Bacaterus / Film Fiksi Ilmiah / 10 Rekomendasi Film Tentang Mesin Waktu yang Wajib Ditonton

10 Rekomendasi Film Tentang Mesin Waktu yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 November 2019

Menciptakan mesin waktu dalam kehidupan nyata mungkin sulit atau tidak mungkin dilakukan, tapi beda halnya di sebuah industri perfilman. Mesin waktu dapat tercipta dalam sebuah konsep film dengan cerita yang menarik untuk ditonton. Bahkan tak jarang film bergenre aksi, drama, dan komedi pun mengambil konsep time travel atau perjalanan waktu, hanya agar filmnya laris.

Membuat film bertemakan time travel memang tidak mudah. Dibutuhkan logika dan pendekatan ilmiah agar konsep cerita dapat dimengerti oleh para penonton. Agar tidak penasaran bagaimana serunya film-film tentang mesin waktu ini, maka Bacaterus telah merangkum 10 film pilihan yang dapat membuat imajinasi kamu tentang perjalanan waktu bisa terwujud.

1. Back to the Future Trilogy ( 1985, 1989, 1990)

Back to the Future Trilogy

* sumber: mashable.com

Sebagai seorang sutradara, Robert Zemeckis berhasil meramu serial film ini menjadi sebuah tontonan yang visioner pada pertengahan tahun 80an. Dengan perkembangan teknologi yang belum canggih seperti sekarang, film ini mampu memperlihatkan visualisasi masa depan dengan menarik. Tak salah jika trilogi Back to the Future menjadi salah satu film terbaik pada zamannya.

Ketiga film Back to the Future bercerita tentang persahabatan antara seorang remaja bernama Marty McFly dengan seorang ilmuan bernama Dr. Emmet Brown. Doc, begitulah Marty sering memanggil sahabatnya tersebut. Mereka berdua bepergian mengarungi waktu dengan menggunakan time machine ciptaan Doc.

Mesin waktu yang diciptakan oleh Doc sangatlah unik. Mereka bisa melakukan perjalanan waktu menggunakan sebuah mobil sport DeLorean DMC-12. Mobil tersebut memiliki alat yang bernama flux capacitors yang memiliki daya 1,21 gigawatts yang setara dengan tenaga petir. Dengan kekuatan seperti itu, mereka bisa melakukan perjalanan waktu untuk memecahkan setiap masalah.

2. Twelve Monkeys (1995)

Twelve Monkeys

* sumber: www.vulture.com

Apa jadinya jika di masa depan, tepatnya di tahun 2035 populasi manusia hanya tersisa 1 persen lagi? Film Twelve Monkeys yang dibintangi oleh Bruce Willis ini berusaha menggambarkan kondisi tersebut. Merebaknya wabah virus mematikan di seluruh bumi membuat keberadaan manusia mulai punah. Harapan mulai muncul ketika sebuah mesin waktu berhasil ditemukan.

James Cole (Bruce Willis) mendapatkan misi untuk mencari tahu asal muasal penyebaran virus mematikan tersebut. Dia dikirim ke tahun 1990, dan bertemu dengan seorang psikiater bernama Kathryn Railly (Madeleine Stowe) serta seorang pasien bernama Jeffrey (Brad Pitt).

Keduanya membantu James Cole untuk mengungkap misteri organisasi Twelve Monkeys. Mampukah mereka menghentikan bencana virus yang akan terjadi? Jangan sampai lewatkan film seru yang satu ini ya!

3. The Time Machine (2002)

The Time Machine

* sumber: www.isthismoviesuitable.com

Kehilangan pasangan yang dicintai merupakan salah satu alasan paling kuat bagi seseorang untuk bisa memutar waktu, dan mencegah agar hal itu tidak terjadi. Dengan perasaan yang sama seperti itulah, Alexander Hartdegen membuat sebuah mesin waktu untuk menyelamatkan pujaan hatinya, Emma. Ia berkelana mengelabui waktu untuk bisa pergi ke hari di mana kekasihnya akan meninggal.

Walaupun berhasil melintas dengan menggunakan mesin waktu, kenyataan pahit tetap diterima Alex, bahwa takdir tidak bisa diubah dan Emma pun tetap meninggal di hari itu juga. Kejeniusan Alex dalam membuat time machine tidak serta merta bisa merubah jalan hidup seseorang. Dari situlah Alex pergi ke masa depan untuk mencari tahu, mengapa manusia tidak bisa mengubah masa lalunya.

Dalam perjalanannya ke masa depan, Alex mengalami petualangan yang luar bisa. Di era tersebut, ia bertemu dengan dua ras manusia yang hidup, yaitu bangsa Eloi dan bangsa Morlock. Penasaran dengan kelanjutan petualangan dari Alex? Jangan sampai lupa untuk menonton film tentang mesin waktu yang ini.

4. De Javu (2006)

De Javu

* sumber: coolpapae.com

De Javu adalah sebuah film yang menggabungkan ketegangan film bergenre action dan fiksi ilmiah. Denzel Washington yang berperan sebagai Dough Carlin adalah seorang Agen Biro Penanggulangan Alkohol, Tembakau dan Senjata Api (ATF). Ia memiliki kemampuan analisa yang baik dan detail, sehingga diajak kerjasama oleh FBI untuk menangani sebuah kasus bom yang meledak di atas kapal feri New Orleans.

Lebih dari 500 orang tewas dalam insiden bom di kapal tersebut. FBI meminta Carlin untuk terlibat dalam proyek rahasia agar mampu mengungkap kasus teroris di kapal feri itu. Proyek rahasia tersebut menggunakan teknologi super canggih, dan mampu melihat secara berurutan kejadian dalam empat hari yang lalu.

Dough Carlin harus bergelut dengan waktu untuk mencari tahu dalang dari pemboman tersebut. Selama tiga hari menggunakan teknologi super canggih itu, Carlin percaya bahwa dia bisa mencegah kejadian itu untuk tidak terjadi.

5. Avengers: Endgame (2019)

Avengers Endgame

* sumber: www.theverge.com

Dirilis pada bulan Juni 2019, film dari semesta Marvel Cinematic Universe (MCU) ini menjadi salah satu franchise yang paling sukses. Mengambil latar lima tahun setelah kejadian dari Infinity war, para superhero yang selamat mencoba mengembalikan kawan-kawannya yang hilang. Mereka menjadi debu akibat jentikan jari Thanos dengan infinity stones-nya.

Dengan menggunakan konsep mesin waktu dari dunia quantum, para “The Earth Mightiest Heroes” yang tersisa melakukan perjalan ke masa yang berbeda. Mereka mencoba mencuri waktu untuk meminjam batu abadi di timeline ketika batu itu berada. Mereka bertujuan untuk merubah masa depan ketika Thanos berhasil menghilangkan setengah populasi alam semesta.

Rencana kelompok superhero yang dipimpin oleh Captain America ini berhasil, dan para superhero yang menjadi debu kembali hidup lagi. Mereka bersatu dengan superhero lainnya untuk menjaga infinity stones agar tidak direbut oleh Thanos. Untuk mengakhiri semua konflik, mereka sekali lagi harus melawan Thanos dan pasukannya. Avengers Assemble!

6. Looper (2012)

Looper

* sumber: iamyourtargetdemographic.com

Film ini mengambil latar di tahun 2044. Saat itu Joe (Joseph Gordon Levitt) bekerja menjadi seorang pembunuh bayaran dari kelompok Looper. Kelompok tersebut menjalin kerjasama dengan suatu gembong kriminal di masa depan di tahun 2074. Gembong kriminal itu mengirim target pembunuhan untuk dibunuh oleh Looper di tahun 2044.

Para pembunuh bayaran tersebut mendapat tugas untuk membunuh dan menghilangkan jejak targetnya. Joe yang memiliki tanggung jawab sebagai Looper, secara tidak terduga harus menghabisi nyawa dirinya sendiri yang hidup di masa depan. Konflik muncul ketika Joe harus berhadapan dengan target terakhirnya, yaitu Joe versi tua (Bruce Willis).

Bagaimana nasib dari Joe sendiri, akankan dia mampu menyelesaikan tugasnya sebagai seorang Looper? Apakah Joe muda mau melepaskan dan membebaskan Joe tua untuk tidak dibunuh? Jangan lupa untuk menonton film tentang mesin waktu yang satu ini ya.

7. Hot Tub Time Machine (2010)

Hot Tub Time Machine

* sumber: www.empireonline.com

Film yang satu ini tidak serumit dengan film berkonsep time travel lainnya. Namanya juga film komedi, kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan konsep mesin waktu secara ilmiah. Kamu cukup duduk manis dan siapkan cemilan untuk nonton akting kocak dari Adam (John Cusack), Lou (Rob Corddry), Nick (Craig Robinson), dan Jacob (Clark Duke).

Keempat pria tersebut sudah bersahabat sedari SMA. Kehidupan mereka selalu dihinggapi rasa sial terus menerus. Setelah dewasa pun, mereka selalu merasa jadi pecundang karena kehidupannya tidak pernah dekat dengan yang namanya bahagia. Untuk melepaskan nasib buruk tersebut, Adam dan kawan-kawannya memutuskan untuk berlibur di sebuah resort.

Di tempat tersebut, mereka berpesta di sebuah kolam air panas (Jacuzzi). Awalnya tidak terjadi apa-apa, namun seketika mereka bisa menembus waktu dan kembali ke masa lalu menggunakan Jacuzzi tersebut. Kini keempat sekawan ini berada di tahun 1986, dan mendapat kesempatan kedua untuk memperbaiki hidup mereka yang selalu sial.

8. Project Almanac (2015)

Project Almanac

* sumber: showtimeshowdown.com

David Raskin, Adam Le, Quinn Goldberg, Christina Raskin, dan Jessie Pierce tidak pernah menyangka bahwa mereka akan melakukan perjalanan waktu. Mereka menembus waktu dengan menggunakan sebuah proyek eksperimen yang bernama Project Almanac.

Cerita bermula ketika kelima sahabat tersebut tidak sengaja menemukan sebuah kotak misterius di loteng rumah David. Ternyata di dalam kotak itu ada sebuah eksperimen bernama Project Almanac. Eksperimen tersebut adalah rancangan ayahnya David, yang telah tewas dalam kecelakaan mobil.

Benda tersebut menimbulkan rasa penasaran, hingga akhirnya mereka berencana untuk menyelesaikannya. Mereka menyadari bahwa benda itu adalah sebuah alat yang dapat mengirim seseorang ke masa lalu.

Konflik mulai terjadi ketika mereka melakukan perubahan di masa lalu. Akibat ulah yang dilakukan tersebut, tanpa disadari mereka mengakibatkan efek berantai di masa depan. Hingga pada akhirnya, kelima sahabat tersebut harus menyelesaikan masalah yang telah diperbuatnya.

9. Bill and Ted’s Excellent Adventure (1989)

Bill and Ted’s Excellent Adventure

* sumber: variety.com

Sebelum tampil garang dan sadis di film John Wick, Keanu Reeves pernah berperan menggemaskan di filmnya yang terdahulu, Bill and Ted’s Excellent Adventure. Di film ini Keanu menjadi seorang anak SMA bernama Ted yang memiliki teman sekolah bernama Bill (Alex Winter). Mereka berdua bercita-cita ingin mempunyai sebuah band rock and roll yang diberi nama”Wyld Stallyns”.

Mimpi memiliki sebuah band tak disangka menjadi suatu anugerah. Di masa depan, lagu-lagu yang mereka ciptakan ternyata mampu memberikan kedamaian bagi dunia. Namun sayangnya, ketika SMA tepatnya di tahun 1988, mereka terancam tidak lulus sekolah. Mereka harus mendapatkan nilai yang bagus dalam mata pelajaran sejarah jika ingin lulus.

Dengan kondisi seperti itu, orang-orang yang hidup di masa depan mengirimkan mesin waktu bagi Bill dan Ted. Mereka menaiki mesin waktu yang berbentuk kotak telepon, sehingga kedua anak nakal tersebut bisa melintasi ruang dan waktu. Mereka menemui tokoh-tokoh sejarah untuk membantu Bill dan Ted agar bisa lulus mata pelajaran sejarah.

10. Source Code (2011)

Source Code

* sumber: moviegrrlreviews.wordpress.com

Seorang pilot Angkatan Darat Amerika Serikat yang bernama Captain Colter Stevens mendapatkan sebuah misi. Dalam tugasnya itu, ia diharuskan untuk mencari pelaku dibalik pengeboman kereta yang menuju Chicago.

Tidak seperti misi yang biasa dilakukannya, kali ini Stevens harus menggunakan sebuah mesin eksperimental yang bernama Source Code. Dengan menggunakan mesin tersebut, jiwa Stevens ditempatkan dalam tubuh orang lain di masa lalu sebelum pengeboman kereta itu terjadi.

Untuk menghentikan rencana pengeboman tersebut, Stevens berkali-kali harus diuji dan masuk kedalam sistem Source Code. Dengan waktu yang dimiliki hanya 8 menit, ia harus menemukan letak bom dan pelakunya. Mampukah ia merubah masa lalu dan menyelamatkan masa depan? Film seru dan menegangkan ini wajib ditonton.

Itulah 10 film tentang mesin waktu yang bisa menjadi bahan referensi buat kamu. Jangan lupa kalau ada waktu luang, tonton semua film keren di atas. Jika kamu pecinta film fiksi ilmiah, kamu bisa membaca artikel Bacaterus yang berjudul 10 Film Science-Fiction dengan Visual Efek yang Mengagumkan ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar