Bacaterus / Film Fantasy / 10 Rekomendasi Film Tentang Mahkluk Mitologi yang Seru

10 Rekomendasi Film Tentang Mahkluk Mitologi yang Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kisah mengenai makhluk mitologi memang menarik untuk diangkat ke dalam sebuah film. Hal tersebut dibuktikan dengan puluhan bahkan ratusan judul film dengan tema tersebut yang sudah dirilis ke pasaran. Banyaknya kisah mahkluk mitologi yang tersebar hampir di seluruh dunia memang menjadi angin segar bagi para sineas film.

Seperti beberapa judul film yang akan kita bahas kali ini. Cerita film-film ini diangkat dari beberapa kisah dari mahkluk mitologi yang ada di beberapa negara. Berikut adalah beberapa rekomendasi film tentang makhluk mitologi yang menarik untuk kamu saksikan.

1. Pan’s Labyrinth

Pan's Labyrinth

* sumber: www.imdb.com

Pan’s Labyrinth yang dirilis tahun 2006 mengambil setting pada tahun 1944 di Spanyol. Film ini mengisahkan Ofelia yang diperankan oleh Ivana Baquero sebagai tokoh utama. Del Toro, sutradara di balik film bergenre dark fantasy ini berhasil menampilkan sisi kelam dunia nyata pada masa Perang Saudara Spanyol dan pemberontakan dengan dunia fantasi sebuah labirin.

Di film ini makhluk mitologi bernama Faun yang menyerupai setengah kambing dan setengah manusia berusaha membantu Ofelia untuk bisa kembali ke dunia magis dengan memberinya tiga tugas.

Pan’s Labyrinth cukup sukses menggebrak industri film dunia. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan menyabet tiga penghargaan bergengsi di ajang Academy Awards, untuk nominasi Best Art Director, Best Cinematography, dan Best Makeup.

2. The Little Mermaid

The Little Mermaid

* sumber: www.imdb.com

The Little Mermaid yang disutradarai oleh Blake Harris ini dirilis tahun 2018. Pemeran utama film ini adalah aktris Poppy Drayton dan aktor William Moseley. Film ini merupakan adaptasi dari karya tulisan Hans Christian Andersen.

Film ini mengisahkan perjalanan seorang reporter muda bernama Cam Harrison (diperankan William Moseley) untuk mencari pekerjaan. Namun di tengah usahanya, ia malah menemukan cerita menarik bersama adik perempuannya, Elle (diperankan oleh Loreto Peralta) di sebuah sirkus.

Kedua kakak beradik tersebut kemudian bertemu dengan putri duyung yang terperangkap dalam sebuah akuarium. Berkisah mengenai makhluk mitologi manusia setengah ikan, film petualangan kakak-beradik ini memang mampu menyihir perhatian penonton.

3. Interview with the Vampire

Interview with the Vampire

* sumber: www.imdb.com

Interview with the Vampire adalah film yang dirilis tahun 1994. Film ini mengangkat vampir sebagai tokoh utama yang hidup di tahun 90-an. Cerita bermula saat seorang jurnalis muda bertemu dengan seorang vampir berusia lebih dari 200 tahun bernama Louis yang diperankan oleh Brad Pitt.

Menampilkan adegan flashback ke tahun 1700, film ini pun menceritakan perjalanan Louis sampai dirinya menjadi seorang vampir, berkat bantuan dari vampir lain bernama Lestat yang diperankan oleh Tom Cruise.

Film yang mengisahkan makhluk mitologi penghisap darah ini memang cukup sukses menarik perhatian para penonton dunia. Film yang juga dibintangi oleh Kristen Dunst saat masih muda ini memang menarik, baik dari segi cerita maupun kualitas akting para pemainnya.

4. The Mummy Returns

The Mummy Returns

* sumber: www.imdb.com

The Mummy Returns adalah sekuel dari film The Mummy. Film bergenre action, adventure, dan fantasy ini dirilis tahun 2001. The Mummy Returns masih menceritakan petualangan pasangan arkeolog bernama Rick O’Connell dan Evelyn yang kini telah memiliki seorang anak bernama Alex.

Di film ini mereka kembali ke Mesir untuk mencari tahu rahasia yang tersimpan dalam sebuah bangunan. Dalam perjalanan, mereka pun menemukan sebuah gelang kuno. Singkat cerita, gelang tersebut adalah peninggalan dari Raja Scorpion yang terkenal tangguh karena menjual jiwanya pada dewa berkepala serigala, Anubis.

Mereka yang berhasil menguasai gelang tersebut akan dituntun menuju makam Raja Scorpion untuk membangkitkannya dari kematian. Film yang menggandeng The Rock sebagai Raja Scorpion ini memang cukup sukses. Hal tersebut dibuktikan dengan empat kemenangan dari belasan nominasi yang film ini dapatkan di berbagai ajang penghargaan.

5. Dragon Heart

Dragon Heart

* sumber: www.imdb.com

Dragon heart adalah sebuah film adventure fantasy yang dirilis tahun 1996. Film ini bercerita tentang Raja Einon yang diperankan oleh aktor David Thewlis. Dirinya dikenal sebagai seorang raja yang menjalankan pemerintahannya dengan sangat kejam.

Raja Einon, yang kehidupannya terhubung dengan seekor naga bernama Draco memiliki kekuatan karena darah yang diberikan Draco ketika ia sedang sekarat. Karena rakyat merasa jengah dengan kepemimpinannya, mereka pun memutuskan untuk membunuh sang naga agar sang raja mati.

Sementara itu, Bowen yang diperankan oleh Dennis Quaid berada dalam situasi sulit. Ia adalah seorang penakluk naga yang telah lama menjalin persahabatan dengan Draco. Sanggupkah Bowen membunuh Draco agar rakyat tidak menderita karena ulah sang raja? Film tentang mahkluk mitologi yang satu ini memang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

6. The Water Horse

The Water Horse

* sumber: www.imdb.com

Film yang dirilis tahun 2007 ini mengisahkan seorang anak bernama Angus yang merasa kesepian dan belum bisa menerima kenyataan atas kematian ayahnya yang gugur dalam peperangan. Di dalam kesedihannya, ia sangat suka menyendiri dan pergi ke sebuah pantai.

Saat berjalan di pesisir pantai, Angus pun menemukan sebuah telur berukuran cukup besar. Anak itu pun membawa pulang telur tersebut ke rumah. Sesampainya di rumah, telur tersebut kemudian menetas dan melahirkan seekor makhluk purba yang mereka kenal dengan sebutan water horse atau Loch Ness/Nessie. Ia memberi nama makhluk tersebut Crusoe.

Crusoe yang tumbuh cukup pesat harus dipindahkan ke sebuah danau. Namun kemudian, keadaan bertambah buruk ketika Kapten Hamilton melakukan latihan militer di danau tempat makhluk tersebut berada.  Crusoe yang merasa terancam berubah menjadi lebih agresif. Ia akan menyerang siapa pun yang mendekat.

7. The Son of Big Foot

The Son of Big Foot

* sumber: www.imdb.com

Film bertema mahkluk mitologi selanjutnya adalah The Son of Big Foot. Film yang dikemas dalam bentuk animasi ini memang cukup menghibur. Dirilis tahun 2017, The Son of Big Foot mengisahkan seorang anak bernama Adam yang berusaha mengungkap misteri tentang keberadaan ayahnya yang telah lama menghilang.

Film animasi yang diangkat dari cerita makhluk mitologi yang cukup melegenda di hutan-hutan yang ada di dunia ini memang cukup menarik. Selain menampilkan jalan cerita yang lebih menyenangkan, film ini juga menampilkan kualitas animasi yang dapat memanjakan mata.

8. Pirates of the Caribbean Series

Pirates of the Caribbean

Film petualangan Jack Sparrow di lautan lepas ini memang selalu membuat penasaran. Dengan gayanya yang eksentrik, Jack sering membuat orang yang menonton tertawa. Film yang memiliki banyak seri ini memang cukup populer. Nama Johny Depp sebagai pemeran Jack Sparrow pun tampak melekat padanya.

Pirates of the Caribbean menampilkan makhluk mitologi lautan yang terkenal di kalangan para pelaut, yaitu kraken. Di salah satu adegannya seekor kraken raksasa menyerang dan menelan perahu yang ditumpangi Jack beserta krunya. Bagaimana kisah bajak laut yang satu ini dalam menghadapi kraken? Film yang dirilis tahun 2003 silam ini bisa menjadi alternatif tontonan di akhir pekan.

9. The Wolfman

The Wolfman

* sumber: www.imdb.com

Film The Wolfman adalah remake dari film berjudul sama pada tahun 1994. The Wolfman sendiri dirilis tahun 2010. Film ini mengisahkan Lawrence Talbot yang diperankan oleh Benicio del Toro.

Setelah Lawrence mendapatkan surat dari Gwen Conliffe (diperankan Emily Blunt), ia pun kembali ke desa Blackmoor untuk mencari keberadaan tunangan Ben Talbot yang hilang. Namun sesampainya di rumah, Lawrence harus menghadapi kenyataan bahwa Ben ternyata sudah tewas.

Berbekal sebuah petunjuk yang ditemukan pada mayat Ben, ia mulai melakukan investigasi hingga akhirnya mengetahui kalau yang membunuh Ben adalah makhluk buas. Pada saat Lawrence berusaha membunuhnya, ia malah terkenal gigitan. Dirinya pun kemudian berubah menjadi warewolf atau manusia serigala.

10. Ragnarok

Ragnarok

* sumber: www.imdb.com

Dirilis tahun 2013, film ini mengisahkan mitologi Nordik tentang mahkluk ular raksasa bertanduk. Seorang arkeolog muda bernama Sigurd Svendsen berusaha memecahkan misteri besar dari sebuah benda yang sangat terkenal dan langka, yaitu Kapal Oseberg Viking.

Petualangan menegangkan pun dimulai bersama keluarga dan rekan-rekannya. Mereka berusaha memecahkan misteri tersebut dengan bantuan sebuah rune milik rekannya Allan.

Rune tersebut berisi peta petunjuk menuju tempat rahasia yang belum pernah terjamah. Di tempat tersebut kejadian yang menakutkan terjadi pada mereka. Seperti apa keseruan film yang satu ini? Tonton sendiri filmnya.

Itulah rekomendasi beberapa film tentang makhluk mitologi yang seru untuk ditonton. Sebagai informasi, Indonesia juga memiliki beberapa makhluk mitologi populer. Kamu bisa membaca daftarnya di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *