Bacaterus / Film Kriminal / 10 Film Tentang Pembunuh Bayaran yang Tak Boleh Dilewatkan

10 Film Tentang Pembunuh Bayaran yang Tak Boleh Dilewatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Pembunuh bayaran termasuk profesi yang terdengar menyeramkan. Tapi dalam hal film, pembunuh bayaran bisa jadi tema yang sangat seru untuk ditonton. Pembunuh bayaran juga selalu identik dengan orang jahat yang suka menghabisi nyawa orang, namun saat dikemas dalam sebuah film, penonton akan diajak untuk melihat sisi lain dari profesi sadis tersebut.

Tertarik dengan film-film seperti ini? Tenang saja, Bacaterus punya banyak rekomendasi film untuk kalian. Mulai dari film penuh darah hingga yang sukses memiliki beberapa sekuel, ini dia 10 film tentang pembunuh bayaran yang sangat layak untuk ditonton.

1. Pulp Fiction (1994)

Pulp Fiction

* sumber: www.imdb.com

Film pertama adalah “Pulp Fiction” yang termasuk salah satu film terbaik di era tahun 1990-an. Film ini dimainkan oleh sederet bintang film terkenal dan merupakan karya dari sutradara Quentin Tarantino. Film ini dibuat dengan alur non-linier alias melompat-lompat.

Pada intinya, film ini berkisah tentang Vincent Vega (John Travolta) dan Jules Winnfield (Samuel L. Jackson), pembunuh bayaran yang bekerja pada bos mafia bernama Marsellus Wallace (Ving Rhames) dan bertugas memburu koper yang dicuri.

Selain itu, Vincent ditugaskan juga untuk menjaga istri Wallace yang bernama Mia (Uma Thurman). Ada pula kisah tentang Butch (Bruce Willis) si petinju, lalu dua pencuri bernama Pumpkin (Tim Roth) dan Honey Bunny (Amanda Plummer). Film ini memang menyajikan beberapa tokoh yang sepertinya memiliki jalan ceritanya masing-masing, tapi sebenarnya saling berkaitan.

2. Kill Bill: Vol. 1 (2003)

Kill Bill Vol. 1

* sumber: www.imdb.com

Film ini juga merupakan salah satu karya terbaik Quentin Tarantino. “Kill Bill” bercerita tentang wanita pembunuh bayaran, The Bride (Uma Thurman), yang juga merupakan anggota Deadly Viper Assassination Squad pimpinan Bill (David Carradine). The Bride yang sedang mengandung anak Bill akhirnya memutuskan untuk pensiun dari profesinya.

Saat sedang hamil tua dan menjalani latihan upacara pernikahan dengan pria lain, The Bride mendadak dihajar habis-habisan oleh Bill dan anak buahnya, bahkan seluruh orang yang ada di gereja ikut tewas. Gara-gara kejadian ini, The Bride mengalami koma sampai empat tahun lamanya.

Saat kembali sadar dan mulai pulih, The Bride yang merupakan mantan pembunuh paling mematikan ini melancarkan aksi balas dendam penuh darah. Ia berusaha menghabisi semua anggota Viper yang dulu menghajarnya. The Bride pun memiliki misi utama, yaitu membunuh Bill. Nah, kalau kalian penggemar film-film gore, “Kill Bill” yang penuh adegan sadis bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Collateral (2004)

Collateral

Berikutnya ada film “Collateral” yang dirilis tahun 2004 silam. Film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini bercerita tentang sopir taksi baik hati yang harus mengantar seorang pembunuh bayaran. Sopir tersebut bernama Max Durocher (Jamie Foxx).

Suatu malam Max mendapatkan penumpang laki-laki bernama Vincent (Tom Cruise) yang ternyata adalah seorang pembunuh. Max akhirnya mengalami malam yang kacau karena harus mengantar Vincent ke tempat-tempat tertentu untuk membunuh targetnya.

Max tidak bisa menolak, ia juga tidak bisa berbuat banyak dan terus menuruti perintah Vincent. Tapi setelah tahu siapa saja target Vincent selanjutnya, Max tidak bisa berdiam diri dan memutuskan untuk berbuat sesuatu.

4. Mr. & Mrs. Smith (2005)

Mr. & Mrs. Smith

* sumber: www.imdb.com

Selanjutnya ada film yang disebut-sebut telah mempersatukan Brad Pitt dan Angelina Jolie di dunia nyata. Sesuai dengan judulnya, film ini bercerita tentang sepasang suami istri bernama John (Brad Pitt) dan Jane Smith (Angelina Jolie). Keduanya seperti pasangan lain yang jatuh cinta lalu membina hubungan rumah tangga yang bahagia.

Kelihatannya tidak ada yang aneh, kecuali bahwa John dan Jane sama-sama menyimpan rahasia tentang pekerjaan mereka, yaitu pembunuh bayaran dari organisasi yang berbeda. Konflik dimulai ketika dua organisasi ini memiliki misi yang sama untuk membunuh seseorang.

Kedua organisasi akhirnya mengutus pembunuh bayaran terbaik mereka yang tak lain adalah John dan Jane. Misi inipun mendadak berubah jadi ajang persaingan. John dan Jane bahkan berusaha saling bunuh satu sama lain tanpa tahu identitas masing-masing.

5. Hitman (2007)

Hitman

* sumber: www.imdb.com

Film garapan sutradara Xavier Gens ini diadaptasi dari sebuah video game dengan judul serupa. Filmnya sendiri bercerita tentang seorang hitman alias pembunuh bayaran bernama Agen 47 (Timothy Olyphant). Agen 47 yang sudah terlatih termasuk salah satu assassin mematikan yang tidak pernah gagal membunuh targetnya.

Dalam film “Hitman”, Agen 47 mendapat tugas untuk menghabisi nyawa presiden Rusia. Agen 47 berhasil menjalankan tugasnya dan yakin kalau sang presiden sudah tewas. Akan tetapi, pembunuhan tersebut ketahuan oleh seorang saksi mata bernama Nika Boronina (Olga Kurylenko) sehingga Agen 47 langsung memburunya.

Konflik semakin rumit ketika Agen 47 sadar bahwa dirinya sedang dijebak dan ternyata si presiden Rusia masih hidup. Tak hanya itu, Agen 47 juga harus berusaha meloloskan diri dari kejaran Mike Whittier (Dougray Scott), anggota Interpol yang sudah lama mengincar dirinya.

6. Wanted (2008)

Wanted

* sumber: www.imdb.com

Film “Wanted” berkisah tentang Wesley Gibson (James McAvoy), pegawai kantoran biasa yang sering merasa stres dengan pekerjaannya. Hidupnya yang menyebalkan berubah total ketika ia bertemu dengan Fox (Angelina Jolie), pembunuh bayaran dari organisasi The Fraternity.

Dari wanita misterius inilah Wesley akhirnya tahu kalau ternyata ayahnya juga termasuk assassin yang berbahaya. Wesley kemudian diajak ke markas The Fraternity dan bertemu Sloan (Morgan Freeman). Dari sinilah Wesley akhirnya bergabung dan dilatih menjadi seorang pembunuh profesional sekaligus memburu musuh bernama Cross (Thomas Kretschmann).

7. In Bruges (2008)

In Bruges

* sumber: www.imdb.com

Apa jadinya jika pembunuh bayaran tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik? Hal inilah yang coba diangkat dalam film “In Bruges” arahan sutradara Martin McDonagh. Film ini bercerita tentang Ray (Colin Farrell), seorang pembunuh bayaran pemula yang sedang menjalankan misi bersama seniornya yang bernama Ken (Brendan Gleeson).

Saat itu Ray melakukan kesalahan dengan menembak seseorang yang tidak bersalah. Ray dan Ken lalu disuruh oleh bos mereka, Harry (Ralph Fiennes), untuk bersembunyi di Bruges, Belgia. Tapi Ray tidak bisa melupakan kesalahannya, ia pun selalu dihantui perasaan bersalah dan menyesal. Di sisi lain, Harry diam-diam memerintahkan Ken untuk segera menghabisi Ray.

8. The Mechanic (2011)

The Mechanic

* sumber: www.imdb.com

Selanjutnya ada “The Mechanic” yang merupakan remake dari film berjudul sama rilisan tahun 1972. Film ini dibintangi oleh Jason Statham yang sudah tidak asing lagi di dunia film action. Bukan jadi orang baik, Jason kali ini berperan sebagai seorang pembunuh bayaran.

Dikisahkan ada seorang pembunuh profesional bernama Arthur Bishop (Jason Statham) yang dijuluki sebagai The Mechanic. Pekerjaan Arthur selalu ‘bersih’ alias tanpa jejak, korban-korbannya pun dibuat seolah-olah tewas karena mengalami kecelakaan tertentu. Tapi, suatu hari Arthur ditugaskan membunuh Harry (Donald Sutherland) yang tak lain adalah mentor sekaligus teman baiknya.

Arthur lagi-lagi melakukan tugasnya dengan baik, namun masalah semakin rumit ketika anak Harry yang bernama Steve (Ben Foster) muncul dan berguru kepada Arthur. Arthur akhirnya mengajari Steve untuk menjadi seorang Mechanic atau pembunuh profesional, tapi tentu saja ada rencana tersembunyi di balik itu semua.

9. Looper (2012)

Looper

* sumber: www.imdb.com

Sedikit berbeda dari film-film sebelumnya, “Looper” merupakan film sci-fi dengan latar belakang tahun 2074 yang sudah mengenal adanya mesin waktu. Di masa itu, gembong kriminal yang ingin melenyapkan seseorang tidak akan langsung membunuhnya, tapi mengirimnya ke masa lalu (tahun 2044) untuk dibunuh oleh para pembunuh bayaran yang disebut Looper.

Film ini sendiri berpusat pada seorang pria muda bernama Joe (Joseph Gordon-Levitt) yang bekerja sebagai looper di tahun 2044. Joe bertugas membunuh orang-orang yang dikirim dari masa depan. Pada suatu hari, Joe kembali mendapat tugas untuk membunuh seseorang, dan ternyata targetnya adalah Joe versi tua (Bruce Willis) alias dirinya sendiri.

10. John Wick (2014)

John Wick

* sumber: www.imdb.com

Bicara tentang pembunuh bayaran tentu tak akan lengkap tanpa menyebut nama John Wick. Film yang dibintangi oleh Keanu Reeves ini dirilis pada tahun 2014 dan sudah memiliki dua sekuel dengan judul “John Wick: Chapter 2” (2017) dan “John Wick: Chapter 3 – Parabellum” (2019).

Film pertamanya sendiri berkisah tentang John Wick (Keanu Reeves), mantan pembunuh bayaran yang masih berduka atas kematian istrinya, Helen. John Wick yang dikenal sebagai pembunuh paling mematikan ini akhirnya hidup menyendiri bersama anjing pemberian Helen.

Suatu malam, sekelompok orang bersenjata yang dipimpin Iosef (Alfie Allen) tiba-tiba menyerang kediaman John Wick. Mereka tak hanya mencuri mobil, tapi juga membunuh anjing kesayangan John Wick. John Wick pun geram dan langsung memburu Iosef yang ternyata adalah putra Viggo Tarasof, mantan bosnya sendiri.

Itu dia 10 film pilihan Baca Terus untuk menemani akhir pekan kalian. Semuanya punya cerita yang menarik, bukan? Tapi, kalau kalian punya rekomendasi lain yang lebih bagus tentang film-film pembunuh bayaran, tulis saja judulnya di kolom komentar , ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *