Bacaterus / Film Psikologi / 10 Film yang Mengangkat Tema Seputar Kepribadian Introvert

10 Film yang Mengangkat Tema Seputar Kepribadian Introvert

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Kepribadian introvert selalu menarik untuk diketahui. Kamu tak harus mengerti kepribadian ini lewat artikel atau buku psikologi. Kamu pun juga bisa melakukannya dengan menonton sejumlah film tentang introvert.

Film tentang introvert sendiri cukup banyak. Dari sejumlah film tersebut, beberapa di antaranya bakal Bacaterus rekomendasikan di sini. Adapun sejumlah rekomendasi itu bisa langsung disimak di bawah ini.

1. To All the Boys I’ve Loved Before (2018)

To All the Boys I’ve Loved Before

Ini adalah film tentang introvert yang rilis pada 2018 silam. Film ini menceritakan seorang gadis berusia 16 tahun yang suka baca novel dan selalu mendambakan hubungan cinta romantis. Di tiap harinya, gadis bernama Lara Jean tersebut selalu menulis surat cinta untuk semua laki-laki yang dia suka.

Surat-surat itu tak pernah sekalipun dia sampaikan ke semua lelaki yang dia suka. Sampai akhirnya, semua surat bikinannya itu dikirimkan oleh adiknya ke semua lelaki yang dia suka. Hal itu sempat membuatnya panik.

Kendati begitu, apa yang dilakukan adiknya tersebut perlahan membuat Lara mengalami sejumlah kejadian menarik. Salah satunya adalah momen pertemuannya dengan Josh Sanderson, temannya di masa kecil. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini bisa kamu tonton via Netflix.

2. The Way, Way Back (2013)

The Way, Way Back

Film yang dirilis 2013 silam ini berkisah tentang seorang lelaki introvert yang berlibur bersama ibu kandung dan ayah tirinya. Awalnya, liburan yang dijalani lelaki bernama Duncan itu biasa-biasa saja. Sampai akhirnya dia menemukan seorang gadis yang membuat liburannya bermakna.

Tak hanya membuat liburannya bermakna, pertemuannya dengan gadis bernama Susanna itu juga membuat kepribadiannya lebih ekstrovert. Film ini memiliki perpaduan drama dan komedi yang cukup apik, sehingga kamu tak akan jemu untuk menontonnya.

3. The Edge of Seventeen (2017)

The Edge of Seventeen

Kalau kamu pertama kali melihat tokoh utama film ini, kamu pasti menyangka bahwa tokoh utama film ini adalah seorang ekstrovert. Namun, semakin mendalami film ini, kamu bakal mengetahui bakal si tokoh ini juga seorang introvert.

Sifat introvert pada tokoh film ini terlihat dari lingkaran pertemanannya yang tidak terlalu luas. Kendati begitu, tokoh bernama Nadine itu tetap bisa menemukan teman-teman yang tulus menyayanginya. Film bergenre coming-of-age comedy drama ini bakal mengajarkanmu kalau tidak semua stereotip yang ada pada orang introvert itu benar semua.

4. X + Y (2014)

X + Y

X + Y menceritakan kisah seorang lelaki introvert yang juga seorang jenius matematika. Tokoh yang bernama Nathan Ellis ini selalu menghindari hubungan antar manusia. Pada suatu hari, tokoh yang diceritakan berusia 9 tahun itu dipercaya oleh negaranya untuk mengikuti olimpiade internasional.

Nathan mengikuti ajang itu saat usianya berusia 16 tahun. Di ajang olimpiade itu, dia bertemu dengan peserta asal Tiongkok, Zhang Mei. Gadis asal Tiongkok itu kelak akan mengajari Nathan untuk menjalani hubungan sosial dengan orang-orang di sekitarnya.

5. Short Term 12 (2013)

Short Term 12

Ini adalah sebuah film independen asal Amerika yang rilis pada 2013 silam. Film ini mengisahkan seorang wanita muda bernama Grace Howard yang bekerja di Short Term 12. Short Term 12 merupakan sebuah lembaga konseling yang menaungi para remaja bermasalah.

Di sana, dia menangani salah satu remaja bernama Jayden. Jayden merupakan seorang remaja introvert yang mengalami kesulitan dalam bersosialisasi. Dengan telaten, Grace mengajari Jayden bagaimana bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Selama mengajari Jayden, Grace belajar banyak soal kepribadian introvert, terutama yang ada dalam diri Jayden.

6. England is Mine (2017)

England is Mine

Film ini merupakan biografi seorang Morrissey. Bagi yang belum tahu, Morrissey adalah seorang musisi legendaris yang sempat menjadi vokalis The Smith. Film ini mengisahkan sisi diri Morrissey yang ternyata seorang introvert.

Sifat introvert pada Morrissey sempat membuatnya dicap sombong. Hal itu membuat karier musiknya sempat terhalang. Namun, berkat bakat yang dimilikinya serta teman-teman di sekitarnya, Morrissey berhasil masuk ke industri musik dan sukses seperti sekarang.

7. The Perks of Being a Wallflower (2013)

The Perks of Being a Wallflower

Film-film sebelumnya lebih banyak menggambarkan sisi gelap seorang introvert. Namun tidak dengan satu ini. Menonton film ini membuatmu mengerti bahwa orang introvert pun memiliki sisi lain yang begitu indah dan menyenangkan.

Film ini mengisahkan lelaki introvert bernama Charlie yang hendak menjalani hidup normal disebuah sekolah menengah. Di sana, dia bertemu dengan beberapa orang yang membuat masa sekolahnya begitu berwarna.

Tak hanya menggambarkan sisi introvert Charlie yang indah, film ini juga akan mengingatkanmu dengan masa-masa remaja yang menyenangkan. Terutama, saat masih menginjak sekolah menengah.

8. Amelie (2001)

Amelie

Ini adalah film tentang introvert lainnya yang mempunyai cerita yang tak kalah unik. Film ini berkisah tentang seorang gadis bernama Amelie yang introvert dan mempunyai imajinasi yang liar. Amelie juga digambarkan mempunyai tingkah yang cukup nakal.

Suatu hari, Amelie hendak menemukan esensi kebahagian di dalam hidupnya. Untuk menemukannya, dia rela melakukan hal-hal yang terlihat remeh namun menarik. film ini mengajarkan bagaimana para introvert menemukan kebahagiaan dari sudut pandang mereka.

Film ini juga mengajarkan bahwa kunci kebahagiaan adalah berbagi dan menjadi diri sendiri. Selain tayang sebagai film layar lebar, film ini juga pernah digarap menjadi film musikal pada 2013 yang lalu.

9. Speak (2004)

Speak

Sebelum membintangi film Twilight, Kristen Stewart pernah membintangi film tentang introvert ini. Di film ini, aktris kelahiran 9 April 1990 itu berperan sebagai Melinda Sordino. Seorang gadis 14 tahun yang enggan berbicara dengan orang-orang di dalamnya.

Keengganannya berbicara itu membuat Melinda sulit mendapatkan teman. Meski demikian, Melinda perlahan mulai mencoba berbicara dengan orang-orang di sekitar. Terutama, setelah melewati beragam kejadian di hidupnya.

10. The Sixth Sense (1999)

The Sixth Sense

Film tentang introvert tak mesti bergenre drama atau komedi. Film jenis ini pun juga bisa dieksekusi ke dalam genre horror. Film The Sixth Sense adalah contohnya. Film yang rilis 1999 ini bercerita tentang bocah kecil yang introvert.

Film garapan M. Night Syamalan ini tidak menampilkan hantu-hantu seram. Film ini lebih banyak mengeksploitasi rasa takut dan paranoia dari tokoh utamanya. Tak hanya membuat takut, film ini juga mengajarkanmu sisi baik seorang introvert.

Meskipun sudah rilis 1999 silam, kamu masih bisa menonton film ini sekarang. Soalnya, film yang dibintangi Haley Joel Osment ini juga bisa kamu simak lewat Netflix.

Kepribadian introvert begitu menarik untuk dimengerti. Mengerti kepribadian ini tak harus selalu lewat artikel atau buku psikologi. Kamu juga bisa melakukannya lewat sejumlah film yang kami rekomendasikan di atas. Semoga film-film tersebut bisa membuatmu mengerti seperti apa itu introvert. Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar