Bacaterus / Film Edukasi / Inilah 8 Film Tentang Pendidikan yang Wajib Ditonton

Inilah 8 Film Tentang Pendidikan yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting bagi manusia. Dengan adanya pendidikan, manusia akan lebih cerdas karena terbukanya pikiran serta logika secara global. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia yang mana mamusia hidup memerlukan ilmu untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Tanpa adanya ilmu serta pendidikan, manusia akan hidup dalam kegelapan sehingga mengancam terhadap populasi manusia di muka bumi ini. Seiring berjalannya waktu, pendidikan semakin dianggap penting sehingga lahirlah sistem pendidikan yang ada di dunia lengkap dengan segala fasilitasnya seperti sekolah dan buku-buku pelajaran.

Tak sedikit orang-orang menganggap bahwa pendidikan adalah No. 1 dari sekian banyak aspek yang ada di dalam kehidupan. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa betapa pentingnya pendidikan sehingga semua orang wajib mengenyam pendidikan itu sendiri. Berbagai motivasi terus dikerahkan agar orang-orang selalu giat dan bersemangat untuk berpendidikan.

Salah satu motivasi untuk terus berpendidikan bahkan menjadi sebuah tema di beberapa film yang ada di dunia. Tentu saja film bertema pendidikan tersebut merupakan tontonan positif yang dapat menginspirasi kita semua untuk terus berjuang mendapatkan pendidikan serta ilmu-ilmu yang bermanfaat agar kita semakin cerdas dan berilmu.

Penasaran kan apa saja sih film bertema pendidikan terbaik dan paling recommended untuk ditonton? Yuk, simak beberapa film bertema pendidikan di bawah ini!

1. Lean On Me

Lean On Me (Copy)

Film tentang pendidikan yang pertama ada “Lean On Me” yang merupakan film biografi bertema pendidikan asal Amerika yang rilis pada tahun 1989 dengan pemeran utamanya Morgan Freeman yang berperan sebagai Joe Clark, seorang kepala sekolah.

Clark adalah seorang kepala sekolah yang dinilai cukup tegas, berani, namun egois karena selalu mengambil keputusan secara sebelah pihak. Namun hal tersebut ia lakukan demi meningkatkan kedisiplinan para muridnya yang terkenal nakal dan malas.

Meskipun pada awalnya segala keputusan yang diambil Clark ini selalu salah di mata para siswanya, namun lambat laun keputusan demi keputusan tersebut dapat diterima sehingga dapat dibilang Clark merupakan kepala sekolah yang sukses meningkatkan kualitas para muridnya.

2. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi (Copy)

“Laskar Pelangi” menjadi salah satu film paling populer di Indonesia pada tahun rilisnya yaitu tahun 2008. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata yang menceritakan kehidupan anak-anak di Pulau Belitung dalam mengenyam pendidikan.

Diceritakan di dalam film beberapa anak-anak Pulau Belitung bersekolah di sebuah sekolah tua yang sudah rapuh bernama SD Muhammadiyah Belitung yang hanya diisi oleh 2 tenaga pengajar saja bernama Pak Harfan dan Bu Mus.

Meskipun ditengah kondisi ekonomi yang terbilang buruk, namun semangat anak-anak Pulau Belitung dalam belajar dan berpendidikan ini selalu membara. Hal ini terbukti dengan banyaknya prestasi yang pernah mereka raih selama bersekolah.

Film ini mengajarkan kita semua bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan menjadi hak semua orang tanpa mengenal status ekonomi. Selain itu, film ini juga memberi pesan pada para penontonnya bahwa status ekonomi bukanlah alasan untuk tidak belajar dan berpendidikan.

3. Freedom Writers

Freedom Writers (Copy)

“Guru pahlawan tanpa tanda jasa” merupakan julukan yang tepat untuk disematkan pada seorang guru yang ada di film ini. Berjudul “Freedom Writers” film asal Amerika yang rilis pada tahun 2007 ini menjadi film bertema pendidikan yang wajib ditonton karena memberikan banyak nilai moral di dalamnya.

Dikisahkan seorang guru bernama Erin Gruwell mengajar di sebuah sekolah yang terkenal dengan kenakalan siswanya. Tak hanya nakal pada sesama temannya, bahkan beberapa siswa di sekolah tersebut berani melawan serta membantah perkataan Erin sebagai gurunya.

Meskipun mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari para muridnya, Erin tetap sabar dan tak pernah patah semangat untuk terus berjuang memberikan ilmu serta didikan terbaik pada muridnya agar murid-muridnya menjadi manusia yang sukses kelak. Sungguh perjuangan guru yang inspiratif, ya!

4. Akeelah and The Bee

Akeelah and The Bee (Copy)

Akeelah and The Bee menjadi salah satu film inspiratif tentang pendidikan. Film yang disutradarai oleh Doug Atchison ini menceritakan seorang gadis berusia 11 tahun bernama Akeelah yang memiliki kegemaran dalam mengeja.

Kegemarannya tersebut berhasil membawanya pada berbagai kejuaraan nasional berkat ketekunan dan kerja kerasnya dalam belajar. Tak hanya soal pendidikan, film ini juga ditaburi beberapa unsur persahabatan yang membuat film Akeelah and The Bee menjadi semakin menarik.

Film asal Amerika yang rilis pada tahun 2006 ini memberikan banyak pesan moral tentang kerja keras dan perjuangan dalam belajar untuk meraih sebuah kesuksesan yang diharapkan.

5. Monalisa Smile

Monalisa Smile (Copy)

“Monalisa Smile” merupakan film Amerika yang rilis pada tahun 2003 dengan disutradarai oleh Mike Newell dan dibintangi oleh Julia Roberts. Film ini bercerita tentang seorang wanita cantik bernama Katherin yang berprofesi sebagai pengajar di sebuah institusi pendidikan.

Ia bercita-cita ingin mengubah sudut pandang orang-orang tentang derajat wanita di mata dunia bahwa wanita bisa hidup mandiri dan independen serta ingin mematahkan asumsi bahwa wanita adalah makhluk lemah yang harus tunduk pada laki-laki.

Katherin juga sering memotivasi betapa pentingnya pendidikan bagi manusia termasuk bagi pada kamu wanita.

6. The First Grader

The First Grader (Copy)

Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk semua orang. Bukan hanya untuk anak-anak atau remaja saja, pendidikan juga berhak didapatkan oleh orang tua atau lanjut usia. Rasanya tak ada yang terlambat dalam menuntut ilmu seperti kisah yang difilmkan dalam sebuah film berjudul “The First Grader” karya Justin Chadwik.

Film yang diangkat dari kisah nyata petani Kenya bernama Kimani Maruge ini bercerita tentang seorang kakek tua berumur 84 tahun yang antusias untuk mengenyam pendidikan. Hal tersebut didasarkan kepada keinginannya untuk sekolah di usianya yang senja.

Keinginannya bersekolah di usianya yang senja tersebut karena ia ingin membaca sepucuk surat yang tak ingin dibacakan oleh orang lain. Selain itu, ia juga sebelumnya tak pernah bersekolah sehingga ia ingin memiliki kemampuan menulis dan membaca.

7. Kartini

Kartini (Copy)

Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia dari kaum wanita. Ia dikenal sebagai tokoh yang selalu memperjuangkan hak-hak wanita dan menjunjung tinggi emansipasi wanita.

Sebagaimana dalam film, Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo merupakan sosok yang ramah dan cinta akan dunia pendidikan. Ia ingin masyarakat sekitar dapat mengenyam pendidikan dengan tinggi dan bekerja guna memenuhi segala kebutuhannya.

Semangatnya selalu menggebu-gebu dalam memperjuangkan pendidikan bagi masyarakat sehingga ia membuat sekolah dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Kartini juga selalu membela hak-hak wanita dan menyeimbangkan drajat manusia tak mengenal keturunan ningrat ataupun masyarakat biasa.

Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan rilis pada tahun 2017, selain Dian Sastrowardoyo, beberapa artis senior lainnya juga ikut tergabung di film ini seperti Acha Septriasa dan Ayushita.

8. Sang Pemimpi

Sang Pemimpi (Copy)

Film tentang pendidikan yang terakhir ada “Sang Pemimpi” yang tentu saja wajib kamu tonton! Film ini merupakan kelanjutan dari film “Laskar Pelangi” yang juga diadaptasi dari Novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata.

“Sang Pemimpi” terfokus pada kehidupan Ikal, Arai, dan Jimbron ketika remaja dan bersekolah di sebuah sekolah negeri di Belitung. Mereka memiliki cita-cita yang sangat tinggi sehingga mereka selalu bersemangat untuk sekolah di pagi hari dan bekerja di sore hari.

Perjuangan serta kerja keras masa remajanya dalam mengenyam pendidikan akhirnya membuahkan hasil yang manis dan tak terduga di masa depan. Film ini mengedukasi para penontonnya untuk selalu bersungguh-sungguh dalam belajar dan menuntut ilmu karena hal tersebut menjadi modal untuk memperoleh kesuksesan.

Itu dia beberapa deretan film bertema pendidikan terbaik versi Bacaterus yang tentunya selain menjadi hiburan, tetapi juga memberikan kita pelajaran tentang betapa pentingnya pendidikan terhadap kehidupan sebagai pelita pendorong manusia menjadi lebih cerdas dan open minded terhadap segala wawasan serta ilmu-ilmu yang ada di dunia.

Semoga informasi mengenai “Film Tentang Pendidikan” yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan dan pengetahuan serta dapat memotivasi kita semua untuk terus bersemangat dalam menuntut ilmu demi masa depan yang gemilang.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar