Bacaterus / Film Biografi / Yuk, Tonton 10 Film Terbaik tentang Adolf Hitler Ini

Yuk, Tonton 10 Film Terbaik tentang Adolf Hitler Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Januari 2020

Pernah dengar cerita tentang Adolf Hitler? Ia adalah veteran Perang Dunia I yang seketika menjadi diktator Jerman. Bagaikan dua sisi mata uang, ia begitu disegani oleh warganya, namun masyarakat dunia sangat membenci dirinya. Sang Pemimpin NAZI ini bertanggung jawab atas pembunuhan massal terhadap orang-orang Yahudi. Ia berhasil menggebrak Eropa lewat ideologi fasisme sehingga memicu Perang Dunia II.

Pada akhirnya kejayaan Hitler bersama NAZI runtuh, perang dimenangkan oleh pihak sekutu. Seketika juga, Eropa keluar dari bayang-bayang genosida dan fasisme. Sebagai fakta sejarah, Ia digambarkan sebagai seorang yang psikopat, kejam, dan otoriter dalam beragam media massa. Cerita dominasi Hitler dalam menaklukan benua biru menjadi komoditi sejarah yang menarik untuk difilmkan.

Dunia sudah mencatat namanya sebagai bagian sejarah kelam Perang Dunia II yang tak bisa terlupakan. Untuk mengingat peristiwa itu, beragam film lewat sudut pandang berbeda telah menggambarkan sosok sang Fuhrer Jerman tersebut. Maka dari itu, kali ini Bacaterus akan memberikan rekomendasi film-film yang menceritakan tentang sosok Adolf Hitler? Yuk, kita simak sama-sama ulasannya di bawah ini.

1. Valkyrie (2008)

Valkyrie

Kolonel Stauffenberg bergabung dengan kelompok German Resistance bersama dengan Jendral Olbricht. Mereka adalah kelompok pemberontak berisikan para petinggi NAZI yang tidak sepaham dengan sang Fuhrer, Adolf Hitler. Oleh karena itu, tujuan terbesar dari mereka adalah membunuh pemimpin Jerman tersebut. Rencana itu harus secepatnya dilaksanakan sebelum Hitler melaksanakan invasi peperangan.

Membunuh Hitler yang merupakan pimpinan mereka sendiri adalah hal diluar nalar. Namun agar menyelamatkan Jerman dari bencana perang yang terjadi, mereka berani melakukan aksi kudeta tersebut. Mereka menggunakan operasi Valkyrie untuk melancarkan serangan pemberontakan kepada Hitler berserta orang-orang kepercayaannya. Kini, nasib Jerman dalam perang dunia ada di tangan mereka.

2. Inglourious Basterds (2009)

Inglourious Basterds

Seorang perempuan berdarah Yahudi bernama Shosanna melarikan diri ke Paris setelah keluarganya dibantai oleh pasukan NAZI. Di sana, ia merubah identitasnya dan bekerja sebagai operator film di gedung bioskop. Sementara itu di tempat lain, Letnan Aldo Raine membentuk kelompok The Basterd yang berisikan orang-orang Yahudi. Mereka bertujuan menghancurkan dominasi Hitler yang sudah merajarela.

Supaya rencana berhasil, Aldo melibatkan artis Jerman bernama Bridget Von Hammersmark. Mereka berencana membunuh Hitler yang akan hadir dalam pemutaran sebuah film propaganda di salah satu bioksop di Paris. Gedung bioskop yang dipilih oleh NAZI itu ternyata adalah tempat bekerja dari Shosanna. Kini, Shosanna pun mempunyai kesempatan besar untuk balas dendam atas kematian keluarganya. 

3. Downfall (2004)

Downfall

Pasukan tentara merah Uni Soviet sudah masuk ke dalam jantung Kota Berlin. Mereka membombardir seluruh kota beserta istana kebesaran Adolf Hitler. Di dalam istana tersebut terdapat sebuah bunker termpat persembunyian sang Fuhrer bersama orang-orang kepercayaannya. Serbuan sekutu dari barat dan kedatangan rombongan tentara merah dari timur menghancurkan militansi NAZI di Berlin.

Kekalahan Jerman tinggal menunggu waktu, namun Hitler tidak terima dengan sikap para jenderal-jenderalnya yang pesimis. Ia tetap optimis serangan balik yang diluncurkan akan memukul mundur sekutu dan tentara merah. Akan tetapi semua sia-sia, gempuran tentara merah semakin meluluhlantahkan Kota Berlin. Nasib Adolf Hitler yang sedang berada dalam bunker rahasianya berada di ujung tanduk. 

4. Look Who’s Back (2015)

Look Who's Back

Film ini menawarkan humor satir politik yang dikisahkan lewat Adolf Hitler yang hidup pada zaman modern sekarang. Ia terbangun di sebuah taman yang dulunya adalah bunker tempatnya bersembunyi dari serangan sekutu. Ia melihat negara yang dicintainya ini dipimpin oleh seorang Kanselir perempuan, Angela Merkel. Ia menjadi kebingungan karena Jerman sudah dipenuhi oleh para imigran-imigran asing.

Hitler sekarang merasa gagap budaya, ia kemudian berteman dengan seorang wartawan bernama Fabian Sawatzki. Fabian mengajaknya untuk mengisi sebuah acara TV di tempatnya bekerja. Sang wartawan pada akhirnya mengetahui jika temannya tersebut merupakan sosok Adolf Hitler asli yang datang dari masa lalu. Hitler yang kejam sekarang berdamai dengan dirinya dan hidup bersama masyarakat modern. 

5. Max (2002)

Max

Max Rothman adalah seorang veteran perang dunia I yang telah kehilangan tangan kanannya. Dengan kondisi seperti itu, maka karirnya sebagai pelukis pun harus sirna. Ia kembali ke Jerman untuk membuka galeri seni. Suatu hari, ia bertemu dengan sosok pemuda yang sama-sama veteran perang juga. Setelah diketahui, pria muda tersebut bernama Adolf Hitler yang sedang mengembangkan bakat melukisnya.

Max kemudian percaya bahwa Hitler memiliki bakat dalam melukis. Ia kemudian menyadari jika Hitler yang ia temui ini memiliki sikap anti Yahudi yang sangat tinggi. Terlepas dari itu, Max terus memotivasinya untuk menciptakan karya seni yang hebat. Akan tetapi, Hitler malah tergoda untuk terjun ke dunia politik. Ia bergabung dengan Partai Buruh Nasional-Sosialis Jerman atau lebih dikenal dengan Partai NAZI. 

6. Adolf Hitler: The Greatest Story Never Told (2013)

Adolf Hitler: The Greatest Story Never Told

Film dokumenter ini berdurasi enam jam, dan akan cukup membuka wawasanmu tentang Jerman dan Adolf Hitler selama masa perang dunia. Secara khusus, film ini akan menjelaskan tentang peran Jerman saat masa peperangan berkecamuk di Eropa. Di Bagian lainnya, dokumenter ini menceritakan tentang militansi NAZI, popularitas Hitler, dan sikap kerasnya terhadap orang-orang Yahudi di negaranya.

Prinsip-prinsip ideologi NAZI mulai menguat setelah Jerman kalah dalam Perang Dunia I. Sejak saat itu, muncullah sosok Hitler memegang kekuasaan absolut Jerman dan mulai menghantui benua biru. Dokumenter ini kemudian mengungkapkan sisi pribadi Hitler, mulai dari latar belakang keluarganya, karya seni dan perjuangannya, dan apa yang memotivasi dia untuk mengejar karir di bidang politik. 

7. Moloch (1999)

Moloch

Beberapa bulan sebelum berperang di Stalingrad, Adolf Hitler pergi menuju kediamannya di Berghof yang berada di pegunungan Alpen. Hitler membutuhkan waktu yang tenang untuk mempersiapkan perang tersebut. Ia berangkat bersama dengan orang-orang kepercayaanya, yakni Joseph Goebbels dan Martin Bormann. Di tempat tersebut, ia juga berencana untuk bertemu dengan kekasihnya, Eva Braun.

Selama masa persinggahannya, Hitler menghabiskan waktunya melihat pemandangan dari pegunungan Alpen. Dibalik megahnya pegunungan tersebut, Hitler mengobarkan api semangat kepada Goebbels dan Bormann. Dengan suara lantang ia berbicara, bahwa kemenangan Jeman adalah hal mutlak yang harus terjadi. Semangat perang kembali membara, mereka lalu pulang melanjutkan propaganda militer NAZI. 

8. Hitler: The Last Ten Days (1973)

Hitler: The Last Ten Days

Film drama biografi ini menggambarkan hari-hari menjelang bunuh diri Adolf Hitler di bunker rahasianya. Mendiang aktor berkebangsaan Inggris, Alec Guinness, memerankan sosok pemimpin Jerman tersebut. Ide cerita film ini didasarkan pada buku Hitler’s Last Days: An Eye-Witness Account yang ditulis oleh Gerhard Boldt. Ia merupakan seorang perwira Angkatan Darat Jerman yang selamat dari Fuhrerbunker.

Sebagai permulaan cerita, film ini dibuka dengan sosok Adolf Hitler yang membahas keberhasilan propaganda Jerman NAZI. Cuplikan klip sejarah dalam biografi ini diambil pada tahun 1935. Adegan tersebut adalah karya dokumentasi Leni Riefenstahl yang berjudul Triumph of the Will. Selain itu juga, beberapa adegan film diselingi dengan foto-foto kehancuran rezim NAZI selepas perang dunia.

9. The Empty Mirror (1996)

The Empty Mirror

The Empty Mirror adalah film drama psikologis yang merefleksikan kejiwaan dari Adolf Hitler. Dalam film ini, ia dihadapkan dengan dirinya sendiri yang tercermin dari sebuah film-film yang ia tonton. Sekejap saja ia mengenang kembali kehidupannya serta ideologi fasisme yang dibawanya saat menaklukan Eropa. Dalam tempat yang gelap di sebuah bunker ini, ia dihantui masa lalunya yang penuh kekejaman.

Ketika ia melihat memoir tentang dirinya, seketika juga orang-orang yang ia percayai seperti Eva Braun, Goering, dan Goebbels muncul di hadapannya. Adegan film kemudian diselingi dengan gambar-gambar dokumenter propaganda berjudul Triumph of the Will. Selama menghabiskan waktu menonton film tentang masa-masa terbaiknya, ia melihat raut ketakutan akan obsesi dari pemikirannya sendiri. 

10. Hitler: The Rise Of Evil (2003)

Hitler: The Rise Of Evil

Alur cerita film ini mengisahkan sosok Adolf Hitler dari kecil sampai menjadi ditaktor Jerman. Perjalanan Hitler bermulai dari seorang tentara yang patriotik. Ia meninggalkan Austria pergi ke Munich untuk ikut serta dalam Perang Dunia I. Setelah melaksanakan tugasnya, ia mendapat kenaikan pangkat selaku kopral. Hitler lalu menghadiri pertemuan partai buruh dan direkrut sebagai salah satu anggotanya.

Setelah bergabung dengan parta tersebut, Hitler memutuskan untuk meninggalkan karir militernya. Ia berfokus pada kebangkitan Jerman akibat kekalahannya saat Perang Dunia I. ia kemudian berhasil menjadi pemimpin partai buruh dan merubahnya namanya menjadi NAZI. Semangat perang berkorbar meletup-letup, sekarang ia melakukan propagandanya untuk menjadikan Jerman sebagai negara adidaya.

Demikianlah film-film yang menggambarkan sosok Adolf Hitler ini. Jika kamu penasaran akan ketegangan cerita perang dunia, tidak ada salahnya untuk menonton film yang sudah direkomendasikan. Hitler dan Perang Dunia II memang tidak dapat dipisahkan. Maka dari itu, semoga film yang telah diulas barusan dapat menjadi sumber pengetahuan baru untukmu ya. Jangan sampai terlewatkan, Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *