Bacaterus / Film Psikologi / 8 Rekomendasi Film tentang Kepribadian Ganda yang Seru

8 Rekomendasi Film tentang Kepribadian Ganda yang Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sekarang ini film dibuat berdasarkan tema yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Para jenius di bidang perfilman lebih mengamati apa yang sedang terjadi dalam kehidupan masyarakat secara luas. Tak jarang, hal-hal inilah yang mereka jadikan tema untuk film yang akan digarapnya.

Salah satu yang banyak digemari adalah film bertema psikologi manusia dan unsur-unsur yang mengikutinya. Saat ini banyak orang menjadi lebih sadar akan penyakit mental, jika dibandingkan dengan jaman dahulu. Seperti contohnya bipolar disorder atau penyakit kepribadian ganda yang mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita.

Sebelumnya mungkin orang dengan bipolar disorder akan menyembunyikan penyakitnya karena satu dan lain hal. Namun belakangan, orang-orang dengan keadaan seperti ini menjadi lebih terbuka dengan dunia. Tujuannya bisa jadi untuk memberi inspirasi kepada orang lain agar tetap semangat apapun yang terjadi, termasuk jika terserang penyakit terutama penyakit mental seperti ini.

Jika Anda penasaran, berikut beberapa rekomendasi film yang menggambarkan apa yang dialami dan dirasakan seseorang dengan bipolar disorder atau kepribadian ganda, bahkan orang dengan banyak kepribadian. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Me, Myself, and Irene (2000)

Me, Myself, and Irene (2000)

  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Comedy
  • Sutradara: Bobby Farrelly, Peter Farrelly
  • Pemeran: Jim Carrey, Renée Zellweger, Anthony Anderson
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, Conundrum Entertainment

Me, Myself And Irene menampilkan Jim Carrey sebagai pemeran utamanya. Film ini bercerita tentang seorang anggota polisi bernama Charlie Baileygates yang bercerai karena istrinya pergi bersama sopir pribadinya. Charlie juga harus mengurus ketiga anaknya sendirian.

Kesedihan dan kemarahan yang terjadi dalam diri Charlie, akhirnya keluar sebagai kepribadian lain bernama Hank Evans. Berbeda dari Charlie yang cenderung tenang dan ramah, Hank Evans memiliki sifat kasar dan mudah emosi.

Cerita berlanjut saat Charlie secara pribadi ditugaskan untuk mengawal seorang wanita bernama Irene ke sebuah penjara. Charlie juga membantu Irene agar terbebas dari pacarnya yang kasar. Disisi lain Charlie berhenti melakukan pengobatan, dan merasa khawatir jika Hank akan mendominasi kehidupannya.

2. Sybil (2007)

Sybil (2007)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Joseph Sargent
  • Pemeran: Jessica Lange, Tammy Blanchard, Ron White
  • Perusahaan Produksi: Norman Stephens Productions, Warner Bros. Television, Wolper Organization

Film Sybil diadaptasi dari sebuah buku tahun 1973 dengan judul sama karya Flora Retha Schreiber. Sybil mengangkat kisah nyata seorang pasien yang memiliki penyakit mental bernama Shirley Ardell Maison. Shirley digambarkan memiliki 16 kepribadian berbeda yang ada dalam dirinya.

Sybil hanyalah salah satu dari kepribadian yang ia miliki. Oleh salah satu rekannya, Shirley disarankan untuk menemui seorang dokter jiwa bernama Dr. Cornelia Wilbur. Akhirnya diketahui bahwa penyakit yang Shirley miliki merupakan akibat dari masa kecilnya yang penuh dengan kekerasan yang dilakukan ibunya sendiri.

3. Identity (2003)

Identity (2003)

  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Mystery, Thriller
  • Sutradara: James Mangold
  • Pemeran: John Cusack, Ray Liotta, Amanda Peet
  • Perusahaan Produksi: Columbia Pictures, Konrad Pictures

Identity yang dirilis di tahun 2003 ini merupakan sebuah film adaptasi dari novel karya Agatha Christie yang berjudul And Then There Were None. Film ini berkisah tentang 10 orang yang secara tidak sengaja memasuki sebuah motel di daerah terpencil karena adanya badai.

Mereka sangat jauh dari keramaian dan secara misterius tewas dibunuh satu persatu. Kemudian diketahui bahwa salah satu dari mereka memiliki penyakit, yakni berkepribadian ganda. Namun, ending dari film ini benar-benar tak terduga.

4. Frankie and Alice (2010)

Frankie and Alice (2010)

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Biography, Drama
  • Sutradara: Geoffrey Sax
  • Pemeran: Halle Berry, Stellan Skarsgård, Phylicia Rashad
  • Perusahaan Produksi: Access Motion Pictures, F & A Production Services, Reality Pictures In Motion

Frankie and Alice merupakan sebuah film drama yang mengusung Halle Berry sebagai pemeran utamanya. Film ini mengangkat cerita populer tentang seorang penari/pekerja klub malam yang memiliki gangguan kepribadian ganda di tahun 1970-an.

Halle Berry memerankan sosok Francine L. Murdoch (Frankie), seorang penari di klub malam. Suatu hari dia dipertemukan dengan seorang dokter jiwa bernama Dr. Oz. Setelah itu, Frankie diberikan pengobatan atas penyakit gangguan kepribadian yang dia miliki.

Diketahui Frankie memiliki 3 kepribadian dalam dirinya. Frankie, seorang wanita kulit hitam usia 32 tahun, Alice seorang wanita kulit putih, dan yang terakhir seorang anak/remaja berkulit hitam yang jenius berusia 8-12 tahun.

Diceritakan bahwa Dr. Oz mengobati Frankie hingga ia meninggal. Frankie kemudian menjadi guru Sekolah Menengah berkat sisi kepribadiannya yang jenius. Cerita diakhiri dengan Frankie yang menikahi seorang psikiater.

5. 6 Souls (2010)

6 Souls (2010)

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Horror, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Måns Mårlind
  • Pemeran: Julianne Moore, Jonathan Rhys Meyers, Jeffrey DeMunn
  • Perusahaan Produksi: NALA Films, Macari/Edelstein, IM Global

6 Souls yang sebelumnya berjudul Shelter ini merupakan film horor thriller yang dibintangi oleh Julianne Moore dan Jonathan Rhys Meyers. Film ini menceritakan tentang Dr. Cara Harding, seorang psikiater forensik yang suaminya baru saja meninggal.

Dr.Harding kemudian dikenalkan oleh Ayahnya dengan sosok Adam, seorang pasien yang memiliki kepribadian ganda. Tujuannya agar Dr. Harding bisa menguji teori-teori tentang psikologi. Lambat laun Dr. Harding tahu bahwa kepribadian Adam yang lain adalah seorang korban pembunuhan.

Namun, semakin lama ia mengamati dan mengetahui masa lalu Adam, Dr.Harding dan orang-orang di sekitarnya juga semakin dekat untuk menjadi korban pembunuhan selanjutnya. Dr.Harding harus segera mengetahui apa yang terjadi, sebelum ia terlambat dan menjadi korban selanjutnya.

6. Waking Madison (2010)

Waking Madison (2010)

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Katherine Brooks
  • Pemeran: Imogen Poots, Elisabeth Shue, Taryn Manning
  • Perusahaan Produksi: Annapurna Productions, Fixed Point Films

Waking Madison, sebelumnya berjudul Mad World dibintangi oleh Sarah Roemer dan Elisabeth Shue. Film drama ini menceritakan tentang seorang wanita yang tinggal di New Orleans bernama Madison yang menderita penyakit kepribadian ganda dan ingin mengakhiri hidupnya.

Madison kemudian bertemu dengan Dr. Barnes, yang selalu merekam sesi konsultasinya dengan para pasien. Setelahnya, Madison memutuskan untuk kembali ke apartemen lamanya dan berniat mengunci diri selama 30 hari kedepan.

Ia ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi dalam dirinya sehingga hidupnya menjadi kacau, tidak punya teman, ataupun pekerjaan. Di hari ke-30, Madison akhirnya menemukan fakta yang sangat mengejutkan tentang Dr. Barnes dan pasiennya.

7. Peacock (2010)

Peacock (2010)

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Drama, Thriller
  • Sutradara: Michael Lander
  • Pemeran: Cillian Murphy, Ellen Page, Susan Sarandon
  • Perusahaan Produksi: Cornfield Productions, Mandate Pictures

Peacock merupakan film thriller bertema psikologi karya Michael Lander yang dirilis tahun 2010. Film ini dibintangi oleh Cillian Murphy, Ellen Page, dan Susan Sarandon. Film Peacock diawali dengan kisah John Skillpa, seorang pegawai bank yang hidup sendiri di sebuah kota kecil bernama Peacock di Nebraska.

Bukan tanpa alasan, John menjalani kehidupan secara tersembunyi karena penyakit kepribadian ganda yang dimilikinya. Penyakit ini ia dapatkan dari trauma masa kecil yang dialaminya. Di pagi hari, John berprilaku seperti seorang perempuan yang memasak dan menyediakan sarapan. Perempuan ini diketahui bernama Emma.

Namun, sebuah kecelakaan kereta api yang terjadi di belakang rumahnya membawa kehidupan John dalam perhatian banyak orang di seluruh kota. Misteri kehidupan John sepenuhnya mulai terkuak ke permukaan.

8. Split (2016)

Split

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Horror, Thriller
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Pemeran: James McAvoy, Anya Taylor-Joy, Haley Lu Richardson
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Blinding Edge Pictures, Blumhouse Productions

Split merupakan sekuel dari film Unbreakable yang dirilis tahun 2000 dengan Bruce Willis sebagai pemeran utamanya. Walaupun demikian, Split tidak dipromosikan sebagai film sekuel seperti halnya film franchise yang lain.

Film Split sendiri dibintangi oleh James McAvoy, Anya Taylor-Joy, dan Betty Bukley. Film karya Shyamalan ini berkisah tentang seorang pria bernama Kevin yang memiliki 23 kepribadian. Kevin kemudian menculik dan menyekap 3 gadis remaja dalam sebuah tempat di bawah tanah yang sudah tidak terpakai lagi.

Split merupakan film supervillain solo pertama dan juga film Hollywood pertama yang secara “tersembunyi”merupakan film sekuel. Meski menerima banyak kritik tajam karena menampilkan stigma tentang orang dengan penyakit mental, Split menjadi film dengan pendapatan tertinggi di tahun 2017.

Itulah beberapa rekomendasi film dengan tema kepribadian ganda. Film-film dengan jenis tema ini terkadang membuat kita bingung dan bertanya-tanya tentang karakter dan peristiwa demi peristiwa yang ada di film tersebut. Nah, film mana yang menurut kamu paling seru untuk ditonton?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *