Bacaterus / Film Binatang / 10 Film Tentang Serangan Hiu Terbaik Sepanjang Masa

10 Film Tentang Serangan Hiu Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Hiu (shark) merupakan spesies ikan predator yang mayoritas hidup di lautan, meski beberapa di antaranya ada juga yang hidup di sungai dan danau. Dengan gigi-gigi yang tajam, penciuman akan darah yang kuat dan hasrat makannya yang besar, hiu sudah menjadi monster yang menakutkan bagi mereka yang menyukai dunia laut.

Kehandalan hiu dalam mencari mangsa didapatnya melalui indera elektromagnetik yang dimilikinya yang sering dinamakan dengan ampullae of Lorenzini. Selain itu, hiu juga memiliki kecepatan hingga 19km/jam dalam memburu mangsanya dan memiliki tingkat intelijensia yang tinggi setara mamalia dan spesies burung.

Dengan semua kelebihannya ini, hiu menjadi inspirasi yang tepat bagi sineas film untuk membuat film teror di lautan. Banyak sekali film-film yang menampilkan keganasan hiu, tetapi hanya segelintir saja yang memiliki kualitas yang cukup baik. Sisanya berupa film kelas B atau C yang langsung dirilis dalam bentuk home video dan tidak diputar di bioskop.

Untuk itu, kami pilihkan 10 film tentang serangan hiu yang termasuk ke dalam kategori film kelas A yang pernah di putar di layar bioskop di Amerika. Berikut ini daftarnya. Selamat menyimak.

10 Film Tentang Serangan Hiu Terbaik Sepanjang Masa

1. Shark [1969]

Shark

Mungkin inilah film pertama yang menampilkan keganasan ikan hiu. Dibintangi oleh Burt Reynolds, serangan ikan hiu dalam film ini hanya ditampilkan sebagai adegan pelengkap dalam keseruan cerita perseteruan dalam mendapatkan harta karun di dasar laut di mana habitat ikan hiu berada.

Penggunaan hiu sungguhan dalam film ini memakan korban jiwa dalam proses syuting, di mana seorang stuntman dan kameraman menjadi korbannya yang semuanya terekam di dalam kamera.

Pihak produser menggunakan rekaman ini sebagai bahan promosi yang tidak disetujui oleh sutradara Samuel Fuller yang akhirnya membuat dia keluar dari produksi film ini sebelum film dirilis. Akhirnya, film tetap dirilis tanpa ada izin dari Fuller sebagai sutradara dan tetap menggunakan adegan kematian stuntman itu dalam promosi filmnya.

2. Jaws [1975]

Jaws

Jika berbicara film tentang serangan hiu, maka film inilah yang terbaik. Buah karya Steven Spielberg ini menjadi pionir film-film summer blockbuster yang meraup penghasilan besar di tangga box-office dan termasuk salah satu film terbaik yang pernah diproduksi oleh Hollywood.

Kisahnya sendiri fiktif dan diadaptasi dari novel karya Peter Benchley dengan seting pantai fiktif Amity Island. Kedatangan hiu dalam adegan-adegannya sangat menegangkan, apalagi ditambah dengan iringan musik gubahan John Williams yang semakin bisa mendebarkan jantung kita.

Selain berhasil menjadi box-office, film ini juga mendulang banyak penghargaan dari berbagai festival film dunia dan kemudian menghadirkan banyak sequel yang memiliki kualitas jauh di bawah film ini.

3. Deep Blue Sea [1999]

Deep Blue Sea

Sekelompok ilmuwan melakukan penelitian terhadap tiga ekor ikan hiu jenis Mako Sharks demi mendapat obat Alzheimer dari sel otaknya. Tetapi sebuah keteledoran membuat ketiga hiu ganas ini lepas dan meneror seluruh orang yang ada di lokasi penelitian tersebut.

Sutradara Renny Harlin mampu menggenjot tensi film dengan baik, meski ceritanya sendiri cenderung klise. Performa akting para aktornya pun tidak bisa dibilang bagus, tetapi poin penting dalam film ini, yaitu serangan hiu, ditampilkan cukup maksimal dengan bantuan special-effects yang cukup baik.

4. Open Water [2003]

Open Water

Film ini berdasarkan kejadian nyata dari pasangan Tom dan Eileen Lonergan saat mereka melakukan scuba diving dan tertinggal dari kelompoknya karena awak kapal salah dalam menghitung jumlah penumpang di Perairan Karibia.

Dalam film ini, nama mereka disamarkan dan kisahnya di dramatisir, karena tidak ada yang tahu apa yang mereka alami setelah tertinggal dari rombongan. Tanpa bantuan seorang pun, keselamatan mereka terancam dengan hadirnya sekelompok ikan hiu yang sedang mencari mangsa. Tidak ada yang bisa menyelamatkan mereka, dan hidup mereka berakhir dalam terkaman ganasnya ikan hiu.

5. The Reef [2010]

The Reef

Film dengan seting lokasi di perairan antara Australia dan Indonesia ini menceritakan sekelompok sahabat dengan maksud mengantarkan sebuah yacht ke Indonesia. Tidak disangka, yacht tersebut mengalami kerusakan dan tenggelam. Mereka pun bermaksud berenang untuk menuju pulau terdekat. Tetapi ada sesuatu yang tidak mereka prediksi, yaitu seekor hiu yang lapar.

Meski film ini merupakan produksi Australia dan dirilis terbatas di Amerika, banyak respon positif yang mengalir dari para kritikus film, terutama menyorot tentang tampilan ikan hiu yang ganas dan mengerikan.

6. Shark Night 3D [2011]

Shark Night 3D

Jika biasanya serangan ikan hiu hanya dilakukan oleh seekor atau sekelompok dari spesies yang sama, maka dalam film thriller karya terakhir sutradara David R. Ellis ini, minimalnya ada tiga jenis ikan hiu yang ditampilkan.

Ceritanya sendiri sangat klise dan mudah ditebak, tetapi sajian ketegangan yang dihadirkan cukup mampu menggedor jantung penonton, meski hasil akhirnya tetap mendapat respon negatif dari para kritikus film. Setidaknya kita bisa melihat keberagaman ikan hiu dalam mencapai satu tujuan, yaitu mencari mangsa.

7. Soul Surfer [2011]

Soul Surfer

Ketika seorang surfer yang sedang naik daun mengalami kecelakaan berupa serangan hiu yang memakan salah satu tangannya, mentalnya menjadi turun dan psikologinya sedikit terganggu.

Film yang berdasarkan biografi Bethany Hamilton dalam meraih kembali motivasi dan semangat hidup setelah peristiwa tersebut ditampilkan dengan sangat baik oleh sutradara Sean McNamara dengan akting memikat dari AnnaSophia Robb.

Mendekati akhir film, kita akan tahu, jika salah satu motivasinya untuk bangkit kembali adalah aktivitasnya sebagai relawan bencana tsunami di Thailand pada tahun 2014 yang juga meluluhlantakkan sebagian Propinsi Aceh di negara kita.

8. Bait 3D [2012]

Bait 3D

Tsunami tidak hanya menelan korban jiwa karena derasnya aliran air yang menghantam tanpa bisa diprediksi, tetapi juga membawa seekor hiu ganas yang kelaparan dan mengejar mangsanya tanpa ampun.

Kisah ini dipaparkan dalam film produksi bersama Australia dan Singapura yang kemudian dirilis terbatas di Amerika oleh Paramount Pictures. Meski tidak berhasil menarik minat penonton karena premise klisenya, film ini tetap mendapat sedikit reaksi positif dari beberapa kritikus film, terutama karena ketegangan yang ditampilkan dalam film.

9. Dark Tide [2012]

Dark Tide

Film yang dibintangi oleh Halle Berry ini mengungkit trauma seseorang terhadap ikan hiu karena peristiwa kelam masa lalu yang masih belum hilang seluruhnya. Tetapi karena desakan ekonomi yang mengancam hidupnya, maka dia pun kembali menggunakan keahliannya dalam dunia ikan hiu untuk membantu seorang milyuner dan kelompoknya dalam memburu ikan hiu demi kepuasan semata.

10. The Shallows [2016]

The Shallows

Film yang menampilkan performa akting memukau dari Blake Lively yang berperan sebagai seorang surfer yang diserang dan diintimidasi oleh seekor hiu dengan luka gigitan di pahanya yang membuat dia terperangkap di sebuah batu karang dan berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk bisa selamat dari situasi tersebut seorang diri.

Film ini bisa dibilang sangat menegangkan dengan menampilkan seekor hiu yang ganas dan cerdas dalam mengincar mangsanya. Yang patut dicermati juga adalah seekor burung seagull yang menjadi scene stealer di film ini.

Dari kesepuluh film di atas, mayoritas jenis ikan hiu yang ditampilkan adalah Great White Shark. Jenis ikan hiu yang satu ini memang terkenal ganas dan sadis. Tetapi habitat mereka berada jauh di dasar lautan. Selama tidak ada yang memancing indera predator mereka, atau makanan di dasar laut masih ada, mereka tidak akan muncul ke permukaan untuk mencari mangsa.

Oleh karena itu, kelestarian lingkungan di lautan juga perlu diperhatikan, untuk tetap menjaga kestabilan rantai makanan, sehingga tidak mengganggu kehidupan spesies lainnya, terutama manusia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *