Bacaterus / Film Edukasi / 10 Film Tentang Penemuan yang Menginspirasi dan Menghibur

10 Film Tentang Penemuan yang Menginspirasi dan Menghibur

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Coba lihat sekeliling, semua benda yang ada di sekitar kita hari ini ditemukan oleh orang-orang jenius di masa lalu. Satu penemuan, nyaris selalu berumur panjang. Bahkan, jauh lebih panjang dari penemunya sendiri. Karena itulah, rasanya akan menyenangkan kalau kita menyimak cerita tentang penemuan.

Kita mungkin pernah mendengar cerita tentang penemuan di sekolah, atau di media lainnya. Namun, media terbaik untuk cerita tentang penemuan adalah film. Memang nggak banyak film tentang penemuan, tetapi bukan berarti nggak ada. Untuk memudahkan, Bacaterus telah merangkum 10 film tentang penemuan yang menghibur dan menginspirasi.

1. Steve Jobs [2015]

Steve Jobs

Apa kamu pernah menggunakan produk Apple? Film ini bercerita tentang penemuan produk Apple. Sejak dulu, Apple selalu menghasilkan inovasi-inovasi terbaik yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Film Steve Jobs ini merupakan adaptasi dari buku berjudul sama karya Walter Isaacson.

Di dalam film ini kita akan disuguhi cerita tentang Steve Jobs dan penemuannya, yaitu Apple. Bagaimana berhasil membangun produk, rintangan apa yang dihadapinya, sampai ke masalah pribadi yang dialaminya. Kalau kamu suka dunia teknologi, film ini nggak boleh kamu lewatkan. Ada banyak pelajaran yang bisa kamu petik di dalamnya.

2. Tucker: The Man and His Dream [1988]

Tucker The Man and His Dream

Buat pecinta otomotif, Preston Tucker mungkin jadi salah satu nama yang menginspirasi. Dia adalah seorang insinyur asal Detroit punya ketertarikan besar dalam membuat mobil, bahkan sejak masih anak-anak. Pada saat Perang Dunia kedua dia mendesain mobil bersenjata untuk pasukan militer Amerika dan membuat turet senjata di sebuah toko kecil di samping rumahnya.

Saat kondisi perang sudah menurun, dia mau mewujudkan mimpinya mendesain mobil futuristik. Nggak cuma soal penemuan, film ini juga bercerita tentang masalah yang harus dihadapi Tucker sebelum penemuan itu. Karena itulah ceritanya menginspirasi banyak orang. Kalau kamu nggak tahu siapa Preston Tucker, mungkin kamu akan punya idola baru setelah nonton filmnya.

3. Envy [2004]

Envy

Tim Dingman dan Nick Vanderpark adalah dua orang yang bersahabat dan sama-sama bekerja untuk sebuah perusahaan bernama 3M. Nick punya segudang ide gila. Dia bermimpi untuk menjadi orang kaya. Sampai akhirnya dia menemukan Vapoorize, sebuah alat semprotan untuk menghancurkan kotoran anjing.

Perlahan penemuan Nick itu membuahkan hasil dengan mendatangkan keuntungan finansial namun justru dari sanalah masalah datang tiada henti. Di balik sebuah penemuan pasti ada pengorbanan. Lalu, bagaimanakah Nick menghadapinya? Nonton filmnya, ya! Ceritanya ringan dan sangat mudah dipahami.

4. Moneyball [2011]

Moneyball

Penemuan nggak melulu soal benda, tetapi juga hal-hal yang nggak punya wujud. Meskipun nggak berwujud, penemuan itu terbukti pembawa perubahan besar. Salah satu contohnya adalah penemuan yang diceritakan di film ini. Rumus matematika yang diterapkan di bidang olahraga. Bagaimana bisa sebuah rumus punya pengaruh besar dalam membangun tim?

Billy Beane, seorang general manager tim bisbol punya cara sendiri dalam membangun timnya. Cara yang sempat diragukan banyak orang. Dia menggunakan statistika untuk menilai pemainnya. Sekarang, cara ini biasa disebut dengan sport-science dan mulai populer sampai ke cabang olahraga lainnya. Kalau ingin tahu lebih banyak, luangkan waktu buat nonton ya!

5. Flash of Genius [2008]

Flash of Genius

Mungkin kamu sering melihat wiper yang ada di mobil? Tahukah kamu kalau benda itu ditemukan Robert Kearns? Di tengah hujan deras dia merasa bahwa mesin yang dulu masih bergerak secara manual itu akan lebih nyaman kalau dibuat otomatis. Dia kemudian menjalankan riset dan percobaan di garasinya sendiri dan berhasil menciptakan wiper yang bergerak secara otomatis.

Apakah semudah itu? Nggak, dia bahkan harus berhadapan dengan kasus hukum. Hari ini, kasus itu diketahui sebagai kasus pelanggaran paten paling terkenal. Cerita lengkapnya dapat kamu simak melalui film ini.

6. The Aviator [2004]

The Aviator

Nama Howard Hughes bisa jadi merupakan salah satu nama paling penting dalam sejarah. Dia juga disebut-sebut sebagai penerbang paling berpengaruh dalam sejarah. Kalau kamu baru mendengar nama ini, sebaiknya kamu menonton film ini. Apa yang diceritakan melalui film ini nggak cuma menarik tetapi juga menginspirasi.

The Aviator adalah film biografi yang menceritakan perjalanan karir Howard Hughes. Bagi yang belum tahu, Howard Hughes merupakan seorang sutradara legendaris sekaligus pilot yang terkenal di akhir dekade 1920 sampai pertengahan 1940.  Film ini banyak bercerita tentang perannya dalam dunia penerbangan.

7. Back to the Future [1985]

Back to the Future

Kali ini, kita berandai-andai tentang penemuan yang sering dibahas para ilmuwan yakni mesin waktu. Itu yang coba diceritakan Back to the Future. Seorang ilmuwan yang dianggap gila bernama Dr. Emmett Brown mengatakan bahwa dia datang dari 30 tahun lalu.

Dia merupakan penemu mesin waktu yang bisa membuat seseorang melintasi waktu tertentu dengan mengendarai mobil buatannya. Meskipun tentu saja penemuannya fiktif belaka, namun banyak hal positif yang bisa kita petik dari film ini. Film drama komedi ini begitu ikonik di tahun 80-an sehingga masih dikenang sampai saat ini.

8. The Imitation Game [2014]

The Imitation Game

Komputer merupakan salah satu penemuan terbesar dalam sejarah peradaban manusia. Dikembangkan dari jaman ke jaman sampai saat ini kita bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Asal muasal komputer ternyata berawal dari mesin milik pemerintah Inggris di masa perang dunia kedua bernama Turing.

Alan Turing, seorang lulusan Universitas Cambridge punya keahlian memecahkan kode rahasia. Ia direkrut oleh pemerintah Inggris untuk memecahkan kode mesin pesan milik Jerman bernama Enigma. Dia kemudian membuat sebuah mesin untuk memecahkan kode Enigma yang kelak dinamai dengan nama akhirnya, Turing. Kisahnya bisa disimak melalui film ini.

Kalau kamu menyukai film bertema matematika seperti “The Imitation Game”, silakan baca artikel film tentang matematika untuk mendapatkan referensi judul lainnya.

9. Awakenings [1990]

Awakenings

Dr Malcolm Sayer adalah dokter baru yang bertugas di Rumah Sakit di daerah Bronk yang khusus untuk memberi perawatan pada pasien penderita penyakit neurologi kronis. Pasiennya yang mengalami katatonik (tidak dapat menggerakkan badan) mendapat pertolongan sampai bisa bergerak jika diberikan stimulan seperti sentuhan dan musik.

Leonard salah satu pasiennya sudah mengalami gejala katatonik sejak usianya 11 tahun dan membuat Malcolm berpikir bahwa penyakit yang dialami oleh pasien-pasiennya serupa dengan Parkinson. Dengan persetujuan keluarganya, Malcolm melakukan percobaan pengobatan pada Leonard. Tokoh di film ini fiktif, tetapi ceritanya sangat inspiratif.

10. The Social Network [2010]

The Social Network

Kalau nggak ada Facebook, bagaimana kita tahu kabar teman, kerabat jauh, bahkan mantan pacar? Facebook bukan cuma situs jejaring sosial, penemuan ini mengubah cara manusia berinteraksi. Bahkan, Facebook juga merangsang penemuan-penemuan baru di bidang teknologi yang memudahkan kehidupan manusia.

Film ini bercerita tentang Mark dan bagaimana akhirnya dia membuat Facebook. Fokusnya memang penemuan di dunia teknologi, tetapi ceritanya mudah dipahami. Nggak ada bahasa pemrograman yang membingungkan. Malah, film ini juga menyuguhi drama soal asmara, persahabatan, dan persaingan.

Demikian 10 film tentang penemuan yang menghibur dan menginspirasi. Kalau kamu mau menambahkan film lain yang belum tertulis, kolom komentar sudah disediakan. Kamu bisa ikut berbagi informasi di sana. Karena sekecil-kecilnya informasi yang dibagikan, tetap akan menjadi kebaikan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar