Bacaterus / Film Bencana / 8 Film Terbaik Tentang Gempa Bumi yang Paling Mendebarkan

8 Film Terbaik Tentang Gempa Bumi yang Paling Mendebarkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 September 2019

Di perindustrian film, bencana alam menjadi salah satu genre yang lumayan sering difilmkan, seperti tsunami, angin topan, meteor serta gempa bumi. Beberapa film terkadang juga terinspirasi dari kejadian nyata.

Nah, untuk mengetahui seputar bencana alam khususnya gempa bumi Bacaterus telah merangkum beberapa film seputar gempa bumi yang bisa kamu tonton. Bahkan, ada beberapa film gempa bumi dengan kiamat lho. Ingin menonton filmnya? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini.

1. San Andreas

San Andreas

Film pertama yang bertema gempa bumi adalah San Andreas. Film ini dibintangi oleh Dwayne Johnson alias The Rock yang berperan sebagai pilot divisi penyelamatan dari pemadam kebakaran San Andreas, bernama Raymond Gaines.

Plot dari film ini berpusat pada gempa bumi yang menyebabkan San Andreas Bay Area hancur. Ray pun ditugaskan pada misi penyelamatan korban-korban gempa bumi tersebut.

Namun tidak hanya menyelamatkan korban-korban gempa bumi, Ray juga harus menyelamatkan putrinya yang terjebak saat gempa bumi terjadi. Dengan bantuan mantan istrinya, mereka pun memulai misi penyelamatan putri mereka.

Kamu tidak akan bosan menonton film ini karena tidak hanya disuguhkan scene tentang bencana alam dan misi penyelamatan yang mendebarkan, akan tetapi juga konflik keluarga yang terjadi antara Ray dan mantan istrinya.

2. MegaFault

MegaFault

Film Megafault ini merupakan projek terakhir dari aktris yang meninggal pada bulan Desember 2009 lalu, Brittany Murphy. Dia berperan sebagai seorang seismolog yang menemukan bahwa ledakan yang terjadi di Virginia Barat akan memicu gempa bumi besar nantinya.

Ledakan yang memicu gempa tersebut terjadi karena adanya penambangan besar-besaran dengan menggunakan bahan peledak. Gempa tersebut juga akhirnya menimbulkan patahan di tengah-tengah Amerika Utara.

Namun tidak hanya itu, jika patahan-patahan tersebut bertambah maka akan menyebabkan gempa dahsyat serta tsunami yang akan menghancurkan Los Angeles, San Francisco, serta kota-kota lain yang pada akhirnya akan menelan banyak korban jiwa.

Di sini Brittany Murphy yang berperan sebagai seismolog, bernama Dr. Amy Lane, beserta timnya berusaha menghentikan bencana-bencana yang mungkin akan terjadi. Berhasilkah mereka menyelamatkan kehancuran besar-besaran ini? Buat tahu kelanjutannya jangan lupa nonton film MegaFault ini ya.

3. The Quake

The Quake

The Quake merupakan sebuah film yang bercerita tentang gempa yang terjadi di Oslo pada tahun 1904 dengan kekuataan 5,4 magnitudo. Pusat gempanya berada di “Oslo Graben” yang terletak di bawah ibukota Norwegia.

Seiring berjalannya waktu gempa yang terjadi di Oslo ini sudah bisa diprediksi. Dan di masa depan, Oslo kembali terancam dengan gempa besar yang mirip dengan gempa yang terjadi pada tahun 1904.

Meski sudah dapat diprediksi, dapatkah gempa Oslo kali ini dihentikan dan diantisipasi? Langsung nonton filmnya, ya, biar ngga penasaran!

4. Earthquake

Earthquake

Satu lagi film yang menceritakan tentang gempa bumi yang terjadi Los Angeles, yaitu Earthquake. Meski film Earthquake ini tergolong jadul karena dirilis tahun 1974, namun penampilan dari para aktor dan penggambaran bencana alam, khususnya gempa bumi, dikemas dengan sangat ciamik.

Film Earthquake ini menggambarkan Los Angeles yang dilanda gempa bumi dahsyat dan bagaimana gempa memengaruhi kehidupan orang-orang. Meski tidak seperti film gempa lain, film satu ini bisa dibilang minim efek khusus.

Namun itu tidak menjadikan film ini lebih kurang menarik. Pasalnya film ini punya daya tarik lain, seperti cara bertahan hidup dan cara menghadapi cobaan dari Tuhan. Hal tersebut menjadikan film ini menjadi tontonan wajib bagi kamu yang mencari rekomendasi film tentang bencana alam.

5. Tang shan da di zhen (Aftershock)

Tang shan da di zhen (Aftershock)

Film ini memiliki plot yang berpusat pada gempa bumi dahsyat yang terjadi di Tangshan pada tahun 1976. Saat gempa tersebut terjadi, sebuah keluarga kehilangan kepala keluarganya karena berusaha menyelamatkan anak mereka. Saat rumah-rumah mulai runtuh sang ibu dihadapkan pada dilema karena hanya bisa menyelamatkan satu di antara anak kembar mereka.

Dikarenakan berbagai pertimbangan dan keadaan yang mendesak, sang ibu akhirnya memilih menyelamatkan sang putra, Fang Da dan mengorbankan putrinya, Fang Deng. Namun, tanpa disadari Fang Deng ternyata mendengar pilihan ibunya untuk menyelamatkan saudara kembarnya.

Meski ibunya memilih untuk menyelamatkan Fang Da, tetapi Fang Deng ternyata juga selamat dari reruntuhan tersebut dan akhirnya diadopsi oleh tentara dan namanya pun berubah menjadi Wang Deng.

32 tahun kemudian Wang Deng akhirnya bertemu kembali dengan saudara kembarnya dan mengetahui bagaimana kehidupan Ibu mereka setelah bencana tersebut.

Bagaimanakah kelanjutan reuni keluarga ini? Bagaimanakah perasaan Wang Deng setelah ibunya lebih memilih Fang Da? Jangan lewatkan film gempa bumi yang satu ini biar ngga penasaran.

6. The Wind Rises

The Wind Rises

Agak berbeda dengan film gempa bumi lainnya. Film animasi garapan studio Ghibli ini tidak terlalu fokus pada gempa bumi yang terjadi melainkan perjuangan Jiro Hirokoshi menjadi seorang pilot.

Perjuangan Jiro pun terhalang berbagai rintangan, seperti depresi, epidemi tuberkulosis, perang, serta gempa dahsyat yang terjadi di Kanto pada tahun 1923.

Gempa dahsyat yang terjadi saat Jiro dalam perjalanan ke Universitas ini mempertemukan dirinya dengan orang yang disukainya, Nahoko. Pada saat itu Jiro membantu Nahoko dan pelayannya menjauh dari kereta yang hendak meledak.

Walaupun tidak hanya berfokus pada gempa bumi, namun buat kamu yang suka film seputar bencana alam maka film ini bisa jadi pilihan kamu, dijamin kamu tidak akan kecewa deh.

7. Nature Unleashed: Earthquake

Nature Unleashed

Nature Unleashed: Earthquake bercerita tentang penduduk Rusia yang tinggal di dekat instalasi pembangkit energi nuklir terancam keselamatannya karena gempa bumi yang berpotensi menghancurkan pembangkit energi nuklir tersebut.

Cerita dari film ini berpusat pada Josh seorang insinyur yang menolak untuk bekerja di pembangkit energi nuklir. Namun karena adanya beberapa gempa kecil membuat Josh berubah pikiran, karena istrinya bekerja di pembangkit tersebut serta anak-anaknya tinggal di sekitar pembangkit.

Karena cemas pada keluarganya yang tinggal di sekitar pembangkit energi nuklir, Josh akhirnya bekerja untuk menyelidiki kebocoran pada pembangkit energi nuklir.

Tapi sebelum dapat menemukan apa-apa, gempa dahsyat dengan kekuatan 8,2 magnitudo menerjang Rusia. Gempa tersebut berpotensi meledakkan pusat pembangkit energi nuklir. Bagaimanakah nasib penduduk yang tinggal di sekitar pembangkit energi tenaga nuklir ini?

8. 10.0 Earthquake

10.0 Earthquake

Lagi-lagi sebuah film tentang gempa bumi yang terjadi di San Andreas. Penyebabnya adalah patahan lempeng San Andreas yang terguncang karena adanya beberapa gempa.

Patahan lempeng ini menjadi semakin tidak stabil saat perusahaan minyak melakukan penambangan dengan teknik fracking yang kontroversial.

Seorang Insinyur kemudian bersama putrinya dan seorang ahli geologi harus menemukan cara menanggulangi gempa tersebut. Namun, jika mereka terlambat menemukan cara menanggulanginya maka sebuah gempa dahsyat akan melenyapkan San Andreas. Berhasilkah mereka mencegah terjadinya bencana alam mengerikan ini?

Nah, itulah beberapa film tentang gempa bumi yang bisa kamu jadikan referensi. Dari film-film di atas kita juga bisa tahu bahwa gempa bumi tentunya merupakan sebuah bencana alam yang tidak dapat dihindari. Namun, kerusakan yang diterima oleh umat manusia bisa lebih banyak maupun lebih sedikit tergantung pada kehidupan orang-orang itu sendiri. Jadi, mana film gempa bumi yang ingin kamu tonton?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar