10 Film Terbaik yang Mengusung Tema tentang Ibadah Haji

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Haji adalah salah satu ibadah utama dalam agama Islam. Allah Ta’ala mewajibkan hamba-hamba-Nya untuk melaksanakan haji, seperti yang difirmankan-Nya di dalam Al-Qur’an surah Ali ‘Imran ayat 97.

Di dalam ayat itu, Allah mewajibkan haji bagi siapa saja yang mampu dan tidak boleh mengingkari kewajiban haji ini.

Di dalam hadits shahih yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah bersabda tentang rukun Islam. Salah satunya adalah haji.

Seringkali dianggap sebagai puncaknya ibadah, karena haji menggabungkan ibadah hati dan ibadah fisik sekaligus. Pelaksanaannya dimulai di bulan Dzulqa’dah dan puncaknya ialah saat wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Kondisi sanggup haji menurut ulama bukan hanya tentang materi saja, tapi juga kesanggupan fisik dan waktu. Banyak cerita tentang bagaimana persiapan dan perjalanan setiap Muslim dalam menempuh haji, termasuk terkait masalah kesanggupan tersebut.

Berikut ini beberapa film yang menceritakan tentang haji yang mungkin bisa membuat kita termotivasi untuk mulai mempersiapkan diri berhaji suatu saat nanti. Langsung disimak saja, ya!

Baca juga: Inilah 10 Film Bertema Agama dengan Pesan-Pesan Religius

1. The Message

The Message
  • Tahun Rilis: 1976
  • Genre: Drama, History, War, Biography
  • Produksi: Filmco International Productions
  • Sutradara: Moustapha Akkad
  • Pemeran: Anthony Quinn, Irene Papas, Michael Ansara

Film drama kolosal ini menceritakan perjuangan Nabi Muhammad dalam menegakkan Islam di tanah Arab. Diceritakan secara runut dari fase Mekah, hijrah ke Madinah hingga kembali merebut Mekah, film ini juga menggambarkan perjuangan para sahabat Nabi, seperti Bilal.

Karakter Nabi Muhammad dan empat sahabat utama: Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali tidak diperankan oleh aktor manapun. Mereka hanya ditampilkan lewat bayangan, sudut pandang orang pertama, atau ucapan yang disampaikan oleh karakter lain.

Hal ini dilakukan agar tidak menyalahi aturan dari para ulama Islam tentang dilarangnya menampilkan gambar Nabi Muhammad dalam media apapun.

Dalam film ini diperlihatkan beberapa kali adegan prosesi ibadah haji. Adegan di awal adalah ibadah haji pada masa Jahiliyah dimana Ka’bah masih dipenuhi oleh patung berhala.

Kemudian menjelang akhir, saat adegan Fathu Makkah, Nabi Muhammad menghancurkan berhala-berhala itu dan membeberkan syariat haji bagi umatnya.

Tampilan Ka’bah yang masih sederhana dengan kiswah bermotif salur disesuaikan dengan definisi dari hadits Nabi juga riset para ulama dan ahli sejarah.

Lewat film ini, kita dibawa untuk memahami Islam secara singkat dan mudah lewat rangkaian kisah perjuangan Nabi Muhammad dalam menyampaikan risalahnya.

2. Adaminte Makan Abu

Adaminte Makan Abu
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Drama
  • Produksi: Allens Media
  • Sutradara: Salim Ahmed
  • Pemeran: Salim Kumar, Zarina Wahab, Mukesh

Film drama ini menyajikan sebuah kisah penuh kegigihan dari pasangan suami istri untuk mewujudkan niat mereka berhaji.

Kehidupan mereka yang berada di bawah garis kemiskinan tidak menyurutkan usaha mereka. Sang suami berjualan parfum dan buku, sedang sang istri beternak ayam. Rasanya mustahil bagi mereka berdua untuk bisa berhaji.

Tapi melalui seorang teman yang bekerja sebagai agen travel, langkah mereka menuai mimpi mulai terbuka. Abu mulai mempersiapkan semua yang hendak dibawa, bahkan dia menyelesaikan semua hutang dan kesalahan yang pernah dia lakukan kepada orang lain.

Film ini memang sederhana, tapi sarat makna. Semangat pantang menyerah adalah teladan yang bisa kita petik dari kisah Abu ini.

3. Mekah I’m Coming

Mekah I’m Coming
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: MD Pictures, Dapur Film
  • Sutradara: Jeihan Angga
  • Pemeran: Michelle Ziudith, Rizky Nazar, Ria Irawan, Totos Rasiti

Film ini mengungkit sebuah fenomena tentang penipuan biro perjalanan haji yang pernah terjadi di Indonesia. Eddy yang tidak ingin kehilangan cinta Eni nekat menjual bengkelnya dan mendaftar perjalanan haji ke sebuah agen travel.

Sesampai di Jakarta, Eddy dan Fajrul tersadar bahwa mereka telah ditipu. Malu untuk pulang, Eddy bekerja di sebuah toko di Jakarta hingga ketahuan oleh Eni.

Meski tampil dalam balutan komedi yang kental, tapi film ini mampu menyentuh hati, terutama bagi mereka korban penipuan travel haji tersebut.

Menyampaikan pula pesan moral tentang arti kejujuran dan perjodohan karena harta, Mekah I’m Coming cukup bisa membuat kita paham tentang problematika yang dihadapi oleh para korban tersebut.

4. Emak Ingin Naik Haji

Emak Ingin Naik Haji
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama
  • Produksi: Mizan Production, Smaradhana Pro
  • Sutradara: Aditya Gumay
  • Pemeran: Ati Kanser Zein, Reza Rahadian, Didi Petet

Film ini menceritakan kesabaran, kegigihan dan keikhlasan seorang wanita tua yang sangat ingin berhaji. Meskipun dia hidup dalam keterbatasan, penghasilan hanya dari berjualan kue, Emak tetap berusaha menabung dan terus berharap masih memiliki umur untuk ke tanah suci.

Selain cerita Emak dan putranya, film ini juga mengisahkan gambaran dari dua keluarga lain yang berhaji dengan niat berbeda.

Salah satunya adalah orang kaya yang sudah sering berhaji dan umrah, sementara yang lainnya ingin berhaji demi kepentingan politik.

Film ini memiliki kualitas yang baik dengan cerita yang menyentuh hati. Diperkuat lagi dengan penampilan singkat namun berkesan dari mendiang Ustadz Jefry Al-Buchori yang menyampaikan tausiyah di salah satu adegan.

5. Journey to Mecca

Journey to Mecca
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, History
  • Produksi: Cosmic Picture, Dounia Productions, SK Films
  • Sutradara: Bruce Neibaur
  • Pemeran: Chems-Eddine Zinoune, Hassam Ghancy

Film dengan durasi yang cukup singkat ini menceritakan perjalanan Ibnu Battutah berhaji dari Tangiers di Maroko hingga ke Mekah di Arab Saudi pada tahun 1325.

Tokoh sejarah yang pernah singgah di 40 negara ini selain berhaji niatnya juga adalah untuk menuntut ilmu agama. Kisah Ibnu Battutah ini diselingi dengan dokumentasi ibadah haji di era modern dengan sinematografi yang sangat apik.

Wajar saja, film ini memang ditayangkan di layar IMAX, sehingga bisa mencengangkan mata penontonnya serta membawa mereka larut dalam kisah yang disuguhkan. Pemandangan thawaf di sekitar Ka’bah, Masjidil Haram dan Padang Arafah hadir maksimal menyentuh kalbu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram