bacaterus web banner retina

10 Film tentang Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 19 Agustus 2020

Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar, ternyata ada sejumlah film yang mengangkat kisah tentang Korea Utara. Meskipun sebagian adalah karya fiksi, tetapi film-film tersebut menggambarkan kehidupan atau kebudayaan di Korea Utara. Jika tak bisa masuk ke negaranya, setidaknya Anda bisa menonton film-filmnya untuk mengetahui sedikit banyak mengenai Korea Utara.

Dari sejumlah film tentang Korea Utara terbaik, Bacaterus berhasil mengumpulkan 10 judul film yang bertemakan Korea Utara. Sejumlah film ini menceritakan tentang propaganda, pemerintahan atau militer di Korea Utara yang dikenal sebagai negara diktator.

10 Film tentang Korea Utara Terbaik

1. Pulgasari [1985]

Pulgasari Film tentang Korea Utara Terbaik

  • Tahun Rilis: 1985
  • Genre: Fantasy, Action
  • Sutradara: Shin Sang-ok, Chong Gon Jo
  • Pemeran: Kenpachiro Satsuma, Chang Son Hui, Ham Gi Sop, Jong-uk Ri
  • Perusahaan Produksi: Korean Film Studio, Shin Films

Sekilas film ini nampak tidak ada hubungannya dengan Korea Utara, tetapi ini adalah film tentang Korea Utara terbaik yang berisi propaganda. Film ini dibuat oleh Shin Sang-ok, sutradara Korea Selatan, yang diculik dan dibawa ke Korea Utara lalu dipaksa untuk membuat film sejenis Godzilla.

Pulgasari menceritakan tentang bangsawan kaya yang memenjarakan seorang pandai besi yang tak bersalah. Anak-anak si pandai besi memberikannya beras untuk makan, tapi si pandai besi membentuk beras tersebut menjadi patung miniatur monster. Ia memohon pada para dewa untuk memindahkan nyawanya ke patung tersebut.

Patung monster bernama Pulgasari hidup dan memakan besi. Ia menjadi sangat kuat dan tak terkalahkan sehingga para petani dibebaskan dari aturan bangsawan.

Akan tetapi, pulgasari terus tumbuh besar dan memakan besi. Putri si pandai besi menyadari jika monster itu terus memakan besi, maka hal tersebut dapat menyebabkan kehancuran negaranya. Gadis itu berkorban dengan bunuh diri untuk mengirim pulgasari ke dunia spiritual.

Film ini menggambarkan bahaya kapitalisme (Amerika Serikat), sehingga orang Korea Utara harus mengambil alih kendali pemerintahan sekalipun harus mengorbankan nyawa.

2. The Interview [2014]

The Interview

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Action, Adventure, Comedy
  • Sutradara: Evan Goldberg, Seth Rogen
  • Pemeran: James Franco, Seth Rogen, Randall Park
  • Perusahaan Produksi: Columbia Pictures, LStar Capital, Point Grey Pictures

Sejatinya, The Interview adalah film dengan genre komedi. Namun, pihak Korea Utara mengecam Amerika Serikat jika berani merilis film ini. Pasalnya, pihak Korut merasa bahwa film ini berisi pesan ancaman terhadap keselamatan mereka.

The Interview adalah film yang menceritakan Dave Skylark dan Aaron Rapoport yang bekerja dalam acara tabloid selebriti “Skylark Tonight.” Suatu ketika mereka mendapat pekerjaan untuk mewawancarai Kim Jong-un, pemimpin diktator Korea Utara. Namun, mereka direkrut CIA untuk mengubah perjalanan mereka ke Pyongyang menjadi misi pembunuhan terhadap pemimpin Korea Utara tersebut.

3. Silmido [2003]

Silmido

  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Action, Drama
  • Sutradara: Woo-Suk Kang
  • Pemeran: Sung-Ki Ahn, Kyung-gu Sol, Joon-ho Huh
  • Perusahaan Produksi: CJ Entertainment, Cinema Service, Hanmac Films

Sudah menjadi rahasia umum jika Korea Selatan bermusuhan dengan Korea Utara sejak dulu. Silmido adalah film yang dibuat pada tahun 2003 dan diangkat dari kisah nyata.

Pada tahun 1968, Tentara Republik Korea pernah merencanakan pembunuhan Kim Il-sung, presiden Korea Utara yang menjabat saat itu. 31 penjahat dan terpidana mati yang mendapat misi untuk membunuh Kim Il-sung ini dikirim ke tempat pelatihan rahasia di Pulau Silmi. Selama dua tahun mereka menjalani pelatihan yang penuh penyiksaan mental dan fisik. Namun, misi ini dibatalkan pada menit-menit terakhir.

4. The Favourite Young Man [1989]

The Favourite Young Man

Satu lagi film tentang Korea Utara terbaik yang merupakan propaganda terselubung dari pemerintahan Korea Utara. Sebenarnya film The Favourite Young Man ini adalah film bergenre komedi, tetapi ada banyak pesan propaganda yang terdapat di dalamnya.

Karakter utama film ini adalah Kim Yong-bae yang tampan, ramah, cerdas, dan merupakan veteran tentara. Namun, Yong-bae justru memilih pekerjaan sebagai tukang ledeng.

Hubungannya dengan Son-ae, wanita cantik yang berprofesi sebagai penjahit, juga sempat ditentang oleh keluarga Son-ae yang meremehkan pekerjaan Yong-bae. Namun, Son-ae tetap bersikukuh memilih Yong-bae. Puncaknya, pekerjaan Yong-bae sebagai tukang ledeng tidak lagi dipandang sebelah mata. Apalagi ia berjasa kepada penduduk kota karena memperbaiki pipa-pipa yang meledak.

Pesan dari film ini, negara komunis Korea Utara melarang kapitalisme dan kekayaan pribadi. Mereka mendorong masyarakatnya, khususnya yang menengah ke bawah, untuk bekerja keras untuk negara seperti tokoh Yong-bae dalam film ini.

5. My Socialist Country [1992]

Salah satu film terbaik jika Anda ingin mengetahui tentang Korea Utara adalah My Socialist Country. Ini adalah film dokumenter buatan Korut yang menceritakan tentang betapa makmur dan damainya kehidupan masyarakat Korea Utara. Namun, banyak pihak yang meragukan kebenaran film ini.

My Socialist Country mengklaim bahwa Korea Utara memiliki semua hal yang dibutuhkan rakyatnya, mulai dari pakaian, makanan, perumahan, pekerjaan, jaminan kesehatan, cuti hamil hingga 150 hari, sampai dengan kuliah gratis. Tujuan Korea Utara membuat film ini jelas untuk membuat warga negara lain iri terhadap kehidupan rakyat Korea Utara.

6. Pork Chop Hill [1959]

Pork Chop Hill

  • Tahun Rilis: 1959
  • Genre: Action, Drama, War
  • Sutradara: Lewis Milestone
  • Pemeran: Gregory Peck, Harry Guardino, Rip Torn
  • Perusahaan Produksi: Melville Productions

Bagi Anda penggemar film perang klasik, maka cobalah tonton Pork Chop Hill. Ini adalah film yang menceritakan tentang Perang Saudara Korea yang masih menjadi favorit sampai saat ini. Meskipun filmnya masih hitam putih karena dirilis pada tahun 1959, tapi masih banyak orang yang mencari film ini untuk ditonton.

Film ini menceritakan tentang permusuhan Amerika Serikat dengan Cina. Namun, hal tersebut menjadi semakin kacau ketika Korea Utara menyerang Korea Selatan. Sekedar informasi, sejak dulu Korea Utara merupakan sekutu Cina karena keduanya sama-sama negara komunis. Sementara Korea Selatan memang merupakan sekutu Amerika.

7. Soul’s Protest [2000]

Soul’s Protest

  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Epic Dramatisation
  • Sutradara: Kim Chun-song
  • Pemeran: Chul Kim, Kim Ryon-hwa
  • Perusahaan Produksi:-

Sudah menjadi tradisi bagi Korea Utara untuk membuat film propaganda yang mengagungkan pemerintahannya dan menjatuhkan negara lain. Soul’s Protest adalah film tentang Korea Utara terbaik yang berusaha mengungguli kesuksesan Titanic. Pasalnya, film ini dirilis 3 tahun kemudian setelah Titanic.

Dalam film ini, Korea Utara berusaha menyudutkan Jepang yang dianggap sekutu Amerika Serikat. Dikisahkan bahwa 524 warga Korea tewas ketika naik kapal Ukushima Maru di tahun 1945. Kapal meledak karena menabrak ranjau laut sampai menewaskan 524 orang Korea.

Namun, pihak Jepang tidak memberikan kompensasi pada warga yang selamat dan Korut menuduh Jepang sengaja meledakkan kapal tersebut. Teori konspirasi ini tidak terbukti di pengadilan. Film ini adalah upaya Korut dalam menjatuhkan Jepang.

8. 71: Into The Fire [2010]

71 Into The Fire

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: War/Action
  • Sutradara: John H. Lee
  • Pemeran: Cha Seung-won, Kwon Sang-woo, T.O.P, Kim Seung-woo
  • Perusahaan Produksi: Taewon Entertainment

Yang satu ini merupakan film tentang Korea Utara terbaik yang dibuat oleh Korea Selatan. Film ini menceritakan tentang perang saudara di Korea yang melibatkan 71 orang tentara pelajar yang belum memiliki pengalaman berperang tetapi mereka memiliki tekad untuk mempertahankan negaranya dari serangan Korea Utara. Salah satu anggota Bigbang, TOP, turut membintangi film ini.

Plot film ini berfokus pada tindakan Korea Utara yang ingin menyerang sebuah sekolah yang merupakan benteng pertahanan milik Korea Selatan. Saat itu, jumlah tentara pelajar Korsel yang akan diserang tidak sepadan dengan jumlah tentara Korut yang lebih banyak.

9. The Flower Girl [1972]

The Flower Girl

  • Tahun Rilis: 1972
  • Genre: Drama, Musical
  • Sutradara: Ik-gyu Choe, Hak Pak
  • Pemeran: Son Byung-ok, Chon Sob Han, Yong Hui Hong
  • Perusahaan Produksi: Korean Film, Pak Bu San

Urusan propaganda memang Korea Utara jagonya. Hal tersebut dibuktikan melalui film The Flower Girl yang menceritakan kehidupan masyarakat Korea di bawah kepemimpinan Jepang pada tahun 1930-an. Film ini terbilang sukses karena bisa memainkan emosi penontonnya, tak peduli penontonnya berasal dari negara manapun.

Sinopsis The Flower Girl berfokus pada kehidupan gadis yang biasa mendaki gunung untuk memetik bunga agar bisa dijual di pasar. Ibu sang gadis sakit, adiknya buta, ayahnya meninggal, dan saudara laki-lakinya bertempur sebagai tentara revolusioner.

Keluarga gadis itu dikejar-kejar oleh tuan tanah yang menuntut mereka membayar uang sewa. Kerja keras gadis itu tidak bisa membelikan ibunya obat sampai akhirnya sang ibu meninggal. Setelah ibunya meninggal, adik gadis itu terus menangis sehingga pemilik rumah yang mereka sewa mengira bahwa sang adik kerasukan arwah ibunya dan harus dibunuh untuk mengusir arwah itu.

Penderitaan gadis penjual bunga ini menceritakan betapa kejamnya kehidupan rakyat Korea Utara sebelum menjadi negara komunis. Pemerintah Korut ingin menggambarkan bahwa beruntungnya masyarakat Korut yang saat ini mendapatkan rumah dan jaminan kesehatan gratis.

10. Under The Sun [2015]

Under The Sun

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Documentary
  • Sutradara: Vitaliy Manskiy
  • Pemeran: Lee Zin-Mi, Yu-Yong, Hye-Yong
  • Perusahaan Produksi: Vertov Studio, Saxonia Entertainment, Hypermarket Film

Sebelum membuat film ini, sutradara asal Rusia bernama Vitaly Mansky melakukan negosiasi terhadap pihak Korut agar ia diizinkan membuat film ini. Pihak Korut akhirnya menyetujuinya dan menginginkan Mansky membuat film propaganda. Korea Utara hanya mengizinkan Mansky dan dua orang krunya untuk mengambil gambar di negara tersebut.

Film ini menceritakan tentang kehidupan keluarga di Pyongyang di mana putri kecil mereka bersiap bergabung dalam Serikat Anak Korea di hari ulang tahun Kim Jong-il. Namun tanpa disadari, Mansky menyelundupkan rekaman yang disetujui dan memasukkan ke dalam filmnya. Pihak Korea Utara sangat mengecam film ini dan melarang Under The Sun ditayangkan di negara mereka.

Itulah 10 film tentang Korea Utara terbaik yang berisi tentang kekejaman Korea Utara dalam menjatuhkan negara lain dan propagandanya yang mengagung-agungkan pemerintahan mereka. Dengan menonton film tentang Korea Utara terbaik ini, kita jadi semakin bersyukur hidup di negara demokrasi seperti Indonesia. Ingin tahu fakta unik seputar Korea Utara lainnya? Silakan buka artikel ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram