Bacaterus / Film Edukasi / 10 Film Tentang Matematika Terbaik dan Paling Bermakna

10 Film Tentang Matematika Terbaik dan Paling Bermakna

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2019

Matematika nggak cuma tertulis di atas kertas. Di luar itu, matematika selalu berguna untuk kehidupan kita. Selama ini, kita cuma melihat matematika sebagai sesuatu yang rumit di atas kertas. Pernahkah kita melihat apa saja yang bisa dilakukan oleh matematika?

Ada film-film yang bercerita tentang matematika. Di sana, matematika bukan lagi menjadi nilai tetapi makna. Kalau kamu mau tahu lebih dalam soal matematika, kamu perlu menonton film-film tentang matematika. Kadang kala, buku-buku yang dipelajari di kelas nggak cukup menjelaskan. Kita butuh sudut pandang lain, di antaranya melalui 10 film tentang matematika yang Bacaterus rekomendasikan di bawah ini.

1. The Man Who Knew Infinity [2015]

The Man Who Knew Infinity

Film ini secara khusus menceritakan tentang Srinivasa Ramanujan. Dia adalah seorang matematikawan muda asal India yang sangat berbakat. Diperankan oleh Dev Patel, salah satu aktor India yang sering terlibat di film Barat. Film ini diangkat dari buku berjudul sama yang rilis tahun 1991 karya Robert Kanigel.

Ramanujan adalah seorang jenius yang hidup miskin di Madras, India. Dia menulis surat kepada Prof. Hardy di Trinity College, Cambridge. Persahabatan di antara mereka terjalin melalui surat itu. Ramanujan berhasil masuk dan belajar di Cambridge selama perang dunia I. Dia dibimbing Prof. Hardy sampai menjadi pelopor teori matematika.

2. Gifted [2017]

Gifted

Bagaimana matematika mewarnai drama keluarga? Ini tentang Frank, seorang pria lajang yang berusaha membesarkan Marry seorang diri. Marry adalah putri dari kakak Frank yang sudah meninggal. Seperti ibunya, Marry yang baru berusia 7 tahun itu sangat jenius matematika.

Masalah terjadi ketika Frank harus berebut hak asuh anak melawan ibunya sendiri. Frank ingin Marry tumbuh normal seperti anak lain, sementara ibunya yang sangat terobsesi pada matematika ingin cucunya itu dibimbing secara khusus. Lalu, apa yang terbaik untuk Marry? Film ini akan menjawabnya.

3. The Imitation Game [2014]

The Imitation Game

Apakah matematika berguna ketika negara harus berperang? Mari kita lihat cerita tentang Alan Turing di film ini. Dia adalah salah satu ahli matematika terbaik di dunia. Naskah film ini diadaptasi dari buku Alan Turing: The Enigma karya Andrew Hodges. Alan Turing diperankan oleh Benedict Cumberbatch.

Tahun 1939, Britania Raya mengumumkan perang terhadap Jerman. Alan Turing bergabung sebagai tim kriptografi. Tim tersebut mencoba mendeskripsi mesin Enigma yang digunakan pihak lawan untuk mengirim pesan dengan kode. Hasil kerja Alan kala itu, masih dirasakan orang-orang jauh setelah dia meninggal. Film ini nggak cuma menarik tetapi juga penting. Dunia perlu tahu cerita tentang Alan Turing.

4. A Beautiful Mind [2001]

A Beautiful Mind

Pernah mendengar nama John Nash? Kalau belum, kamu bisa mulai berkenalan melalui film ini. Film ini ada film biografi yang diadaptasi dari buku berjudul sama karya Sylvia Nasar. Russel Crowee yang berperan sebagai John Nash di film ini.

John adalah seseorang yang jenius dan cemerlang, tetapi juga anti sosial. Dia mengaku mendapatkan sebuah pekerjaan rahasia untuk bidang kriptografi. Namun, ternyata hidupnya berubah menjadi mengerikan. Seperti Alan Turing, John Nash merupakan nama yang penting untuk bidang matematika. A Beautiful Mind bisa jadi awal untuk siapapun yang ingin mendengar cerita tentang sosok John Nash.

5. Good Will Hunting [1997]

Good Will Hunting

Film ini memang film lawas, tetapi masih sangat layak untuk ditonton hari ini. Keunikan karakter dan kekuatan cerita jadi nilai jual utama film ini. Bukan cuma tentang matematika, tetapi juga tentang pencarian jati diri. Karakter utamanya adalah seorang jenius yang nggak kenal sama dirinya sendiri.

Will bukan seorang Professor atau mahasiswa dengan sederet prestasi. Dia cuma seorang petugas kebersihan di MIT. Suatu hari, Gerald Lambeu memberi soal  matematika sulit di papan area koridor kampus. Siapapun yang bisa boleh mengerjakan itu. Dia mendapati bahwa yang berhasil mengerjakan adalah Will. Segera saja dia tahu kalau Will seorang jenius, tetapi pemuda itu butuh pertolongan khusus.

Film ini adalah film yang layak ditonton berulang-ulang karena kedalaman dan kehangatan ceritanya.

6. The Theory of Everything [2014]

The Theory of Everything

Satu nama yang bukan cuma terkenal tetapi juga penting untuk dunia ilmu pengetahuan adalah Stephen Hawking. Dia adalah Profesor Lucasian dalam bidang matematika di Universitas Cambridge. Kita mungkin tahu tentang kejeniusannya, tetapi di film ini kita akan tahu sedikit kehidupannya.

Film ini memang secara khusus mengadaptasi kisah nyata seorang Stephen Hawking. Bagaimana dia berproses sebagai manusia jenius. Bahkan setelah dia didiagnosis menderita penyakit ALS yang mematikan itu. Penyakit itu, dan kesulitan yang dia hadapi karenanya nggak bikin dia berhenti untuk jadi seorang pemikir yang hebat.

7. 21 [2008]

21

Bagaimana matematika berperan di arena perjudian? Meskipun fiksi, film ini tetap menarik karena menggabungkan dua dunia yang bertentangan. Dunia perjudian dan ilmu pengetahuan.

Ceritanya tentang 6 orang mahasiswa MIT yang cerdas yang dilatih untuk bermain poker oleh dosennya. Mereka berlatih, mengatur strategi, lalu beraksi bersama-sama dan mendapat uang. Bahkan, mereka beraksi di tempat perjudian besar di Las Vegas dan mengeruk jutaan dollar. Film yang menghibur dan ringan.

8. Moneyball [2011]

Moneyball

Bagaimana jadinya kalau matematika diterapkan di bidang olahraga? Tentu saja akan menarik mengingat kalau di sekolah dua bidang itu sama sekali nggak beriringan. Namun, di film ini matematika menjadi solusi untuk sebuah tim baseball.

Billy Beane menyelesaikan krisis yang sedang melanda tim baseball dengan statistik. Dia menjual pemain bintang karena kendala keuangan dan mempertahankan pemain biasa. Dia menggunakan statistika untuk mengelola tim itu. Dia adalah orang yang membuat sport science populer di dunia baseball bahkan sampai merambah ke bidang olahraga lain.

9. X+Y: A Brilliant Young Mind [2015]

X+Y A Brilliant Young Mind

Film ini bukan cuma tentang matematika semata, tetapi juga tentang hubungan orang tua yang mencintai anaknya yang didiagnosa mengidap autis. Karena keadaannya, Nathan menjadi remaja yang sulit memahami orang lain,

Suatu hari, dia diikutkan Olimpade matematika dan harus menjalani karantina. Pada masa karantina itulah dia bertemu dengan seorang siswa dari China. Pertemuan itu membuat Nathan merasakan sesuatu yang aneh. Barangkali ini adalah film tentang cinta monyet remaja, tetapi dikemas dengan cara yang unik dan berkelas.

10. Hidden Figures [2017]

Hidden Figures

Film ini akan menyentuh sisi kemanusiaan kamu dengan cara yang misterius. Bercerita tentang perjuangan para wanita ahli matematika. Mereka adalah wanita keturunan Afrika-Amerika yang bekerja di NASA. Sebagai wanita kulit hitam, mereka adalah kaum minoritas di sana. Perlu diingat, situasi yang diangkat adalah situasi tahun 60an.

Mereka nggak cuma bekerja, tetapi juga memegang peran penting di dalam divisi awal program luar angkasa AS. Tahun 1961 diskriminasi masih terjadi dan menjadi isu utama film ini. Tempat mereka bekerja memang masih akrab dengan iklim segregasi. Menonton film ini bukan cuma menghibur dan menyentuh, tetapi juga memperluas wawasan kita tentang kondisi Amerika di masa lalu.

Secara tidak langsung, film-film di atas mengusung toko sentral orang yang jenius. Jika ingin menonton film sejenis lainnya, temukan rekomendasinya di artikel film yang mengisahkan orang-orang jenius ini.

Demikian 10 film tentang matematika paling bermakna. Semoga setelah menonton film-film itu, kita jadi punya sudut pandang baru tentang matematika. Bahwa matematika bukan cuma angka-angka yang cuma terlihat di atas kertas atau papan tulis. Kalau ada film lain tentang matematika yang belum tertulis, kamu boleh kok menambahkan di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *