Bacaterus / Film Bencana / 10 Film Misi Penyelamatan yang Bikin Penontonnya Deg-degan

10 Film Misi Penyelamatan yang Bikin Penontonnya Deg-degan

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2019

Di media sosial, kita sering lihat cuplikan video penyelamatan. Petugas yang berusaha evakuasi korban banjir, pemadam kebakaran yang berjuang memadamkan api, sampai video orang bantu kucing yang nggak bisa turun dari pohon. Cuplikan video itu selalu berhasil bikin kita ikut tegang selama nonton.

Bagaimana kalau bukan cuma cuplikan video tapi sebuah film? Di dalam film, kita disuguhi cerita yang lebih lengkap dan dalam. Ada film-film yang bercerita tentang misi penyelamatan. Kalau kamu butuh rekomendasi, 10 film misi penyelamatan rekomendasi Bacaterus ini wajib kamu tonton dan bakal membuatmu merasa deg-degan, lho.

1. The Martian [2015]

The Martian

Mark Watney yang ikut dalam misi Ares III untuk pergi ke Mars diasumsikan mati tersapu badai sementara para awaknya yang lain berhasil lepas landas. Mark ternyata selamat dan harus bertahan hidup dengan pasokan seadanya. Waktu Mark berhasil membuat kontak dengan rekannya, mereka berusaha keras untuk membawa Mark pulang. Namun, butuh waktu yang lama dan proses yang rumit untuk itu. Apakah Mark berhasil dibawa pulang?

The Martian diadaptasi dari novel berjudul sama karya Andy Weir. Matt Damon yang memerankan Mark Watney memberi perspektif berbeda dalam usahanya bertahan hidup. Optimisme yang dia tanamkan dengan gaya nyelenehnya menjadi suguhan menarik.

2. Dunkirk [2017]

Dunkirk

Siapa yang nggak kenal Cristopher Nolan? Karya Nolan yang diambil dari kisah nyata ini lagi-lagi menuai pujian dan layak disebut sebagai salah satu masterpiece yang pernah dia hasilkan. Caranya menuturkan cerita berhasil memukau para penikmat ceritanya.

Dunkirk bercerita tentang misi penyelamatan tentara sekutu pada Perang Dunia II. Mengambil sudut pandang dari 3 sisi yaitu The Mole (usaha tentara Inggris bernama Tommy untuk bertahan hidup agar bisa kembali pulang dengan selamat), The Sea (Dawson yang mengemudikan kapal bersama anaknya untuk menyelamatkan tentara) dan The Air pilot Royal Air Force bernama Farrier dan Collins yang berperang dengan pesawat tempur musuh).

Alih-alih menampilkan adegan kekerasan, Nolan membuat Dunkirk memperlihatkan sisi humanis dari sebuah perang. Jika kamu menyukai film perang sejenis Dunkirk, simak rekomendasi judul lainnya dalam artikel film perang terbaik ini.

3. Black Hawk Down [2001]

Black Hawk Down

Salah satu karya terbaik Ridley Scott adalah Black Hawk Down. Diadaptasi dari buku berjudul sama karya Mark Bowden. Mengambil inspirasi dari kejadian nyata, Black Hawk Down menyuguhkan laga dan ketegangan yang menarik.

Bercerita tentang rezim korup di Somalia yang menyebabkan rakyatnya menderita. Amerika mencoba menyelesaikan masalah ini dengan membuat operasi penangkapan dua panglima yang menjadi otak kekacauan di Somalia. Namun operasi tersebut terhambat karena jatuhnya 18 korban dari 2 tim misi tersebut. Misi penangkapan berubah menjadi misi penyelamatan para anggota tim yang tersisa yang berlindung di bangunan sekitar helikopter Black Hawk jatuh.

4. 6 Days [2017]

6 Days

Berasal dari kisah nyata pada tahun 1980, tentang enam orang teroris yang menyebu kedutaan besar Iran di London. Mereka menuntut agar Iran membebaskan tahanan keturunan Arab yang dipenjara di Khuzestan. Margareth Thatcher yang saat itu menjadi PM Inggris menugaskan SAS untuk menyelamatkan pada sandera dan proses penyelamatan itu membutuhkan waktu enam hari.

6 Days yang bergenre action ini cukup menyita perhatian. Nama-nama yang terlibat mungkin nggak terlalu populer, tetapi film ini menjanjikan ketegangan yang seru. Kalau kamu ragu karena nama-nama yang terlibat nggak kamu kenal, percayalah itu bukan masalah. Film ini tetaplah film berkualitas yang layak ditonton.

5. Mile 22 [2018]

Mile 22

Li Noor menyerahkan diri pada kedutaan besar Amerika. Dia adalah informan penting yang punya informasi mengenai agen KSB dari Rusia dan gudang Cesium, sebuah bubuk yang berbahaya bila digunakan. James Silva ditugaskan untuk mengeluarkan Li Noor hidup-hidup dengan mengantarnya ke bandar yang jaraknya sejauh 22 mil.

Selain dibintangi Mark Wahlberg, film ini juga menampilkan Iko Uwais. Aktor asal Indonesia itu mendapat sorotan yang luar biasa di Amerika berkat adegan laganya di film ini. Kalau suka adegan baku hantam, kejar-kejaran, tembak-tembakan dan ledakan maka Mile 22 adalah tontonan wajib.

6. Tears of the Sun (2003)

Tears of the Sun

Letnan A.K. Waters ditugaskan oleh atasannya Kapten Bill Rhodes untuk melakukan misi penyelamatan warga asing di Nigeria yang saat itu dalam keadaan darurat. Situasinya sangat parah dan berpotensi menyebabkan terjadinya perang saudara. Waters diperintahkan khusus untuk menyelamatkan Dr. Lena Kendricks ke Kamerun yang relatif aman. Sayangnya dokter tersebut nggak mau diekstradisi jika para pasiennya nggak ikut bersamanya.

Tears of the Sun merupakan salah satu film mengenai peperangan yang selalu diingat. Bukan cuma karena diwarnai adegan perang, tetapi juga memperlihatkan sisi kemanusiaan. Ada sebuah kutipan yang sangat bermakna dari film ini, “The only thing necessary for the triumph of evil is good for men to do nothing“.

7. Act of Valor (2012)

Act of Valor

Act of Valor bercerita tentang misi penyelamatan agen CIA di Kosta Rika yang disandera oleh kelompok teroris. Selain itu ada juga perburuan seorang teroris bernama Abu Shabal dan Christo yang terkait dalam perdagangan manusia. Walau disebut film fiksi, tapi banyak yang menganggap bahwa kejadian-kejadian di film ini berasal dari kisah nyata.

Film ini menyajikan sinematografi yang luar biasa bagus. Selain itu, taktik yang digunakan juga merupakan adaptasi dari taktik asli. Jadi, kalau kamu tertarik dengan dunia militer, film ini pasti akan menyenangkan untuk ditonton. Kamu bisa melihat taktik yang mereka pakai untuk misi penyelamatan.

8. Captain Phillips [2013]

Captain Phillips

Perompak Somalia yang namanya sering terdengar di berita diangkat dalam film Captain Phillips. Tahun 2009, Kapal Maersk Alabama dibajak oleh perompak Somalia. Peristiwa nyata tersebut adalah peristiwa kapal kargo pertama milik Amerika yang dibajak dalam 200 tahun terakhir.

Captain Phillips yang menjadi kapten Maersk Alabama disandera oleh sekelompok perompak dalam perjalanannya menuju Mombasa, Kenya. Tom Hanks yang memerankan tokoh utama di film ini berhasil menunjukkan kualitasnya. Kemahirannya masuk ke dalam karakter seorang kapten yang berusaha menyelamatkan awaknya serta dialognya bersama perompak bisa menyentuh sisi emosional penonton.

9. San Andreas [2015]

San Andreas

Sebuah gempa tektonik melanda Amerika. Gempa tersebut terjadi karena adanya gerakan pada patahan bernama San Andreas yang memiliki panjang 1200 km. Ray yang berprofesi sebagai pilot helikopter regu penyelamat harus menyelamatkan keluarganya yang terjebak di antara reruntuhan bangunan di San Fransisco. Film cukup menyentuh sisi emosional penonton.

Film yang dibintangi Dwayne Johnson ini berhasil menampilkan ketegangan sepanjang film. Kemampuannya sebagai aktor yang biasanya terlibat dalam adegan laga, kali ini dia cukup berhasil bermain drama. Kalau mau nonton bersama keluarga, ini film yang cocok.

10. Argo [2012]

Argo

Argo diadaptasi dari kisah nyata pada tahun 1979. Kedutaan besar Amerika di Tehran dikepung oleh tentara Iran dan dijadikan sandera. Enam orang berhasil melarikan diri ke kedutaan besar Kanada.

Tony Mendez, seorang anggota CIA yang mempunyai keahlian dalam pelarian tawanan membuat sebuah strategi penyelamatan yang nggak biasa. Dia membawa sekelompok orang dari Hollywoord ke Iran untuk menyelamatkan sandera dengan dalih mereka sedang melakukan syuting sebuah film berjudul Argo. Strategi yang menarik, kan?

Argo dibintangi Ben Affleck yang juga berlaku sebagai produser bersama George Clooney dan Grant Heslov. Film ini berhasil dieksekusi dengan baik dengan terciptanya adegan-adegan menegangkan. Nggak heran kalau Argo berhasil merajai Oscar tahun 2013 dengan memenangkan penghargaan sebagai film terbaik, skenario adaptasi terbaik dan penyuntingan film terbaik.

Demikian 10 film misi penyelamatan yang bikin deg-degan. Semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang ingin mengisi waktu luang. Kalau mau menambahkan, kamu bisa menulis di kolom komentar yang sudah disediakan. Informasi yang kamu tuliskan akan menambah wawasan para pembaca. Jangan ragu untuk berbagi teman-teman, karena berbagi nggak bikin rugi!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar