Bacaterus / Film Edukasi / 10 Film Tentang Sekolah Asrama yang Seru Untuk Ditonton

10 Film Tentang Sekolah Asrama yang Seru Untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam proses pembentukan diri kita sebagai manusia adalah lingkungan. Karakter seseorang bisa sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat dia tinggal atau singgah. Malah, sebuah lingkunganlah yang mampu mengubah manusia. Karena itu, cerita tentang sebuah lingkungan selalu menjadi cerita yang menarik.

Lingkungan mempunyai napas masing-masing yang bergantung pada alasan kita berada di sana. Ada lingkungan keluarga, pendidikan, sampai pergaulan. Untuk menambah wawasan, rasanya penting mempelajari lingkungan pendidikan dari berbagai sumber, seperti sekolah asrama misalnya. Kita bisa menikmati beragam cerita tentang sekolah asrama dalam 10 film seru ini.

1. Legally Blonde [2001]

Legally Blonde

* sumber: www.imdb.com

Elle Woods adalah seorang gadis asrama yang baru putus. Dia dianggap tidak terlalu pintar dan bukan termasuk tipe wanita yang serius. Rasa sakit hatinya dia salurkan dengan membidik masuk ke Harvard Law School. Dia pun belajar giat dan berhasil masuk ke tempat kuliah idamannya. Sangat inspiratif ya? Patah hati, masuk Harvard.

Sebagai wanita berambut pirang yang suka fashion, dia hanya dianggap sebagai wanita yang tidak punya integritas tinggi dan banyak orang meragukan kemampuannya. Dia berbaur dengan mahasiswi lainnya dengan masuk asrama, Demi membuktikan kemampuannya dia magang untuk menyelesaikan sebuah kasus hukum.

2. Neighbors [2014]

Neighbors

* sumber: www.imdb.com

Mac dan Kelly merupakan pasangan suami-istri yang baru mempunyai anak perempuan. Walaupun sudah dewasa, mereka masih merindukan kehidupan saat mereka masih muda. Tidak disangka sebuah perkumpulan siswa lelaki pindah ke samping rumah mereka dan membuatnya menjadi semacam asrama buat mereka.

Kehidupan Mac dan Kelly mulai terganggu dengan kehadiran tetangga barunya itu, apalagi kondisi mereka yang mempunyai bayi. Kegaduhan karena pesta dan berbagai kegiatan lain itu sudah diprotes oleh mereka berdua, tapi tidak pernah didengar. Mereka akhirnya mencoba berbagai cara untuk menyingkirkan tetangganya.

3. Sorority Row [2009]

Sorority Row

* sumber: www.imdb.com

Enam orang mahasiswi yang tergabung dalam sebuah perkumpulan bernama Theta Pi berniat melakukan prank pada seorang pria yang sudah menyelingkuhi anggota mereka. Megan yang ingin memberi pelajaran pada Garet dengan pura-pura mati ternyata benar-benar mati. Karena tidak ingin disalahkan mereka pun membuang jasadnya.

Kehidupan lima orang yang tersisa di asrama berjalan baik-baik saja. Waktu mereka akan lulus, mereka menerima sebuah MMS yang menunjukkan barang bukti pembunuhan Megan. Mereka pun jadi target pembunuhan. Siapa dalang di balik ini semua? Film bergenre slasher ini tidak layak ditonton anak-anak karena banyak menampilkan adegan-adegan mengerikan.

4. The House Bunny [2008]

The House Bunny

* sumber: www.imdb.com

Shelly Darlingson baru diusir dari rumah Hug Heffner karena dianggap terlalu tua untuk menjadi Miss November. Karena bingung mencari tempat tinggal, dia mendatangi asrama perkumpulan wanita. Dia akhirnya diterima di asrama perkumpulan bernama Delta. Hanya saja kondisinya mengkhawatirkan dan akan dibubarkan karena anggotanya yang sedikit.

Pengetahuannya tentang dunia laki-laki membuat Shelly bukan hanya berperan sebagai ibu asuh, tapi juga menjadi pengubah gaya berpenampilan para anggota Delta. Demi menarik minat mahasiswi lain, dia juga ikut berperan dalam menyelenggarakan pesta. Hal itu ia lakukan agar tercapai kuota minimal sebanyak 30 orang anggota, sehingga perkumpulan Delta tidak dibubarkan.

5. Sydney White [2007]

Sydney White

* sumber: www.imdb.com

Sydney White yang hidup dari keluarga sederhana bertekad untuk melanjutkan tongkat estafet ibunya sebagai anggota perkumpulan Kappa. Kappa merupakan perkumpulan paling populer di Southern Atlantic University. Untuk bisa menjadi anggotanya diperlukan proses yang tidak mudah.

Rachel yang menjadi anggota Kappa membuat Sydney menderita dan gagal menjadi anggotanya. Dia masuk ke perkumpulan lain bernama Vortex. Sayangnya Vortex ini berbanding terbalik dengan Kappa. Bahkan asramanya akan digusur dan digunakan untuk gedung Kappa. Persaingan Rachel dan Sydney semakin memanas waktu mantan Rachel diam-diam menyukai Sydney.

6. Pitch Perfect [2012]

Pitch Perfect

* sumber: www.imdb.com

Barden Bellas merupakan grup acapella dari Burden University. Mereka mengikuti kejuaraan nasional tapi harus kalah dari The Treblemakers yang beranggotakan laki-laki. Aubrey dan Chloe tetap termotivasi untuk melanjutkan perjuangan dengan terus mencari anggota baru untuk menambal kekurangan mereka.

Becca yang baru masuk ke kampus merasa dia salah jurusan, apalagi dia berambisi menjadi DJ. Aubrey dan Chloe merekrut Becca menjadi anggota baru Barden Bellas setelah mendengar suaranya di kamar mandi. Becca mulai kerasan di tempat barunya apalagi setelah tinggal bersama mereka. Bagaimanakah perjalanan Becca bersama Barden Bellas? Nonton filmnya, yuk!

7. Old School [2003]

Old School

* sumber: www.imdb.com

Mitch Martin, seorang pengacara yang baru saja melihat perselingkuhan istrinya memutuskan untuk pindah tempat tinggal ke dekat Harrison University. Sayangnya, dekan kampus tersebut melarang, kecuali kalau digunakan untuk asrama. Mitch yang merindukan masa-masa kuliah mempunyai ide untuk membuat asrama sesuai dengan persyaratan kampus.

Usaha Mitch untuk menarik minat mahasiswa agar memenuhi syarat berjalan cukup mulus walau ada yang mencoba menggagalkannya. Mitch menggunakan berbagai cara, termasuk cara-cara curang agar mahasiswa anggota perkumpulannya bisa berprestasi. Bagaimana kehidupan Mitch dengan para mahasiswa penghuni asrama itu? Saksikan keseruannya di film ini.

8. So Undercover [2013]

So Undercover

* sumber: www.imdb.com

Molly Morris, seorang penyelidik swasta diberi tawaran untuk bekerja sama dengan FBI. Tujuannya untuk menyelidiki Alex Patrone, seorang putri senator yang terlibat dalam organisasi kejahatan. Untuk melakukannya, dia harus menyamar menjadi seorang mahasiswi. Dia akhirnya mengubah identitasnya menjadi Brooke Stonebridge.

Untuk tampil lebih meyakinkan, dia masuk perkumpulan mahasiswi dan tinggal di asrama. Dia menjalani kehidupan selayaknya mahasiswi. Sambil belajar dia menyelidiki satu per satu orang yang ada di sekitarnya. Sayangnya upayanya dalam mengungkap kasus tidak berjalan mudah dengan banyaknya kejanggalan yang dia temui di kampus.

9. Sorotity Wars [2009]

Sorotity Wars

* sumber: www.imdb.com

Katie Parker dan Sara Snow sudah bersahabat sejak kecil. Saking dekatnya, mereka juga masuk ke tempat kuliah yang sama. Katie diproyeksikan untuk meneruskan langkah ibunya, Lutie, yang mendirikan perkumpulan bernama Delta bersama Summer. Delta perlahan-lahan menjadi perkumpulan wanita paling populer di kampus.

Gwen yang merupakan anak Summer jadi ketua dari Delta. Saat perekrutan anggota baru, yang terpilih justru Sara dibanding Katie. Merasa tidak senang, Katie bergabung di perkumpulan rival Delta, yaitu Kappa. Persaingan itu kemudian tidak hanya melibatkan Delta dan Kappa ataupun Katie dan Sara, tapi juga melibatkan alumni perkumpulan yang dipimpin oleh Lutie dan Summer.

10. Van Wilder [2002]

Van Wilder

* sumber: www.imdb.com

Vance “Van” Wilder adalah seorang mahasiswa yang sudah menghabiskan tujuh tahun di Coolidge College. Walaupun sudah terlalu lama kuliah, dia tidak kelihatan berniat untuk lulus. Dia mengisi kegiatan di kampusnya dengan berbagai kenakalan sampai acara amal sehingga membuat namanya sangat populer.

Gwen Pearson, seorang jurnalis kampus diberi tugas untuk membuat artikel tentang sisi humanis dari Van yang biasanya Van tolak. Van yang berhasil mengumpulkan dana untuk pesta perkumpulan asrama bernama Lambda Omega dibuatkan artikel oleh Gwen. Hubungan Gwen dan Van semakin dekat sampai membuat kekasih Gwen ingin menyingkirkan Van dari kampus.

Itulah 10 film tentang sekolah asrama yang seru untuk ditonton. Dari sana kita bisa mendapat gambaran seperti apa rasanya hidup di sekolah asrama.

Selain dari Barat, film yang yang mengangkat tema sekolah juga datang dari daratan Asia, tepatnya Jepang. Yuk, ketahui daftar film Jepang tentang sekolah yang menarik untuk ditonton hanya di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *