Bacaterus / Film Slice of Life / 10 Film yang Bakal Menyemangati Perjuangan Hidupmu

10 Film yang Bakal Menyemangati Perjuangan Hidupmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Perjuangan hidup memang tak selalu mudah. Hal itu kadang membuat kita lelah dan nyaris menyerah. Akan tetapi, alangkah baiknya untuk tidak menyerah. Beristirahatlah dan semangatilah dirimu untuk sejenak.

Sebagai bahan untuk menyemangatimu, Bacaterus bakal rekomendasikan beberapa film yang bertema perjuangan hidup. Film-film itu bisa kamu simak sebagai berikut.

1. The Blind Side (2009)

The Blind Side

Ini adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata salah satu atlet American football ternama: Michael Oher. Tokoh atlet yang kini berusia 33 tahun ini diperankan dengan apik oleh aktor Quinton Aaron.

Pada film ini, Oher dikisahkan harus mengalami sejumlah rintangan hidup. Sebelum nantinya menjadi seorang atlet American Football. Beruntungnya, dia dibantu oleh ibu angkatnya untuk melalui segala rintangan yang ada. Meski sudah tayang di bioskop pada 2009 silam, film ini bisa kamu tonton lagi lewat layanan Netflix.

2. Ray (2004)

Ray

Seperti film sebelumnya, film ini juga diambil dari kisah nyata seorang tokoh. Film yang rilis pada 2004 silam ini berkisah tentang perjuangan hidup seorang Ray Charles. Ray Charles sendiri merupakan musisi tuna netra yang mempopulerkan musik Soul.

Sosok Ray Charles diperankan dengan baik oleh Jamie Roxx. Tak hanya menyuguhkan ksah heroic Ray Charles, film ini juga kaya dengan lagu soundtrack yang merdu. Kesemua lagu soundtrack di film ini merupakan lagu-lagu terbaik Ray Charles, seperti: Hit the Road Jack dan Georgia on My Mind.

3. Soul Surfer (2011)

Soul Surfer

Bethany Hamilton merupakan seorang peselancar ternama di Amerika. Pada saat usianya menginjak umur 13, Hamilton harus kehilangan lengan kirinya karena diserang ikan hiu. Hal itu sempat membuat tekadnya untuk menjadi peselancar meredup.

Walau begitu, Hamilton mencoba bangkit dan akhirnya berhasil menjadi seorang peselancar bertangan satu. Kisah Bethany Hamilton yang inspiratif itu bisa kamu simak lewat film Soul Surfer. Film besutan Sean McNamara ini bisa kamu simak lewat layanan Netflix.

4. The Theory of Everything (2014)

The Theory of Everything

Diadaptasi dari buku karya Jane Wilde Hawking, film ini berkisah tentang beratnya perjuangan Stephen Hawking. Seorang fisikawan jenius yang terkenal lewat teorema singularitas gravitasi. Teori tersebut merupakan hasil buah pikirnya bersama ilmuwan lain, Roger Penrose.

Stephen Hawking sendiri juga dikenal sebagai ilmuwan yang mengidap Sklerosis Lateral Amiotrofik. Kendati mengidap penyakit tersebut, Hawking tetap berjuang sekuat tenaga hingga menjadi seperti yang kita kenal.

Perjuangan Hawking yang mengharukan itu digambarkan cukup baik lewat film The Theory of Everything. Film yang disutradarai James Marsh ini tak hanya diapresasi penonton, tapi juga oleh sejumlah kritikus.

Metacritic salah satunya. salah satu situs terkemuka itu memberi ulasan baik pada film The Theory of Everything dan memberikan skor 72 dari skor pada film tersebut.

5. Backcountry (2014)

Backcountry

Film garapan Adam MacDonald ini berkisah tentang sepasang backpacker bernama Mark Jordan dan Jacqueline Perry. Keduanya diceritakan hendak berpetualang sekaligus menghabiskan waktu mereka di hutan Ontario Utara.

Nahasnya, mereka berdua justru tersesat dan harus berhadapan dengan beruang yang ganas. Keduanya pun terpaksa harus berjuang untuk pulang dan melawan beruang yang ganas tersebut. Lantas, bagaimana nasib mereka? Silakan tonton langsung filmnya, ya!

6. 127 Hours (2010)

127 hours

Film satu ini merupakan hasil adaptasi buku “Between a Rock and a Hard Place” karya Aron Ralston. Sama seperti bukunya, film ini juga mengisahkan Aron Ralston yang terjebak di dalam sebuah batu besar di Canyonlands.

Ralston terjebak di batu itu kurang lebih sekitar 127 jam lamanya. Berbagai cara dilakukannya untuk bisa bertahan hidup. Mulai dari menggunakan pisau saku hingga membuat sebuah tumikel. Kisah survival Raston yang inspiratif itu bisa kamu simak lewat layanan Netflix.

7. Wild (2014)

Wild

Seperti film sebelumnya, film ini pun juga diangkat dari sebuah buku. Adapun buku yang menginspirasi film ini adalah “From Lost to Found on the Pacific Crest Trail” karya Cheryl Strayed. Kisah filmnya sendiri dimulai dari Cheryl Strayed yang nekat menyusuri gunung sepanjang 1.100 mil.

Padahal, Cheryl sama sekali tak punya pengalaman mendaki gunung. Bahkan, pengalaman hidup dalam menghadapi segala mara bahaya pun dia tak pernah mengalami. Cheryl sendiri nekat melakukan hal demikian demi mencari jati diri sekaligus memulihkan luka hatinya selepas dia bercerai. Tak hanya mengisahkan beratnya perjuangan hidup, film ini pun juga bakal mengajarimu cara menyembuhkan luka hatimu di masa lalu.

8. Everest (2015)

Everest

Sebelum dikenal sebagai pemeran Thanos, Josh Brolin rupanya pernah bermain di sebuah film bertema perjuangan hidup: Everest. Di film itu, aktor berusia 51 tahun itu berperan sebagai Beck Weathers; seorang dokter sekaligus pemanjat gunung amatir.

Tokoh yang diperankan Brolin itu dikisahkan hendak melakukan pendakian ke gunung Everest pada 1996. Hal itu tidak dilakukannya sendiri. Beck melakukannya bersama beberapa temannya yang sama-sama pendaki amatir.

Selain membuatmu lebih semangat dalam melakoni perjuangan hidup, film ini pun juga mempunyai pesan-pesan yang bermanfaat sekaligus memperluas perspektif kita. salah satunya adalah pesan di akhir film yang berujar, “ gunung selalu menang”.

Kalau kamu menyukai film traveling sejenis Everest, kamu bisa mencari rekomendasi judul film sejenis lainnya di artikel film bertema traveling.

9. All is Lost (2013)

All is Lost

Di tengah Samudera Hindia, ada seorang pria yang terdampar setelah kapalnya tertabrak kontainer laut. Selain membuatnya terdampar, tabrakan itu juga membuat kapalnya berlubang. Selama terdampar di tengah Samudera Hindia, sang pria itu mencoba menambal lubang-lubang di kapalnya, sembari mencoba kembali berlayar.

Kisah perjuangan sang pria itu terekam dengan apik All is Lost. Tak aka nada dialog-dialog panjang selama kamu menonton ini. Kamu hanya betul-betul melihat aksi sang pria bertahan hidup di kapalnya selama menonton film ini.

Ketiadaaan dialog pada All is Lost membuat film ini tergolong unik. Tokoh di film ini pun juga hanya sang pria itu saja. Walau tanpa dialog dan hanya berisi satu tokoh saja, kamu masih bisa menangkap spirit perjuangan hidup yang terkandung dalam film ini.

Cara penggarapan yang unik membuat film ini meraih sejumlah penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan Jude’s Award of Extraordinary Merit pada ajang AARP Annual Movies for Grownups Awards.

10. Arctic (2018)

Arctic

Di antara semua film yang ada di daftar ini, Arctic menjadi satu-satunya film yang tergolong baru dirilis. Film yang dirilis pada 2018 kemarin ini mengisahkan seorang pria yang terdampar di Kutub Utara. Insiden itu dialaminya setelah pesawat yang dia tumpangi mengalami kecelakaan.

Mau tak mau, sang pria itu harus bertahan hidup sebaik mungkin. Selama bertahan hidup di Kutub Utara, pria bernama Overgard itu sempat tinggal di sebuah kamp sementara yang aman. Namun, dalam salah satu adegan, Overgard terjebak dalam sebuah persimpangan yang membuatnya harus memilih untuk tinggal di kamp itu, atau justru harus meninggalkannya dengan risiko yang tak ringan.

Itulah sejumlah film tentang perjuangan hidup yang kami rekomendasikan buatmu. Semoga film-film di atas bisa menyemangatimu dalam menghadapi segala perjuangan hidup, ya. Selamat menonton!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar