Bacaterus / Film Edukasi / 10 Film yang Membuatmu Kembali Mengenang Masa-Masa Kuliah

10 Film yang Membuatmu Kembali Mengenang Masa-Masa Kuliah

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Masa-masa kuliah merupakan masa yang paling indah. Kadang ingin rasanya untuk kembali ke masa-masa itu. Meskipun, kita tahu itu adalah hal mustahil. Tapi kamu tak perlu khawatir akan hal tersebut. Kamu masih bisa mengenang masa-masa kuliahmu dengan menonton film-film bertema kuliah.

Di artikel ini, akan ada beberapa film tentang kuliah yang bisa kamu tonton. Film-film itu diharapkan bisa membantumu untuk kembali mengenang masa-masa kuliahmu. Adapun film-film itu akan Bacaterus review di bawah ini.

1. 3 Idiots (2009)

3 Idiots

Kamu pasti familiar dengan film satu ini. Ya, ini adalah film asal India yang dibintangi oleh Aamir Khan. Film ini berkisah tentang persahabatan tiga mahasiswa teknik di Imperial College of Engineering: Rancho, Farhan, dan Raju.

Ketiga mahasiswa ini menjalani suka duka mereka selama berkuliah. Kamu akan belajar banyak hal selama menonton film ini. Mulai dari makna persahabatan, hakikat pendidikan, hingga proses pencarian jati diri.

2. (500) Days of Summer (2009)

(500) Days of Summer

Kehidupan percintaan seringkali menjadi bumbu dalam dunia perkuliahan. Terkait hal itu, ada satu film yang dengan apik menggambarkan percintaan di dunia perkuliahan. (500) Days of Summer adalah film yang kami maksud.

Film ini berkisah percintaan Tom Hansen dan Tim Summer. Di sepanjang film ini, kamu tak hanya menyimak manis getir percintaan Hansen dan Summer. Kamu pun juga bakal mendengarkan sejumlah soundtrack yahud yang mengiringi jalan cerita di film ini, salah satunya adalah lagu “Sweet Disposition” karya The Temper Trap.

3. Legally Blonde (2001)

Legally Blonde

Film yang rilis pada 2001 bercerita tentang Elle Woods. Seorang mahasiswi yang cantik, modis, dan kaya rasa. Mahasiswa satu ini punya ciri khas berupa pakaiannya yang serba merah muda, dan sering sekali membawa anjing puddle.

Film ini dengan apik menggambarkan perjuangan Elle Woods selama berkuliah di Harvard. Terutama, dalam mengatasi stigma buruk orang-orang di sekitarnya. Di film ini, Elle seringkali diremehkan lantaran karakternya yang terlalu periang dan modis.

4. The Social Network (2010)

The Social Network

Film tentang kuliah ini merupakan biografi dari sang pendiri Facebook: Mark Zuckerberg. Sosok pendiri Facebook di film ini diperankan cukup baik oleh Jesse Eisenberg. Latar waktu pada film ini dimulai pada 2003; tahun di mana Zuckerberg masih berkuliah.

Kisah Zuckerberg pada film ini diceritakan dengan cukup lengkap. Mulai dari saat Zuckerberg diputuskan pacarnya, hingga saat dia membuat Facemash. Facemash sendiri merupakan media sosial yang kelak menjadi cikal bakal Facebook.

Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor ternama. Seperti: Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, dan Justin Timberlake. Kendati sudah rilis 2010 silam, film ini masih bisa kamu simak via Netflix.

5. Pitch Perfect (2012)

Pitch Perfect

Pitch Perfect merupakan film yang memadukan tema perkuliahan dan musik. Film ini sendiri menceritakan sekelompok mahasiswi yang tergabung dalam sebuah grup akapela di kampus mereka: Universitas Barden.

Grup bernama Barden’s Bellas situ diceritakan tengah mencari anggota baru. Singkat cerita, mereka akhirnya berhasil mendapatkan anggota baru bernama Beca. Kehadiran anggota baru itu kelak akan membuat Barden’s Bellas meraih sejumlah prestasi.

Selain memuat beragam konflik, film ini juga banyak menampilkan sejumlah nyanyian dari para pemerannya. Menonton film ini akan membuatmu terkenang akan masa-masa kuliah, sekaligus ber-sing a long ria bersama dengan sejumlah tokoh film ini.

6. Post Grad (2009)

Post Grad

Tak hanya membuatmu terkenang akan masa kuliah, film ini juga sangat relevan bagi mereka yang pernah atau sedang menjadi seorang fresh graduate. Film yang dirilis pada 2009 ini berkisah tentang seorang fresh graduate bernama Ryden.

Jauh sebelum kuliah dan akhirnya lulus, Ryden sangat ingin sekali menjadi editor di sebuah penerbitan. Dia pun mewujudkan impiannya itu selepas lulus dari kampusnya. Nasib sial, pekerjaan yang diidamkannya itu justru jatuh ke tangan saingannya di masa kuliah: Jessica.

Sempat kecewa, Ryden tetap melanjutkan hidupnya dan mengambil pekerjaan sebagai pramuniaga. Sebuah pekerjaan yang tak sesuai dengan impiannya. Kendati begitu, Ryden justru menemukan kebahagiaan di balik pekerjaannya tersebut.

7. Lady Bird (2017)

Lady Bird

Kalau kamu ingin mengenang masa-masa mendaftar di kampus idaman, film ini layak untuk kamu simak. Lady Bird yang baru tayang di Indonesia pada 2018 ini berkisah tentang Christine; siswi SMA tingkat akhir yang bakal masuk masa perkuliahan.

Selama film berjalan, siswi yang dijuluki Lady Bird ini tengah berjuang untuk masuk ke kampus yang dia inginkan. Di tengah perjuangannya, dia juga harus menghadapi hubungan yang tidak sehat dengan kedua orangtuanya.

Film garapan Greta Gerwig ini telah diakui oleh sejumlah kritikus. Rotten Tomatoes adalah salah satunya. Situs web yang khusus membahas dunia film ini memberi rating 99 persen untuk film yang dibintangi Saoirse Ronan ini.

8. Gie (2005)

Gie

Film tentang kuliah tak hanya berasal dari luar negeri semata. Indonesia pun juga punya beberapa film tentang kuliah yang layak kamu tonton. Gie adalah salah satunya. Film besutan Riri Riza ini berkisah tentang kehidupan Soe Hok Gie semasa kuliah.

Film ini sangat relevan untuk sejumlah pihak. Entah itu bagi para pengagum Soe Hok Gie maupun mereka yang pernah menjadi aktivis kampus saat masih kuliah. Film ini bakal memberikanmu sejumlah perspektif. Utamanya yang berkenaan dengan situasi pemuda, politik, dan negara di zaman Orde Lama.

9. Edensor (2013)

Edensor

Ini adalah sekuel dari film Laskar Pelangi yang tayang pada 2013 silam. Di film ini, Ikal yang diperankan Lukman Sardi diceritakan telah sukses meraih salah satu cita-citanya: berkuliah di Perancis. Di Perancis, dia tidak berkuliah sendirian. Dia juga berkuliah bersama sahabatnya Arai yang diperankan Abimana Aryastya.

Ikal dan Arai menjalani masa kuliah di Perancis dengan penuh warna. Banyak peristiwa penting yang mereka alami berdua. Mulai dari ketertarikan Ikal dengan Katya; kabar buruk dari ayahnya Ikal yang ada di Belitung; hingga konflik Ikal dengan Arai.

10. Jomblo (2006)

Jomblo

Masih ada satu film tentang kuliah Indonesia yang layak untuk ditonton. Film tersebut adalah Jomblo yang rilis pada 2006. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini mengisahkan empat mahasiswa yang bersahabat dan berkuliah di sebuah kampus top di Bandung.

Keempat mahasiswa ini sama-sama menjalani lika-liku cinta di masa kuliah. Mulai dari Agus yang sudah punya pacar tapi malah selingkuh; hingga Olip yang memendam perasaan kepada Asri selama 3 tahun. Film besutan Hanung Bramantyo ini sempat dibikin versi reboot-nya pada 2014 dengan sutradara yang sama.

Itulah beberapa film tentang kuliah yang kami rekomendasikan untukmu. Semoga film-film di atas bisa membuatmu kembali terkenang akan masa-masa kuliahmu yang berwarna. Selamat menonton dan bernostalgia!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *