bacaterus web banner retina

10 Film tentang Multiverse Terbaik & Paling Seru untuk Ditonton

Kehebohan film Doctor Strange in the Multiverse of Madness banyak membuat para penontonnya jadi berpikir apakah ada versi mereka di dunia lain?

Seperti apakah kehidupan mereka di dunia yang lain tersebut? Memang multiverse menjadi salah satu topik pembicaraan yang hangat saat ini, khususnya dalam dunia perfilman.

Sebenarnya, sebelum kemunculan Doctor Strange in the Multiverse of Madness, sudah ada sederet film yang juga bercerita tentang dunia paralel.

Beberapa di antaranya pastinya dari Marvel Cinematic Universe, seperti Spiderman: No Way Home dan Avengers: Endgame. Namun selain film-film keluaran MCU, ada juga film-film lainnya yang membahas dunia paralel. Cek film tentang Multiverse berikut ini.

1. Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Doctor Strange in the Multiverse of Madness ini dibuka dengan adegan Dr. Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) yang bermimpi bertemu dengan America Chavez (Xochitl Gomez).

Saat itu dirinya dan America sedang dikejar oleh iblis di ruang di antara alam semesta. Mereka berdua sedang berusaha untuk mendapatkan the Book of Vishanti. Dalam pertarungan antara iblis dan Doctor Strange, Strange harus kehilangan nyawanya.

Namun America berhasil diselamatkan Strange dan dia berhasil pindah ke Earth-616 secara tidak sengaja. Di sana America kembali berhadapan dengan makhluk yang mengejarnya.

Makhluk itu berupa gurita raksasa. Namun dia berhasil diselamatkan oleh Strange dan Penyihir Tertinggi Wong (Benedict Wong).

Diketahui ternyata America memiliki kemampuan untuk melompat-lompat dari satu universe ke universe lainnya. Demi membantu America, Strange menemui Wanda (Elizabeth Olsen) untuk meminta bantuannya.

Namun ketika Wanda menyebutkan nama America, barulah dia Strange sadar kalau Wanda sudah berubah jadi Scarlet Witch, alter egonya.

Ternyata iblis-iblis itu dikirim oleh Scarlet Witch untuk mengambil kekuatan America. Apakah America berhasil diselamatkan dari kejaran Scarlet Witch?

2. Everything Everywhere All at Once

Everything Everywhere All at Once

Everything Everywhere All at Once merupakan film lain yang mengusung tema multiverse. Film yang bergenre komedi, aksi, dan sci-fi ini tidak berkisah tentang seorang pahlawan super.

Tokoh utama dalam film adalah Evelyn Wang (Michelle Yeoh). Dia adalah seorang imigran Cina yang hidup di Amerika. Bersama, Waymon (Ke Huy Quan) suaminya, Evelyn menjalankan usaha laundry.

Tekanan pun terjadi di antara keduanya ketika usaha laundry-nya diperiksa oleh IRS, dinas pajak Amerika. Ternyata, proses birokrasi dalam pengurusan pajak cukup rumit.

Namun kerumitan itu justru membuka sebuah pintu gerbang multiverse atau dunia paralel. Evelyn harus memasuki dunia tersebut supaya dia mengetahui betapa penting peran kehidupan dirinya di semesta yang luas ini.

3. Spider-Man: No Way Home

Spider-Man: No Way Home

Di seri ketiga film Spider-Man: No Way Home ini diceritakan bahwa identitas Spiderman (Tom Holland) akhirnya terungkap. Kini masyarakat tahu siapa pria dibalik topeng spiderman tersebut.

Hal ini berpengaruh juga pada kehidupan teman-temannya. Mereka jadi tak bisa diterima di universitas pilihan mereka.

Demi menyelamatkan teman-temannya dia pun meminta bantuan pada Doctor Strange (Benedict Cumberbatch). Namun Peter mengganggu usaha yang dilakukan oleh Strange sehingga mengakibatkan munculnya para penjahat dalam Spiderman sebelumnya masuk ke dunia saat ini.

Bersamaan dengan munculnya para penjahat tersebut, muncul juga para Spiderman dari masa lalu. Lalu bagaimanakah akhir dari kekacauan ini?

4. Avengers: Endgame

Avengers: Endgame

Setelah Infinity War, dunia menjadi hancur. Thanos menghilangkan setengah penghuni bumi. Para Avenger pun tercerai-berai.

Mereka yang tersisa kemudian bersatu kembali dan berusaha untuk mengembalikan keadaan bumi seperti semula. Untuk itu mereka memerlukan infinity stones. Namun sayang, Thanos sudah menghancurkan infinity stones.

Sempat kehilangan harapan, para avenger akhirnya mendapatkan jalan untuk mendapatkan infinity stones berkat Scott Lang alias Ant Man yang sebelumnya terjebak di quantum realm.

Scot memiliki ide untuk mengambil kembali infinity stones tersebut. Para avenger akhirnya kembali bersemangat untuk berusaha mendapatkan infinity stones demi mengembalikan penghuni bumi yang menghilang.

5. Star Trek

Star Trek
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Sci-Fi, Adventure, Action, Fantasy,
  • Produksi: Paramount Pictures, Bad Robot Spyglass, Entertainment
  • Sutradara: J. J. Abrams
  • Pemeran:Chris Pine, Simon Pegg, Zachary Quinto, Eric Bana, Leonard Nimoy, Bruce Greenwood, Karl Urban

Ketika James T. Kirk (Chris Pine) lahir, ayahnya yang bekerja di the Federation starship USS Kelvin meninggal dunia. Pesawatnya diserang oleh pesawat Romulan yang sedang mencari Ambassador Spock.

Dia mengorbankan dirinya agar istrinya bisa melahirkan sang anak. 25 tahun kemudian sang anak, James T. Kirk, tumbuh menjadi seorang pemuda pemberontak.

Ketika bertemu dengan Kapten Christopher Pike (Bruce Greenwood), Kirk disarankan untuk bergabung di Starfleet dan dia pun menyetujuinya.

Di Starfleet dia bertemu dengan Dr. Leonard McCoy (Karl Urban) yang akhirnya menjadi teman baiknya. Tiba-tiba terjadi keadaan darurat di Vulcan dan pesawat U.S.S. Enterprise dengan para kadet barunya ditugaskan untuk membantu.

Sempat tak bisa bergabung dengan kru lain karena diskors, Kirk berhasil ikut dalam pesawat tersebut berkat bantuan Dr. Leonard McCoy. Namun ternyata sinyal darurat yang diterima adalah jebakan.

Kirk menyadarinya saat pesawat mendekat ke arah Vulcan. Saat tiba di sana, Vulcan sudah diserang oleh Narada yang kemudian menyerang U.S.S. Enterprise.

Dunia multiverse terjadi saat Spock dari dunia lama bertemu dengan Spock dari dunia sekarang. Spock tua bertemu dengan Spock muda sesudah menggunakan wormhole untuk melakukan perjalanan ke alam semesta yang berbeda.

6. Zack Snyder's Justice League

Zack Snyder's Justice League

Cerita Zack Snyder's Justice League berfokus pada Bruce Wayne (Ben Affleck). Dia ingin pengorbanan Superman (Henry Cavill) tidak sia-sia.

Bruce pun bekerja sama dengan Diana Prince (Gal Gadot) untuk menghadapi ancaman yang lebih besar. Mereka bekerja dengan cepat merekrut tim untuk melawan musuh yang baru bangkit.

Namun ternyata tugas ini tak semudah yang dibayangkan oleh Bruce. Ini dikarenakan para pahlawan yang akan direkrut tersebut masih harus mengatasi iblis masa lalu mereka agar mereka dapat bersatu.

Akhirnya para pahlawan seperti, Batman (Affleck), Aquaman (Jason Momoa), Wonder Woman (Gadot), The Flash (Ezra Miller), dan Cyborg (Ray Fisher) bersatu.

Namun, sepertinya semua sudah terlambat untuk dapat menyelamatkan bumi dari Steppenwolf, DeSaad serta Darkseid juga niat buruk mereka.

7. Sliding Door

Sliding Door
  • Tahun Rilis: 1993
  • Genre: Comedy, Fantasy, Drama, Romance
  • Produksi: Mirage Enterprises, Intermedia Films, Miramax
  • Sutradara: Peter Howitt
  • Pemeran: Gwyneth Paltrow, John Lynch, John Hannah & Jeanne Tripplehorn

Film drama romantis ini bercerita tentang kisah karakter utamanya, Helen, yang diperankan oleh Gwyneth Paltrow. Helen adalah seorang eksekutif periklanan di London.

Setelah dipecat dari pekerjaannya, Helen pun cepat-cepat keluar untuk mengejar kereta. Ada dua skenario yang bisa terjadi.

Skenario pertama, Helen berhasil naik kereta dan pulang ke rumah kemudian menemukan pacarnya, Gerry (John Lynch), bersama wanita lain di tempat tidur.

Skenario kedua, Helen ketinggalan kereta dan ketika tiba di rumah selingkuhan pacarnya sudah melarikan diri. Pada skenario pertama, setelah menangkap basah Gerry, Helen mencampakkan pacarnya dan menemukan lelaki baru.

Dia pun memperbaiki hidupnya secara bertahap. Sementara itu, skenario kedua, Helen jadi curiga dengan kesetiaan Gerry dan jadi sengsara.

8. The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch And The Wardrobe

The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch And The Wardrobe

Saat Perang Dunia II, Pevensie bersaudara, Peter (William Moseley), Susan (Anna Popplewell), Edmund (Skandar Keynes), dan Lucy (Georgie Henley) dievakuasi. Mereka dipindahkan dari London ke rumah khas pedesaan milik Profesor Kirke (Jim Broadbent) agar aman.

Saat sedang main petak umpet, Lucy secara tidak sengaja menemukan lemari pakaian yang ternyata membawanya ke dunia musim dingin yang ajaib bernama Narnia. Sekembalinya dari Narnia, Helen kembali lagi ke dunia itu bersama dengan saudara-saudaranya, Peter, Edmund, dan Susan.

Di Narnia mereka bergabung bersama seekor singa ajaib bernama Aslan (Liam Neeson). Bersama-sama mereka berjuang melawan Jadis (Tilda Swinton) Penyihir Putih yang jahat.

9. Source Code

Source Code
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Mystery, Drama, Thriller, Sci-Fi
  • Produksi: The Mark Gordon Company & Vendôme Pictures
  • Sutradara: Duncan Jones
  • Pemeran: Jake Gyllenhaal, Vera Farmiga, Michelle Monaghan & Jeffrey Wright

Colter Stevens (Jake Gyllenhaal) adalah seorang pilot helikopter. Dia tiba-tiba terbangun di dalam sebuah kereta yang menuju Chicago.

Hal ini membuatnya bingung karena ingatan terakhirnya adalah dia berada di dalam pesawat yang sedang melakukan operasi militer di Afghanistan. Namun refleksi yang muncul di kaca dan jendela kereta bukanlah dirinya melainkan Sean Fentress, seorang guru.

Kereta yang ditumpanginya bertabrakan dengan kereta lain dan semua orang meninggal. Tiba-tiba Colter terbangun di dalam kokpit pesawat dan diberitahu kalau dirinya berada dalam misi mencari pengebom sebelum Colter dibangunkan kembali di dalam kereta.

Selama menjalani momen menjadi Sean, Colter yakin dapat mencegah terjadinya tragedi pertama. Namun itu hanya bisa terjadi jika dia tidak kehabisan waktu ketika mencari pengebom.

10. Coherence

Coherence
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama, Sci-Fi, Mystery, Thriller
  • Produksi: Bellanova Films & Ugly Duckling Films
  • Sutradara: James Ward Byrkit
  • Pemeran: Emily Foxler, Nicholas Brendon &Maury Sterling

Cerita dalam film Coherence dimulai saat Emily (Emily Baldoni) dengan teman-temannya sedang menghadiri pesta makan malam di rumah Mike (Nicholas Brendon) dan Lee (Leorene Scarafia).

Di malam tersebut juga ada Komet Miller yang melintas. Dalam perjalanan menuju rumah Mike dan Lee, Emily mengalami kejadian yang aneh. Ketika sedang menelepon kekasihnya, ponselnya retak.

Emily berpikir kalau kejadian tersebut berhubungan dengan Komet yang akan melewati bumi. Komet tersebut dipercayai menciptakan banyak kematian yang tidak wajar.

Namun teman-temannya tak menanggapi serius ucapannya. Saat asyik mengobrol, tiba-tiba layar ponsel Hugh (Hugo Armstrong) juga remuk dan sambungan internet di HP-nya juga hilang.

Menyadari hal tersebut, semua yang hadir malam itu mengecek ponselnya dan ternyata HP mereka pun hilang sinyal.

Kemudian tiba-tiba aliran listrik padam dan semua rumah mengalami hal yang sama kecuali satu rumah di bukit seberang. Setelahnya banyak kejadian janggal terjadi yang membuat mereka panik dan bingung.

Itulah 10 film tentang multiverse yang lagi populer. Tak hanya film-film dari MCU, banyak juga film-film lama, bahkan sebelum MCU, yang sudah mengusung tema dunia paralel. Film tentang multiverse memiliki cerita yang beragam, ada yang tentang superhero, misteri, drama hingga sci-fi.

Kalau kamu ingin menonton film tentang dunia paralel sesudah menyaksikan Doctor Strange 2, daftar film di atas bisa dijadikan alternatif pilihan. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram