Bacaterus / Film Kriminal / Biar Nggak Ditipu, Ayo Nonton 10 Film Tentang Penipuan Ini!

Biar Nggak Ditipu, Ayo Nonton 10 Film Tentang Penipuan Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2019

Hal menarik dari nonton film tentang penipuan itu, bukan cuma karena ceritanya tetapi juga karena kita juga dapat mempelajari pola pikir para penipu. Waktu seseorang tertipu, artinya si penipu menepukan satu lubang yang dia jadikan celah. Dengan mengetahui cara berpikir si penipu, kita dapat menutup lubang itu.

Jadi, nggak cuma dapat hiburan tetapi juga pengetahuan. Dari film tentang penipu ini kita akan belajar banyak tentang taktik mereka. Itu akan membuat kita lebih waspada, kepada siapa kita harus memberikan rasa percaya. Kalau kamu tertarik, inilah 10 film tentang penipuan yang bisa jadi referensi buat kamu.

1. Catch Me If You Can [2002]

Catch Me If You Can (Copy)

Berbicara tentang penipuan, maka nggak ada penipuan yang lebih dikenang selain yang dilakukan oleh Frank Abagnale, Jr. Di usianya yang keenam belas, dia memulai perjalanannya dengan menjadi pilot, kemudian dokter, lalu pengacara. Semua dia lakukan dengan melakukan pemalsuan identitas. Penipuan yang dia lakukan itu berhasil membuat dia mencairkan cek senilai jutaan dollar.

Agen Carl Hanratty ditugaskan untuk menangkapnya. Namun, tentu nggak akan mudah menangkap Abagnale Jr. Selain karena pintar, teliti dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, dia juga termasuk cerdas dalam menghindari kejaran FBI. Walaupun banyak memasukkan unsur komedi, film ini menjadi rekomendasi yang bagus untuk ditonton.

2. American Hustle [2013]

American Hustle (Copy)

Dengan setting tahun 70-an sampai awal 80-an, American Hustle yang diadaptasi dari kisah nyata bercerita tentang Irving Rosenfield yang pandai menipu bersama rekan sekaligus kekasih gelapnya Sydney Prosser.

Gerak-gerik mereka kemudian terendus oleh agen FBI bernama Richard DiMaso. Alih-alih ditangkap, mereka dijadikan alat untuk menangkap seorang politisi yang digadang-gadang bersih bernama Carmine Polito.

Hal paling menarik dari film ini adalah bagaimana cara mereka melakukan tipu muslihat untuk mengelabui korban-korban mereka. Serta adanya plot twist yang menarik membuat kita bertanya-tanya dan nggak sabar menanti kemana arah jalan ceritanya. Film yang cocok buat para pecinta teka-teki.

3. The Wolf of Wall Street [2013]

The Wolf of Wall Street (Copy)

Harta, tahta dan wanita adalah fokus utama film ini. Jordan Belford yang baru saja kehilangan pekerjaannya di sebuah kantor di Wall Street memulai lagi usahanya dengan mendirikan kantor kecil.

Berbekal petuah sesat dari atasannya di kantor terdahulu, dia membuka lembaran baru sebagai pialang saham dengan menjual ilusi. Dia menawarkan saham dari perusahaan-perusahaan kecil pada banyak orang yang ingin mendapat banyak keuntungan dengan modal harapan palsu.

Film ini bukanlah tipe film yang dapat dijadikan referensi untuk pegiat saham, melainkan untuk mengetahui bagaimana tipu muslihat dijalankan. Disutradarai Martin Scorsese yang banyak menelurkan film-film bertema mafia maka jangan heran bila banyak adegan vulgar dan umpatan di sana sini.

4. War Dogs [2016]

War Dogs (Copy)

Di tengah perang yang memakan banyak korban jiwa, ada orang-orang yang duduk di sofa mahal dan ruangan hotel mewah dengan uang yang dihasilkan dengan produksi dan distribusi senjata. Dengan gencarnya invasi Amerika ke Irak dan Afganistan, Efraim Diveroli dan David Packouz mengambil keuntungan dengan menjadi penjual senjata dan alat-alat perang.

Suatu waktu mereka mendapat kontrak dari Pentagon untuk menyediakan 100 juta peluru AK-47. Di sanalah mereka melakukan penipuan besar. Nggak tanggung-tanggung yang ditipu pemerintah Amerika!

Meskipun temanya penyediaan senjata perang, film bukan film yang mengerikan tetapi cenderung lucu. Jonah Hill dan Miles Teller yang jadi pemain utama, sangat pintar memainkan peran mereka.

Jonah yang memerankan seorang pria ambisius dengan mimpi harta berlimpah sedangkan Miles memerankan seorang lelaki yang kesulitan mendapat pekerjaan dengan uang yang banyak sehingga bergabung dengan rekannya untuk urusan pekerjaan.

5. Enron: The Smartest Guy in the Room [2005]

Enron The Smartest Guy in the Room (Copy)

Pemerhati dunia ekonomi mungkin akan ingat soal kasus Enron. Sebuah perusahaan energi terbesar dan perusahaan terbesar ketujuh di Amerika harus tersungkur karena divonis melakukan berbagai tindak penipuan.

Hal tersebut diawali oleh Jim Chanos (analisis) dan Bethany McLean (wartawan) yang mempertanyakan bagaimana perusahaan tersebut mempunyai keuangan yang begitu melimpah sampai akhirnya ditemukan berbagai kecurangan seperti pencucian uang, penghindaran pajak dan konspirasi.

Emron: The Smartest Guy in the Room termasuk film serius yang bisa lebih dinikmati oleh orang-orang yang mendalami dunia ekonomi. Diangkat dari kisah nyata, film ini banyak memberikan pelajaran. Dimulai dengan bagaimana caranya mengelola perusahaan, bagaimana cara memajukan perusahaan, sampai bagaimana selalu ada orang yang menggunakan celah hukum untuk kepentingan pribadi.

6. Fun with Dick and Jane [2005]

Fun with Dick and Jane (Copy)

Fun with Dick and Jane merupakan remake dari film berjudul sama yang dirilis tahun 1977. Dibintangi Jim Carrey, Tea Leoni dan Alec Baldwin, film ini bergenre komedi. Latar belakang cerita yang diangkat adalah kehidupan sepasang suami istri.

Dick dan Jane Harper adalah sepasang suami istri kelas menengah. Suatu waktu Dick diangkat menjadi wakil direktur komunikasi, ternyata pada saat itu perusahaan tempatnya bekerja mulai mengalami kebangkrutan dan sedang melakukan PHK besar-besaran dan Dick menjadi salah satunya.

Di tengah perjuangannya bertahan hidup dia menemukan bahwa nasib dia dan teman-temannya disebabkan oleh atasan yang korup. Untuk membalaskan dendamnya mereka merencanakan sebuah aksi penipuan untuk membuat mantan atasannya merugi.

7. The Wizard of Lies [2017]

The Wizard of Lies (Copy)

Kamu pernah dengan soal skema Ponzi? Kecurangan finansial terbesar dalam sejarah Amerika yang dilakukan Bernie Madoff ini diangkat menjadi tema dalam The Wizard of Lies. Kerugian yang mencapai 865 trilyun rupiah memperlihatkan bagaimana kecerdikan Madoff yang berprofesi sebagai broker saham dan penasihat investasi itu untuk melancarkan tipu daya pada para korbannya.

Berdasarkan sebuah buku terbitan New York Times karangan Diana B. Henriques, yang mempunyai akses untuk melakukan wawancara dan mengumpulkan lebih dari 100 wawancara untuk mengungkap kasus tersebut lebih dalam.

Robert De Niro dan Michele Pfeiffer memerankan tokoh Bernie dan Ruth Madoff yang menjadi pusat dari cerita menggemparkan penangkapan otak skema Ponzi. De Niro yang sering memainkan tokoh antagonis dalam film-film mafia kali ini dengan piawai menjadi seorang yang penuh intrik.

8. 21 [2008]

21 (Copy)

Ben Campbell, seorang siswa yang sedang berusaha untuk mencari uang tambahan untuk biaya kuliah bertemu seorang guru matematika bernama Mickey Rosa. Mereka dan beberapa orang lain mengatur siasat dalam permainan Black Jack agar yang keluar sebagai pemenang berasal dari kelompok mereka.

Ben yang begitu ingin masuk universitas berniat mengumpulkan uang demi mencapai mimpinya itu. Namun Mickey justru menipu murid-muridnya hingga mendapat uang yang banyak.

Film ini dibintangi Jim Sturgess, Katie Bosworth dan tentu saja Kevin Spacey yang memerankan tokoh Mickey Rosa. Bagi yang menyukai permainan kartu, film ini bisa dijadikan referensi untuk melihat bagaimana cara membaca alur permainan.

9. Focus [2015]

Focus (Copy)

Will Smith dan Margot Robbie tampil memukau di film ini. Will Smith yang terbiasa memerankan tokoh protagonis memperlihatkan kemampuannya beracting sebagai pria penuh tipu daya. Sementara Margot membuat penonton berdecak kagum dengan actingnya sebagai wanita cantik yang manipulatif. Banyaknya kejutan di film ini bisa jadi alasan film ini dijuduli Focus.

Apa jadinya jika seorang penipu bertemu penipu lainnya? Itulah yang terjadi saat Jess Barrett bertemu dengan Nicky Spuregion adalah seorang penipu ulung yang terlibat asmara dengan muridnya, Jess Barrett.

Namun keduanya tetap berusaha membatasi hubungan mereka hanya untuk soal pekerjaan. Mereka berpisah setelah melakukan penipuan besar. Bertahun-tahun setelahnya, Jess berencana melancarkan aksi penipuan di Argentina sendiri. Ternyata, Nicky juga mengincar target yang sama. Apa yang terjadi selanjutnya? Nonton filmnya, ya!

10. Gringo [2018]

Gringo (Copy)

Harold Siyonka dikirim ke Meksiko untuk mengawasi produksi obat-obatan. Di sana dia menemukan fakta bahwa tempatnya bekerja akan diakuisisi dan nggak lama lagi dia akan kehilangan pekerjaannya.

Di tengah himpitan ekonomi, dia mencoba melakukan penipuan dengan pura-pura diculik dan meminta sejumlah biaya yang kelak akan digunakan sebagai dana pensiun. Sayangnya upayanya nggak berjalan lancar sampai nyawanya terancam, apalagi atasannya tersebut juga adalah seorang yang korup dan serakah.

Cerita Gringo sebetulnya cukup sederhana, namun banyaknya detil baru yang muncul di tengah film membuatnya menjadi seperti acak-acakan. Kemalangan Harold yang dijadikan unsur komedi membuat film ini cukup menghibur.

Itulah 10 film tentang penipuan yang bisa direkomendasikan. Kalau kamu punya tambahan, kamu boleh menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan. Atau kalau kamu suka film bertema mafia, bisa terus pantengin Bacaterus ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *