Bacaterus / Film Kriminal / 10 Rekomendasi Film Tentang Narkoba dari Berbagai Genre

10 Rekomendasi Film Tentang Narkoba dari Berbagai Genre

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Oktober 2019

Narkoba sudah begitu lama jadi musuh bersama. Barangkali karena itulah banyak dibuat film tentang narkoba. Supaya pelan-pelan para penonton semakin sadar tentang bahayanya mengkonsumsi narkoba.

Kebanyakan film tentang narkoba merupakan film aksi, tetapi ada juga yang dibuat menjadi film drama. Namun, dalam setiap film pasti diceritakan betapa buruknya dampak dari barang haram itu. Berikut ini Bacaterus telah merekomendasikan 10 film tentang narkoba dari berbagai genre yang bisa jadi pilihan buat mengisi waktu luangmu.

1. Limitless [2011]

Limitless

Satu yang menonjol dari film ini adalah Bradley Cooper. Dia berperan sebagai Eddie Morra, penulis gagal yang hidupnya kacau. Dia punya kontrak namun belum berhasil menyelesaikan bukunya. Hidupnya nggak tentu arah, setiap hari cuma dia habiskan dengan minum-minum. Bisa dibilang, itu adalah titik terburuk dari hidupnya.

Suatu hari, dia bertemu dengan Vernon, mantan adik iparnya. Dia menawari Eddie untuk bekerja sebagai penjual narkoba kelas atas. Barang yang dimaksud adalah sebuah pil yang dapat membuat otak bekerja 100%. Pada awalnya Eddie menolak, tetapi Vernon memberinya satu buah pil. Lalu, karena kekacauan hidup yang dijalaninya Eddie mencoba pil itu dengan perasaan gelisah. Dari sana, hidupnya nggak pernah sama lagi.

2. Requiem for a Dream [2000]

Requiem for a Dream

Sebenarnya, film ini lebih mengarah ke film drama alih-alih film kriminal. Adegan-adegannya menguras emosi. Tentang Sara yang bermimpi tampil di acara televisi dengan gaun favorit mendiang suaminya. Dia berusaha menguruskan badan sampai kecanduan amfetamin dan berhalusinasi karena itu.

Lalu Harry, anak Sara yang terjerumus menjadi pengedar narkoba bersama sahabatnya yang pecandu. Masalah ekonomi dan sosial jadi napas utama film ini. Emosi penonton diaduk-aduk sedemikian rupa sepanjang film.

3. City of God [2002]

City of God

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang rilis tahun 1997. Alurnya terinspirasi dari kisah nyata. Bercerita tentang Brazil, kekuasaan, dan ketakutan. Lil’Ze belajar dari The Tender Trio untuk menjadi penguasa kota. Bersama Benny, sahabatnya dia menjalankan bisnis gelap mulai dari perdagangan narkoba, sampai senjata. Sebelum menonton, pastikan dulu kalau kamu sudah cukup dewasa untuk adegan kekerasan di film ini.

4. 21 Jump Street [2012]

21 Jump Street

Kalau film tentang narkoba yang satu ini, cocok ditonton waktu kamu lagi butuh hiburan yang ringan dan segar. BIsa dibilang, ini adalah film komedi dan yang main adalah Channing Tatum. Perpaduan sempurna, tertawa sambil menikmati talenta serta karisma seorang Channing Tatum. Dia memerankan karakter Greg Jenko.

Greg Jenko dan Morton Schmidt adalah anggota polisi yang mendapat tugas khusus. Mereka ditugaskan untuk menyamar jadi murid SMA. Target mereka adalah pengedar narkoba di sekolah-sekolah yang menjual barang haram tersebut kepada para siswa.

Selama penyamaran itu mereka banyak mengalami kejadian-kejadian konyol. Bagaimanapun, mereka adalah polisi tetapi harus berbaur dengan murid SMA demi tugas yang diberikan. Tentu saja, dua perbedaan itu menghadirkan kejadian-kejadian kocak sepanjang film.

5. Scarface [1983]

Scarface

Barangkali ini adalah film tentang narkoba paling legendaris. Kalau kamu belum nonton film ini, mungkin kamu pernah mendengar judulnya. Atau nama pemeran utamanya, Al Pacino yang berperan sebagai Tony Montana. Film yang rilis tahun 1983 ini merupakan hasil remake dari film yang dibuat tahun 1932.

Film ini menceritakan tentang perjalanan Tony Montana dari seorang imigran yang tinggal di kamp pengungsian. Di sana, dia terlibat tindakan kriminal atas perintah seorang mafia. Dari sana, dia mulai masuk ke dunia hitam. Film ini dikhususkan untuk penggemar film aksi karena banyak adegan berdarah di dalamnya.

6. Pulp Fiction [1994]

Pulp Fiction

Film ini terkenal karena dialognya yang kaya dan menggunakan kosakata yang unik. Campuran antara humor dan kekerasan yang ironis. Belum lagi dua nama besar yang terlibat; Quentin Tarantino dan John Travolta.

Alur ceritanya unik dengan tujuh babak narasi dari prolog hingga epilog. Sudut pandang yang diambil berbeda-beda. Karakter utamanya adalah Vincent Vega, seorang pembunuh bayaran yang juga pecandu heroin. Hampir semua karakter film ini adalah pelaku kriminal. Kita dibawa masuk ke dunia bawah tanah, dunia yang asing tetapi sebenarnya ada di sekeliling.

7. Flight [2012]

Flight

Film ini adalah film drama, nggak ada adegan baku hantam sama sekali. Sebaliknya, film ini lumayan menguras emosi. Kalau kamu menyukai pesawat dan dunia penerbangan, film ini jangan sampai dilewatkan. Cerita utamanya tentang kecelakaan pesawat dan yang dijadikan karakter utama adalah seorang pilot berbakat yang merupakan pecandu alkohol dan narkoba.

Tentunya nama Denzel Washington bukan nama yang asing buat yang suka film Hollywood. Dia berperan sebagai Kapten William ‘Whip’ Whitaker. Dia menggunakan kokain sebelum menerbangkan pesawat. Dia juga diam-diam mencampur jus jeruk dengan vodka ketika kopilot Ken mengambil alih tugasnya.

Whip tidur siang dan membiarkan Ken mengambil alih kendali pesawat. Dia tersentak waktu pesawat mengalami turbulensi parah. Dia segera mengambil alih dan melakukan pendaratan darurat. Drama dimulai setelah kecelakaan itu, bagaimana Whip berurusan dengan hukum karena kecelakaan itu dan narkoba yang dikonsumsinya.

8. Extreme Jobs [2018]

Extreme Jobs

Demi apapun, film ini lucu banget. Tentang sekelompok polisi yang mengincar sekelompok pengedar narkoba. Namun, bukannya dibuat menjadi film aksi, film tentang narkoba yang satu ini malah menjadi film komedi. Ceritanya segar, kadang absurd, tapi masih masuk akal dan nggak berlebihan.

Sekelompok polisi ini mendirikan restoran ayam goreng sebagai bagian dari penyamaran untuk menangani kasus narkoba. Namun, tanpa disangka restoran yang mereka dirikan itu terkenal. Dari sana, banyak kejadian tak terduga yang mereka alami. Alur ceritanya susah ditebak dan tentu saja lucu.

Menurut Korean Film Council, film ini meraih angka 10 juta penonton dalam waktu 15 hari setelah tayang perdana di Korea Selatan. Dalam 26 hari penayangan, film ini meraih 14,5 juta penonton. Angka ini melampaui Miracle in Cell No. 7 yang meraih 12,8 juta penonton. Kalau penontonnya sebanyak itu, bisa dibayangkan filmnya seseru apa? Hehe..

9. Drug King [2018]

Drug King

Film ini mengambil latar di Busan, Korea Selatan tahun 1970. Di sanalah Lee Do Sam membangun kerajaan bisnisnya. Dia menyeludupkan narkoba dengan skala besar, bahkan sampai diekspor ke luar negeri. Aksi Lee Do Sam tercium oleh penegak hukum, tapi menangkap dia nggak semudah itu.

Kim In Goo, seorang jaksa publik adalah salah satu orang yang berusaha keras untuk menangkap Lee Do Sam. Namun, dia tahu kalau ingin menangkap seorang Lee Do Sam, dia butuh strategi karena orang itu cukup cerdik dan picik. Seru banget menonton kedua pihak ini yang sama-sama berusaha keras untuk meringkus dan untuk meloloskan diri.

10. The Wolf of The Wall Street

The Wolf of The Wall Street

Jordan Belfort adalah seorang pialang yang cerdik, picik, juga serakah. Gayanya sangat agresif tetapi juga meyakinkan. Semakin hari, Jordan menghasilkan uang semakin banyak dan itulah awal dari kehancurannya. Jordan bukan cuma menjadi seorang pecandu, tetapi juga penipu yang menghasilkan banyak uang secara ilegal.

Film ini cocok buat kamu yang lagi semangat membangun karir. Kamu dapat melihat bagaimana keserakahan menghancurkan segala kebaikan yang kamu punya. Pastikan juga kamu sudah cukup dewasa untuk menyimak setiap adegan di dalam film ya!

Film ini dibintangi oleh aktor Hollywood ternama, Leonardo DiCaprio. Kalau kamu suka dengan akting beliau, baca artikel film terbaik Leonardo DiCaprio ini, ya!

Dari 10 film di atas, kamu sudah menonton yang mana? Boleh banget kalau mau menuliskan ulasannnya di kolom komentar yang sudah di sediakan. Kalau ada film tentang narkoba yang belum tertulis di atas, kamu juga boleh menambahkan kok. Tetap perlu diingat ya, narkoba tetaplah narkoba. Itu bukan sesuatu yang layak dicoba, cukup dijadikan pelajaran saja.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar