Bacaterus / Film Barat / 10 Film Tentang Konspirasi, Hiburan yang Menambah Wawasan

10 Film Tentang Konspirasi, Hiburan yang Menambah Wawasan

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Konspirasi jadi menarik karena bersifat abu-abu. Dari sana, muncul berbagai gagasan yang berbeda dan sulit memisahkan mana yang hitam dan mana yang putih. Konspirasi membuat manusia berpikir lebih dalam tentang kebenaran dan kepalsuan.

Ada banyak cara untuk bercerita soal konspirasi, film adalah salah satunya. Sampai sekarang, ada beberapa film tentang konspirasi yang sudah berbeda. Memang nggak banyak karena tingkat kesulitannya tinggi. Pembuat film tentang konspirasi perlu memahami kebenaran dan kepalsuan sekaligus cara membiaskan keduanya. Yuk, simak informasi mengenai film tentang konspirasi yang berhasil dirangkum Bacaterus.

1. The Da Vinci Code [2006]

The Da Vinci Code

Robert Langdon, seorang ahli ilmu simbol didatangkan dari Amerika untuk menyelidiki pembunuhan terhadap seorang kurator lukisan di Louvre. Lukisan tersebut adalah buatan Da Vinci, yang menyimpan rahasia sehingga dilindungi oleh sebuah organisasi rahasia. Langdon memecahkan misteri dari simbol-simbol tersebut walaupun resikonya adalah mengguncang fondasi agama Kristen yang sudah ada.

Da Vinci Code diadaptasi dari salah satu buku tentang konspirasi paling terkenal dengan judul yang sama karya Dan Brown. Cara Langdon memecahkan berbagai simbol adalah daya tarik utama dari film ini. Film ini bukan sebuah karya ilmiah yang berangkat dari fakta karena diakui sang penulis bahwa dia memasukkan unsur fiktif di dalamnya.

2. Enemy of the State [1998]

Enemy of the State

Robert Clayton Dean yang berprofesi sebagai seorang pengacara harus menemukan dirinya dalam permasalahan besar waktu dia nggak sengaja menerima sebuah bukti kunci atas kasus yang melibatkan politisi korup. Dia bertemu teman lamanya yang sedang diburu dan diselipkan sebuah disk yang berisi bukti atas kasus korupsi. Dia pun diburu oleh NSA sampai rumahnya disadap.

Will Smith yang menjadi Robert Clayton Dean di film ini tampil mengesankan. Selain itu ceritanya yang nggak gampang ditebak dan menyajikan ketegangan sehingga kita bisa mengikuti ceritanya tanpa rasa bosan.

3. Conspiracy Theory [1997]

Conspiracy Theory

Bagaimana jadinya kalau seorang sopir taksi yang menggemari teori konspirasi membeberkan analisanya? Dia kerap menjelaskan analisanya tersebut kepada Alice yang berprofesi sebagai seorang pengacara di Departemen Hukum. Dia mulai menerbitkan buletin yang membahas teori konspirasi yang dia tahu sampai membuat CIA resah dan ternyata menghubungkannya dengan kematian ayah Alice yang dibunuh.

Mel Gibson dan Julia Roberts memerankan Jerry Fletcher dan Alice dalam film Conspiracy Theory. Bagi yang menggemari teori konspirasi dan politik, pasti akan mengagumi sosok Jerry Fletcher. Seorang yang melek akan politik dengan pengetahuan yang luas, serta keberaniannya mengungkap kejadian-kejadian yang kerap dianggap hanya sebuah teori.

4. Contagion (2011)

Contagion

Contagion menceritakan tentang penyebaran sebuah virus mematikan yang sedang melanda dunia. Dalam waktu 18 jam seorang yang terkena virus tersebut akan mati, cara penularannya pun sangat mudah yaitu dengan adanya kontak dengan orang yang terkena virus maupun barang yang pernah disentuhnya.

Keadaan bertambah rumit waktu seorang blogger menyatakan bahwa dia mengetahui vaksin yang menanggulangi virus ini dibatasi oleh pemerintah Amerika, sementara di Cina seorang dokter yang tengah melakukan penelitian disandera oleh pemerintah dengan meminta tebusan vaksin karena kebanyakan yang menjadi korban adalah rakyat Cina.

Dibintangi nama-nama besar seperti Matt Damon, Kate Winslet, Jude Law, Marion Cotillard dan Gwyneth Paltrow, Contagion menjadi sebuah film yang menarik untuk ditonton. Walaupun menggunakan istilah-istilah medis yang rumit bagi orang awam, alur ceritanya bisa membuat kita terkesan.

5. JFK [1991]

JFK

Siapa yang nggak tahu kematian Presiden Amerika di tahun 60-an bernama John F. Kennedy? Kematiannya yang dianggap janggal memunculkan banyak teori konspirasi. Jim Garrison, seorang pengacara mencoba mengungkap misteri kasus pembunuhan terhadap orang nomor satu Amerika pada tahun 1963 itu.

JFK disutradarai oleh Oliver Stone. Sang sutradara bahkan sempat mengalami banyak ancaman pembunuhan padanya gara-gara menyutradarai film ini. Memadukan banyak fakta dalam kasus pembunuhan JFK yang diikuti dengan analisis bisa membuka mata kita sebagai penonton untuk melihat sisi berbeda mengapa dia dieksekusi.

6. Edge of Darkness (2010)

Edge of Darkness

Edge of Darkness adalah adaptasi dari serial yang pernah ditayangkan di BBC pada tahun 1985. Dengan balutan yang lebih modern, serial tersebut diangkat menjadi film. Menceritakan seorang detektif di kepolisian bernama Thomas Craven yang anaknya yang bernama Emma tewas dibunuh. Dia merasa bahwa pembunuhan tersebut ditujukan untuk dirinya.

Emma yang diam-diam menjadi aktivis ternyata memang diincar oleh pihak tertentu karena takut rahasianya akan terbongkar. Thomas pun melakukan investigasi yang mengarahkan dia pada sebuah persekongkolan terselubung yang melibatkan pemerintah.

Mel Gibson lagi-lagi menjadi aktor utama dalam film yang bertema konspirasi ini. Edge of Darkness menyuguhkan cerita yang seru dalam mengungkap misteri pembunuhan anak Craven yang merupakan seorang aktivis. Memadukan sedikit laga dan ketegangan menjadi suguhan utama film ini.

7. Area 51 [2015]

Area 51

Bagi penggemar teori konspirasi dan keberadaan alien, istilah Area 51 bukanlah sesuatu yang baru. Tempat yang menimbulkan pertanyaan apakah tempat turunnya UFO dan alien atau tempat pemerintah Amerika menyembunyikan sebuah penelitian rahasia. Film Area 51 mencoba menggunakan tema tersebut. Sekelompok anak muda yang terobsesi dengan UFO menerobos Area 51 untuk mencari tahu apa yang sebenarnya ada di sana.

Area 51 disutradarai oleh Oren Peli yang dikenal lewat Paranormal Activity. Kali ini dia lagi-lagi menggunakan rekaman video yang dibawa oleh salah satu karakter, teknik yang  biasa disebut sebagai point of view. Walaupun terasa nyata namun film ini adalah film fiksi yang belum tentu kebenarannya, namun tetap menarik untuk ditonton.

8. London Has Fallen [2016]

London Has Fallen

Mike Banning kembali beraksi dalam London Has Fallen. Menceritakan tentang kematian Perdana Menteri Inggris secara misterius yang mengundang berbagai pemimpin dunia untuk menghadiri pemakaman. Keberadaan mereka dalam satu tempat dimanfaatkan oleh sekelompok teroris untuk membunuh mereka semua, termasuk Benjamin Asher, presiden Amerika.

Ternyata kematian Perdana Menteri Inggris tersebut adalah konspirasi yang dirancang teroris untuk mengumpulkan pemimpin dunia secara sekaligus.

Gerard Butler kembali memainkan peran sebagai Mike Banning. Sebagaimana sekuel sebelumnya, London Has Fallen kembali menyajikan banyak adegan laga yang seru. Walaupun dari segi cerita masih tentang presiden Amerika dan pengawal pribadinya, tapi film ini masih punya daya pikat yang tinggi.

9. September Clues [2007]

September Clues

Kejadian 11 September menjadi salah satu topik yang nggak ada habisnya bagi penggemar teori konspirasi. Berbagai teori dibuka untuk mengupas apa yang sebenarnya terjadi pada salah satu kejadian paling menghebohkan sepanjang sejarah tersebut.

September Clues adalah sebuah film dokumenter yang menganalisis dan membandingkan berita-berita mainstream yang meliput tentang kejadian 11 September. Salah satu suguhan utama dalam film ini adalah bagaimana analisis yang dilakukan terasa begitu nyata. Bagi yang mempercayai kejadian 11 September sebagai kejadian murni teroris mungkin film bisa jadi alat untuk membandingkan apa yang kamu percayai.

10. Invisible Empire: A New World Order Defined [2010]

Invisible Empire A New World Order Defined

Bagi yang menyukai konspirasi tentu sebutan New World Order (Tatanan Dunia Baru) bukanlah hal yang baru. Film ini merupakan film dokumenter, menceritakan siapa yang mencoba mewujudkannya serta bagaimana caranya. Selain itu problematika politik kiri melawan kanan serta demokrat melawan republik juga dibahas.

Film-film mengenai teori konspirasi nggak akan berhenti arusnya karena sebagian orang masih menikmati paparan dan analisisnya yang dirasa nyata. Invisible Empire ini dengan berani membuka bagaimana dunia ini akan dijadikan satu oleh sebuah tatanan baru. Permasalahan yang diungkap di film ini lebih luas dibanding film lainnya yang sejenis.

Demikian 10 film tentang konspirasi yang bisa jadi hiburan sekaligus menambah wawasan. Kalau kamu punya sesuatu sebagai tambahan, kolom komentar sudah disediakan. Siapa tahu dari kolom komentar itu kamu bisa menemukan teman dengan minat yang sama. Nggak ada yang tahu kebaikan apa yang akan kita dapat karena berbagi, sekecil apapun itu. Simak juga artikel film tentang kiamat yang nggak kalah seru dari film-film di atas.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *