Bacaterus / Film Slice of Life / 10 Film Tentang Orang yang Diremehkan Ini Bikin Semangat

10 Film Tentang Orang yang Diremehkan Ini Bikin Semangat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau kita habis nonton film sedih, biasanya kita suka ikut merasakan kesedihan itu. Kadang-kadang, sampai ikut nangis. Kalau kita habis nonton film romantis, mood juga suka ikut romantis. Film memang media yang ampuh buat menyentuh perasaan seseorang.

Banyak orang yang kalau sedih memilih menghibur diri dengan nonton film komedi. Itu cukup ampuh buat mengobati perasaan yang lagi berantakan. Nah, kalau kita lagi hilang semangat, nggak ada salahnya kan mencoba memperbaiki perasaan sendiri dengan menonton film?

Tapi, film apa? Paling cocok sih film tentang orang yang diremehkan. Biasanya film sejenis itu cukup ampuh bikin kita jadi semangat lagi. Ini ada rekomendasi 1o film tentang orang yang diremehkan buat kamu.

1. Rocky [1976]

Rocky (Copy)

Pernah dengar nama Rocky Balboa? Petinju yang dijadikan ikon untuk orang-orang yang disepelekan dan berani menantang batas kemampuannya. Bekerja sebagai penagih hutang dan petinju semi-pro, Rocky ditantang Apollo Creed yang berstatus sebagai juara.

Rocky terinspirasi dari seorang petinju di era 70-an namun alih-alih menggunakan nama asli sang petinju, nama Rocky-lah yang dipilih. Hal yang membekas dari film ini bukan cuma tentang ceritanya namun lagu pengiringnya yang diciptakan Bill Conti dengan judul ‘Gonna Fly Now’ yang menjadi pengiring Rocky saat berlari mengelilingi kota. Setelah nonton film ini, dijamin semangat kamu bakal berkobar deh.

2. The Karate Kid [2010]

The Karate Kid (Copy)

The Karate Kid merupakan remake dari sebuah film dengan judul sama yang dirilis tahun 1984. Jaden Smith, Jackie Chan dan Taraji P. Henson menjadi pemeran utama di film rilisan tahun 2010 ini. Film ini bisa dijadikan pilihan utama untuk ditonton bersama keluarga.

Bercerita tentang seorang bocah Amerika yang terpaksa ikut orang tuanya ke Cina dan menjadi korban perundungan di tempat barunya. Dre Parker menjadi bulan-bulanan kelompok siswa yang lihai bela diri kung fu.

Perkenalannya dengan petugas perawatan tempat tinggalnya yaitu Mr. Han membantunya untuk belajar kung fu guna mengikuti kompetisi yang juga diikuti siswa-siswa lain termasuk para perundungnya. Seperti apa perjuangan Dre? Bagaimana kompetisinya? Luangkan waktu buat nonton, ya!

3. Invincible [2006]

Invincible (Copy)

Pada tahun 1976, tim football Philadelphia Eagles yang sedang mengalami permasalahan keuangan dan ditinggal pemain bintangnya melakukan seleksi untuk merekrut pemain baru. Vince Papale yang diperankan Mark Wahlberg mengikuti seleksi tersebut.

Dia bekerja sebagai guru pengganti dan bartender paruh waktu. Di tengah upayanya bangkit dari perceraiannya, dia yang nggak muda lagi mendapat perhatian media karena keberhasilannya lolos seleksi.

Cerita Papale yang menjadi inspirasi film Invincible adalah kisah nyata. Dia membela tim dari kota kelahirannya tersebut dari 1976-1978. Menarik untuk melihat bagaimana perjalanannya dari bukan siapa-siapa menjadi salah satu bintang besar di dunia football Amerika seakan membuktikan bahwa dengan kerja keras bisa mewujudkan impian yang diremehkan kebanyakan orang.

4. McFarland, USA [2015]

McFarland, USA (Copy)

McFarland adalah kota dengan tingkat ekonomi yang rendah. Kebanyakan orang di sana bekerja kasar, termasuk anak-anak yang masih bersekolah. Jim White diberikan tugas untuk menjadi guru olahraga di salah satu SMA di sana sekaligus asisten pelatih tim football sekolahnya. Bukannya menemukan bakat-bakat muda dalam bidang football dia malah menemukan bahwa mereka lebih cocok menjadi pelari.

Dia kemudian melatih mereka untuk menjadi sebuah tim lari. Niat mulianya terhambat karena sebagian dari anggota tim larinya mempunyai kehidupan pribadi yang keras demi memenuhi kebutuhan ekonomi. Film ini diangkat dari kisah nyata. Pada masanya, tim lari yang diceritakan di film ini menginspirasi siswa-siswa lain untuk masuk perguruan tinggi melalui jalur prestasi.

5. The Fighter [2010]

The Fighter (Copy)

Dicky Erklund adalah seorang mantan petinju yang sempat dielu-elukan di kota tempatnya tinggal, Lowell, Massachusetts. Sempat menghadapi Sugar Ray Leonard, karirnya hancur karena kecanduannya terhadap narkoba. Dia pun kemudian menjadi pelatih bagi adiknya yang menekuni dunia tinju yaitu Mick Ward.

Untuk mewujudkan mimpinya Mick membutuhkan seorang yang berpengalaman seperti kakaknya. Dengan kondisi kacau kakaknya, bisakah mereka bekerja sama untuk mengantakan Mick menjadi juara?

Hal yang paling menyita perhatian dalam film ini adalah bagaimana Mark Wahlberg dan Christian Bale merubah tubuh mereka. Wahlberg melatih tubuhnya sampai kekar sementara Bale menurunkan berat badannya dalam level yang ekstrim.

6. Bloodsport [1988]

Bloodsport (Copy)

 Film ini lumayan membekas di kalangan anak-anak 90an. Pada masanya, hampir pasti kalau semua anak menonton film ini. Ceritanya tentang seorang anggota militer bernama Frank Dux yang memilih untuk mengundurkan diri dari tugasnya demi mengikuti turnamen rahasia di Hongkong.

Untuk mengikuti turnamen itu, Dux harus berlatih keras terlebih dulu bersama seorang guru asal Jepang. Dux bukan orang yang dijagokan di turnamen itu tetapi Chong Li lah yang dijagokan. Chong Li cenderung meremehkan Dux.

Dia melakukan segala cara untuk mempecundangi Dux, bahkan cara-cara kotor sekalipun. Bagaimana pertarungan mereka pada akhirnya? Nonton filmnya, ya! Ini salah satu film bela diri paling legendaris sepanjang masa.

7. Moneyball [2011]

Moneyball (Copy)

Billy Beane yang ditunjuk menjadi General Manager tim baseball Oakland Athletic pada saat keuangan buruk. Alhasil dia harus menjual pemain bintang dan menggantinya dengan pemain-pemain yang di atas kertas kualitasnya nggak terlalu bagus.

Kegilaan Beane ini bukannya asal-asalan melainkan berdasarkan statistik. Dengan bantuan Peter Brand, dia menilai pemain berdasarkan angka. Metodenya yang nggak biasa sempat diprotes staf kepelatihannya namun dia bersikukuh.

Meski sempat disepelekan dan dianggap ngawur, Beane bisa jadi merupakan salah satu orang yang mempopulerkan sport science dalam dunia baseball. Waktu yang membuktikan kalau metodenya terbukti bisa membawa 19 kemenangan beruntun. Metodenya saat ini semakin berkembang sampai menjalar ke berbagai cabang olah raga.

8. Battle of the Sexes [2017]

Battle of the Sexes (Copy)

Di era 70-an anggapan pria lebih superior dari wanita masih berlaku. Billie Jean King, salah satu petenis wanita terbaik pada saat itu melakukan protes dengan mogok main karena bonus yang diberikan pada wanita nggak sama dengan yang diberikan pada pria. Dia pun membuat turnamen khusus wanita yang berhasil menarik sponsor hingga menghasilkan uang yang jauh lebih banyak dari sebelumnya.

Bobby Riggs yang karirnya sudah menurun dan kecanduan judi memiliki ide untuk membuat sebuah pertandingan intergender dengan King. Dia yang melihat tenis sebagai sebuah panggung hiburan berniat mencari banyak uang dari sesuatu yang dianggap tabu saat itu.

King yang dianggap inferior menerima tantangan Riggs. Pertandingan King dengan Riggs ini selamanya akan diingat oleh penggemar tenis. Bukan hanya karena mempertemukan dua nama besar berbeda gender, namun juga efek yang dihasilkan karena pertandingan tersebur wanita nggak lagi dipandang sebelah mata.

9. Race [2016]

Race (Copy)

Seorang pria Afrika-Amerika bernama Jesse Owens terpilih untuk mengikuti olimpiade. Penyelenggaraan Olimpiade di Jerman Barat yang pada saat itu dikuasai Nazi sempat membuat Owens ragu untuk berangkat. Nazi memandang rendah ras kulit hitam. Setelah diyakinkan berbagai pihak, Owens akhirnya berangkat.

Film ini mengajarkan kita bahwa rasisme nggak seharusnya ada. Warna kulit nggak seharusnya menjadi alasan untuk meremehken seseorang. Owens yang dianggap rendah dikarenakan ras dan warna kulitnya membuktikan bahwa siapa pun bisa berdiri sejajar dengan caranya sendiri di dunia olah raga. Kalau ingin tahu sekeras apa perjuangan Owens dan bagaimana hasilnya, ayo luangkan waktu buat nonton filmnya!

10. Million Dollar Arm [2014]

Million Dollar Arm (Copy)

J.B. Berstein, seorang pemain baseball legendaris yang bekerja sebagai agen pemain mengadakan program pencarian bakat agar kemudian disalurkan menjadi pemain di tim baseball di Amerika. Dia harus terbang ke India yang dianggap sebagai salah satu pasar komersil.

Adanya pemain dari India yang bermain di liga baseball akan mengangkat popularitas olah raga tersebut. Sayangnya di sana, cricket adalah olah raga paling populer dan dia bersikeras bahwa kemampuan mereka pada bidang cricket bisa ditransformasikan ke dunia baseball.

Million Dollar Arm dibuat berdasarkan kisah nyata dengan nama-nama asli para tokohnya. Film ini memperlihatkan bagaimana perjuangan Rinku Singh dan Dinesh Patel untuk bisa menjadi pemain baseball profesional di Amerika.

Selain memberikan inspirasi dalam hal bekerja keras dan berlatih untuk menggapai mimpi, ada pula sisi-sisi manusiawi hubungan antara agen dan pemain di sini. Film ini cukup memperlihatkan adegan-adegan emosional, ada pula bumbu-bumbu komedi yang dijadikan pelengkap tanpa menghilangkan inti dari cerita yang coba disampaikan.

Demikian ulasan 10 film tentang orang yang diremehkan yang bisa dijadikan pilihan. Kalau kamu punya film lain dan mau menambahkan, kolom komentar sudah disediakan di bawah ini ya.

Buat yang lagi hilang semangat, semoga setelah menonton film tentang orang yang diremehkan semangatnya berkobar lagi, ya! Kalau suka film inspiratif setipe dengan ini, Bacaterus punya film bertema guru yang nggak kalah seru. Jangan lupa berbagi cerita film apa yang bikin semangatmu kembali!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *