Bacaterus / Film Perang / 10 Film tentang Perang Salib dengan Beragam Sudut Pandang

10 Film tentang Perang Salib dengan Beragam Sudut Pandang

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 November 2019

Perang salib adalah nama yang disematkan pada perang agama yang memperebutkan tanah suci. Perang salib terjadi disekitar era abad pertengahan. Kisah dari beberapa ksatria dan para pahlawan yang kita kenal berada pada era ini, seperti Robin Hood sampai dengan Ivan Hoe.

Ada banyak tentang film perang salib dengan beragam sudut pandang dan intepretasi yang akan memberikan pemahaman tentang perang ini. Bagi penggemar film yang bertemakan sejarah tentang perang salib dan butuh referensi judul filmnya, beberapa film berikut ini mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk nonton.

1. Kingdom Of Heaven (2005)

Kingdom Of Heaven

Kingdom of Heaven adalah film yang disutradarai oleh Ridley Scott yang mencoba mencoba menyentuh isu-isu besar. Film ini menceritakan tentang bagaimana perang yang mengatasnamakan agama menyebabkan kesia-siaan dan bagaimana perang dapat menjadikan orang buta akan kehormatan dan kemuliaan orang-orang yang percaya dan berpikiran berbeda dari kita.

Film ini berkisah tentang Balien dari Ibelin seorang pandai besi. Dia melarikan diri setelah melakukan tidakan kejahatan yang mengerikan. Tanah suci adalah tempat tujuannya dari pelariannya. Film ini mengikuti perjalan Balien yang terlibat dalam politik negara-negara Crusader, yaitu sejumlah negara Kristen feodal abad ke-12 dan 13,  dan konflik negara-negara tersebut dengan Sultan Saladin.

Pesan yang coba disampaikan memang sangat baik, dan dapat memperkaya film ini. Tetapi, mungkin bagi sebagian orang akan terasa berlebihan.

2. Arn: The Knight Templar (2007)

Arn The Knight Templar

Arn adalah sebuah film yang dibuat berdasarkan trilogi Jan Guillou, tentang tokoh kesatria templar fiksi swedia Arn Magnuson. Film ini dirilis pada bulan Desember 2007 di bioskop-bioskop di Swedia. Sekuelnya dirilis di bulan Agustus 2008. Namun kedua film tersebut digabungkan menjadi satu untuk dirilis dalam bahasa Inggris dalam bentuk DVD.

Arn adalah seorang anak yang terlahir di dinasti Folkung. Dia dilatih oleh seorang mantan kesatria Templar di sebuah biara untuk menjadi seorang prajurit Tuhan. Di saat kembali ke keluarganya dia harus terlibat dalam konflik keluarga-keluarga kuat yang berkuasa. Dia dan kekasihnya dikucilkan dengan tuduhan memiliki hubungan pranikah, serta memiliki hubungan dengan saudara kekasihnya.

Mereka berdua harus melakukan penebusan dosa selama dua puluh tahun lamanya. Sang Kekasih harus tinggal di biara, sedangkan Arn harus menjadi seorang kesatria Templar dan berjuang di Tanah Suci.

3. The Physician (2013)

The Physician

The Physician adalah sebuah film yang sangat luar biasa. Film yang memberikan pandangan yang sangat jarang tentang masa keemasan Islam dalam hal, filsafat, sains, dan kedokteran. Walaupun bukan sumber yang baik untuk penggambaran pertempurannya, film ini dapat dijadikan inspirasi untuk menyempurnakan pengetahuan kita tentang masyarakat muslim selama masa perang salib.

Film ini mengisahkan seorang bernama Robert Cole yang menyaksikan kematian ibunya karena radang usus buntu. Setelah itu dia menjadi peka merasakan momen kematian seseorang, yang akhirnya membuatnya terobsesi dengan penyembuhan.

Mulailah dia melakukan perjalanan untuk belajar penyembuhan di tempat belajar Ibnu Sina. Untuk dapat belajar di sekolah Ibnu Sina dia harus menyamar menjadi orang Yahudi. Karena Orang kristen tidak diperbolehkan masuk ke sekolah tersebut.

4. Iron Clad (2011)

Iron Clad

Iron Clad mengisahkan pengepungan kastil Rochester, yang memiliki fungsi sebagai pintu gerbang ke London. Iron Clad memiliki cerita yang sederhana namun dikisahkan dengan cara yang baik, dengan akting dan kebrutalan pertempuran yang menjadikan momen kritis dari sejarah Inggris menjadi lebih hidup.

Pada tahun 1215 King John dipaksa untuk menandatangani Magna Carta. Piagam yang berisikan tentang menjunjung tinggi hak-hak orang bebas. Dalam beberapa bulan dia telah mengingkari piagam perjanjian tersebut, dengan mengumpulkan tentara-tentara bayaran.

Satu hal yang menghalangi jalan King John yaitu Kastil Rochester, simbol pemberontakan demi kebebasan dan keadilan. Veteran perang salib Thomas Marshal dan pengawalnya serta prajurit Willian d’Aubigny, berdiri di Kastil Rochester untuk menghalangi para tentara bayaran masuk ke London.

5. Saladin (El Naser Salah El Din) (1963)

Saladin

Saladin adalah penguasa dari beberapa kerajaan yang mengelilingi Yerusalem. Dia melakukan penyerangan terhadap orang-orang Kristen di Tanah Suci dengan terlebih dahulu menyingkirkan konvoi para peziarah muslim, yang di dalam kelompok tersebut terdapat saudara perempuannya. Dalam waktu yang singkat dia mampu mengambil alih hampir seluruh Timur Tengah.

Dalam perang salib ke-3  di bawah kepemimpinan Richard The Lionheart of England, Saladin berhasil mencegah pengambilan kembali Yerusalem. Akhirnya terjadi negosiasi antara Raja Richard dan dirinya. Richard meninggalkan tanah suci di tangan Muslim. Saladin pun mengagumi Raja Richard sebagai satu-satunya pemimpin yang terhormat.

6. The Crusades (1935)

The Crusades

Raja Richard dari Inggris memutuskan untuk melarikan diri karena tak ingin menikahi Putri Alice dari Perancis. Dia melarikan diri dengan bergabung bersama para satria dalam perang salib ke-3. Dalam perjalanannya ke Yerusalem Richard menikahi Putri Navarre, Berengaria, agar mendapatkan makanan dari ayah sang putri.

Film ini juga memperlihatkan pengkhianatan dari saudara Richard, perjuangan sang raja untuk menyelamatkan istrinya serta perjuangan istrinya untuk menyelamatkan sang raja Inggris dari pengkhianatan. Selain itu diperlihatkan juga proses terjadinya perjanjian Raja Richard dengan Saladin.

7. King Richard and The Crusaders (1954)

King Richard and The Crusaders

Pada tahun 1191, Lion Heart, julukan bagi Raja Richard, dan beberapa raja Eropa berada di Tanah suci untuk merebut kembali Yerusalem. Tetapi dalam perkemahannya sendiri terdapat pertikaian dan pengkianatan yang dilakukan dua bangsawan. Sir Giles Amaury dan Conrad Marquis dari Mont ferrat, keduanya berharap dapat melenyapkan sang  raja Inggris.

Saat sang raja terluka, dia diobati oleh seorang dokter Muslim yang direkrut oleh ksatria setianya, Sir Kenneth. Setelah raja pulih dari sakitnya, dia mendengar bahwa ksatrianya itu ingin menikahi Lady Edith Plantagenet. Sir Kenneth akhirnya dibuang dan kemudian dibawa oleh dokter yang telah menyembuhkan sang raja. Namun ternyata sang dokter memiliki identitas yang ambigu.

8. El Cid (1961)

El Cid

Pada abad ke sebelas, Spanyol dibagi menjadi kerajaan Kristen dan kekuasaan bangsa Moor. Film ini menceritakan tokoh Rodrigo Diaz de Vivar  yang di saat masih muda diberi julukan “El Cid”.  Dalam film ini diperlihatkan perjuangan El Cid sebagai seorang ksatria yang membenci pertumpahan darah, dan harus menghadapi tuduhan pengkhianatan, sehingga dia harus diasingkan.

El Cid terkenal dengan perjuangannya melawan bangsa moor. Tokoh El Cid diperankan oleh Charleston Heston. Lawan mainnya adalah Sophia Loren yang berperan sebagai isterinya El Cid, yaitu Jimena Diaz.

El Cid adalah satu film epos sejarah besar di tahun 60-an meskipun memiliki kekurangan dalam pemilihan aktor-aktor barat yang berperan sebagai orang moor. Dalam film ini banyak pertempuran-pertempuran besar yang menyentuh peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan El Cid.

9. Robin Hood (2010)

Robin Hood

Kisah Robin Hood Kali ini disutradarai oleh Ridley Scott. Film ini kurang  diterima oleh para kritikus film, berbeda dengan beberapa karya Scott yang lain. Film ini lebih memberikan pedekatan historis, sehingga legenda Robin Hood terasa kurang kemistisannya. Tetapi Film ini tetap layak ditonton, karena akting para aktor dan aktrisnya yang bagus, setting yang menggugah dan tema yang kuat.

Kisah epik di abad pertengahan mengisahkan Robin Longstride yang baru saja kembali dari perang salib ketiga. Dia berjanji kepada Robert of Locksley di saat ajalnya  untuk mengembalikan pedang pada ayahnya. Dia datang dengan menyamar sebagai Robert untuk mencegah tanah milik ksatria itu dirampas oleh para penguasa.

10. Robin Hood Prince of Thieves (1991)

Robin Hood Prince of Thieves

Berbeda dengan Robin Hood versi 2010, Robin Hood  yang diperankan oleh Kevin Costner lebih lekat dengan citra Robin Hood dalam legenda. Robin Hood digambarkan sebagai seorang bangsawan yang dicintai dan Penjahat yang sesungguhnya adalah Sheriff of Nottingham. Latar belakang dari cerita ini di sekitar akhir perang salib ketiga.

Film ini lebih bercerita tentang pembalasan dendam Robin karena ayahnya telah dibunuh secara brutal. Ayah Robin yang merupakan seorang bangsawan yang setia kepada Raja Richard dibunuh oleh Sheriff Nottingham. Robin bersumpah untuk membalas dendam kematian ayahnya dan mengembalikan tahta Raja Richard.

Nah, itu tadi 10 judul film tentang Perang Salib dari masa ke masa. Menarik, ternyata tema film ini masih tetap dipilih oleh para sineas hingga sekarang. Dari 10 judul tadi manakah yang pernah kamu tonton dan menjadi favoritmu? Tonton juga 10 film perang terbaik ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *