bacaterus web banner retina

10 Film tentang Penyakit Langka yang Menguras Air Mata

Penyakit langka kerap diangkat ke dalam sebuah jalan cerita film. Selain dapat menginspirasi banyak orang, film-film tersebut juga terkadang mengundang haru para penonton. Nah, dari sekian banyak film bertema penyakit langka yang telah tayang. Beberapa film yang akan Bacaterus bahas di bawah bisa menjadi rekomendasi tontonan yang menghibur. 

Jika kamu termasuk penggemar film drama bertema penyakit langka, simak ulasan film di bawah ini. Selain memiliki jalan cerita yang menarik, film-film tersebut juga bisa menguras air mata. Apa saja itu? Berikut adalah daftarnya:

1. The Curious Case of Benjamin Button (2008) 

film tentang penyakit langka_The Curious Case of Benjamin Button_

The Curious Case of Benjamin Button adalah salah satu film yang sempat meraih 13 nominasi di ajang Academy Awards. Film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang pria yang mempunyai kelainan pertumbuhan bernama Benjamin Button (Brad Pitt). Saat lahir, ia diketahui tumbuh seperti orang tua. Namun seiring bertambahnya usia, ia pun terlihat semakin muda. 

Film drama fantasi yang diangkat dari cerita pendek karya F. Scott Fitzgerald ini memang cukup menarik dari segi jalan cerita. Tak heran bila kemudian film kolaborasi ketiga antara Brad Pitt dengan sutradara David Fincher ini terbilang sukses. Ingin tahu seperti apa kisah lengkap film ini? Tonton sendiri filmnya, ya! 

2. The Elephant Man (1980) 

film tentang penyakit langka_The Elephant Man_
  • Tahun Rilis: 1980
  • Genre: Drama 
  • Produksi: Brooksfilms
  • Sutradara: David Lynch
  • Pemeran: Anthony Hopkins, John Hurt, Anne Bancroft, John Gielgud, Wendy Hiller

The Elephant Man adalah salah satu film drama yang cukup sukses. Film ini mengangkat kisah nyata yang terjadi pada Joseph Merrick, dimana dirinya diketahui memiliki kelainan fisik yang membuat kepalanya menyerupai seekor gajah. 

Cerita sendiri bermula saat seorang dokter bedah bernama Frederick Treves (Anthony Hopkins) mendatangi sebuah sirkus yang berisi orang-orang dengan kondisi fisik yang unik. Saat itu ia dipertemukan dengan Joseph Merrick (John Hurt) yang memiliki kondisi langka pada kepalanya. 

Tertarik dengan kondisinya, Treves pun kemudian memutuskan untuk melakukan penelitian tentang penyakit tersebut. Hal itu membuat Merrick tersentuh, mengingat Treves adalah satu-satunya orang yang memperlakukannya seperti manusia biasa. 

3. Lorenzo's Oil (1992) 

film tentang penyakit langka_Lorenzo's Oil_
  • Tahun Rilis: 1992
  • Genre: Drama 
  • Produksi: Kennedy Miller
  • Sutradara: George Miller
  • Pemeran: Nick Nolte, Susan Sarandon, Peter Ustinov, Zack O'Malley Greenburg

Film penyakit langka selanjutnya yang tidak kalah menyentuh adalah Lorenzo's Oil. Film yang telah tayang perdana pada tahun 1992 ini mengisahkan tentang perjuangan suami istri bernama Augusto (Nick Nolte) dan Michaela Odone (Susan Sarandon) untuk menyembuhkan penyakit langka yang dialami putra mereka Lorenzo (Zack O'Malley Greenburg), yaitu penyakit adrenoleukodystrophy (ALD). 

ALD sendiri adalah suatu penyakit genetik yang membuat kondisi fisik Lorenzo semakin hari semakin menurun. Film yang diangkat dari kisah nyata keluarga tersebut memang sanggup membuat penonton tersentuh dengan kegigihan kedua orang tua Lorenzo untuk menemukan solusi bagi kesembuhannya. 

4. Wonder (2017)

film tentang penyakit langka_Wonder_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Family
  • Produksi: Lionsgate, Participant, Walden Media
  • Sutradara: Stephen Chbosky
  • Pemeran: Jacob Tremblay, Owen Wilson, Izabela Vidovic

Film yang diangkat dari novel bestseller karya R.J. Palacio ini menceritakan tentang August Pullman (Jacob Tremblay) yang lahir dengan memiliki kelainan bentuk wajah atau mandibulofacial dysostosis. Hal itu membuatnya harus menjalani operasi wajah lebih dari 27 kali. 

Saat Auggie mulai menginjak kelas lima, Isabel (Julia Roberts) dan Nate (Owen Wilson) memutuskan untuk mendaftarkannya ke sekolah umum. Sayangnya Auggie pun harus dikucilkan oleh teman-temannya. Meski begitu dukungan keluarga dan temannya, Jack (Noah Jupe) membuat Auggie bertahan di sekolah. Ingin tahu bagaimana kelanjutan film ini? Tonton sendiri filmnya, ya! 

5. The Boy in the Plastic Bubble (1976) 

film tentang penyakit langka_The Boy in the Plastic Bubble_
  • Tahun Rilis: 1976
  • Genre: Drama 
  • Produksi: Spelling-Goldberg Productions
  • Sutradara: Randal Kleiser
  • Pemeran: John Travolta, Diana Hyland, Robert Reed, Ralph Bellamy, Glynnis O'Connor

The Boy in the Plastic Bubble mengisahkan tentang perjalanan seorang pemuda bernama Tod Lubitch (John Travolta), yang mengidap penyakit severe combined immunodeficiency (SCID). Lahir tanpa sistem kekebalan tubuh membuat Tod harus bertahan hidup dalam gelembung plastik. Film yang terinspirasi dari kisah kehidupan David Vetter and Ted DeVita ini memang cukup mengharukan. 

Dengan kekurangan yang dimiliki Tod, ia berusaha untuk menjalani hidup normal dan mengejar gadis impiannya. Bagaimana kisah perjalanan Tod selanjutnya? Tonton sendiri film berdurasi 97 menit yang dapat menginspirasi penonton. 

6. Extraordinary Measure (2010) 

film tentang penyakit langka_Extraordinary Measure_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Drama, Family
  • Produksi: Double Feature Films
  • Sutradara: Tom Vaughan
  • Pemeran: Brendan Fraser, Harrison Ford, Keri Russell

Extraordinary Measures menceritakan tentang kisah pasangan John (Brendan Fraser) dan Aileen Crowley (Keri Russell) yang memiliki dua anak menderita penyakit Pompe. Film drama yang diangkat dari sebuah novel karya Geeta Anand yang berjudul The Cure ini memang cukup menarik. 

Selain jalan cerita yang seru, film ini juga memperlihatkan bagaimana perjuangan orang tua untuk mempertahankan kehidupan kedua anaknya dari penyakit yang menyebabkan kelumpuhan dan penurunan sistem kekebalan tubuh. 

Kehadiran Robert Stonehill (Harrison Ford), seorang ilmuwan yang telah banyak melakukan penelitian terhadap penyakit langka tersebut juga menghadirkan banyak konflik yang sayang untuk dilewatkan. 

7. Mask (1985) 

film tentang penyakit langka_Mask_
  • Tahun Rilis: 1985
  • Genre: Drama, Biographical 
  • Produksi: Universal Pictures
  • Sutradara: Peter Bogdanovich
  • Pemeran: Cher, Sam Elliott, Eric Stoltz, Laura Dern

Rocky Dennis (Eric Stoltz) adalah seorang penderita Lionitis, yaitu penyakit yang membuat kondisi wajahnya mengalami kelainan bentuk. Rocky sendiri adalah seorang dengan kepribadian baik dan dikenal cerdas. Sayangnya, hal itu tidak membuat orang-orang berhenti untuk menjauhinya. Selain itu, ia juga kerap menerima penolakan dari berbagai sekolah negeri. 

Beruntung, ia memiliki seorang ibu yang gigih. Rusty (Cher), dikenal sebagai sosok ibu tangguh yang tidak pernah lelah untuk membantu Rocky dalam mencari kebahagiaannya. Dengan penuh keyakinan, Rusty percaya bahwa anaknya akan mendapatkan kehidupan yang baik seperti orang lain. Bagaimana perjuangan keduanya melewati situasi sulit? Tonton sendiri filmnya. 

8. Everything, Everything (2017)

film tentang penyakit langka_Everything, Everything_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Romance 
  • Produksi: Metro-Goldwyn-Mayer, Alloy Entertainment
  • Sutradara: Stella Meghie
  • Pemeran: Amandla Stenberg, Nick Robinson

Everything, Everything mengangkat kisah tentang seorang gadis berusia 17 tahun bernama Madeline (Amandla Stenberg), yang diketahui mengidap penyakit immunodeficiency, dimana hal itu membuatnya harus berada di rumah sepanjang hari. Suatu hari, Maddy dipertemukan dengan tetangga barunya Olly (Nick Robinson). 

Keduanya diketahui semakin akrab satu sama lain hingga pada akhirnya saling jatuh cinta. Everything, Everything merupakan film drama romantis yang telah tayang pada 2017 silam. Menggandeng sejumlah bintang muda berbakat, film karya sutradara Stella Meghie ini sayang untuk dilewatkan. 

9. Unrest (2017) 

film tentang penyakit langka_Unrest_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama
  • Produksi: Shella Films
  • Sutradara: Jennifer Brea
  • Pemeran: Jennifer Brea, Omar Wasow

Film yang dirilis pada tahun 2017 silam ini berkisah tentang seorang wanita bernama Rhea (Jennifer Brea), yang mengidap penyakit langka chronic fatigue syndrome (CFS). Karena penyakit itu Rhea hanya bisa terbaring di tempat tidur. Meski dokter yang menanganinya menyebut bahwa penyakit yang dideritanya tidak akan sembuh, tetapi Rhea sendiri memiliki semangat kuat. 

Rhea kerap menyugesti dirinya untuk sembuh dan tetap bertahan di tengah kondisi sulit yang menderanya. Jika kamu suka melihat film tentang perjuangan, film drama yang memiliki rating cukup tinggi ini wajib untuk kamu tonton. 

10. The Theory of Everything (2014) 

film tentang penyakit langka_The Theory of Everything_

The Theory of Everything adalah film yang diangkat dari kisah nyata seorang ilmuwan terkenal bernama Stephen Hawking dan istrinya Jane. Berawal dari pertemuan keduanya di Universitas Cambridge, dimana Jane (Felicity Jones) merupakan seorang mahasiswi sastra. Meski pada awalnya tampak canggung, tetapi lambat laun keduanya saling jatuh cinta. 

Sayangnya, suatu hari Stephen terjatuh dan mengalami benturan keras di kepalanya. Hal itu membuat dirinya menderita motor neuron disease, yaitu penyakit yang membuat semua jaringan otot dalam tubuhnya tidak berfungsi dengan baik. Seperti apa kisah lengkap perjalanan kehidupan salah satu ilmuwan brilian asal Amerika Serikat tersebut? Yuk, simak sendiri filmnya. 

Demikian 10 film tentang penyakit langka yang menguras air mata, yang telah berhasil Bacaterus rangkum. Selain jalan cerita yang menarik, film-film tersebut penuh dengan inspirasi dan dapat menumbuhkan semangat perjuangan bagi penonton. Kira-kira film mana yang akan kamu tonton terlebih dahulu? Tulis komentarmu di bawah, ya!

Selain film di atas, Bacaterus juga punya rekomendasi film korea sedih tentang penyakit dan film tentang penyakit Alzheimer.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram