bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Barat / 15 Rekomendasi Film Tentang Kekuatan Super yang Unik

15 Rekomendasi Film Tentang Kekuatan Super yang Unik

Ditulis oleh Indah Hasan - Diperbaharui 17 Februari 2021

Film dengan kekuatan super biasanya penuh dengan aksi dan fantasi di dalamnya, mulai dari sosok anak-anak sampai dewasa juga bisa memiliki kekuatan super. Kekuatan super yang didapatkan bisa jadi bawaan, diamanahkan, atau juga didapatkan. Bagi para pemilik kekuatan super bisa menggunakannya untuk kebaikan atau pun kejahatan.

Nah, kalau ingin menonton film dengan tema kekuatan super maka kali ini Bacaterus bakal berbagi informasi perihal film tentang kekuatan super yang unik. Unik di sini bisa berupa, karakter atau bahkan alur ceritanya. Penasaran dengan film-filmnya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Carrie

Carrie

  • Tahun Rilis: 1976
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Brian De Palma
  • Pemeran: Sissy Spacek, Piper Laurie, Amy Irving
  • Perusahaan Produksi: Red Bank Films

Carrie (Sissy Spacek) adalah seorang gadis pemalu yang kerap kali menjadi bahan perundungan di sekolahnya. Puncaknya ketika Carrie mendapatkan haid untuk pertama kali, dirinya justru terkejut dan histeris melihat darah menstruasinya sendiri.

Tak hanya mendapat tekanan di sekolah, di rumah Carrie juga memiliki seorang ibu yang religius dan konservatif, Margaret White (Piper Laurie). Sebagai seorang ekstrimis agama, Margaret kerap menjejali Carrie dengan ajaran-ajaran agama yang justru melewati batas.

Kehidupan Carrie berubah tatkala menjelang prom night seorang cowok populer di sekolahnya, Tommy Ross (William Katt), mengajaknya hadir bersama dalam acara spesial tersebut.

Prom berjalan dengan lancar, bahkan Carrie dan Tommy terpilih menjadi pasangan raja dan ratu malam itu. Namun semua menjadi chaos saat Margaret, yang sedari awal tak setuju Carrie menghadiri prom, datang dan menyiram darah babi ke sekujur tubuh Carrie. Carrie yang marah sekaligus terkejut akhirnya mengeluarkan sebuah kekuatan telekinesis yang diam-diam bersemayam dalam tubuhnya.

2. Limitless

Limitless

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Neil Burger
  • Pemeran: Bradley Cooper, Anna Friel, Abbie Cornish
  • Perusahaan Produksi: Virgin Produced, Rogue, Many Rivers Productions, Boy of the Year, Intermedia Film

Kehidupan Eddie Morra (Bradley Cooper) di ambang kehancuran. Kariernya sebagai penulis mulai padam dan kekasihnya meninggalkan dirinya sendiri. Di tengah kekalutan hidup yang ia alami, Eddie bertemu dengan adik iparnya, Vernon (Johnny Withworth). Pertemuan tersebut ternyata mengubah kehidupan Eddie. Vernon memberinya NZT, obat yang diyakini dapat meningkatkan kinerja otak hingga 100%.

Setelah mengonsumsi NZT, kehidupan Eddie benar-benar berubah drastis. Buku Eddie rampung dengan cepat, ia bisa mempelajari berbagai bahasa asing dengan mudah, dan kini dirinya juga menjadi salah satu pemain saham yang sukses. Kebahagiaan Eddie semakin bertambah saat kekasih yang dulu meninggalkannya kini kembali ke pelukannya.

Namun selalu ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kenikmatan yang didapat dengan mudah. Ada banyak pihak yang ingin memanfaatkan Eddie untuk keuntungan pribadinya, salah satunya pengusaha yang saat ini bermitra dengan Eddie, Carl Van Loon (Robert De Niro). Tak sampai di situ saja, Eddie juga diburu oleh pihak kepolisian dan sekelompok penjahat yang juga memiliki niat yang sama seperti Carl.

3. Unbreakable

* sumber: theblogofdelights.blogspot.com

  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Drama, Mystery, Sci-Fi
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Pemeran: Bruce Willis, Samuel L. Jackson, Robin Wright
  • Perusahaan Produksi: Touchstone Pictures, Blinding Edge Pictures, Barry Mendel Productions, Limited Edition Productions Inc.

Elijah Price (Samuel L. Jackson) terlahir dalam kondisi osteogenesis imperfecta tipe 1, sebuah kondisi yang menyebabkan penderitanya jadi sangat rapuh dan mudah patah tulang. Dengan kondisi tersebut, Elijah tidak bisa melakukan kegiatan berat. Ia tumbuh menjadi seorang seniman.

Melihat kondisinya yang begitu rapuh, Elijah terobsesi dengan adanya manusia super yang berlawanan dengan dirinya. Elijah percaya bahwa pasti ada seorang manusia yang justru sangat kuat dan tidak pernah merasakan sakit.

Di sisi lain, David Dunn (Bruce Willis) adalah seorang petugas keamanan yang menjadi satu-satunya orang yang selamat dari kecelakaan maut Eastrail 177. Anehnya, David tidak mengalami sakit atau luka sedikitpun. Kondisinya yang ajaib itu membuat dirinya menjadi buah bibir. Sampai suatu saat David menerima sebuah undangan dari Elijah.

Elijah dan David akhirnya bertemu. Elijah berusaha meyakinkan David dan dirinya adalah pahlawan super dengan kekuatan spesial. Meskipun sempat mengelak, David akhirnya menyadari bahwa dirinya istimewa. Bahkan, dirinya memiliki kemampuan membaca pikiran jahat orang-orang di sekitarnya.

Elijah tetap berusaha meyakinkan David bahwa mereka bisa menjadi kombinasi “pahlawan super” yang tak terkalahkan. Hingga tersingkap fakta bahwa kecelakaan demi kecelakaan besar yang terjadi – termasuk Eastrail 177 – adalah buatan Elijah untuk bisa menemukan sosok manusia super yang ia imajinasikan sejak lama.

4. Chronicles

Chronicles

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Drama, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Josh Trank
  • Pemeran: Dane DeHaan, Alex Russell, Michael B. Jordan
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, Davis Entertainment, Dune Entertainment

Film ini mengangkat tema psikologis yang dibalut dengan kekuatan super. Dimulai dari Andrew yang sering dirundung dan mendapat perlakuan kasar dari sang ayah. Akhirnya, ia mendapat pertolongan dari sepupunya. Suatu hari, mereka masuk ke dalam lubang yang membuat mereka mendapatkan kekuatan telekinesis.

Awalnya mereka hanya bermain-main dengan kekuatan super mereka dan direkam untuk hiburan mereka saja. Cerita memanas saat Andrew tidak sengaja menghilangkan nyawa seseorang. Sejak saat itu, Andrew menjadi kehilangan kendali atas kekuatannya. Emosi Andrew yang tidak bisa ditebak menjadikan film ini sangat menegangkan.

5. Wanted

Wanted

* sumber: drush76.wordpress.com

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Action, Crime, Thriller
  • Sutradara: Timur Bekmambetov
  • Pemeran: Angelina Jolie, James McAvoy, Morgan Freeman
  • Perusahaan Produksi: Relativity Media, Marc Platt Productions, Kickstart Productions, Top Cow Productions

Sedikit berbeda dengan tokoh-tokoh yang memiliki “kekuatan super” dalam artikel ini, “Wanted” justru menyuguhkan sosok manusia super hasil dari kerja keras dan latihan.

Dikisahkan Wesley (James McAvoy) adalah pria biasa yang selalu mendapat perlakuan semena-mena dari bosnya di tempat kerja. Kekasihnya juga mengkhianatinya ketika Wesley bekerja.

Pertemuan Wesley dengan wanita misterius bernama Fox (Angelina Jolie) ternyata membuat kehidupannya berubah. Fox mengatakan hal yang tidak diketahui Wesley sebelumnya, bahwa ayah Wesley adalah mantan pembunuh bayaran profesional.

Wesley yang tidak memiliki kemampuan apa-apa direkrut oleh organisasi yang dulu pernah menaungi ayahnya. Ia dilatih oleh seseorang bernama Sloan (Morgan Freeman). Wesley dipersiapkan untuk menjadi ‘super’ seperti sang ayah.

6. Lucy

Lucy

* sumber: bob-the-movie-man.com

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Action, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Luc Besson
  • Pemeran: Scarlett Johansson, Morgan Freeman, Choi Min-sik
  • Perusahaan Produksi: EuropaCorp, TF1 Films Production, Canal+, Ciné+, TF1

Hampir sama dengan tokoh Eddie dalam film “Limitless”, tokoh sentral dalam film “Lucy” ini berubah menjadi manusia super karena ‘obat’. Bedanya, Eddie mengonsumsi obat atas kemauannya sendiri sedangkan sosok Lucy di film ini dalam kondisi terpaksa.

Lucy (Scarlett Johansson) yang sedang belajar di Taipei ternyata ditipu oleh kekasihnya, Richard (Pilou Asbæk). Richard ternyata adalah seorang bandar narkoba yang telat membuat Lucy bekerja kepada seorang gembong narkoba dari Korea, Mr. Jang (Choi Min-sik).

Suatu hari, Lucy diminta untuk mengantarkan koper  kepada Mr. Jang. Lucy tak mengetahui bahwa isi koper tersebut adalah CPH4, obat sintetis yang sangat berharga. Di saat bersamaan Lucy menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri Richard dibunuh. Lucy pun diculik dan dipaksa membawa paket narkoba di dalam perutnya untuk diantar ke Eropa.

Akibat banyaknya obat di dalam perut Lucy, ia tiba-tiba memiliki kekuatan super, sejenis kekuatan kombinasi antara telepati, telekinesis, dan menjelajah waktu. Dengan kekuatan tersebut Lucy bisa berada di mana saja dalam sekejap mata. Ia akhirnya menggunakan kekuatan tak terduganya itu untuk menghabisi gembong narkoba dan antek-anteknya yang selama  ini memanfaatkan dirinya.

7. Solace

Solace

* sumber: variety.com

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Crime, Drama, Mystery
  • Sutradara: Afonso Poyart
  • Pemeran: Anthony Hopkins, Jeffrey Dean Morgan, Abbie Cornish
  • Perusahaan Produksi: Silver Reel, Eden Rock Media, FilmNation Entertainment, Flynn Picture Co., Venture Forth

Dua agen FBI, Joe (Jeffrey Dean Morgan) dan Katherine (Abbie Cornish), menemukan jalan buntu ketika melakukan penyelidikan terhadap kasus pembunuhan berantai. Akhirnya, Joe dan Katherine menemui seorang teman lama yang memiliki kemampuan melihat masa depan dan masa lalu, Dr. John Clancy (Anthony Hopkins).

Dr. John awalnya menolak untuk terlibat. Dr. John selama ini menyendiri dan masih dirundung kesedihan atas kematian putrinya dan perpisahannya dengan sang istri. Namun pada akhirnya Dr. John setuju untuk membantu mereka.

Pembunuhan terus terjadi. Setiap korban pembunuhan ditusuk di bagian belakang leher, tepat di tulang belakang. Selama penyelidikan berlangsung, Dr. John menyadari bahwa kasus kali ini tidak biasa. Si pembunuh berantai juga rupanya memiliki ‘kekuatan’ super yang membuat pembunuhan yang dilakukannya terlihat rapi dan dirinya juga tidak mudah terlacak.

8. Transcendence

Transcendence

* sumber: www.screengeek.net

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi
  • Sutradara: Wally Pfister
  • Pemeran: Johnny Depp, Rebecca Hall, Morgan Freeman
  • Perusahaan Produksi: Alcon Entertainment, DMG Entertainment, Straight Up Films

Dikisahkan Dr. Will Caster (Johnny Depp) merupakan peneliti terkenal dalam bidang kecerdasan buatan. Obsesinya terhadap bidang teknologi membuat Caster ingin menciptakan sesuatu yang canggih tapi memiliki emosi seperti manusia. Caster mengklaim bahwa temuannya kali ini memiliki kemampuan lebih besar dan kecerdasan kolektif yang melebihi manusia.

Keinginan Caster ini ditentang keras oleh kelompok anti-teknologi. Mereka menghalalkan segala cara untuk menghentikan proyek Caster. Kelompok ini menembak Caster hingga ia sekarat.

Dalam kondisi sekarat, istri Caster – Evelyn (Rebecca Hall) – dan sahabat Caster – Max (Paul Bettany) – berusaha menolong Caster. Mereka menghubungkan isi otak Caster ke dalam teknologi komputer yang dikembangkannya. Namun, usaha ini ternyata justru semakin membahayakan umat manusia dan berpotensi mendatangkan bencana serius yang berdampak pada kelangsungan hidup di dunia.

9. Red Lights

Red Lights

* sumber: www.justwatch.com

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Drama, Fantasy, Horror
  • Sutradara: Rodrigo Cortés
  • Pemeran: Sigourney Weaver, Robert De Niro, Cillian Murphy
  • Perusahaan Produksi: Millennium Films, Cindy Cowan Entertainment, First Generation Films

Fenomena paranormal tidak hanya marak di Indonesia saja. Di negara adidaya seperti Amerika Serikat, fenomena paranormal atau yang biasa kita kenal dengan istilah ‘orang pintar’ juga masih menjadi perdebatan. Isu tersebut diangkat dalam film “Red Lights”, sebuah film tentang ‘kekuatan super’ yang mungkin jalan ceritanya agak sedikit berat dibanding film-film sejenis lainnya.

Margaret Matheson (Sigourney Weaver) merupakan seorang profesor yang ahli dalam bidang paranormal. Margaret memiliki seorang asisten yang merupakan seorang fisikawan, yakni Tom Buckley (Cillian Murphy).

Mereka berdua selalu melakukan research untuk mempelajari fenomena paranormal. Mereka harus membuktikan apakah fenomena klenik, paranormal, dan magis memang benar-benar ada atau hanya fiktif belaka. Karena pekerjaannya ini Margaret menjadi orang yang dibenci oleh sebagian besar paranormal di AS. Apalagi Margaret dan Tom berhasil membuka kedok beberapa paranormal palsu.

Dalam menjalani pekerjaannya, Margaret bertemu kembali dengan Simon Silver (Robert De Niro), seorang paranormal sepuh yang dulu sempat kondang. Konon, Simon bisa membaca pikiran orang lain dan menyembuhkan penyakit. Track record yang dimiliki Simon membuat Tom tertarik untuk menyelidiki Simon lebih dalam. Sayang, keinginannya ditentang oleh Margaret.

Usut punya usut, Margaret masih tak bisa melupakan rasa sakit hatinya saat Simon ‘bermain-main’ dengan roh putra Margaret yang saat itu sedang mengalami koma.

Suatu hari, Margaret ditemukan meninggal secara misterius. Tom semakin menaruh curiga pada Simon. Ia tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai sosok yang menjadi musuh bebuyutan Margaret itu.

10. Brightburn

Brightburn

* sumber: www.netflix.com

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Horror, Mystery
  • Sutradara: David Yarovesky
  • Pemeran: Elizabeth Banks, David Denman, Jackson A. Dunn
  • Perusahaan Produksi: Screen Gems, Stage 6 Films, The H Collective

Sinopsis & Review Brightburn

Saat ini, film Anti Hero sangat banyak digarap. Salah satu film yang dapat mengubah persepsi kita akan pahlawan super pun juga akan tercabik-cabik dalam film ini. Dari awal kalian akan diingatkan kembali dengan sosok superman, lalu ingatan itu akan diubah menjadi sosok yang tidak sehangat superman.

Cerita bermulai saat Brandon menyadari dirinya memiliki kekuatan yang spesial dan mulai memberikan teror kepada orang di sekelilingnya. Brandon seolah-olah ingin mengubah persepsi atas pahlawan super. Kalian akan terpesona dengan efek kekuatan super Brandon, mulai dari berpindah dengan cepat dan efek telekinesis yang smooth.

11. Push

Push

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Paul McGuigan
  • Pemeran: Camilla Belle, Dakota Fanning, Chris Evans
  • Perusahaan Produksi: Icon Productions

The Division adalah organisasi buatan Amerika yang bertugas untuk melatih orang-orang yang dipercaya memiliki kekuatan super. Orang-orang yang dilatih di sini akan dipersiapkan menjadi prajurit tak terkalahkan. Sayangnya, misi tersebut tidak digunakan untuk membuat perdamaian di dunia.

Nick Gant (Chris Evans) merupakan seorang anak dari anggota The Division. Ayahnya memutuskan mundur dari organisasi tersebut, tetapi nyawanya justru dihabisi karena The Division tidak akan mengizinkan anggotanya untuk keluar karena alasan apapun.

Untuk melindungi nyawanya sendiri, Nick Gant yang juga memiliki kekuatan super ini akhirnya kabur ke Hong Kong. Di sana ia berjumpa dengan remaja bernama Cassie Holmes (Dakota Fanning) yang juga dianugerahi kemampuan melihat masa depan.

Baik Nick dan Cassie, mereka bersama-sama mencari Kira (Camilla Belle), sosok yang dipersiapkan oleh The Division yang keberadaannya dapat mengancam perdamaian di dunia.

12. I Am Number Four

I Am Number Four

* sumber: gizmozfilmreview.wordpress.com

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: D.J. Caruso
  • Pemeran: Alex Pettyfer, Timothy Olyphant, Dianna Agron
  • Perusahaan Produksi: DreamWorks Pictures, Reliance Entertainment, Bay Films

Tak selamanya kekuatan super bisa memberikan kebahagiaan bagi pemiliknya. Setidaknya hal tersebut lah yang dirasakan oleh John Smith (Alex Pettyfer). John dulunya adalah satu dari sembilan bayi yang berasal dari planet lain dan terdampar di bumi. Bayi-bayi tersebut memiliki kekuatan super yang tidak dimiliki oleh manusia biasa.

Kesembilan bayi ini nyawanya terancam. Mereka bisa sewaktu-waktu dibunuh dan hanya bisa mati jika dibunuh sesuai urutan, mulai dari anak pertama, anak kedua, anak ketiga, dan seterusnya. John adalah anak keempat. Ketiga bayi sebelumnya sudah tewas terbunuh.

Walaupun memiliki kekuatan luar biasa, John harus menghabiskan masa remajanya dalam pelarian agar tidak terbunuh. Sampai suatu saat John bertemu dengan seorang gadis bernama Sarah Hart (Dianna Agron). John jatuh cinta pada Sarah dan memutuskan untuk tidak ingin terjebak dalam pelarian lagi. Keputusan tersebut membuat John berani melawan siapapun yang hendak merenggut nyawanya.

13. Jumper

Jumper

* sumber: 3brothersfilm.com

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: Doug Liman
  • Pemeran: Hayden Christensen, Samuel L. Jackson, Jamie Bell
  • Perusahaan Produksi: Regency Enterprises, New Regency Productions, Hypnotic, Dune Entertainment

David Rice (Hayden Christensen) masih berusia sangat belia. Akan tetapi, ia harus menanggung beban hidup yang mungkin cukup berat. Sang ibu meninggalkan David ketika usianya masih 5 tahun. Sementara hubungan David dengan ayahnya yang pemabuk juga tidak baik.

Ketika David tertarik dengan gadis di sekolahnya, Millie Harris (Rachel Bilson), ia membelikan sebuah miniatur Menara Eiffel yang terletak dalam bola kaca. Sayangnya, salah seorang temannya justru membuang miniatur itu ke dalam sungai.

Pada saat hendak mengambil miniatur itu, David terjatuh ke sungai di bawah es yang membeku. Secara tak sadar, tubuhnya mengeluarkan kekuatan yang membuat dirinya berteleportasi ke perpustakaan. Baru di sana lah David menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk berpindah ke mana saja.

David memanfaatkan kekuatan teleportasinya itu untuk pergi ke New York dan merampok bank. Namun karena aksinya yang begitu mencolok, David justru diburu oleh kelompok tertentu yang ingin memanfaatkan dirinya. Nyawanya dan orang-orang yang ia sayangi kini jadi terancam.

14. Percy Jackson Series

Percy Jackson

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Adventure, Family, Fantasy
  • Sutradara: Chris Columbus
  • Pemeran: Logan Lerman, Kevin McKidd, Steve Coogan
  • Perusahaan Produksi: Fox 2000 Pictures, 1492 Pictures, Sunswept Entertainment

Racikan antara kekuatan super dan Greek mythology menghasilkan film yang sangat satisfying. Percy Jackson sukses memenangkan banyak hati para pecinta film aksi dan dan fantasi. Cerita tentang anak remaja yang memiliki darah dewa kuno ini diangkat dari novel dengan judul yang sama.

Cerita berkisah tentang anak-anak remaja yang memiliki darah dewa kuno menjalani training khusus di dalam pulau tersembunyi. Mulai dari keturunan Poseidon sampai Hades bisa kalian temui di sini. Kekuatan unik para remaja ini menyesuaikan dengan dewa-dewa yang menjadi ayah mereka. Jadi penasaran, kan?

15. The Covenant

The Covenant

* sumber: cineverse.id

  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Sutradara: Renny Harlin
  • Pemeran: Steven Strait, Sebastian Stan, Toby Hemingway
  • Perusahaan Produksi: Lakeshore Entertainment, Sandstorm Films

Bagi kamu yang menyukai film-film fantasy sejenis “Twilight Saga”, film “The Covenant” mungkin bakal jadi tontonan yang menarik untukmu. Jalan cerita yang lain dari yang lain serta didukung dengan cast yang masih muda dan menarik adalah nilai plus yang coba ditawarkan oleh film ini.

“The Covenant” menceritakan tentang lima keluarga penyihir yang hidup di tahun 1692. Karena hidup berbaur dengan manusia, mereka harus merahasiakan kekuatan sihir yang mereka miliki. Akan tetapi, salah satu keluarga membocorkan rahasia tersebut dan berujung pada diusirnya keluarga itu dari tanah kelahiran mereka.

Berjalan beberapa ratus tahun kemudian, keempat keluarga penyihir tersebut menurunkan kekuatan mereka kepada keturunannya. Empat pemuda tampan keturunan keluarga penyihir tersebut mewariskan ilmu leluhurnya. Mereka memiliki kekuatan yang berbeda-beda dan hidup berdampingan dengan manusia biasa. Namun, mereka tetap harus menjaga rahasia kemampuan super mereka itu.

Walaupun ‘berbeda’ dari manusia lain, mereka tetap bisa merasakan emosi yang sama dengan manusia biasa. Mereka terlibat dalam kehidupan cinta dan sosial dengan manusia lain. Sayangnya, hal tersebut justru memicu konflik tatkala salah satu dari mereka menggunakan kekuatan sihir yang seharusnya dirahasiakan. Empat pemuda ini pun saling tuduh, terlebih ‘kekuatan’ itu menyebabkan salah satu manusia tewas.

Nah berikut ulasan Bacaterus tentang film kekuatan super. Pada dasarnya semua kekuatan super hadir untuk menaklukkan atau menyingkirkan yang jahat. Film bernuansa kekuatan super biasanya identik dengan Good fight Evil.

Tapi, film yang seru bukan hanya sebatas film super hero saja, karena masih banyak film seru lainnya. Salah satu tema film yang wajib ditonton adalah 10 Film Petualangan Laut yang asyik ditonton ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram