Bacaterus / Film Bisnis / Inilah 10 Film Tentang Pengusaha Terbaik yang Inspiratif

Inilah 10 Film Tentang Pengusaha Terbaik yang Inspiratif

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Semakin hari, semakin banyak orang yang tertarik buat jadi pengusaha. Ini kabar baik buat Indonesia, negara maju seharusnya mempunyai 2% warga negara yang menjadi pengusaha. Kita belum mencapai angka itu, tetapi melihat tren yang ada, kita boleh optimis bahwa angka itu akan tercapai suatu hari nanti.

Menjadi seorang pengusaha nggak bisa dilakukan sendiri. Kita butuh guru yang membimbing dan menginspirasi. Nggak melulu tentang sosok yang mengajari, karena ada banyak cara untuk mendapat pelajaran dan inspirasi. Film adalah salah satu media paling menyenangkan dalam mencari inspirasi.

Ada banyak film yang bercerita tentang pengusaha atau dunia usaha. Di dalam cerita itu, ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Kalau kamu seorang pengusaha atau bermimpi menjadi seorang pengusaha, ada baiknya film seperti itulah yang kamu tonton. Kami sudah merangkum 10 film tentang pengusaha terbaik yang bisa kamu jadi referensi.

 1. Merry Riana – Mimpi Sejuta Dollar [2014]

Merry Riana - Mimpi Sejuta Dollar [2014] (Copy)

Nama Merry Riana pasti sudah akrab di telinga mayoritas orang Indonesia. Apa yang kamu bayangkan kalau mendengar nama itu? Wanita tangguh, ambisius, dan tentu saja sukses. Setelah bukunya masuk ke jajaran buku terlaris, buku tumbuh lebih besar dengan diadaptasi menjadi sebuah film.

Ini tentang seorang gadis yang baru lulus SMA yang mengungsi ke Singapura karena kondisi negaranya lagi nggak stabil. Dia bertahan sendirian di sana. Dengan bekal uang yang cuma cukup untuk 5 kali makan setelah dijarah, mimpinya untuk kuliah dan sukses terasa mustahil. Cerita dia berproses menuju sukses sangat layak disimak oleh kita semua.

 2. The Wolf of The Wall Street [2013]The Wolf of The Wallstreet [2013] (Copy)

Kalau kita menyimak orang-orang yang berkecimpung di pasar modal, kita pasti sering menerka-nerka bagaimana cara mereka menghasilkan uang? Sebenarnya apa sih yang mereka lakukan? Kalau kamu tertarik mempelajari saham, investasi, dan penjualan sebaiknya kamu meluangkan waktu buat nonton film ini.

Jordan Bellfort adalah seorang pialang yang cerdik. Namun, kecerdikannya itu membawa dia pada jalan yang salah. Gaya hidupnya semakin melenceng beriringan dengan kesuksesan perusahaannya. Banyak pelajaran hidup akan memperluas wawasan kita seputar dunia usaha dan hal-hal yang mengelilinginya.

 3. Top Secret The Billionaire [2011]

Top Secret The Billionaire [2011] (Copy)

Kalau kamu pergi ke mini market, di rak makanan ringan kamu akan menemukan kudapan rumput laut dengan merek Tao Kae Noi. Film ini bercerita tentang bagaimana produk itu bermula dan bagaimana Tao Kae Noi berkembang pesat.

Top adalah anak umur 16 tahun yang memulai pencarian kesuksesan dengan menghasilkan uang melalui game online. Dia menghasilkan banyak uang, tetapi kemudian dia tahu kalau Ayahnya terlilit uang dan butuh uang lebih banyak untuk melunasinya. Top mencari kesuksesannya sendiri dengan jatuh bangun dalam berbisnis. Film yang bagus buat anak muda yang punya minat berbisnis.

4. Badmaash Company [2010]

Badmaash Company [2010] (Copy)

Film tentang pengusaha kali ini datang dari India. Ini tentang tiga anak muda yang berbisnis bersama. Mereka berusaha mencari peluang di tengah tekanan. Mereka sempat mengambil jalan yang salah dengan menyeludupkan produk dari Thailand ke India demi mengurangi biaya modal. Mereka gagal lalu mereka mencoba cara lain dan kembali ke jalan yang benar.

Dari film ini kita dapat belajar kalau nggak semua ambisi itu benar, bisa jadi malah menjerumuskan. Membuat kita mengambil cara-cara instan demi kaya tanpa perlu menunggu lama. Ceritanya menarik dan sangat layak disimak. Tentu kita juga harus pandai memutuskan mana yang patut ditiru mana yang cukup dijadikan pelajaran.

5. The Pursuit of Happiness [2006]

The Pursuit of Happiness [2006] (Copy)

Chris Gardner adalah seorang pria miskin yang ditinggalkan oleh istrinya. Dia hidup berdua dengan anak lelakinya dengan serba kekurangan. Bahkan dia sempat tinggal di toilet stasiun bawah tanah karena nggak mampu bayar sewa rumah dan diusir. Satu-satunya yang dia punya adalah mimpi.

Mimpi itu dia rawat, terutama setelah dia bertemu dengan seseorang yang mengendarai mobil mewah. Dia bertanya apa pekerjaan orang itu dan orang itu menjawab bahwa dirinya adalah pialang saham. Chris memutuskan untuk menjadi pialang saham. Beratnya proses yang dia jalani bisa kamu simak melalui film ini. Semua kepahitan itulah yang membuat dia berhasil mendirikan perusahaannya sendiri, Gardner Rich.

6. The Social Network [2011]

The Social Network [2011] (Copy)

Facebook memungkinkan kita buat mencari teman lama, sahabat kecil, bahkan mantan pacar yang lama nggak bertegur sama. Nggak cuma itu, kita bahkan nggak perlu bertanya untuk tahu perkembangan hidup mereka. Film The Social Network menceritakan tentang bagaimana semua itu bermula. Tentu saja ceritanya fiksi, tetapi cerita itu diadaptasi dari kisah nyata.

Mark memulai semuanya di asrama mahasiswa bersama Eduardo, sahabat yang mendanai proyeknya. Nggak semulus itu, karena dia juga harus berhadapan dengan masalah hukum dari seniornya dan Eduardo. Kenapa dan bagaimana Mark harus melewatinya? Luangkan waktumu buat nonton ya, terutama kalau kamu menyukai dunia teknologi dan bisnis.

7. The Big Short [2015]

The Big Short [2015] (Copy)

Film ini bercerita tentang keruntuhan yang terjadi di Amerika pertengahan 2000an. Banyak orang kehilangan tempat tinggal, kehilangan pekerjaan, dan tentu saja kehilangan harapan. Dibalik semua itu, ada segelintir pengusaha yang untuk besar dan menjadi kaya begitu saja.

Dr Michael Burry, pemimpin Scion Capital telah memperkirakan keruntuhan itu jauh hari sebelumnya. Dia menyadari kerapuhan pasar properti dan obligasi. Dia melakukan short selling Default Credit Swap— asuransi kredit properti melawan pasar properti Amerika.

Sebuah pertaruhan yang dianggap konyol. Film yang menarik karena mengangkat fenomena langka tetapi nyata. Menonton film ini adalah cara yang menyenangkan untuk memperluas wawasan soal dunia ekonomi.

8. Sundul Gan: The Story of Kaskus [2016]

Sundul Gan The Story of Kaskus [2016] (Copy)

Andrew Darwis memulai semuanya si Seattle waktu dia masih kuliah. Ken, seorang pemuda dengan ambisi besar membujuk dia pulang ke Indonesia setelah tahu bahwa dialah yang menciptakan kaskus. Mereka bersama-sama membangun kaskus menjadi situs nomor satu di Indonesia.

Sampai sekarang, Kaskus punya basis pengguna yang kuat dan loyal. Semua itu nggak lepas dari kerja keras pendirinya. Sangat direkomendasikan buat kamu yang punya mimpi besar, apalagi kalau mimpimu itu beririsan dengan dunia teknologi seperti kaskus.

9. Pirates of Silicon Valley [1999]

Pirates of Silicon Valley [1999] (Copy)

Kalau kamu belum nonton film ini, rasanya agak rugi. Film ini menceritakan dua raksasa teknologi yang nggak lepas dari dua nama besar. Bill Gates dengan Microsoft dan Steve Jobs dengan Apple. Kalau kamu tertarik buat belajar dari mereka, tentu kamu harus banget nonton film ini.

Film ini bercerita tentang bagaimana Bill Gates dan Steve Jobs memulai proses mereka. Diceritakan pula bagaimana mereka bersinggungan sampai sempat bermasalah. Persaingan yang seru sampai kemudian mereka bisa berdiri sama kuat dengan cara masing-masing. Pokoknya rugi banget kalau sampai nggak pernah nonton, hehe.

10. Jobs [2013]

Jobs [2013] (Copy)

Film ini secara khusus menceritakan perjalanan seorang Steve Jobs membangun perusahaan paling bernilai di dunia yaitu Apple. Kalau kamu ingin tahu bagaiamana bisa Apple punya pengguna yang loyal? Bagaimana bisa Apple membuat terobosan sekeren itu? Film ini akan bercerita banyak buat kamu.

Kamu juga akan diceritakan konflik apa saja yang dialami Steve Jobs, baik itu secara bisnis atau secara pribadi. Porsi dramanya sangat pas dan menarik. Tentu saja banyak pelajaran buat para pengusaha yang masih mau memperjuangkan usahanya.

Itulah 10 film tentang pengusaha terbaik versi Bacaterus. Kamu punya tambahan yang belum tertulis? Jangan sungkan buat menuliskan versi kamu di kolom komentar ya! Dengan menuliskan sudut pandangmu, pembaca lain akan mendapat informasi baru.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar