Bacaterus / Film Kriminal / 10 Film Tentang Pencurian yang Sangat Seru dan Menarik

10 Film Tentang Pencurian yang Sangat Seru dan Menarik

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Pencurian adalah salah satu tindakan kriminal yang sering terjadi di seluruh belahan dunia. Pelakunya bisa sendiri atau berkelompok. Jika berkelompok, salah satunya pasti menjadi otak yang merencanakan tindakan ini.

Prosesnya bisa dimulai dari pembuatan rencana, penyelidikan atau memata-matai tempat atau rumah yang menjadi target, dan eksekusinya. Normalnya, mereka mencuri benda-benda berharga seperti uang atau perhiasan.

Dalam perfilman, tema pencurian seperti ini dikemas dengan tingkat hiburan yang tinggi. Genrenya cenderung ke arah action-comedy. Dan biasanya, sang pencuri atau kelompok pencuri itu di plot sebagai sosok protagonist dan menjadi tokoh utama, sedangkan pihak berwajib seperti seolah-olah kesulitan menangkap mereka.

Berikut ini kami akan ulas sepuluh film pencurian terbaik yang tentunya mengandung unsur keseruan dalam level yang cukup tinggi yang memamerkan skill dan keahlian para pencuri ini dalam mengambil targetnya, sehingga tidak akan bosan untuk ditonton berkali-kali.

10 Film Tentang Pencurian yang Sangat Seru

1. The Killing [1956]

The Killing

Film noir klasik karya Stanley Kubrick ini merupakan adaptasi dari novel Clean Break karya Lionel White. Bercerita tentang seorang kriminal veteran yang ingin menutup karirnya dengan mencuri 2 juta dollar dari ruangan tempat penghitungan uang di sebuah pacuan kuda.

Dia pun mengumpulkan timnya yang terdiri dari polisi korup, teller pacuan, penembak jitu, pegulat dan bartender. Mereka bahu-membahu untung mencuri uang tersebut. Meski berhasil, tetapi mereka berhasil ditangkap oleh polisi saat akan kabur dari airport.

2. Topkapi [1964]

Topkapi

Film dengan setting kota Istanbul yang indah dan klasik ini menampilkan kisah pencurian pisau bertahta permata milik Sultan Mahmud I yang dipajang di Museum Topkapi. Elizabeth yang mempunyai ide, berkolaborasi dengan rekan-rekannya untuk mencuri pisau tersebut.

Meski telah berhasil mencurinya, bahkan bermaksud mengelabui pihak kepolisian, tetapi pada akhirnya mereka berhasil diringkus dan dijebloskan ke penjara. Di mana mereka kembali membuat rencana pencurian mahkota permata Kerajaan Rusia.

3. Gambit [1966]

Gambit

Dengan dua bintang top pada masanya, Michael Caine dan Shirley MacLaine, film ini menampilkan kedua pemeran utama itu sebagai pencuri dengan target sebuah patung yang terdapat di rumah Shahbandar di sebuah negeri di Timur Tengah.

Kisah petualangan yang seru dengan bumbu-bumbu romance yang cukup baik, membuat film ini masuk sebagai salah satu nominasi Oscar di tiga kategori. Hal ini kemudian ditambah dengan twist ending yang cukup berkesan.

4. The Thomas Crown Affair [1968]

The Thomas Crown Affair

Kisah pencuri ulung penuh taktik yang menjalin cinta dengan seorang wanita penyidik asuransi yang mengincarnya ini sangat menarik dan menghibur. Thomas Crown adalah seorang jutawan yang berkecimpung di bidang bisnis dan olahraga.

Setelah berhasil merampok sebuah bank bersama komplotannya, dia diincar oleh penyidik asuransi yang menduga dirinya adalah otak dibalik perampokan itu dengan menyelidiki rekeningnya di sebuah bank di Swiss.

Steve McQueen dan Faye Dunaway memiliki chemistry yang baik yang mendukung cerita petak-umpet dengan ending yang menyesakkan bagi sang wanita. Film ini kemudian di buat remake-nya pada tahun 1999 dengan bintang Pierce Brosnan sebagai Thomas Crown.

5. Kelly’s Heroes [1970]

Kelly’s Heroes

Dalam sebuah lokasi perang di perbatasan Prancis-Jerman pada Perang Dunia 2, beberapa tentara dari pasukan USA mendapat informasi dari seorang tentara Jerman yang mabuk di bar bahwa terdapat 14.000 emas batangan di sebuah lokasi di daerah Jerman.

Mereka menyusun rencana untuk mengambil emas itu dengan menembus perbatasan dan barikade tentara Jerman dengan keberanian dan taktik penyamaran mereka. Film dengan bintang Clint Eastwood ini meski dengan background kisah perang, tetapi bernuansa comedy. Banyak hal yang mampu memancing tawa kita di banyak adegannya.

6. Heat [1995]

Heat

Kisah kucing dan tikus antara seorang detektif dan pencuri kelas kakap dengan bintang Al Pacino dan Robert De Niro ini menyuguhkan kisah yang menarik dengan adegan action yang cukup spektakuler dan mendebarkan jantung.

Meski kabarnya mereka tidak pernah tampil dalam satu frame pun di film ini, meski ada tetapi hanya memakai body double, dua aktor watak senior ini mampu membawa film ini menjadi salah satu film terbaik di era 2000an.

Adegan ledakan, tembak-tembakan dan kebut-kebutan mobil disuguhkan dengan baik oleh sutradara Michael Mann, dimana target pencuriannya ialah surat-surat berharga senilai 1,6 juta dollar.

7. Ocean’s Eleven [2001]

Ocean’s Eleven

Sekawanan pencuri dengan pemimpin kharismatik yang diperankan oleh George Clooney ini bermaksud untuk mencuri brankas di tiga casino milik musuh besarnya. Dengan keahlian masing-masing, anggota komplotan ini memberikan kontribusi dan perannya dengan proporsional demi tercapainya tujuan bersama.

Merupakan film remake yang dulu diperankan oleh Frank Sinatra dan rekan-rekannya, versi baru ini tampil lebih baik dan berhasil menelurkan dua film sequel lagi, yaitu Ocean’s Twelve [2004] dan Ocean’s Thirteen [2007] masih dengan para bintang yang sama.

8. The Italian Job [2003]

The Italian Job

Merupakan film remake dari produksi UK dengan judul sama yang dirilis pada tahun 1969, kali ini film yang mempopulerkan mobil Mini Coopers ini diperankan oleh Mark Wahlberg dan Charlize Theron.

Syuting yang dilakukan di Venice dan Los Angeles ini sempat membuat beberapa jalan ditutup selama proses syuting yang mayoritas digunakan untuk kebut-kebutan mobil yang tidak hanya di jalan raya, tetapi juga di subway kereta bawah tanah. Target pencurian mereka adalah sejumlah emas dari Ukraina yang disabotase oleh mereka ketika sedang dikirimkan ke USA.

9. The Bank Job [2008]

The Bank Job

Film yang berdasarkan kejadian nyata tentang pencurian bank di Baker Street pada tahun 1971 ini diperankan oleh Jason Statham dan disutradarai oleh Roger Donaldson.

Dalam film, diperlihatkan rincian usaha mereka dalam menjebol bank dengan menyewa salah satu toko di jalan itu dan membuat terowongan menuju bank lewat bawah tanah demi mendapatkan uang yang banyak dan beberapa foto yang tersimpan di kotak deposit sebagai bukti skandal dari anggota parlemen Inggris.

Hingga film ini dirilis, kasus yang tidak dilanjutkan penyidikannya ini masih tertutup untuk publik yang kabarnya akan dibuka nanti di tahun 2054.

10. Now You See Me [2013]

Now You See Me

Pelaku pencurian tidak hanya dimonopoli oleh mereka-mereka yang hidup di dunia kriminal saja, tetapi para pesulap pun bisa melakukannya. Kecerdikan dan keahlian sulap empat orang magician dengan nama The Four Horsemen ini melakukan pencurian sebuah bank dalam salah satu penampilan sulap mereka di depan penonton yang akhirnya mendapatkan taburan uang hasil pencurian itu.

Meski mereka dikejar oleh detektif dan FBI, tetap saja mereka tidak berhasil dibekuk. Bahkan ending film sangat tidak terduga, di mana otak pencurian ternyata adalah sang detektif sendiri. Film ini memiliki sequel yang dirilis di tahun 2016.

Kedetilan rencana dan cara pencurian yang ditampilkan di dalam film-film di atas dikembangkan berdasarkan fakta di lapangan yang terjadi di masyarakat, dilengkapi dengan inovasi di bidang peralatan dan teknologi yang merupakan bumbu fiktif dalam sebuah film.

Keseruan film-film di atas enak untuk dinikmati dan semoga saja cara-cara mereka tidak ditiru oleh penonton sebagai inspirasi mereka dalam melakukan salah satu tindakan kriminal ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *