Bacaterus / Film Bencana / 10 Film Tentang Musibah di Laut Terbaik Sepanjang Masa

10 Film Tentang Musibah di Laut Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menaiki transportasi laut seperti kapal laut atau kapal pesiar, merupakan kenikmatan tersendiri. Melihat luasnya air laut yang seakan tak berujung sembari diterpa angin lautan yang menyejukkan, meski terkadang kencang, adalah salah satu pengalaman yang tak akan terlupakan bagi siapa pun yang pernah merasakannya.

Jika semua berjalan baik tanpa ada rintangan, tentunya akan berkesan bagi kita. Tetapi bagaimana jika terjadi kerusakan kapal, atau ada kebocoran sehingga air masuk ke dalam kapal dan musibah lainnya yang tidak terduga? Tentu saja akan mengundang kepanikan bagi siapa pun. Mungkin yang berhasil selamat hanyalah mereka yang bisa berenang saja di atas segala kepanikan yang terjadi.

Untuk itu, kami pilihkan sepuluh film terbaik yang menceritakan berbagai macam musibah yang terjadi di tengah lautan. Baik itu kerusakan kapal, ganasnya lautan atau bahkan serangan dari makhluk penghuni lautan tersebut. Bersiaplah untuk berlayar!!

1. Lifeboat [1944]

Lifeboat

Alfred Hitchcock adalah sutradara legendaris yang brilian. Dalam film ini, dia menyuguhkan kisah tujuh orang yang selamat dari tenggelamnya kapal yang mereka tumpangi karena ditembak oleh kapal selam Jerman.

Keseluruhan setting dan cerita berada di dalam sebuah sekoci. Saat dirilis, film ini menuai kritik karena menjadikan sosok kapten Jerman sebagai tokoh yang kharismatik padahal dirinya yang memerintahkan untuk menembak kapal itu. Apalagi film ini dirilis pada saat Perang Dunia 2. Oleh karenanya film ini termasuk yang diabaikan pada masanya tetapi menyandang status klasik saat ini.

2. Swiss Family Robinson [1960]

Swiss Family Robinson

Film produksi Disney yang diangkat dari novel klasik The Swiss Robinson karya Johann David Wyss ini merupakan adaptasi yang kedua setelah di tahun 1940 pernah diproduksi oleh RKO. Film ini sering dianggap sebagai adaptasi terbaik dari novel tentang terdamparnya keluarga dari Swiss di pulau yang dikira tak berpenghuni setelah kapal mereka karam.

Film tentang musibah di laut yang cocok ditonton oleh seluruh anggota keluarga ini mengajarkan bagaimana bersatu sebagai sebuah keluarga untuk mencapai tujuan bersama dan mengatasi segala permasalahan yang ada demi keselamatan semua anggota keluarga.

3. The Last Voyage [1960]

The Last Voyage

Mungkin inilah film pertama Hollywood yang menampilkan adegan-adegan mencekam dari musibah tenggelamnya kapal di tengah lautan. Film yang minim bintang ini mengambil lokasi di Samudera Pasifik yang kabarnya terinspirasi dari peristiwa tenggelamnya kapal SS Andrea Doria yang terjadi empat tahun sebelum film ini dirilis.

Pemicu musibah ini adalah adanya ledakan di ruang bahan bakar yang dengan cepat merambat ke seluruh kapal dan merenggut nyawa para penumpangnya.

4. The Poseidon Adventure [1972]

The Poseidon Adventure

Salah satu film tentang musibah di laut yang terbaik adalah film yang diangkat dari novel karya Paul Gallico ini. Dibintangi oleh Gene Hackman dan Ernest Borgnine, film ini menampilkan adegan-adegan yang dahsyat untuk masanya dalam menggambarkan kepanikan saat kapal SS Poseidon dihantam ombak yang sangat ganas hingga akhirnya kapal pun karam.

Film ini banyak meraih penghargaan dan juga dinominasikan di beberapa kategori Oscar. Sayangnya, film sequel-nya yang dibintangi oleh Michael Caine memiliki kualitas yang sangat buruk.

5. Titanic [1997]

Titanic

Siapa sih yang tidak kenal dengan film ini? Film yang mengangkat karir Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet ini termasuk salah satu film box-office dan populer hingga saat ini. Kapal yang dianggap tidak akan dapat tenggelam ini akhirnya karam beserta keangkuhan sang pemilik dan pembuatnya.

Diangkat dari peristiwa tragis yang pernah terjadi di tahun 1912 di Samudera Atlantik yang dingin, hanya sebagian kecil penumpang yang selamat. Sudah pasti momen demi momen film ini selalu teringat, bukan hanya karena memang berkesan, tetapi juga sudah sangat sering ditayangkan kembali di televisi-televisi nasional kita.

6. The Perfect Storm [2000]

The Perfect Storm

Setiap pekerjaan memiliki resiko. Nelayan adalah salah satu profesi yang penuh resiko itu. Demi mencari ikan di lautan, mereka harus berani menantang badai dan keganasan lautan lainnya jika terjadi cuaca ekstrim.

Film yang dibintangi oleh George Clooney dan Mark Wahlberg ini merupakan salah satu film tentang musibah di laut terbaik yang mampu memaparkan detil profesi para nelayan yang pada akhirnya harus menyerahkan nyawa mereka kepada Sang Penguasa di tengah lautan dan meninggalkan kesedihan kepada keluarga dan para warga yang menanti hasil tangkapan mereka.

7. K-19: The Widowmaker [2002]

K-19 The Widowmaker

Kathryn Bigelow adalah sutradara wanita terbaik saat ini dimana banyak filmnya memaparkan detil peristiwa terutama tentang dunia militer. Film ini adalah salah satunya yang menceritakan usaha kapten kapal selam Uni Soviet dalam menyelamatkan kapal dan seluruh awaknya dengan menyerahkan diri kepada AS meski dirinya dianggap pengkhianat oleh negaranya.

Film tentang musibah di laut yang dibintangi oleh Harrison Ford dan Liam Neeson dalam aksen Rusia ini mampu menampilkan ketegangan khas kapal selam yang terasa sempit apabila terjadi masalah di dalamnya. Beberapa kali kerusakan dan perseteruan muncul mewarnai adegan demi adegan yang menyuguhkan akting memikat dari kedua aktornya.

8. Life of Pi [2012]

Life of Pi film tentang musibah di laut

Film yang sebagian besar bercerita di tengah lautan ini disutradarai oleh Ang Lee dan dibintangi oleh dua aktor India, Suraj Sharma dan Irrfan Khan. Menceritakan Pi Patel yang terdampar di tengah lautan setelah kapal yang ditumpanginya mengalami kecelakaan dan karam. Dia berhasil selamat di dalam sekoci yang ternyata juga dihuni oleh seekor macan.

Ide cerita unik yang diadaptasi dari novel Life of Pi karya Yann Martel ini menampilkan drama yang baik, ketegangan yang cukup mendebarkan dan pameran cinematography yang sangat indah. Jadi wajar jika film ini meraih empat Oscar di kategori Best Director, Best Cinematography, Best Music dan Best Visual Effects.

9. All Is Lost [2013]

All Is Lost

Jika film yang mengambil setting cerita di tengah lautan dan diperankan hanya oleh satu orang saja, siapa yang pantas untuk memerankannya yang mampu untuk menerjemahkan film yang minim dialog ini? Ya! Robert Redford adalah aktor yang pantas memerankan karakter pelaut yang seorang diri mengarungi samudera dan berusaha untuk menyelamatkan dirinya ketika kapalnya karam karena diserang badai di lautan.

Hampir sepanjang film, kita hanya disuguhkan bahasa gambar yang nyaris tanpa dialog. Tetapi kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh karakter utama satu-satunya di film ini. Semua itu berkat akting Robert Redford.

10. In the Heart of the Sea [2015]

In the Heart of the Sea

Film yang menceritakan tenggelamnya kapal Essex pada tahun 1820 ini merupakan inspirasi cerita bagi penulis novel Moby Dick yang sangat populer.

Dibintangi oleh Chris Hemsworth dan disutradarai oleh Ron Howard, petualangan pelaut ini minim action dan hadir tanpa dialog setelah peristiwa karamnya kapal mereka karena dihantam oleh paus raksasa yang melindungi habitatnya dari perburuan yang dilakukan oleh mereka yang akan digunakan sebagai minyak untuk lampu dan keperluan lainnya.

Itulah sepuluh film terbaik yang menggambarkan dahsyatnya musibah di tengah lautan. Semoga berbagai kecelakaan yang terjadi di film ini mampu menginspirasi kita agar selalu berhati-hati dalam perjalanan, terutama perjalanan laut. Kemampuan berenang adalah harga mati agar bisa selamat dalam situasi seperti ini. Dan satu hal yang pasti adalah jangan lupa berdoa sebelum berlayar. Bon voyage!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *