Bacaterus / Film Edukasi / Inilah 20 Film Tentang Pendidikan yang Sangat Edukatif

Inilah 20 Film Tentang Pendidikan yang Sangat Edukatif

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting bagi manusia. Dengan adanya pendidikan, manusia akan lebih cerdas karena terbukanya pikiran serta logika secara global. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia yang mana mamusia hidup memerlukan ilmu untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Tanpa adanya ilmu serta pendidikan, manusia akan hidup dalam kegelapan sehingga mengancam terhadap populasi manusia di muka bumi ini. Seiring berjalannya waktu, pendidikan semakin dianggap penting sehingga lahirlah sistem pendidikan yang ada di dunia lengkap dengan segala fasilitasnya seperti sekolah dan buku-buku pelajaran.

Tak sedikit orang-orang menganggap bahwa pendidikan adalah No. 1 dari sekian banyak aspek yang ada di dalam kehidupan. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa betapa pentingnya pendidikan sehingga semua orang wajib mengenyam pendidikan itu sendiri. Berbagai motivasi terus dikerahkan agar orang-orang selalu giat dan bersemangat untuk berpendidikan.

Salah satu motivasi untuk terus berpendidikan bahkan menjadi sebuah tema di beberapa film yang ada di dunia. Tentu saja film bertema pendidikan tersebut merupakan tontonan positif yang dapat menginspirasi kita semua untuk terus berjuang mendapatkan pendidikan serta ilmu-ilmu yang bermanfaat agar kita semakin cerdas dan berilmu.

Penasaran kan apa saja sih film bertema pendidikan terbaik dan paling recommended untuk ditonton? Yuk, simak beberapa film bertema pendidikan di bawah ini!

1. 3 Idiots

3 Idiots (Copy)

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Comedy
  • Sutradara: Rajkumar Hirani
  • Pemeran: Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi
  • Perusahaan Produksi: Vinod Chopra Films

Bollywood is in the house! Kali ini film bergenre drama komedi ini datang dari negeri India. Mengisahkan tentang tiga orang sahabat bernama Farhan (R. Madhavan), Raju (Sharman) dan Rancho (Aamir) yang menjadi mehasiswa teknik di sebuah universitas ternama di India sana. Universitas mereka dipimpin oleh rektor bernama Viru yang way to uptight terhadap segalanya.

Beberapa mahasiswa di Universitas itu bahkan ada yang bunuh diri karena sistem pendidikan kampus. Tidak ada satu orang pun yang berani mengubah kebijakan rektor tersebut sampai 3 sahabat itu menjadi mahasiswa baru di Universitas khususnya Rancho. Rancho bisa ‘menembus’ sistem pendidikan kampus dan membuat semuanya berubah menjadi lebih baik dengan bonus memacari sang putri rektor, Pia (Kareena Kapoor).

2. Like Stars on Earth

Like Stars on Earth (Copy)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Aamir Khan
  • Pemeran: Darsheel Safary, Aamir Khan, Tisca Chopra
  • Perusahaan Produksi: Aamri Khan Productions

Film lainnya yang berasal dari India. Kali ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak lelaki berumur 8 tahun bernama Ishan Awasthi yang sangat benci dengan sekolah. Dia tidak bisa menyukai sekolah karena menganggap semuanya sulit dan dirinya tidak disukai oleh guru dan sahabat-sahabatnya. Hal ini diperburuk dengan keadaan dimana Ayah Ishan terus menekan supaya Ishan pintar dan kakaknya yang ahli dalam segala hal.

Menyerah dengan keadaan, orang tua Ishan akhirnya mengirim Ishan ke sekolah asrama. Disana keadaan tidak menjadi semakin baik. Ishan sampai dititik dimana dirinya ingin bunuh diri namun salah seorang teman Ishan menolongnya. Setelah kejadian tersebut banyak perubahan terhadap dengan Ishan, ditambah ada seorang guru bernama Ram yang menjadi wali muridnya. Ishan akhirnya bisa melewati semua masalah sekolah yang ada.

3. Dead Poet Society

Dead Poet Society (Copy)

  • Tahun Rilis: 1989
  • Genre: Drama, Teen
  • Sutradara: Peter Weir
  • Pemeran: Robin Williams
  • Perusahaan Produksi: Touchstone Pictures

Welton Academy merupakan sebuah sekolah swasta elite di Inggris sana. Disana hampir semua murid berprestasi; di antara banyak murid yang terdaftar sebagai murid berprestasi, ada satu nama yang paling dikenal dan paling menonjol dari semua murid. Ia bernama Neil Perry. Neil berteman dengan Todd Anderson yan baru masuk ke sekolah tersebut. Teman-teman Neil yang lain seperti Knox, Richard, Stephen, Gerard dan Charlie pun ikut menyambut Todd.

Saat pertama masuk kelas, mereka semua dikejutkan dengan diterapkannya cara mengajar unorthodox oleh guru baru Bahasa Inggris mereka bernama John Keating. Guru tersebut mempunyai cara ajarnya sendiri yang bahkan dianggap sangat baru untuk Neil dan yang lain; usut punya usut, guru mereka ini adalah anggota dari sebuah klub bernama Dead Poet Society yang ditolak oleh pihak Welton. Penasaran, Neil malah menyelidiki klub tersebut dan memulainya kembali. Membuat rentetan kejadian buruk terjadi.

4. To Sir, With Love

To Sir With Love (Copy)

  • Tahun Rilis: 1967
  • Genre: Drama
  • Sutradara: James Clavell
  • Pemeran: Sidney Poitier
  • Perusahaan Produksi: Colombia British Productions

Cerita dalam film ini diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya E. R. Braithwaite yang release di tahun 1959. Menceritakan tentang kehidupan Mark Thackeray. Dirinya merupakan seorang imigran dari British Guiana ke Britania Raya. Di tempat barunya, Mark memutuskan untuk melamar pekerjaan sebagai seorang engineering, namun karena pengumumannya lumayan lama, Mark mengisi waktunya dengan mengajar di sebuah sekolah bernama North Quay Secondary School di bagian paling timur kota London.

Mark sangat terkejut ketika siswa yang diajarnya mempunyai tempramen buruk, mengacau di kelas, dan sering menjahili guru-guru baru. Awalnya Mark bisa sabar menghadapi mereka sampai suatu ketika, dirinya kehilangan kesabaran karena siswa-siswa nakal itu membakar sesuatu di kompor lab. Akhirnya Mark memutar cara bagaimana untuk menghadapi dan mengajar mereka semua. Mark menemukan satu metode. Metode ajar kelas ‘dewasa’.

5. Detachment

Detachment (Copy)

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Tony kaye
  • Pemeran: Benji Kohn, Chris Papavasiliou, Adrien Body
  • Perusahaan Produksi: Tribeca Film

Henry Barthes (Adrien Brody) merupakan seorang guru pengganti. Dirinya sangat lemah dalam membangun koneksi yang baik dengan anak didiknya. Henry juga tidak pernah tinggal lama di satu distrik yang ditugaskan dan selalu berpindah-pindah. Merasa lelah dan frustasi; Henry akhrinya ditemparkan di sebuah negeri yang diisi murid-murid rusuh dengan para orang tua yang sudah tidak peduli lagi dengan anak-anak mereka bahkan pendidikannya.

Disaat guru-guru lain menyerah, Henry malah menjadi role model untuk anak-anak di sekolah negeri tersebut. Bahkan administrasi menjadi rapih juga lengkap. Anak-anak didik Henry melihat Henry sebagai contoh bagi mereka karena Henry dianggap memeliki cerita hidup yang sama dengan mereka, para anak didiknya. Henry juga jadi malah bisa membangun koneksi yang bagus dengan semua orang.

6. The Class

The Class (Copy)

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Drama, Comedy
  • Sutradara: Laurent Cantent
  • Pemeran: Francois Begaudeau, Esmeralda Quertani, Carl Nanor
  • Perusahaan Produksi: Haut er Court

The Class merupakan film drama dari Perancis yang di sutradari oleh Laurent Cantent; menceritakan tentang kehidupan seorang guru bahasa dan sastra Perancis bernama Francois Marin (Francois Begaudeau) yang bekerja di sebuah sekolah di pinggiran kota Paris. Di tahun ajaran baru Marin mengajar, dirinya sudah mencoba untuk mendapatkan perhatian anak didiknya yang dikenal biang onar.

Marin mendekatkan diri dengan cara menyampaikan dan membagikan kisahnya sebagai guru, masalah yang dilewati, bagaian efek buruk dari kekerasan remaja. Meski Marin sudah mulai bisa mendapatkan perhatian mereka, tetap saja, unsur edukasi dan etnik diantara sesama para anak didik membuat mereka menjadi terbagi atas beberapa kelompok yang tidak diharapkan oleh Marin.

7. Monsieur Lazhar

Monsieur Lazhar (Copy)

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Drama, Comedy
  • Sutradara: Philippe Falardeau
  • Pemeran: Sophie Nelisse, Mohamed Fellag, Emilien Neron
  • Perusahaan Produksi: Mircoscope Productions

Film ini menceritakan tentang Bachir Lazhar, atau yang kerap dipanggil sebagai Monsieur Lazhar selama di sekolah. Dirinya merupakan seorang imigran Algerian dan menjadi seorang guru. Lazhar kemudian menawarkan dirinya sendiri sebagai guru pengganti untuk guru sebelumnya yang meninggal dengan cara gantung diri di dalam kelas. Lazhar awalnya ragu bisa diterima, namun kepala sekolah menerimanya.

Ketika Lazhar mengajar, ada beberapa hal yang menjadi perhatian Lazahar; salah satu yang paling kentara adalah adanya gap budaya di dalam kelas yang membuat anak-anak sulit bahkan tidak bisa beradaptasi dengan SOP sekolah. Belum lagi, anak-anak tersebut cenderung tidak menggubris Lazhar karena masih merasa kehilangan guru sebelumnya yang sudah menemani mereka sejak lama. Mampukah Lazhar mengubah keadaan tersebut?

8. The Great Debaters

The Great Debaters (Copy)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Drama, Historical
  • Sutradara: Danzel Washington
  • Pemeran: Danzel Washington, Denzel Whitaker, Jurnee Smollett
  • Perusahaan Produksi: Harpo Productions

Diangkat dari kisah nyata, cerita ini berpusat pada tokoh bernama Melvin B. Tolson (Denzel Washington); seorang pelatih debat di Univeritas Wiley, sebuah Universitas kulit hitam yang sangat bersejarah. Melvin ditunjuk sebagai pelatih debat untuk tim nya yang akan melawan para mahasiswa kulit putih dari Amerika Selatan pada tahun 1930. Saat semua orang menganggap tim kulit hitam menyeramkan dan tidak bisa memang, nyatanya mereka berhasil di setiap pertandingan dan mampu mengikuti kejuaraan lainnya sebagai debator di Uiversitas Harvard.

Selain hal diatas, film ini juga mengeksplor tentang kehiduan sosial di Texas selama masa Great Depession yang membuat semua orang African-American menjadi bahan cemoohan. Meski dalam keadaan yang serba sulit, Melvin tetap memiliki misi untuk terus membawa semua peserta didiknya bisa dan mampu untuk menjadi seorang debator yang hebat di seluruh pertandingan yang ada.

9. Freedom Writers

Freedom Writers (Copy)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Biography, Crime, Drama
  • Sutradara: Richard LaGravenese
  • Pemeran: Hilary Swank, Imelda Staunton, Patrick Dempsey
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Double Feature Films, MTV Films

“Guru pahlawan tanpa tanda jasa” merupakan julukan yang tepat untuk disematkan pada seorang guru yang ada di film ini. Berjudul “Freedom Writers” film asal Amerika yang rilis pada tahun 2007 ini menjadi film bertema pendidikan yang wajib ditonton karena memberikan banyak nilai moral di dalamnya.

Dikisahkan seorang guru bernama Erin Gruwell mengajar di sebuah sekolah yang terkenal dengan kenakalan siswanya. Tak hanya nakal pada sesama temannya, bahkan beberapa siswa di sekolah tersebut berani melawan serta membantah perkataan Erin sebagai gurunya.

Meskipun mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari para muridnya, Erin tetap sabar dan tak pernah patah semangat untuk terus berjuang memberikan ilmu serta didikan terbaik pada muridnya agar murid-muridnya menjadi manusia yang sukses kelak. Sungguh perjuangan guru yang inspiratif, ya!

10. Lean On Me

Lean On Me (Copy)

  • Tahun Rilis: 1989
  • Genre: Drama
  • Sutradara: John G. Avildsen
  • Pemeran: Morgan Freeman, Beverly Todd, Robert Guillaume
  • Perusahaan Produksi: Norman Twain Productions, Warner Bros.

Film tentang pendidikan yang pertama ada “Lean On Me” yang merupakan film biografi bertema pendidikan asal Amerika yang rilis pada tahun 1989 dengan pemeran utamanya Morgan Freeman yang berperan sebagai Joe Clark, seorang kepala sekolah.

Clark adalah seorang kepala sekolah yang dinilai cukup tegas, berani, namun egois karena selalu mengambil keputusan secara sebelah pihak. Namun hal tersebut ia lakukan demi meningkatkan kedisiplinan para muridnya yang terkenal nakal dan malas.

Meskipun pada awalnya segala keputusan yang diambil Clark ini selalu salah di mata para siswanya, namun lambat laun keputusan demi keputusan tersebut dapat diterima sehingga dapat dibilang Clark merupakan kepala sekolah yang sukses meningkatkan kualitas para muridnya.

11. The First Grader

The First Grader (Copy)

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Biography, Drama, Romance
  • Sutradara: Justin Chadwick
  • Pemeran: Naomie Harris, Oliver Litondo, Tony Kgoroge
  • Perusahaan Produksi: BBC Films, UK Film Council, Videovision Entertainment

Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk semua orang. Bukan hanya untuk anak-anak atau remaja saja, pendidikan juga berhak didapatkan oleh orang tua atau lanjut usia. Rasanya tak ada yang terlambat dalam menuntut ilmu seperti kisah yang difilmkan dalam sebuah film berjudul “The First Grader” karya Justin Chadwik.

Film yang diangkat dari kisah nyata petani Kenya bernama Kimani Maruge ini bercerita tentang seorang kakek tua berumur 84 tahun yang antusias untuk mengenyam pendidikan. Hal tersebut didasarkan kepada keinginannya untuk sekolah di usianya yang senja.

Keinginannya bersekolah di usianya yang senja tersebut karena ia ingin membaca sepucuk surat yang tak ingin dibacakan oleh orang lain. Selain itu, ia juga sebelumnya tak pernah bersekolah sehingga ia ingin memiliki kemampuan menulis dan membaca.

12. An Education

An Education (Copy)

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Romance
  • Sutradara: Lone Scherfig
  • Pemeran: Carey Mulligan, Peter Sarsgaard, Rosamund Pike
  • Perusahaan Produksi: BBC Films

Jenny Mellor adalah seorang gadis pintar dan super cantik berumur 16 tahun yang memiliki impian untuk bisa belajar di Universitas Oxford. Kegiatan belajarnya diawasi terus oleh Ayah Jenny yang dikenal sangat strict dan kadang berlebihan. Selain ingin masuk ke Universitas Oxford, Jenny juga memiliki minta di dunia art juga musik. Hal ini ia utarakan dengan teman pria nya bernama David Goldman yang tak sengaja ia temui dulu.

David dengan mudah mengambil hati Jenny. Ia bahkan mengajak Jenny untuk jalan-jalan di malam hari, pergi ke Paris dan melakukan hal-hal lainnya yang dari dulu Jenny mau namun terhalang oleh ijin Ayahnya. Tapi dengan adanya David, semua berubah, Ayah Jenny yang sangat disiplin, berbaik hati mengijinkan Jenny keluar hanya dengan David. Tanpa tahu ternyata David sudah menikah.

13. Stand and Deliver

Stand and Deliver (Copy)

  • Tahun Rilis: 1988
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Ramon Menendez
  • Pemeran: Lou Diamond Phillips, Edward James Olmos, Rosanna DeSoto
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros. Pictures

Jaime Escalante (Edward James Olmos) adalah seorang guru matematika di sekolah James A. Garfield, kota Los Angeles. Sekolah tersebut diisi oleh para warga Latin dari keluarga buruh yang tidak memiliki pendidikan atau wawasan khusus soal akademis sama sekali. Berangkat dari masalah ini, Jaime sadar bahwa dirinya butuh membuat perubahan supaya anak didiknya mendapatkan pendidikan lengkap yang berguna bagi mereka.

Anak-anak didik Jaime menyambut gurunya itu dengan sangat baik. Mereka bahkan mengadakan kelas musim panas untuk mempelajari matematika lebih dalam lagi. Jamie tahu bahwa mengajar mereka yang sama sekali tidak memiliki pengalaman akademik yang memadai akan sangat susah. Namun kerja keras Jamie terbayar ketika mereka semua lulus dalam ujian AP kalkulus.

14. Akeelah and The Bee

Akeelah and The Bee (Copy)

  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Drama, Family
  • Sutradara: Doug Atchison
  • Pemeran: Angela Bassett, Laurence Fishburne, Keke Palmer
  • Perusahaan Produksi: Out of the Blue… Entertainment, Reactor Films, Cinema Gypsy Productions

Akeelah and The Bee menjadi salah satu film inspiratif tentang pendidikan. Film yang disutradarai oleh Doug Atchison ini menceritakan seorang gadis berusia 11 tahun bernama Akeelah yang memiliki kegemaran dalam mengeja.

Kegemarannya tersebut berhasil membawanya pada berbagai kejuaraan nasional berkat ketekunan dan kerja kerasnya dalam belajar. Tak hanya soal pendidikan, film ini juga ditaburi beberapa unsur persahabatan yang membuat film Akeelah and The Bee menjadi semakin menarik.

Film asal Amerika yang rilis pada tahun 2006 ini memberikan banyak pesan moral tentang kerja keras dan perjuangan dalam belajar untuk meraih sebuah kesuksesan yang diharapkan.

15. Mr. Holland’s Opus

Mr.-Hollands-Opus (Copy)

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Drama, Musikal
  • Sutradara: Stephen Herek
  • Pemeran: Richard Dreyfuss, Jean Louisa Kelly, Glenne Headly
  • Perusahaan Produksi: Buena Vista Pictures

Film ini menceritakan tentang perjuanagan  seorang komposer dan musisi bertalenta bernama Glenn Holland yang ditolak untuk menjadi seorang guru musik yang dianggap tidak berguna di sekolah menengah atas John F. Kennedy. Setelah diusut, ternyata alasan menjadi guru musik itu tidak diprioritaskan adalah karena hirarki yang sudah mendarah daging di sekolah tersebut. Musik adalah urutan paling bawah dan dianggap menghabiskan dana sekolah.

Tidak patah semangat, Glenn terus berupaya supaya program musik di sekolah Kennedy bisa diadakan. Usaha Glenn sempat redup ketika ia mengetahui anaknya yang baru lahir mengidap penyakit yang membuatnya menjadi seorang tuna rungu. Sang istri, Iris, menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan anaknya. Namun Glenn menentangnya karena ia ingin anaknya bisa menjadi musisi sepertinya. Bisakah Glenn menyelesaikan misi awalnya dan mempertahankan kehidupan rumah tangganya?

16. Precious

Precious (Copy)

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Indie
  • Sutradara: Lee Daniels
  • Pemeran: Gabourey Sidibe, Mo’Nique, Mariah Carey
  • Perusahaan Produksi: Lee Daniels Entertainment

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis remaja berumur 16 tahun bernama Claireece ‘Precious’ Jones (Gabourey Sidibe). Precious sendiri tidak memiliki kehidupan normal yang bisa didapatkan oleh gadis-gadis remaja seusianya; Precious kerap jadi korban penyiksaan fisik, verbal abbuse, sampai diperkosa oleh Ayahnya sendiri yang bernama Carl (Rodney Jackson).

Akibat tindakan bejat sang Ayah, Precious sudah menjadi ibu untuk kedua anaknya padahal ketika itu, Precious masih menjadi murid SMA. Kepala sekolah yang tahu akan hal tersebut lantas membantu Precious untuk mendapatkan pendidikan yang layak di sekolah alternatif. Disini kehidupan Precious mulai berubah meski tidak 100%. Dengan usahanya dan bantuan dari guru, teman dan kekasihnya, Abdul, Precious punya masa depan cerah.

17. The Paper Chase

The Paper Chase (Copy)

  • Tahun Rilis: 1973
  • Genre: Drama, Romance
  • Sutradara: James Bridges
  • Pemeran: John Houseman, Timothy Bottoms, Lindsay Wagner
  • Perusahaan Produksi: 20th Century Fox

FIlm ini menceritakan tentang usaha James Hart (Timothy Bottoms) untuk menjadi seorang pengacara handal dengan masuk ke Fakultas Hukum di Universitas Harvard. Meski sudah berhasil masuk ke salah satu perguruan tinggi bergengsi, tetap saja, James memulai mata kuliahnya dengan sembrono. Dia tidak mempersiapkan apapun ketika masuk di kelas pertamanya. Bisa ditebak kan bagaimana hasilnya?

Merasa malu, akhirnya James bergabung dengan grup belajar yang terdiri dari 5 orang mahasiswa bernama Frank, Kevin, Thomas, Will dan Connor. Di dalam kelas, James membagi teman-temannya ke dalam 3 kelompok; kelompok ‘menyerah’, kelompok ‘berusaha’ dan yang paling tinggi adalah ‘upper echelon‘ yang menguasai semua pelajaran. Di kelompok manakah James akan bergabung setelah belajar mati-matian dengan 5 orang temannya tersebut?

18. Music of The Heart

Music of The Heart (Copy)

  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: Drama, Musikal
  • Sutradara: Wes Craven
  • PemeranMeryl Streep, Angela Bassett, Gloria Estefan
  • Perusahaan Produksi: Miramax Films

Roberta Guaspari (Maryl Streep) merupakan violinis terkenal. Setelah bercerai, ia tinggal bersama anak-anaknya dan Ibunya. Untuk menafkahi seluruh keluarganya, ia mengajar di sebuah sekolah di wilayah Harlem, New York sebagai guru pengganti kelas musik. Awalnya ia ragu mau mengajar musik, namun karena dorongan dari Ibunya dan memang keadaan yang memaksanya, akhirnya ia mau untuk bertugas.

Rasa cintanya terhadap musik membuat semua orang kagum padanya tidak terkecuali para anak didiknya. Program musik yang ia buat untuk sekolah malah menjadi lebih terkenal daripada prestasi sekolah East Harlem lainnya. Semoa orang menjadi tertarik dengan program musik di sekolah tersebut. Namun 10 tahun kemudian, program musik yang Roberta kembangkan terancam ditutup karena adanya pemotongan dan pendidikan. Bagaimanakah Roberta dan lainnya membuat program itu bisa terus hidup?

19. Dangerous Minds

Dangerous Minds (Copy)

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Drama
  • Sutradara: John N. SMith
  • Pemeran: Michelle Pfeiffer, Wade Dominguez, Renoly Santiago
  • Perusahaan Produksi: Hollywood Pictures

LouAnne Johnson merupakan prajurit US yang dibebastugaskan. Dirinya melamar menjadi seorang guru di sebuah sekolah menengah atas. Betapa terkejutnya Lou ketika mengetahui kelas yang akan ia bimbing adalah kelas dimana semua anak brutal berada. Mereka semua berasal dari keluarga buru yang membuat mereka bergabung dengan kelompok kriminal dan keras kepala.

Lou sempat putus asa. Namun akhrinya, Lou punya taktik sendiri untuk menguasai kelas dan anak-anak didiknya. Metode pelajaran yang ia berikan cukup mudah; dengan memberi reward untuk setiap muridnya yang bisa menyelesaikan tugas atau mendapatkan grade A. Berhasil, anak didiknya mulai luluh dan mau mendengarkan Lou. Belum lama menikmati keberhasilannya, Lou harus dihadapkan dengan kelompok kriminal yang tidak suka karena anggotanya jadi lebih memilih pendidikan daripada ‘tugas’ di kelompok kriminal tersebut.

20. Monalisa Smile

Monalisa Smile (Copy)

  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Mike Newell
  • Pemeran: Julia Roberts, Kirsten Dunst, Julia Stiles
  • Perusahaan Produksi: Revolution Studios, Red Om Films

Monalisa Smile” merupakan film Amerika yang rilis pada tahun 2003 dengan disutradarai oleh Mike Newell dan dibintangi oleh Julia Roberts. Film ini bercerita tentang seorang wanita cantik bernama Katherin yang berprofesi sebagai pengajar di sebuah institusi pendidikan.

Ia bercita-cita ingin mengubah sudut pandang orang-orang tentang derajat wanita di mata dunia bahwa wanita bisa hidup mandiri dan independen serta ingin mematahkan asumsi bahwa wanita adalah makhluk lemah yang harus tunduk pada laki-laki.

Katherin juga sering memotivasi betapa pentingnya pendidikan bagi manusia termasuk bagi pada kamu wanita.

Itu dia beberapa deretan film bertema pendidikan terbaik versi Bacaterus yang tentunya selain menjadi hiburan, tetapi juga memberikan kita pelajaran tentang betapa pentingnya pendidikan terhadap kehidupan sebagai pelita pendorong manusia menjadi lebih cerdas dan open minded terhadap segala wawasan serta ilmu-ilmu yang ada di dunia.

Semoga informasi mengenai “Film Tentang Pendidikan” yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan dan pengetahuan serta dapat memotivasi kita semua untuk terus bersemangat dalam menuntut ilmu demi masa depan yang gemilang.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *