20 Film Tentang Putri Duyung yang Sayang Jika Dilewatkan!

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji

Siapa sih yang tak tahu tentang putri duyung? Putri duyung atau mermaid merupakan makhluk mitologis. Putri duyung digambarkan sebagai wanita yang memiliki perawakan gabungan antara manusia dengan ikan. Sebagian tubuhnya mulai dari pinggang hingga kepala berwujud wanita, namun dari bagian pinggang hingga kakinya berwujud ikan.

Putri duyung merupakan cerita atau mitos yang dapat didengar dari berbagai penjuru dunia baik itu wilayah Eropa, Asia, hingga Afrika. Putri duyung juga digambarkan sebagai makhluk mitologis yang baik hati dan mencintai manusia.

Kisah tentang putri duyung sudah banyak digambarkan melalui karya-karya besar dunia mulai dari buku hingga film. Beberapa film dari berbagai belahan dunia sukses mengangkat putri duyung sebagai cerita di dalamnya, sehingga menjadi film yang unik dan menarik untuk ditonton.

Penasaran kan film apa saja sih yang berkisah tentang putri duyung? Yuk, simak beberapa film tentang putri duyung yang seru dan sayang jika kamu lewatkan di bawah ini!

1. The Little Mermaid 1989

The Little Mermaid 1989

* sumber: www.nydailynews.com

  • Tahun Rilis: 1989
  • Genre: Animation, Musical, Romantic Fantasy
  • Sutradara: Ron Clements, John Musker
  • Pengisi Suara: René Auberjonois, Christopher Daniel Barnes, Jodi Benson, Pat Carroll
  • Perusahaan Produksi: Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation, Silver Screen Partners IV

Selanjutnya ada film kartun yang berjudul “The Little Mermaid” yang cukup melegenda sehingga hampir semua orang tahu dan kenal dengan kartun ini.  Film kartun bertema putri duyung ini mengisahkan kehidupan seekor putri duyung berumur 16 tahun yang mencintai manusia bernama Eric.

Kisah cinta di antaranya merupakan kisah cinta terlarang antara manusia dengan duyung, maka dari itu di dalamnya banyak menyajikan perjalanan serta perjuangan cinta dari keduanya.

Film berdurasi 85 menit tersebut sukses dikemas dengan alur cerita yang menarik untuk terus diikuti. Hal tersebut menjadi jawaban dari pertanyaan mengapa film ini menjadi film yang wajib untuk kamu tonton!

2. Harry Potter and the Goblet of Fire

Harry Potter and the Goblet of Fire

* sumber: www.framestore.com

  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Adventure, Family, Fantasy
  • Sutradara: Mike Newell
  • Pemeran: Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, Robbie Coltrane, Ralph Fiennes, Michael Gambon, Brendan Gleeson, Jason Isaacs, Gary Oldman, Alan Rickman
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros. Pictures, Heyday Films

Jangan membayangkan putri duyung berparas cantik di film “Harry Potter and the Goblet of Fire”. Putri duyung yang ada di sini berupa makhluk magis mengerikan yang menjadi ‘rintangan’ ketika Harry Potter dan kawan-kawannya mengikuti turnamen.

Di film ini, turnamen legendaris “Triwizard” digelar dan diikuti oleh tiga sekolah sihir, Hogwarts, Beauxbatons, dan Drumstrang. Harry Potter ikut dalam turnamen tersebut. Ada tiga tugas berbahaya yang harus dilakukan, salah satunya adalah menyelamatkan teman-teman mereka yang dirantai oleh putri duyung berwajah buruk.

3. Miranda

Miranda

* sumber: www.syfy.com

  • Tahun Rilis: 1948
  • Genre: Fantasy, Comedy, Romance
  • Sutradara: Ken Annakin
  • Pemeran: Glynis Johns, Googie Withers, Griffith Jones
  • Perusahaan Produksi: Gainsborough Pictures

Penyuka film klasik pasti akan tertarik menonton “Miranda”. Ya, film tentang putri duyung yang satu ini masih hitam-putih. Namun, pemeran putri duyungnya sangat cantik, yakni Miranda Trewella. Usut punya usut, film “Miranda” ini menjadi salah satu film terlaris di zamannya.

Sinopsis film ini bercerita tentang dokter yang telah menikah dan tiba-tiba menemukan putri duyung. Si putri duyung meminta sang dokter untuk membawanya ke London. Dokter tersebut menyanggupi dan membawa putri duyung bernama Miranda (Glynis Johns) itu ke London. Tak disangka-sangka, setelah itu mereka berdua jadi memiliki hubungan spesial yang romantis sekaligus kocak.

4. Peter Pan

Peter Pan

* sumber: www.usatoday.com

  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Adventure, Family, Fantasy
  • Sutradara: P. J. Hogan
  • Pemeran: Jeremy Sumpter, Jason Isaacs, Olivia Williams
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Columbia Pictures, Revolution Studios, Red Wagon Entertainment, Allied Stars Ltd

"Peter Pan" adalah sebuah cerita dongeng yang sempat diangkat menjadi film animasi. Tahun 2003 silam, kisah petualangan fantasi ini dibuat versi live action-nya.

Kisah di film ini bermula dari Wendy Darling (Rachel Hurd-Wood), seorang anak perempuan yang gemar membaca cerita dongeng dan menceritakannya kepada adik-adiknya. Wendy sering berimajinasi tentang tokoh dongeng yang ia baca. Salah satu tokoh dongeng favoritnya adalah Peter Pan.

Tak disangka-sangka, imajinasi Wendy menjadi kenyataan ketika Peter Pan (Jeremy Sumpter) berkunjung ke kamarnya. Peter Pan mengajak Wendy dan saudara-saudaranya berkunjung ke Neverland. Di sana, Wendy berjumpa dengan geng Peter Pan yang bernama Lost Boys.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram