Bacaterus / Film Barat / Inilah Film Tentang Mermaid yang Seru dan Wajib Ditonton

Inilah Film Tentang Mermaid yang Seru dan Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Sedang mencari-cari koleksi film dengan putri duyung di dalamnya? Bacaterus hadir untuk mempermudah pencarian Anda. Putri duyung adalah makhluk mitologis yang memiliki tubuh layaknya manusia (biasanya perempuan) dari pinggang hingga kepalanya, sedangkan bagian tubuh bawahnya (dari pinggang ke bawah) menyerupai ikan.

Kepopuleran karakter makhluk mitos ini sangat tinggi, sehingga sering dijadikan film, drama, bahkan sinetron lokal juga banyak yang mengangkat kisah tentangnya. Nah, saat ini Bacaterus telah mengumpulkan film-film apa saja yang memiliki karakter mermaid di dalamnya.

Tapi, perlu diperhatikan kalau tidak semua film di bawah ini menjadikan mermaid tokoh utamanya, beberapa hanya melibatkan mermaid, alias mereka dijadikan karakter pendukung saja. Tapi, coba tonton saja siapa tahu Anda suka. Yuk, langsung saja dilihat film-film tentang mermaid di bawah ini!

1. The Little Mermaid (1989)

Pertama-tama kita harus membahas film putri duyung yang legend, dong. Ialah The Little Mermaid. Film Disney ini ternyata sudah berusia lama sekali, loh, karena dirilis pada tahun 1989. The Little Mermaid adalah film fantasi romantis musikal yang sedikit didasarkan pada dongeng Denmark dengan judul yang sama karya Hans Christian Andersen.

Film ini menceritakan tentang seorang putri duyung bernama Ariel yang bermimpi ingin menjadi manusia, setelah dia pergi ke permukaan dan jatuh cinta dengan seorang manusia bernama Pangeran Eric. Ariel sendiri merupakan seorang putri kerajaan Atlantica.

Sebenarnya sudah sejak lama Ariel tertarik dengan dunia manusia. Dia sering pergi ke permukaan, mengoleksi “artefak” manusia alias barang-barang manusia yang tercebur dan hilang bersama sahabatnya si ikan bernama Flounder.

Ariel juga punya teman di permukaan, yaitu seorang burung camar bernama Scuttle yang sering memberi tahu “pengetahuan tentang budaya manusia” yang sebenarnya sangat tidak akurat. Semua kegiatan Ariel sangat tidak disukai oleh ayahnya, Triton, sang penguasa Atlantica. Ayahnya mengutus Sebastian, seekor kepiting penasihat dan komponis istana, untuk mengawasi Ariel.

Suatu malam, Ariel, Flounder (yang sukarela) dan Sebastian (yang terpaksa) mengikuti sang putri duyung ke permukaan laut. Di sana dia melihat Pangeran Eric dan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Masih saat itu juga, tiba-tiba ada badai yang menghancurkan kapal Pangeran Eric dan membawa semua orang terlempar ke laut, termasuk sang pangeran tentu saja.

Ariel menyelamatkan pangeran dan membawanya ke pantai. Ariel bernyanyi untuk membangunkan Pangeran Eric, tetapi segera pergi begitu pangeran sadar. Terpesona oleh ingatan suaranya, Eric bersumpah untuk menemukan gadis yang menyelamatkan dan bernyanyi untuknya.

Begitu pula dengan Ariel yang bersumpah untuk menemukan cara untuk bergabung dengannya di dunia manusia. The Little Mermaid sangat sukses sampai ada sekuelnya, yaitu The Little Mermaid II.

2. Aquamarine (2006)

Anda mungkin pernah melihat poster film ini, walaupun belum pernah menontonnya. Posternya yang ikonik adalah ketiga wanita muda yang sedang selonjoran sambil berpangku tangan, tersenyum menghadap kamera. Tapi, yang dua punya kaki, yang satu di tengah punya ekor seperti ikan!

Aquamarine adalah film komedi romantis fantasi remaja yang berdasarkan pada novel (rilis tahun 2001) dengan judul yang sama karya Alice Hoffman. Ketiga tokoh utamanya dibintangi oleh Emma Roberts, Joanna “JoJo” Levesque dan Sara Paxton.

Ceritanya begini, Claire dan Hailey menikmati hari-hari terakhir musim panas mereka bersama, karena Hailey akan pindah ke Australia karena pekerjaan ibunya. Mereka mengadakan pajama party dan Hailey berdoa kepada dewa samudera untuk keajaiban yang akan membuat ibunya berubah pikiran tentang pindah.

Tak lama setelah itu, badai dahsyat terjadi. Pagi berikutnya, Claire secara tidak sengaja jatuh ke kolam renang klub pantai dan melihat sesuatu yang aneh. Di dalam kolam tersebut ada sesuaty dengan rambut biru dan memiliki ekor. Claire dan Hailey kembali dan menjelajahinya pada malam hari, dan menemukan putri duyung bernama Aquamarine. Mereka pun secara instan menjadi teman.

3. Lady in the Water (2006)

Lady in the Water adalah film thriller psikologis fantasi Amerika yang dirilis pada tahun 2006. Plot film ini menyangkut pengawas kompleks apartemen bernama Philadelphia, yang menemukan seorang wanita muda di kolam renang.

Lambat laun, dia dan tetangganya mengetahui bahwa wanita tersebut adalah Narf (peri air) yang hidupnya sedang dalam bahaya dari makhluk ganas, Scrunt (makhluk mistis seperti serigala) yang mencoba mencegahnya kembali ke Blue World, “dunia biru”nya yang berair.

4. Aquaman (2018)

Terlahir di tepi dunia permukaan, Arthur Curry menemukan bahwa ia hanya setengah manusia dengan separuh darahnya adalah keturunan Atlanteean, menjadikannya pewaris yang sah atas takhta kerajaan Atlantis bawah laut.

Namun, Arthur mengetahui bahwa Atlantis sedang diperintah oleh saudara tirinya yang jahat, Orm, yang berupaya menyatukan tujuh kerajaan bawah laut dan berperang di permukaan. Dengan bantuan dari Nuidis Vulko dan Mera, Arthur harus menjadi Aquaman untuk menyelamatkan Atlantis dan dunia permukaan dari rencana jahat Orm.

Ada beberapa orang yang bingung, Aquaman itu bagian dari Avenger atau bukan, sih? Jadi, Aquaman adalah superhero fiksi yang muncul dalam buku DC Comics. Sedangkan Avenger bagian dari Marvel Comics. Sebelum menonton, ingatlah mereka berasal dari universe yang berbeda, ya. Lalu, di mana putri duyungnya? Yaitu ratu bawah laut, ibunya Aquaman.

5. Mei Ren Yu (2016)

Proyek perkebunan Xuan yang melibatkan reklamasi laut mengancam mata pencaharian putri duyung yang mengandalkan laut untuk bertahan hidup. Shan dikirim untuk menghentikan Xuan dan ini membuat mereka saling jatuh cinta.

Karena cintanya pada Shan, Xuan berencana untuk menghentikan reklamasi. Sayangnya, Shan dan putri duyung lainnya diburu oleh organisasi tersembunyi dan Xuan harus menyelamatkan Shan sebelum terlambat.

6. The Little Mermaid (2018)

Cerita awalnya dimulai dari seorang nenek yang sedang berdongeng pada dua gadis muda, menceritakan tentang kisah “The Little Mermaid” yang diketahui semua orang.

Putri duyung jatuh cinta pada pangeran yang seorang manusia, pergi ke penyihir, meminta kaki, tapi ternyata pangeran salah mengenal orang yang menyelamatkannya dan malah menikahi gadis lain. Putri duyung pun gagal memenuhi persyaratan penyihir dan berakhir menjadi budak penyihir tersebut selama-lamanya.

Akan tetapi, cerita ini belum selesai. Kisah aslinya dimulai dengan seorang reporter muda bernama Cam. Dia memiliki keponakan bernama Elle, yang memiliki kondisi yang tidak terdiagnosis tanpa penyembuhan. Di pekerjaannya, Cam ditugaskan oleh bosnya untuk menyelidiki air penyembuhan putri duyung Locke. Cam berharap air ini bisa menyembuhkan Elle.

Cam dan Elle tiba di Mississippi dan mengunjungi sirkus, tempat Cam dan Elle bertemu dengan putri duyung cantik yang dikurung di dalam tangki kaca. Cam mempertanyakan beberapa orang yang telah mengambil air putri duyung Locke.

Tapi, Cam menemukan bahwa tidak ada dari orang-orang tersebut yang sembuh dari penyakit mereka. Cam dan Elle ingin menyelamatkan jiwa sang putri duyung dan melepaskan raganya dari tank air.

Film Mermaid ternyata sudah ada sejak tahun 1989 hingga 2018 dan mungkin ke depannya masih banyak film Mermaid yang bermunculan. Tertarik untuk menonton semua film Mermaid?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *