Bacaterus / Entertainment / Film Barat / 10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Pelarian dari Penjara

10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Pelarian dari Penjara

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Penjara adalah tempat bagi sekumpulan pelaku kriminal yang sedang menjalani hukumannya atas tindak kejahatan yang telah mereka lakukan. Tempat ini sangat identik dengan tindak kekerasan dan perkelahian yang tinggi yang dilakukan oleh para tahanan. Bahkan, ada beberapa penjara yang melakukan siksaan kepada para tahanannya.

Oleh karena itu, sudah pasti banyak tahanan yang menginginkan untuk pergi dari tempat “terkutuk” itu. Ada dua pilihan bagi mereka, dengan cara yang benar atau cara yang salah. Pilihan yang kedua ini cenderung lebih banyak terjadi dan dilakukan oleh para tahanan yang ingin kembali ke dunia kriminalnya.

Tema pelarian dari penjara ini pastinya tidak luput dari mata sineas. Banyak film yang diproduksi yang menampilkan rencana para tahanan untuk lari dari penjara dengan cara mereka masing-masing yang tentu saja berbahaya dan di antaranya terkesan sangat unik dan berani.

Berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik di antaranya yang mewakili dari setiap generasi perfilman yang memang selalu tidak pernah kekurangan ide untuk menghasilkan kembali film-film dengan tema ini.

10 Film Tentang Pelarian dari Penjara

1. Stalag 17 [1953]

Stalag 17 [1953]

* sumber: www.letterboxd.com

Film klasik yang mengantarkan William Holden sebagai Best Actor dari Academy Award ini mengisahkan tentang para pilot pesawat tempur Amerika yang disekap di camp milik Jerman pada Perang Dunia 2. Selama di dalam tahanan, mereka berpikir untuk segera melarikan diri dari camp tersebut.

Tetapi bukan itu saja permasalahan yang mereka hadapi. Di antara mereka terdapat seorang informan Jerman yang selalu membocorkan rahasia-rahasia misi tempur pasukan Amerika dan sekutunya. Melalui sebuah pertanyaan menjebak sebelum mereka melarikan diri, informan itu berhasil mereka ketahui dan disingkirkan saat mereka berusaha kabur dari camp tersebut.

2. The Great Escape [1963]

The Great Escape [1963]

* sumber: www.telegraph.co.uk

Film yang bertabur aktor papan atas ini terinspirasi dari sebuah buku non-fiksi karya Paul Brickhill yang menceritakan pelarian secara besar-besaran yang dilakukan oleh tentara Inggris yang ditahan di camp Jerman di Polandia pada Perang Dunia 2.

Demi menambah keseruan dalam film, beberapa unsur fiksi dimasukkan, antara lain penambahan karakter tentara Amerika yang berperan besar dalam rencana pelarian tersebut yang mengalami beberapa kali percobaan yang gagal, kejadian-kejadian fiktif dan dialog yang mengalir dengan lancar dengan sedikit bumbu comedy.

Sesuai dengan judulnya, film karya John Sturges ini adalah salah satu film terbaik yang pernah diproduksi oleh Hollywood dengan jajaran para aktor dengan status bintang pada saat itu, seperti Steve McQueen, James Garner dan Richard Attenborough. Hingga kini, film ini tidak pernah membosankan untuk ditonton kembali.

3. Cool Hand Luke [1967]

Cool Hand Luke [1967]

* sumber: www.allmovie.com

Sebagai orang yang pernah menjalani baktinya sebagai patriot bagi negaranya dan kemudian dipecat dengan tidak hormat hingga berakhir di dalam penjara, membuat Luke menjadi seorang yang menentang sistem yang berlaku di negaranya dalam hal apapun, salah satunya adalah sistem di dalam penjara.

Jiwa dan pikirannya yang bebas juga mampu memengaruhi tahanan lain untuk percaya dan mendukungnya, meski banyak juga tahanan yang merasa tidak suka dan terancam dengan keberadaannya di penjara itu. Sehingga dia pun dianggap berbahaya dan ditembak dalam pelariannya. Nyawanya tidak terselamatkan.

Paul Newman yang berperan sebagai Luke tampil prima dan berhasil membawakan karakternya dengan baik sehingga dia pun masuk nominasi di kategori Best Actor dalam ajang Academy Award. Tetapi yang berhasil memenangi Oscar adalah George Kennedy sebagai Best Supporting Actor.

4. Papillon [1973]

* sumber: www.allmovie.com

Cerita dalam film ini berdasarkan kisah nyata dari Henri Charriere, seorang terdakwa pembunuhan asal Prancis yang di dalam film ini diperankan oleh Steve McQueen. Papillon sendiri adalah bahasa Prancis untuk kupu-kupu yang merupakan nama panggilan Henri karena tattoo yang ada di dadanya.

Pertemanannya dengan sesama tahanan bernama Louis Dega membuat mereka merencanakan untuk melarikan diri dari penjara di mana mereka ditahan berkali-kali, meski akhirnya tertangkap lagi. Mereka ditahan di sebuah lokasi di Amerika Selatan di dalam negara French Guiana.

Di akhir film, narator mengatakan jika Papillon berhasil membebaskan diri dan hidup sebagai orang merdeka. Setelah dibebaskan, Papillon hidup di Venezuela dan membuka restoran di dua kota utamanya. Kemudian, dia sempat kembali ke Prancis untuk membuat buku biografinya yang menjadi sumber kisah dalam film yang juga menampilkan Dustin Hoffman sebagai Louis Dega ini.

5. Midnight Express [1978]

* sumber: www.allmovie.com

Film yang diangkat dari buku non-fiksi karya Bill Hayes ini dibintangi oleh Brad Davis sebagai sang penulis buku yang ditangkap oleh kepolisian Turki di tahun 1970 karena kedapatan hendak menyelundupkan 2 kg hashish di bandara ketika hendak kembali ke Amerika.

Penggambaran masyarakat Turki, terutama aparat kepolisiannya yang ditampilkan sadis dan brutal, mengundang kontroversi. Karena hal ini, Bill Hayes dan Oliver Stone, sebagai penulis naskah, mengirimkan permintaan maaf mereka kepada pemerintah Turki. Uniknya, naskah film ini berhasil meraih Oscar di kategori Best Adapted Screenplay.

Billy termotivasi untuk melarikan diri dari penjara karena kunjungan kekasihnya di tahun 1975. Dia pun berhasil keluar penjara dari pintu depannya dengan memakai seragam sipir penjara dan berhasil melewati perbatasan Yunani dan kembali ke Amerika tiga minggu kemudian.

6. Escape from Alcatraz [1979]

* sumber: www.telegraph.co.uk

Sekali lagi sebuah buku non-fiksi tentang pelarian dari penjara diangkat ke layar lebar. Kali ini sutradara Don Siegel kembali berkolaborasi dengan aktor langganannya, Clint Eastwood, dalam sebuah thriller tentang pelarian tahanan dari penjara keamanan tingkat tinggi yang melegenda, yaitu Alcatraz.

Apa yang dilakukan oleh para tahanan ini untuk melarikan diri? Mereka mengorek dinding penjara dengan sendok yang dibentuk menjadi seperti sekop. Setelah beberapa lama, di waktu yang tepat, mereka bertiga berhasil melarikan diri hingga melewati pagar kawat dan terjun ke laut hingga berhasil mendarat di pantai dengan selamat.

7. Victory [1981]

* sumber: www.goal.com

Film karya John Huston ini bisa dibilang unik, karena selain menampilkan deretan aktor terkenal, seperti Michael Caine dan Sylvester Stallone, para pesepakbola profesional dan legendaris pun turut dihadirkan dan ikut berakting, yaitu Pele, Bobby Moore, Osvaldo Ardiles, dan beberapa pesepakbola lainnya dari klub Ipswich Town yang mendukung adegan pertandingan sepakbola di akhir film.

Pertandingan sepakbola antara tim Nazi Jerman melawan tahanan dari camp dijadikan sebuah jalan untuk melarikan diri. Rencana awalnya, mereka melarikan diri melalui saluran pipa bawah tanah stadion pada saat turun minum, tetapi mereka memilih untuk menyelesaikan pertandingan.

Di akhir pertandingan yang ketat, tim tahanan berhasil mengalahkan tim Nazi Jerman dan penonton pun meluapkan kegembiraannya dengan berlarian masuk ke lapangan. Kejadian ini dimanfaatkan oleh para tahanan untuk melarikan diri dengan berbaur bersama penonton yang bergerak keluar dari stadion.

8. The Shawshank Redemption [1994]

* sumber: www.allmovie.com

 

Film drama cerdas ini sudah diakui akan kualitas cerita dan akting yang dipamerkan oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman. Kesabaran selama 19 tahun untuk menyusun dan melaksanakan rencana pelarian dari penjara berbuah keberhasilan sekaligus pembalasan dendam yang setimpal terhadap mereka yang menzalimi sang tokoh utama.

Rencana yang dibuat sangat tersusun rapi dan dirahasiakan ke semua pihak, bahkan rekannya sendiri pun tidak diberikan semua detil pelarian itu. Tetapi dia tidak melupakan rekannya dan menepati janjinya dengan memberikan sejumlah uang dan diundang untuk hidup di rumah barunya di tepi pantai Zihuatanejo, Mexico, sesuai impian mereka berdua.

9. The Count of Monte Cristo [2002]

* sumber: www.allmovie.com

Film adaptasi dari buku petualangan terkenal karya Alexandre Dumas ini dibintangi oleh Jim Caviezel dan Guy Pearce. Aroma balas dendam sangat kentara di sepanjang film, tetapi karena sang tokoh utama berhati baik, maka pembalasannya pun dengan cara yang elegan namun tetap menyakitkan.

Dalam kisahnya, Edmond Dantes sempat dijebloskan ke dalam penjara atas fitnah yang dilontarkan oleh temannya sendiri. Setelah enam tahun dalam penjara dan mendapat perlakuan yang semena-mena, akhirnya dia menemukan jalan keluar dengan masuk ke dalam kantung mayat temannya yang wafat di dalam penjara yang kemudian di buang ke laut.

10. Escape Plan [2013]

* sumber: www.allmovie.com

Film yang mempertemukan dua bintang action lawas dalam usia senjanya ini, Sylvester Stallone dan Arnold Schwarzenegger, tetap mampu memacu pompa adrenalin dalam tubuh kita dengan adegan aksi yang cukup baik yang diarahkan oleh sutradara Mikael Hafstrom.

Stallone berperan sebagai seorang ahli struktur bangunan yang membuatnya mendapat reputasi sebagai pembobol penjara terkenal, dalam konteks pekerjaan sebagai konsultan keamanan bukan sebagai pelaku kriminal. Kali ini dia diminta untuk mencoba keahliannya di penjara dengan sistem paling mutakhir.

Di sana dia bertemu dengan Emil, seorang kriminal yang sudah sangat senior dan disegani. Emil sudah berusaha berkali-kali merencanakan untuk melarikan diri dan dia kini membantu usaha teman barunya ini untuk berusaha melarikan diri bersama dari penjara yang ternyata berada di atas kapal cargo raksasa.

Meski mayoritas kisah dari film-film di atas menjadikan sosok kriminal sebagai tokoh protagonis, bukan berarti yang mereka lakukan itu baik. Buktinya mereka dikurung di dalam penjara karena melanggar peraturan dan hukum yang berlaku. Bahkan beberapa di antaranya ditahan di penjara dengan tingkat keamanan maksimum dan berada di tengah lautan.

Tentunya film-film bertema pelarian dari penjara ini diperuntukkan untuk menghibur saja dan memacu adrenalin kita dengan keseruan demi keseruan yang disuguhkan di dalam film. Tak perlu kita perhatikan detil langkah-langkah yang dilakukan oleh sang aktor, karena kebanyakan semua itu hanya fiktif demi menambah bumbu keseruan dalam film saja.

Ingin menonton film yang lebih menantang adrenalin? Kalau begitu, Anda perlu baca artikel 10 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa yang akan wajib Anda tonton.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment