Bacaterus / Film Barat / Inilah 10 Film yang Memperkenalkan Tentang Dunia Punk

Inilah 10 Film yang Memperkenalkan Tentang Dunia Punk

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 November 2019

Punk bukan hanya sekadar entitas atau genre musik semata. Genre musik satu ini juga merupakan “pedoman hidup” bagi para penganut genre musik ini. Punk sendiri tak hanya bisa dikenali dari rambut Mohawk dan lagu dengan jurus tiga kunci gitar saja.

Punk juga bisa kita kenali lewat media film. saat ini, sudah banyak film yang merepresentasikan seperti apa punk, baik sebagai musik maupun sebagai pergerakan dan pedoman hidup. Beberapa film tersebut akan kami rekomendasikan di sini buatmu. Apalagi, jika kamu kebetulan hendak mengenal genre ini lebih dekat dan dalam.

Penasaran apa saja film-film tersebut? Mari simak saja rekomendasi-rekomendasi Bacaterus di bawah ini.

1. Punk’s Not Dead (2007)

Punk’s Not Dead

Ini merupakan film tentang Punk yang cukup populer, serta sering direkomendasikan. Film berdurasi 93 menit ini bercerita bagaimana perkembangan musik punk di era 2000-an. Utamanya, yang terjadi di Amerika Serikat.

Film yang disutradarai Susan Dynner ini melibatkan beberapa tokoh musik punk Amerika. Mulai dari Craig Aaronson selaku A&R Reprise Records, hingga Billie Joel Armstrong sang vokalis grup Green Day. Seperti judulnya, film ini akan membuatmu sepakat bahwa “Punk’s not dead”.

2. Punk – The Early Years (2003)

Punk – The Early Years

Ingin mengetahui sejarah punk awal berdirinya Punk? Kalau ya, berarti kamu harus menonton film satu ini. Mengambil latar tahun 1977-1978, film ini bakal memperkenalkanmu seperti apa musik punk terlahir.

Film ini akan membuatmu tahu seperti apa itu punk. Baik sebagai sebuah genre musik, pergerakan, dan ideologi. Film berdurasi 60 menit ini juga akan memperkenalkanmu dengan sejumlah band punk di masa awal. Seperti: The Adverts, The Slits, Sex Pistols, dan sebagainya.

3. End of the Century: The Story of the Ramones (2003)

End of the Century The Story of the Ramones

Ini adalah film punk berformat dokumenter yang rilis pada 2003 silam. Film ini mengajakmu untuk menyelami perjalanan grup musik Ramones; mulai dari awal karier mereka di tahun 1970-an hingga mereka bubar pada 1996.

Judul film ini terilhami dari salah satu album terbaik Ramones: End of the Century. Ramones sendiri merupakan band punk yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Salah satu personel band ini: Johnny Ramone, meninggal dunia beberapa saat setelah film End of The Century dirilis.

4. The Art of Punk: Black Flag (2013)

The Art of Punk Black Flag

Genre Punk banyak sekali melahirkan grup musik yang berkarakter dan ikonik. Black Flag salah satunya. Dan kalau kamu mau mengenal band punk satu ini, film The Art of Punk: Black Flag sebaiknya kamu simak hingga usai.

Film tersebut akan mengajakmu mengenal Black Flag lebih dalam. Mulai dari sejarah logo Black Flag yang berbentuk 4 garis vertikal; kisah dari para pendiri Black Flag; serta penuturan Flea (bassis RHCP) soal musik dan logo Black Flag. Kalau mau menonton film ini, kamu bisa mengunjungi channel YouTube dari MOCAtv.

5. Hated: GG Allin and the Murder Junkies (2003)

Hated GG Allin and the Murder Junkies

Salah satu ikon Punk yang harus kamu kenal adalah GG Allin. GG Allin adalah ikon Punk yang terkenal akan tingkah lakunya yang begitu kontroversial. Walau demikian, sosok musisi Punk ini layak untuk dikenang dan diketahui.

Dan bila kamu tertarik untuk mengenal GG Allin, film Hated layak untuk kamu tonton. Tak hanya menggambarkan seperti apa tingkah kontroversial GG Allin, film ini pun juga akan memperkenalkanmu seperti apa masa kecil pria kelahiran 29 Agustus 1956 itu.

6. Punk: Attitude (2005)

Punk Attitude

Sama seperti film Punk – The Early Years, film ini juga berlatar waktu tahun 1970-an. Tahun di mana punk lahir dan berkembang. Film ini dimulai dengan menampilkan akar musik punk yang sebetulnya tidak jauh-jauh dari musik rock yang berkembang saat itu.

Film kemudian akan memperkenalkan sejumlah tokoh yang kelak melahirkan punk; baik sebagai musik maupun pergerakan. Sejumlah band punk legendaris seperti Ramones, The Stooges dan The Clash bakal kamu simak saat menonton film ini.

7. The Filth and the Furry (2000)

The Filth and the Furry

Selain Ramones, GG Allin, dan Black Flag, masih ada beberapa ikon punk lainnya yang harus kamu ketahui lebih dalam. Sex Pistol salah satunya. Sex Pistol merupakan band sekaligus pelopor punk di Britania Raya, khususnya Inggris.

The Filth and the Furry adalah film yang pas untuk mengenal Sex Pistol. Di film tersebut, akan ditampilkan rekaman wawancara, penampilan live, serta arsip dan informasi menarik yang bakal memperkenalkanmu seperti apa itu Sex Pistols.

Film ini juga dilengkapi oleh sejumlah lagu soundtrack. Menariknya, semua lagu soundtrack di film ini adalah lagu-lagu dari Sex Pistols yang dinyanyikan lagi oleh sejumlah musisi lain. Album soundtrack film ini sudah dirilis pada 2002; dua tahun setelah film The Filth and the Furry dirilis.

8. The Great Rock ‘n’ Roll Swindle (1980)

The Great Rock ‘n’ Roll Swindle

Film ini masih memiliki benang merah dengan film The Filth and the Furry. Selain sama-sama mengisahkan Sex Pistols, film ini juga disutradarai oleh sutradara dan penulis naskah yang sama: Julien Temple.

Di film satu ini, Julien hendak menampilkan kisah Sex Pistol dari sudut pandang manajer mereka: Malcom McLaren. Film satu ini sudah rilis pada 1980 silam; beberapa tahun sebelum The Filth and the Furry dirilis.

9. The Decline of Western Civilization (1981)

The Decline of Western Civilization

Setahun setelah The Great Rock ‘n’ Roll Swindle dirilis, ada satu film tentang punk lainnya yang tak kalah menarik. The Decline of Western Civilization adalah film yang dimaksud. Ini adalah sebuah film tentang punk yang disutradarai oleh Penelope Spheeris.

Secara keseluruhan, film ini menggambarkan seperti apa pergerakan musik punk di Amerika, utamanya di Los Angeles (LA). Pergerakan musik punk di LA saat itu digambarkan dengan jujur dan ceria pada film satu ini.

Pada 2016 silam, film tentang punk ini dipilih oleh Library of Congress untuk diarsipkan ke United States National Film Registry. Film ini layak diarsipkan lantaran isi filmnya yang dianggap historis, estetis, dan penting secara kultural.

10. The Other F Word (2011)

The Other F Word

Film ini menyajikan kisah yang cukup unik dibanding film-film sebelumnya. Di film ini, kamu akan melihat seperti apa para pegiat musik punk dalam menghadapi masa tua mereka. Banyak pesohor punk yang sudah gaek tampil di film ini, mulai dari Fat Mike (NOFX) hingga Mark Hoppus (Blink 182).

Di film ini, kamu bakal mengetahui bahwa kehidupan masa tua para punkers sama dengan orang tua pada umumnya. Terutama, dalam mengasuh anak-anak mereka. Beberapa punkers dalam film ini mengaku kesulitan dalam mengurus anak-anaknya. Apalagi, sejak kecil mereka sudah jauh dari ayah mereka masing-masing.

Itulah sejumlah rekomendasi film tentang punk yang bisa kamu simak. Dengan menonton film-film di atas, kamu bakal mengenal lebih dalam seperti apa itu punk. Baik sebagai sebuah genre musik maupun sebagai pergerakan dan ideologi. Semoga bermanfaat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar