Bacaterus / Film Barat / Dramatis dan Sedih! Inilah 9 Film tentang Penyakit Alzheimer

Dramatis dan Sedih! Inilah 9 Film tentang Penyakit Alzheimer

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Alzheimer menjadi suatu penyakit yang biasanya menyerang orang-orang berusia di atas 60 tahun. Jenis penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami perubahan perilaku secara bertahap yang disertai dengan penurunan daya ingat. Mereka sering kali lupa terhadap berbagai macam hal, seperti nama tempat, nama orang dan terkadang tidak bisa mengingat identitas dirinya beserta keluarganya sendiri.

Kekhawatiran terhadap alzheimer memang menjadi perhatian khusus dalam dunia kesehatan. Namun, penyakit ini juga mendapatkan tempat yang spesial di industri perfilman. Dengan medium film tersebut, kepedulian terhadap alzheimer bisa disampaikan lewat cerita drama yang mengharukan. Sekaligus, dapat menjadi bahan edukasi bagi orang-orang yang sedang merawat pasien penderita alzheimer.

Film bertemakan penyakit alzheimer biasanya menghadirkan cerita sedih yang mampu membuat para penonton meneteskan air mata. Bagi kalian yang ingin menonton film bertemakan alzheimer, Bacaterus akan memberikan daftar pilihannya di bawah ini. Berikut adalah pembahasan selengkapnya untuk kalian semua.

1. Iris

Iris

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 2001
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: BBC Films, Fox Iris Productions, Intermedia dan Mirage Enterprises
  • Sutradara: Richard Eyre
  • Pemeran: Judi Dench, Kate Winslet dan Jim Broadbent

Cerita dalam film didasarkan pada sebuah buku berjudul Elegy for Iris yang ditulis oleh John Bayley. Berdasarkan Rotten Tomatoes, Iris mendapatkan ulasan yang positif dengan memiliki rating 79%, dan nilai 7.1/10. Sedangkan untuk Metacritic, film ini ini menunjukan ulasan yang baik dengan nilai 76/100.

Diceritakan ketika sewaktu muda, Iris Murdoch jatuh cinta dengan seorang pria bernama John Bayley saat keduanya berkuliah di Somerville College, Oxford. Keduanya menikah dan hidup menjadi pasangan suami istri hingga sampai di usia senja.

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Iris mulai lupa terhadap sesuatu yang pernah dialami bersama suaminya. Meski begitu, John tetap setia menemani istri tercintanya tersebut, walaupun ia juga mula dilanda frustasi karena kondisi istrinya semakin memburuk dilanda penyakit Alzheimer.

2. Still Alice

Still Alice

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 2014
  • Genre: Drama
  • Produksi: Killer Films, Lutzus-Brown, BSM Studio, Big Indie Pictures, dan Shriver Films
  • Sutradara: Richard Glatzer dan Wash Westmoreland
  • Pemeran: Julianne Moore, Alec Baldwin, Kristen Stewart, Kate Bosworth,dan Hunter Parrish

Alice Howland adalah seorang profesor linguistik di Universitas Columbia. Ia mempunyai suami bernama John yang bekerja sebagai dokter, dan mereka telah dikaruniai dua orang anak, yakni Anna dan Tom. Setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-50, Alice mulai bertingkah tidak seperti biasanya, seperti lupa materi pembelajaran saat dirinya mengajar di kelas.

Hal tersebut tidak hanya terjadi sekali, dan Alice mulai merasa adanya keanehan di dalam ingatannya. Dokter yang merawatnya kemudian mendiagnosisnya terkena gejala penyakit Alzheimer. Anna dan Tom lalu mengikuti tes genetik untuk mengetahui kemungkinan keduanya bisa terkena Alzheimer.

3. Away From Her

Away From Her

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 2006
  • Genre: Drama
  • Produksi: Capri Releasing, Echo Lake Productions, Foundry Films, Hanway Films, dan The Film Farm
  • Sutradara: Sarah Polley
  • Pemeran: Julie Christie, Gordon Pinsent, Olympia Dukakis, Michael Murphy, Kristen Thomson,dan Wendy Crewson

Kehidupan pernikahan Grant Anderson harus diuji ketika istrinya yang bernama Fiona mulai mengidap Alzheimer dan mesti dirawat ke panti jompo. Kondisi ingatannya semakin memburuk saat Fiona mulai kehilangan memori tentang suaminya. Karena kondisinya itu, ia malah dekat dengan pria lain yang menjadi penghuni di panti jompo tersebut.

Away From Her mendapatkan pujian dari kritikus karena akting yang bagus dari aktris Julie Christie, serta naskah yang ditulis oleh Sarah Polley. Keduanya lalu menerima nominasi di ajang Academy Awards ke – 80 untuk Kategori Aktris Terbaik dan Skenario Adaptasi Terbaik. Film ini juga memenangkan tujuh piala Genie Awards , termasuk salah satunya untuk kategori Best Motion Picture.

4. Aurora Borealis

Aurora Borealis

* sumber: www.aceshowbiz.com

  • Rilis: 2005
  • Genre: Romantic Drama
  • Produksi: Entitled Entertainment, Rick Bieber Productions dan Front & Centre Prod. Inc.
  • Sutradara: James C.E. Burke
  • Pemeran: Joshua Jackson, Donald Sutherland, Juliette Lewis, dan Louise Fletcher

Duncan adalah seorang pemuda yang tengah berusaha untuk mengatasi kesedihan karena kematian ayahnya. Ia mempunyai kakek dan nenek yang sangat baik bernama Ronald dan Ruth, keduanya tinggal di sebuah apartemen yang memiliki pemandangan sangat indah. Karena usianya sudah tidak muda lagi, kesehatan Ron mulai memburuk dengan terkena penyakit Alzheimer.

Duncan lalu bekerja di gedung apartemen tempat kakek dan neneknya tinggal. Dirinya memutuskan bekerja di sana agar bisa merawat dan menemani kakeknya tersebut. Di tempat ia bekerja, Duncan bertemu dengan seorang perempuan bernama Kate, dan keduanya perlahan-lahan mulai menemukan ketertarikan satu sama lain.

5. The Notebook

The Notebook

* sumber: www.thegryphon.co.uk

The Notebook adalah sebuah film yang didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 1996. Film ini sendiri mempunyai alur cerita maju mundur, dan mengisahkan tentang Allie yang sewaktu berusia 80 tahun mengalami Alzheimer.

Sementara itu, suaminya yang bernama Noah selalu membacakan sebuah buku yang berisikan kisah percintaan kepadanya. Cerita yang dibacakan oleh Noah tersebut ternyata merupakan kisah perjalanan cinta dari keduanya agar ingatan sang istri bisa pulih kembali.

Latar film kemudian bergerak mundur ke tahun 40an saat Noah dan Allie masih remaja. Di sebuah malam, keduanya bertemu dan Noah langsung jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat Allie. Cerita cinta keduanya tidak berjalan mulus karena status sosial yang berbeda, Allie berasal dari keluarga yang terpandang, sedangkan Noah hanya dari keluarga yang biasa saja.

Baca juga: Film Korea Sedih Tentang Penyakit, Siap Banjir Air Mata?

6. A Song for Martin

A Song for Martin

* sumber: moncineplex.ca

  • Rilis: 2001
  • Genre: Drama
  • Produksi: Moonlight Film production dan Svenska Film kompaniet
  • Sutradara: Bille August
  • Pemeran: Sven Wollter dan Viveka Seldahl

A Song for Martin adalah film keluaran Swedia yang ceritanya berdasarkan novel otobiografi berjudul Boken om E (The Book about E) karya penulis Ulla Isaksson tahun 1994. Ceritanya berfokus pada Martin Fischer yang merupakan seorang komposer sukses dan ternama. Ia menyukai pemain biola bernama Barbara Hartman, dan keduanya pun terlibat hubungan yang seharusnya tidak terjadi.

Martin dan Barbara sudah menikah dengan pasangannya masing-masing. Karena kedekatan keduanya yang sudah semakin intim, mereka memutuskan untuk berpisah dengan pasangan sebelumnya. Martin dan Barbara lalu berbulan madu di Maroko layaknya pasangan yang baru menikah. Setelah mereka pulang, Martin mengalami amnesia, dan dirinya didiagnosis terkena penyakit Alzheimer.

7. Head Full of Honey

Head Full of Honey

* sumber: www.nytimes.com

  • Rilis: 2018
  • Genre: Drama
  • Produksi: Barefoot Films dan Warner Bros. Pictures
  • Sutradara: Til Schweiger
  • Pemeran: Nick Nolte, Matt Dillon, Emily Mortimer dan Sophia Lane Nolte

Diceritakan bahwa Lucas adalah seorang pria paruh baya yang tengah menderita penyakit alzheimer. Selain berjuang melawan penyakit tersebut, dirinya pun tengah berusaha menyembuhkan rasa sedihnya akibat istri tercinta sekaligus teman hidupnya telah meninggal.

Anaknya kini tidak bisa menemaninya karena sudah berkeluarga dan tinggal di Inggris. Namun, ia mempunyai seorang cucu yang baik hati karena selalu merawatnya. Di lain sisi, sang cucu yang bernama Matilda mengajak kakeknya menuju Venice agar bisa kembali bahagia dan tidak bersedih lagi.

8. On Golden Pond

On Golden Pond

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 1981
  • Genre: Drama
  • Produksi: IPC Films dan ITC Entertainment
  • Sutradara: Mark Rydell
  • Pemeran: Katharine Hepburn, Henry Fonda, Jane Fonda, Doug McKeon, Dabney Coleman dan William Lanteau

Norman Thayer merupakan sosok profesor yang sedang mempersiapkan masa pensiunnya bersama istri tercinta bernama Ethel. Keduanya memutuskan untuk tinggal dan menghabiskan sisa hidup di sebuah pondok dengan pesona danau yang indah.

Dibalik keinginannya untuk tinggal damai di tempat tersebut, Norman ternyata mengalami rasa takut karena tengah mengalami penyakit jantung dan alzheimer. Meski begitu, dirinya sangat beruntung memiliki seorang istri yang pengertian dan sabar merawatnya.

Suatu hari, anak perempuannya yang bernama Chelsea datang menjenguk keduanya di pondok danau tersebut. Suasana menjadi canggung dan sedikit tidak akrab karena Norman mempunyai hubungan yang tidak baik dengan anak semata wayangnya itu.

9. What They Had

What They Had

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 2018
  • Genre: Drama
  • Produksi: Unified Pictures, Bona Fide Productions, Look to the Sky Films, dan June Pictures
  • Sutradara: Elizabeth Chomko
  • Pemeran: Hilary Swank, Michael Shannon, Robert Forster, dan Blythe Danner

Film ini berkisah tentang seorang anak bernama Bridget yang mempunyai ibu bernama Ruth dengan kondisi Alzheimer. Ia berusaha untuk mengirimkan ibunya tersebut ke panti jompo agar dapat dirawat dengan baik. Namun, ayahnya yang keras kepala bernama Burt menghalangi upayanya itu dan ingin menjaga Ruth selama mungkin dirumahnya.

Film ini ditayangkan secara perdana pada ajang Sundance Film Festival di tanggal 21 Januari 2018, dan dirilis di Amerika Serikat pada 19 Oktober 2018. What They Had mendapatkan ulasan yang rata-rata positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomaotes, film berdurasi lebih dari 90 menit ini memiliki peringkat 87% dengan nilai 7.15/10.

Merawat orang-orang yang terkena Alzheimer tentunya membutuhkan rasa sabar dan pengertian yang tinggi. Apalagi, jika orang tersebut menimpa salah satu dari anggota keluarga kalian. Semoga saja daftar rekomendasi film di atas bisa memberikan inspirasi kepada kalian untuk bersikap lebih baik dan bijak terhadap penderita penyakit ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *