Peralta. Para legenda skateboard tersebut mulai menapaki karir dan menciptakan trik-trik skateboarding pada periode tahun 70an.

Ketiga sahabat tersebut berasal dari daerah pesisir pantai Venice, California. Daerah tempat mereka tinggal dikenal dengan sebutan “Dogtown”. Ketiga aktor yang memerankan para legenda skateboard tersebut berhasil memainkan perannya dengan baik. Terlebih lagi, trik-trik skate yang dimunculkan sangat menyenangkan untuk dilihat.

Secara keseluruhan, film tentang skateboard yang satu ini menggambarkan perjalanan panjang dunia skateboarding. Diawali dengan euforia skateboard yang mereka perkenalkan di tahun 70an, kini kultur tersebut sudah menjadi cabang populer kehidupan anak muda di seluruh dunia.

7. Hard Flip (2012)

Hard Flip

Beragam konsep cerita ditampilkan agar membuat film bertemakan skateboard ini lebih menarik untuk ditonton. Salah satu yang paling menyentuh adalah dengan mengambil tema keluarga sebagai alur ceritanya. Dengan premis seperti itu, sepanjang cerita film Hard Flip ini berpusat pada seorang anak yang berasal dari keluarga yang tidak sempurna.

Caleb Jones terobsesi untuk menjadi seorang pemain skateboard profesional. Ia tinggal berdua bersama ibunya. Dalam hidupnya, Jones tidak mengetahui siapa ayah kandungnya. Ketika ibunya jatuh sakit, ia bertekad untuk mencari ayahnya. Merasa telah ditelantarkan oleh ayahnya sendiri, Jones sangat marah dan benci untuk bisa bertemu dengannya.

Dengan rutinitasnya dalam bermain skateboard, terlebih lagi harus menjaga ibunya yang sakit, Jones berkonflik terhadap dirinya sendiri. Ia masih belum bisa memaafkan perbuatan ayahnya tersebut. Akankah pertemuan ayah dan anak ini bisa terjadi? Film tentang skateboard yang hangat dan menyentuh ini menarik untuk ditonton.

8. Dogtown and Z-Boys (2001)

Dogtown and Z-Boys

* sumber: danielostroff.com

Berbeda halnya dengan Lord of Dogtown yang diperankan oleh para aktor, film yang satu ini merupakan sebuah film dokumenter yang menampilkan pemeran aslinya. Film ini masih berpusat di daerah pesisir pantai Venice, California. Menonton dokumenter ini akan sangat seru, karena bisa melihat langsung kehidupan para pionir skateboard, seperti Tony Alva, Stacy Peralta dan Jay Adams.

Dokumenter ini lebih spesifik menceritakan perjalanan skateboard yang bisa tumbuh kembang di California, dan menjadi kultur baru di tahun 70an. Mengeksplorasi gerakan dari kalangan peselancar di pantai Santa Monica dan Venice, gaya permainan skateboard mulai berkembang dan lebih variatif.

Diadaptasi dari cara bermain selancar, ketiga legenda tersebut menciptakan beberapa trik skateboard yang hingga kini masih sering digunakan. Selain memperlihatkan kisah mereka bertiga dengan aksinya bermain papan luncur, film ini juga memberikan pengetahuan akan sejarah perkembangan dunia skateboard di masa tersebut.

9. Street Dreams (2009)

Street Dreams

* sumber: alchetron.com

Bercita-cita menjadi seorang skateboard tentulah tidak mudah. Apalagi jika harus berhadapan dengan orang tua sendiri yang melarang hobi tersebut. Film ini menceritakan bagaimana sebuah mimpi dapat tercapai walaupun ada yang melarangnya. Derrick Cabrera ingin menjadi seorang skater profesional dan ia berharap mendapatkan sponsor agar cita-citanya itu dapat tercapai.

Namun, ayahnya melarang untuk bermain papan luncur. Ternyata bukan hanya dari ayahnya saja, pacarnya pun tidak menyukai jika Derrick selalu bermain skateboard. Dengan kondisi seperti itu Derrick bersama teman-temanya tetap menjalani mimpinya untuk menjadi seorang pemain profesional.

Untuk dapat menggapai mimpi tersebut, mereka pun pergi ke Florida. Di sana Derrick dan kawan-kawannya mengikuti kompetisi Skatepark of Tampa Amateur Contest.

10. MVP 2: Most Vertical Primate (2001)

Most Vertical Primate

Permainan skateboard bukan hanya digemari oleh manusia saja. Seekor simpanse pun ternyata mampu dengan lincah memainkan papan luncur. Jika kamu tidak percaya, coba sedikit luangkan waktu untuk menonton film ini. MVP 2 menceritakan kisah persahabatan antara Ben dengan Jack, si simpanse yang pintar. Ben merupakan seorang anak jalanan yang pandai bermain skateboard.

Mereka bertemu di sebuah kolam yang sudah tidak terurus lagi. Ben sangat ingin mengikuti sebuah kompetisi skateboard dan mendapatkan sponsor. Namun, satu kejadian membuat papan luncurnya patah. Ia dan jack bertemu Olive, sang pemilik toko perlengkapan skate. Olive pun meminjamkan salah satu skateboardnya untuk dipakai Ben mengikuti sebuah kompetisi.

Ditengah kompetisi tersebut, ketika giliran Ben akan tampil, ia merasa gugup. Namun tidak disangka, Jack pun ikut berseluncur saat perlombaan berlangsung. Hal itu membuat Ben kembali percaya diri dan melanjutkan perlombaan. Ben pun menjuarai kontes tersebut dan mendapatkan sponsor skateboard dari pemain profesional Bob Burnquist.

Itulah daftar film tentang skateboard pilihan yang bisa menjadi referensi kamu untuk bermain skateboard. Jika kamu mempunyai daftar film yang bertemakan skateboard lainnya, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Jangan lupa menggunakan helm, pelindung kaki dan lutut saat kamu ingin bermain skateboard ya!

Baca juga artikel menarik tentang film yang bertemakan olahraga terbaik yang dibuat oleh Disney.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar