Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Februari 2019

Nonton film itu jadi hiburan sendiri. Jangan salah, film nggak melulu soal drama percintaan atau komedi yang mengocok perut. Ada juga film tentang komputer yang seru buat ditonton. Selain menghibur, kamu juga bisa sekalian belajar dari sana. Film tentang komputer akan membawa kamu kepada pengalaman baru.

Kamu nggak mesti jago komputer untuk menonton film sejenis ini, tetapi kamu akan tetap mengerti bagaimana komputer berperan dalam film tersebut. Mungkin, kamu juga akan terinspirasi karena melihat para jagoan komputer beraksi di dalam film itu. Ini dia beberapa rekomendasi film tentang komputer dari Bacaterus yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditonton di waktu luang.

7 Film Tentang Komputer

1. Fabricated City (2017)

Fabricated City

* sumber: inikpop.com

Film ini menceritakan tentang sebuah kasus kriminal dimana komputer mempunyai andil besar dalam kasus itu. Fabricated City berasaldari Korea dan dibintangi oleh Ji Chang Wook. Kalau kamu suka film Korea pasti nggak asing dengan aktor yang satu ini. Dia berperan sebagai Kwon Yoo, peran utama dalam film ini.

Kwon Yoo ditumbalkan menjadi tersangka untuk kejahatan yang nggak pernah dia lakukan. Semua ini karena ada seorang ahli komputer gila yang senang merekayasa kasus tersebut seolah-olah Kwon Yoo memang tersangkanya. Namun, dia diselamatkan oleh seorang peretas yang dia kenal di sebuah game online.

Film yang sangat seru untuk ditonton. Terutama ketika mengupas bagaimana si ahli komputer merekayasa sebuah kasus sehingga menjadi masuk akal di mata masyarakat dan mereka percaya bahwa itu benar. Lalu, semua itu dibantah oleh seorang peretas yang berpihak pada Kwon Yoo.

Tertarik menonton film-film Ji Chang Wook lainnya? Baca artikel film yang dibintangi Ji Chang Wook ini.

2. The Imitation Game (2014)

The Imitation Game

* sumber: vinodnarayan.com

Kamu tahu Alan Turing? Film ini bercerita tentang sosok jenius itu. Diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Bisa dibilang, ini adalah sejenis film dokumenter sejarah. Naskah film ini ditulis oleh Graham Moore berdasarkan buku Alan Turing: The Enigma karya Andrew Hodges. Sebuah film yang selain menghibur juga penting untuk ditonton.

Film ini menceritakan bagaimana komputer yang dirancang oleh Alan Turing berperan dalam perang dunia. Dia membuat sebuah mesin yang memecahkan sandi rahasia pihak lawan, sehingga serangan-serangan lawan bisa diketahui sebelum dilakukan. Dibumbui drama yang pas dan nggak berlebihan membuat film ini nyaman dan jauh dari kata membosankan.

Kalau kamu menyukai sejarah pasti akan betah menontonnya. Di dalam The Immitation Game kamu juga akan melihat bagaimana kehidupan seorang Alan Turing yang merupakan salah satu manusia paling berpengaruh di dunia. Banyak kejutan yang akan kamu dapatkan di dalam setiap adegan kehidupan sosoknya.

3. The Social Network (2010)

The Social Network

Siapa sih yang nggak tahu jejaring sosial bernama Facebook? Dan siapa yang nggak kenal Mark Zuckerberg? Film ini menceritakan tentang dia dan apa yang dibuatnya. Sesuatu yang hari ini membuat dia menjadi salah satu orang paling kaya sekaligus berpengaruh di dunia. Tentu saja, nggak sepenuhnya persis kejadian aslinya. Tetapi cukup menggambarkan.

Jesse Eisenberg menjadi karakter utama di dalam film ini, dia memerankan Mark Zuckerberg ketika kuliah sampai membuat Facebook yang nggak cuma mengubah dia dan kampusnya, tetapi juga orang-orang di seluruh dunia. Diceritakan pula konflik yang dia alami dengan Eduardo Saverin yang diperankan oleh Andrew Garfield.

Justin Timberlake ikut berperan sebagai Sean Parker di film ini. Dia adalah seseorang yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan Facebook. Konflik yang disajikan serta kemampuan akting para aktor yang ciamik membuat film ini menjadi tontonan yang seru. Kalau kamu ingin tahu asal mula Facebook, pastikan untuk menonton film ini ya!

4. Who Am I? No System Is Safe (2014)

Who Am I No System Is Safe

Judul aslinya, Kein System ist sicher karena film ini memang buatan Jerman. Mungkin kamu akan merasa kurang akrab dengan aktornya dan bahasa yang digunakan. Namun, percayalah film ini betul-betul layak ditonton. Terutama di era seperti sekarang ketika informasi menjadi sesuatu yang rentan dicuri.

Benjamin Engel cuma seorang pemuda lugu biasa yang tinggal bersama neneknya. Semuanya berubah ketika dia mempelajari bahasa komputer. Ceritanya semakin seru ketika dia bertemu dengan orang-orang yang mengakui kemampuannya. Mereka membentuk sebuah kelompok bernama CLAY yang membuat kekacauan dengan komputer.

Semua kekacauan yang ditampilkan di film ini dirancang dengan matang dan serius, sehingga kamu tetap bisa memahaminya meskipun kamu nggak terlalu mengerti komputer. Malah, setelah menonton film ini kamu akan mendapat banyak pengetahuan baru tentang informasi, sistem keamanan, dan peretasan.

5. Untraceable (2008)

Untraceable

Biasanya film tentang pembunuhan diwarnai dengan aksi laga. Baku hantam dengan tangan kosong atau tembak-tembakan. Film ini memberi napas lain karena pembunuhan itu dilakukan menggunakan komputer. Unik sekaligus mengerikan, kita diperlihatkan bagaimana komputer membantu membunuh seseorang.

Pembunuhan berantai di dalam kasus ini menjadi sesuatu yang nggak biasa. Pertama, karena metode pembunuhan yang dipakai. Kedua, karena tersangka utama yang sangat sulit dicari jejaknya. Setiap pembunuhan memakai metode yang berbeda tetapi punya satu kesamaan, yakni melibatkan komputer.

Korban dinyatakan hilang, lalu dia dibunuh pelan-pelan dan orang bisa melihat proses bagaimana dia terbunuh dengan cara live streaming. Ketika viewers mencapai angka tertentu, akan terjadi sesuatu pada korban karena si tersangka sudah merancang perangkat untuk melakukan itu. Semakin banyak yang menonton semakin korban tersiksa sampai akhirnya terbunuh.

6. Blackhat (2015)

Blackhat

* sumber: www.huffingtonpost.com

Film ini menceritakan tentang bagaimana seorang ahli komputer sangat dibutuhkan. Film ini dibintangi oleh Chris HemSworth yang berperan sebagai seorang peretas kelas atas. Dia dipenjara karena sebuah kasus peretasan yang serius, tetapi ada sebuah kasus kejahatan besar yang membutuhkan keterampilannya.

Atas usul kawan lamanya, narapidana itu diminta membantu pemerintah memecahkan kasus tersebut dengan imbalan pengurangan masa hukuman.  Sesuatu yang menarik dalam film ini, selain alur cerita yang bagus adalah berkolaborasinya aktor Amerika dengan aktor Asia seperti Tang Wei dan Wang Leehom.

Proses mereka menyelesaikan kasus tersebut membawa neraka berpindah ke berbagai negara, salah satunya Indonesia. Di sini, kita akan melihat bagaimana peretas yang berdiri di dua sisi berbeda beradu keterampilan. Kita juga akan diperlihatkan, kekacauan dan kebaikan yang bisa dilakukan oleh seorang ahli komputer.

7. Snowden (2016)

Snowden

Film ini mengisahkan tentang Edward Snowden, seorang ahli komputer asal Amerika yang membocorkan rahasia dari Badan Keamanan Nasional atau NSA (National Security Agency). Mengandung unsur politik tetapi tetap menjadi film yang menarik. Dibintangi oleh Joseph Gordon Levitt yang sudah nggak perlu diragukan lagi kemampuan aktingnya.

Naskah film ini ditulis oleh Oliver Stone dan Kieran Fitzgerald berdasarkan buku The Snowden Files karya Luke Harding dan Time of the Octopus karya Anatoly Kucherena. Isu yang diangkat sangat menarik, tentang kebijakan rahasia pemerintah yang dibuat demi menjaga keamanan warganya. Namun, semua itu dibantah oleh Edward Snowden dengan membocorkannya ke publik karena dia menganggap itu melukai privasi semua orang.

Dari beberapa film di atas, ada yang sudah pernah kamu tonton? Kalau belum silakan dicoba kalau sedang ada waktu luang. Kalau kamu ingin menambahkan film tentang komputer lainnya, kamu boleh menambahkan di kolom komentar ya!