Bacaterus / Film Olahraga / 10 Film tentang Sepeda yang Menghibur Untuk Ditonton

10 Film tentang Sepeda yang Menghibur Untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Bersepeda memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain membuat badan menjadi sehat, aktivitas ini dapat menghilangkan rasa suntuk akan rutinitas yang padat. Olahraga sepeda memang identik dengan kegiatan yang santai dan jauh dari kesan bahaya. Namun untuk para penyuka kegiatan ekstrim, bersepeda di alam liar seperti gunung dapat menjadi wahana seru yang bisa memacu adrenalin.

Menikmati bersepada tidak hanya dilakukan secara fisik saja, kamu juga dapat merasakannya lewat tayangan film yang menghibur jiwa. Untuk kamu yang hobi dalam olahraga ini, pasti tertarik dengan film yang bertemakan sepeda. Supaya hasratmu dalam mengayuh sepeda semakin lengkap, Bacaterus akan merekomendasikan film-filmnya agar menjadi bahan tontonan yang inspiratif. Yuk, simak ulasannya!

1. Premium Rush (2012)

Premium Rush

Wilee adalah seorang kurir yang menggunakan sepeda fixie saat mengantarkan pesanannya. Suatu hari, ia mendapat tugas untuk mengirimkan amplop dari seorang perempuan bernama Nima. Amplop tersebut berisikan uang 50 ribu dolar Amerika, dan harus diantarkan kepada seseorang bernama Chen di daerah pecinan. Chen sendiri diketahui menjadi bagian dalam sindikit penyelundupan manusia antarnegara.

Nima ingin ibu dan anaknya bisa dipindahkan dari China menuju Amerika, maka dari itu ia menggunakan jasa dari Chen. Sementara itu, seorang polisi korup bernama Bobby tengah mengalami utang yang banyak. Anak buah dari Chen lalu memberitahu kepadanya ada seorang kurir yang mengantar uang 50 ribu dolar AS. Tanpa ambil pusing, Bobby merencanakan aksinya untuk mencuri uang tersebut dari tangan Wilee

2. The Flying Scotsman (2006)

The Flying Scotsman

Cerita film ini mengambil kisah nyata dari kehidupan seorang pembalap sepeda amatir bernama Graeme Obree. Pada saat kecil dulu, ia menggunakan sepeda hanya untuk melarikan diri dari kejaran teman-temannya yang usil. Namun kelakuannya tersebut berubah ketika beranjak dewasa. Obree telah menjadi atlet, dan ia berhasil memecahkan rekor balap sepeda dalam sebuah kejuaraan bergengsi.

Walaupun berhasil membuat rekor baru, Federasi Sepeda Dunia ternyata tidak mengakui pencapaiannya tersebut. Mereka menganggap cara bersepeda yang dilakukan oleh obree tidak sesuai aturan yang sudah ditetapkan. Obree sangat kecewa dan frustasi akan hal itu, namun ia tidak putus asa dan kehilangan semangat. Dengan kegigihannya, ia kembali mengikuti kejuaraan untuk membuktikan kemampuannya. 

3. Breaking Away (1979)

Breaking Away

Setelah lulus dari SMA, Dave belum memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Ia masih menikmati momen remajanya bersama ketiga sahabatnya, yakni Mike,Cyril dan Moocher. Ditempat tinggalnya, mereka sering bersitegang dengan para mahasiswa dari Universitas Indiana karena perbedaan strata sosial. Dave memiliki minat yang unik, ia sangat terobsesi dengan balapan sepeda.

Untuk mewujudkan hobinya itu, sahabat dari Dave menyarankan untuk membentuk tim sepeda bersama-sama. Akhirnya tim tersebut lahir dengan nama Cutters, lalu mereka mengikuti kompetisi yang diadakan oleh Universitas Indiana. Dave yang kuat secara fisik, memimpin timnya Cutters untuk menghadapi para pesaingnya dan mencoba memenangkan lomba balap sepeda yang ia impikan.  

4. Rising From Ashes (2012)

Rising From Ashes

Rising From Ashes merupakan film dokumenter, cerita diawali ketika seorang mantan pembalap sepeda Amerika Serikat bernama Jacques Boyer datang ke Rwanda. Ia kemudian membantu sekelompok warga yang sedang berjuang membentuk tim bersepeda. Anggota tim tersebut terdiri dari anak-anak yatim piatu, mereka mengalami trauma akan tragedi genosida yang menyerang negaranya pada tahun 1994.

Tim tersebut telah terbentuk dan menjadi harapan besar akan kebangkitan Rwanda. Walaupun telah pulih dari efek psikologis genosida, masih banyak atlet bersepeda yang kekurangan gizi. Di kemudian hari, tim ini mulai mendapatkan asupan gizi yang layak sebagai olahragawan. Untuk menguji kemampuan bersepeda, mereka mengikuti Tour de France dan meloloskan satu pembalapnya ke Olimpiade 2012.

5. The Kid with a Bike (2011)

The Kid with a Bike

Film ini menceritakan perjuangan seorang anak bernama Cyril yang tengah mencari ayah kandungnya. Pada awalnya, sang ayah menitipkannya ke sebuah panti asuhan untuk sementara waktu. Setelah sekian lama tidak ada kabar, Cyril lantas melarikan diri dari tempat tersebut. Ia lalu bergegas pulang menuju rumahnya. Sesampainya disana, ia menyadari jika ayahnya telah pergi dan tidak tinggal lagi di rumah.

Ternyata bukan hanya itu saja, sepeda kesayangannya pun telah hilang entah kemana. Dalam pencarian menemukan ayahnya, Cyril bertemu dengan perempuan bernama Samantha yang bekerja sebagai penata rambut. Melihat kondisinya yang bersedih, ia lalu memutuskan untuk mengurus kehidupan anak tersebut. Bagaimanakah kelanjutan nasib dari Cyril dan Samantha? Jangan lewatkan film drama yang satu ini.

6. American Flyers (1985)

American Flyers

David selalu berlatih sepeda setiap hari agar dapat menjadi pembalap yang hebat seperti kakaknya yang bernama Marcus. Selain sering mengikuti turnamen balap sepeda, Marcus juga bekerja sebagai dokter di sebuah rumah sakit. Suatu hari, ayah mereka meninggal karena pembuluh darah di otaknya melemah. Hal tersebut membuat kondisi dalam keluarga mereka berubah dingin dan sering berkonflik.

Walaupun dirundung masalah keluarga, kedua saudara tersebut memutuskan mengikuti turnamen balap sepeda. Mereka akan berpartisipasi dalam kejuaraan yang bernama “The Hell Of The West”. David akan bersaing dengan pesepeda hebat lainnya. Sementara itu, pembalap yang bernama Muzzin akan menjadi pesaing berat untuk Marcus. Ia merupakan mantan suami dari teman kencan Marcus saat ini. 

7. A Sunday in Hell (1976)

A Sunday in Hell

Lomba balap sepeda Paris-Roubaix menjadi tema dalam film dokumenter ini. Lomba tersebut merupakan salah satu turnamen bergengsi hingga saat ini. Menempuh rute yang cukup jauh dari Kota Paris menuju perbatasan antara Perancis dengan Belgia di Kota Roubaix. Perlombaan sepeda ini cukup sulit dan menantang. Para pembalap harus melewati jalan sempit berbatu yang cukup merepotkan.

Film ini berhasil menangkap peristiwa balapan sepeda profesional Paris-Roubaix di tahun 1976. Terdapat juga pesepeda legendaris yang ada dalam dokumenter ini, seperti Eddy Merckx, Roger De Vlaeminck, Freddy Maertens, dan Francesco Moser. Bukan hanya memperlihatkan aksi dari para pembalap saja, cerita film ini mencoba menuturkan kisah perlombaan dari sudut pandang penonton dan penyelenggara. 

8. Pee-Wee’s Big Adventure (1985)

Pee-Wee’s Big Adventure

Pee-wee Herman adalah seorang pria yang mempunyai sepeda unik. Ia memiliki tetangga bernama Francic Buxton yang sangat mengidam-idamkan sepeda miliknya tersebut. Suatu hari saat berbelanja di mal, sepeda Pee-wee telah hilang dicuri. Polisi ternyata tidak bisa menemukan barang kesayangannya itu, lalu ia mencurigai jika pencurinya adalah Francis. Namun dugaannya juga salah, dan dia bukan pelakunya.

Ia kemudian mendatangi seorang paranormal bernama Nyonya ruby. Walaupun terlihat mencurigakan, Pee-wee tetap mendengarkan arahan dari cenayang tersebut. Menurut Ruby, sepedanya berada di sebuah ruang bawah tanah yang ada di Kota San Antonio.

Ia lantas memutuskan pergi untuk menemukan sepedanya. Saat dalam perjalanan, ia mendapatkan tumpangan dari seorang buronan bernama Mickey.

Bagaimanakah kisah selanjutnya dari Pee-wee, mampukah dia menemukan sepeda kesayangannya tersebut? Jangan sampai melewatkan film yang satu ini ya, dijamin ceritanya akan menghibur dan seru.

9. Quicksilver (1986)

Quicksilver

Dua tahun setelah membintangi film drama musikal Footloose, Kevin Bacon beraksi kembali di filmnya yang berjudul Quicksilver. Kevin berperan sebagai Jack Casey, ia bekerja sebagai trader di sebuah perusahaan bursa efek. Akibat kesalahannya dalam berbisnis, ia harus kehilangan pekerjaannya. Sekarang Casey menjadi kurir sepeda, dan harus mengantarkan pesanan melewati kemacetan kota San Francisco.

Keputusannya itu membuat keluarga dan pacarnya kecewa. Walaupun begitu, ia menikmati pekerjaan barunya tersebut. Casey menggunakan kepintarannya dalam berbisnis untuk membantu rekan kerjanya. Salah satu temannya tersandung masalah yang berujung pada kasus pembunuhan. Kini ia harus memutuskan untuk terlibat membantunya ataukah menghindarinya demi kebaikan karirnya sendiri.

10. The Armstrong Lie (2013)

The Armstrong Lie

Lance Armstrong adalah pembalap sepeda professional, ia berhasil menjuarai turnamen Tour De France tujuh kali berturut-turut. Namun keberhasilannya tercoreng, selama ikut dalam kejuaraan tersebut ia ternyata menggunakan doping. Lance pensiun di tahun 2005, dan semua gelar juara yang ia dapatkan dicabut oleh federasi sepeda dunia. Lance yang tersohor, kini harus dibenci oleh para fans akibat ulahnya.

Orang-orang yang memujanya kini berbalik mencapnya sebagai pembohong. Walaupun sering menyangkal akan penggunaan doping, namun pada satu acara talkshow ia mengakui jika melakukannya untuk memenangkan perlombaan. Film dokumenter yang satu ini sangat seru untuk ditonton, apalagi cerita yang diangkat menonjolkan kisah kontroversial dari pesepda legendaris dunia Lance Armstrong.

Itulah kumpulan film bertemakan sepeda yang seru untuk ditonton. Dari semua pilihan yang telah dibahas oleh Bacaterus di atas, film mana yang akan menjadi daftar tontonan pertamamu? Jika kamu sudah memilihnya, semoga filmnya dapat menjadi sarana hiburan untukmu ya. Paling terpenting adalah kamu dapat mengambil hikmah positif dari cerita yang disajikan, sehingga dapat bermanfaat dalam hidupmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *