Bacaterus / Film Barat / Inilah 10 Film tentang Masa Depan yang Seru untuk Ditonton

Inilah 10 Film tentang Masa Depan yang Seru untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Masa depan adalah sesuatu yang hampir pasti hadir di benak setiap orang. Dari hal terkecil seperti akan seperti apa masa depan kita sampai ke yang besar seperti bagaimana masa depan dunia ini. Kita semua bertanya, dan menebak. Mungkin juga, kita merasa ada sedikit keresahan soal itu.

Para seniman sering bilang kalau karya itu dimulai dengan keresahan, maka nggak heran kalau bermunculan karya-karya tentang masa depan. Kita mencoba menebak dunia lewat buku, sampai film. Film tentang masa depan lebih menarik untuk disimak karena menyajikan visual yang memanjakan mata. Inilah 10 film tentang masa depan paling seru!

 1. I, Robot [2004]

I, Robot (Copy)

Sudah sejak lama banyak orang memprediksi kalau ada akan ada suatu masa di mana manusia hidup berdampingan dengan robot. Film ini bercerita tentang masa itu. Tahun 2035, seorang polisi ditugaskan untuk menyelidiki sebuah kasus kejahatan. Bedanya, kasus kejahatan itu diduga telah dilakukan oleh robot.

Penyeledikan itu berjalan jauh dari yang diharapkan. Kasus itu bukan kasus kejahatan biasa. Kasus itu telah berubah menjadi ancaman yang lebih besar bagi keselamatan umat manusia. Ada nama Will Smith yang mungkin bisa jadi garansi untuk kualitas film ini. Kalau kamu menyukai robot, kemungkinan besar kamu akan menyukai film ini.

 2. Blade Runner 2049 [2017]

Blade Runner 2049 (Copy)

Bagaimana rasanya hidup berdampingan dengan manusia buatan? Kalau ingin melihat gambarannya kamu bisa menonton film ini. Tahun 2049, manusia bioteknologi yang disebut replika sudah hidup berdampingan sebagai pelayan. K, model replika baru, dibuat untuk bekerja di LAPD untuk memburuk replika tua yang bandel.

Dalam perburuannya itu, K menemukan sebuah fakta tentang reproduksi para replika. K diperintahkan untuk memusnahkan semua bukti itu dan mengundurkan diri. Atasannya menganggap replika yang mampu bereproduksi akan menjadi ancaman serius. Bagaimana cerita selanjutnya? Apakah akan terjadi perang antara replika dengan manusia? Nonton filmnya, ya!

3. Minority Report [2002]

Minority Report (Copy)

Biasanya, polisi itu menangkap penjahat setelah kejahatan mereka terbukti. Bagaimana kalau di masa depan ada teknologi yang memungkinkan polisi untuk mendeteksi kejahatan bahkan sebelum penjahat itu beraksi? Film yang dibintangi Tom Cruise bercerita tentang itu. Dia merankan karakter Kapten PreCrime John Anderton.

Tahun 2045 kepolisian PreCrime menghentikan beberapa pembunuh sebelum mereka bertindak. John Anderton menjadi pecandu narkotika setelah kehilangan anaknya dan bercerai dengan istrinya. Lalu, dia dituduh akan melakukan kejahatan. Namun, dia bersikeras kalau dia nggak bersalah. Apakah John bisa lolos dari tuduhan itu? Temukan jawabannya di film ini.

 4. Total Recall [2012]

Total Recall (Copy)

Selain robot, yang sering diprediksi akan menjadi keniscayaan adalah realitas virtual. Film ini bercerita tentang bumi yang rusak setelah perang kimia berakhir. Ada dua daratan yang tersisa setelah itu, UFB dan Colony. UFB cenderung lebih maju, karena itulah banyak masyarakat Colony yang bekerja di sana. Salah satunya, Douglas.

Waktu dia mengalami masa jenuh, dia mendatangi Recall, sebuah perusahaan yang bisa menanamkan ingatan sesuai keinginan. Douglas ingin mencoba memasukkan ingatan mata-mata ke dalam dirinya. Namun kemudian semuanya berjalan di luar kendali. Douglas menjadi buronan polisi, batas antara kenyataan dan realitas virtual semakin membias.

 5. Her [2013]

Her (Copy)

Kamu pernah pakai aplikasi kencan nggak? Teknologi yang diceritakan di film ini adalah sesuatu yang jauh lebih maju dibanding itu. Ini tentang Theodore, seorang penulis kesepian yang hobi bermain game. Hidupnya berubah setelah dia membeli sebuah perangkat lunak yang disebut sebagai operasi artifisial cerdas pertama di dunia.

Sejak hari itu, kekosongan Theodore mulai terisi sampai dia merasa jatuh cinta kepada Samantha. Masalahnya, Samantha bukan sosok yang nyata. Dia cuma hasil dari kecerdasan buatan yang suaranya mengisi kekosongan Theodore. Lalu, bagaimana kisah cinta Theodore? Apakah dia bisa menyadarkan dirinya sendiri? Simak jawabannya di film ini.

6. Elysium [2013]

Elysium (Copy)

Film tentang masa depan yang ini agak berbeda. Konflik yang ditonjolkan adalah kesenjangan sosial. Tahun 2154, manusia-manusia yang kaya raya hidup di stasiun luar angkasa. Mereka yang nggak mampu tetap hidup di planet bumi yang sudah sangat hancur.

Ketimpangan itu mengispirasi seorang pria yang membawa kesetaraan ke dalam dua dunia yang sudah jauh berbeda itu. Bagaimana cara dia mewujudkan itu? Nonton film ini, yuk! Nggak cuma jadi hiburan tapi film ini juga mengandung banyak pelajaran. Terutama soal kesetaraan.

7. Chappie [2015]

Chappie (Copy)

Satu lagi film tentang masa depan yang bercerita soal robot. Film ini memprediksi bagaimana kalau robot benar-benar ada dan dimanfaatkan oleh manusia? Seperti Chappie, robot yang awalnya dibuat oleh polisi. Ia dibuat untuk membantu tugas polisi dalam bertugas. Namun, semuanya berubah setelah Chappie dicuri.

Chappie dicuri oleh penjahat. Uniknya, dia nggak diperlakukan sebagai robot. Penjahat itu memperlakukan Chappie selayaknya anak. Dengan pemrograman baru, Chappie berubah menjadi robot yang punya perasaan dan mampu berpikir sendiri. Bagaimana nasib Chappie di tangan penjahat itu? Meskipun film aksi, cerita film ini juga sangat emosional, loh! 

8. Snowpiercer [2013]

Snowpiercer (Copy)

Selain robot, salah satu yang sering diprediksi tentang masa depan adalah kehancuran umat manusia. Kita kadang-kadang, dihinggapi pikiran tentang seperti apakah manusia akan bianasa? Seperti film tentang masa depan yang ini.

Di masa depan, ada sebuah proyek eksperimen perubahan iklim. Namun ternyata proyek itu gagal dan membunuh seluruh kehidupan di planet ini. Namun, ada beberapa orang yang tersisa. Mereka selamat karena menaiki Snowpriercer. Apa itu Snowpriercer? Lalu, apa yang mereka lakukan di planet ini? Kalau penasaran, silakan nonton filmnya ya!

9. The Space Between Us [2017]

The Space Between Us (Copy)

Mars sering dianggap sebagai planet yang mungkin untuk ditinggali manusia. Untuk itu, sekelompok astronot diutus untuk melakukan penelitian di sana. Waktu mendarat, salah satu astronot menemukan fakta bahwa dia hamil. Dia meninggal setelah melahirkan bayi laki-laki di sana. Dia diberi nama Gardner.

Enam belas tahun berlalu dan anak itu sudah menjadi remaja yang tumbuh bersama para astronot di Mars. Gardner sangat ingin ke bumi dan menemui ayah kandungnya. Selain itu, dia juga bersahabat dengan Tulsa yang tinggal di Colorado. Apakah dia bisa menemui ayahnya dan Tulsa di bumi? Film tentang masa depan ini dikemas dengan drama yang epik!

10. AI: Artificial Intelligence [2001]

Artificial Intelligence (Copy)

David adalah robot anak-anak yang canggih. Dia nyaris nggak berbeda dengan manusia pada umumnya. Bedanya hanya kenyataan kalau dia adalah robot. Untuk itu, David sangat ingin menjadi manusia supaya dia bisa kembali dicintai oleh ibu yang meninggalkannya. Apakah keinginan David mungkin untuk terwujud?

Rilis tahun 2001 ketika ponsel masih jadi barang mewah dan langka. Kalau melihat perkembangannya hari ini, rasanya keniscayaan AI sudah semakin dekat. Jadi, siap nggak hidup berdampingan sama AI, guys? Nonton filmnya yuk buat nambah ilmu soal AI.

Demikianlah 10 film tentang masa depan paling seru. Meski cerita fiksi, namun pastinya cerita itu nggak asal dibuat. Film-film di atas sedikitnya menambah wawasan kita tentang masa depan. Dari sana, kita bisa semakin termotivasi untuk terus memperbaiki diri. Ada film tentang masa depan lain nggak? Kalau ada, ikut menambahkan di kolom komentar yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *