Bacaterus / Film Kriminal / Inilah 10 Film Komedi yang Menceritakan Tentang Ganja

Inilah 10 Film Komedi yang Menceritakan Tentang Ganja

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ganja atau mariyuana adalah sejenis tumbuhan yang berasal dari tanaman Cannabis Sativa. Penggunaan ganja memang sangat kontroversial, dan bahkan keberadaannya pun ilegal untuk diedarkan. Tanaman ini dikategorikan ke dalam obat-obatan terlarang.

Di lain sisi, ganja juga merupakan obat yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah kejang epilepsi dan memperlambat alzheimer. Dalam tanaman ini terdapat Delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) dan cannabidol (CBD). Kedua unsur tersebut kerap dijadikan sebagai bahan kimia untuk pengobatan.

Namun, TCH sendiri adalah zat dari ganja yang dapat membuat orang merasa high (mabuk). Meski dapat digunakan untuk kebutuhan medis, masih banyak orang yang menyalahgunakan ganja sehingga menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan.

Nah, sebagai bentuk informasi tentang ganja, media seperti film menjadi sarana efektif untuk sumber pengetahuan memahami tanaman ini. Maka dari itu, Bacaterus akan memberikan 10 rekomendasi film tentang ganja dengan nuansa komedi supaya kamu dapat terhibur sekaligus teredukasi saat menontonnya. Simak daftar filmnya berikut ini!

1. Pineapple Express (2008)

Pineapple Express (2008)

Film yang satu ini dibintangi oleh aktor Seth Rogen sebagai Dale Denton, dan James Franco memerankan seorang pengedar narkoba bernama Saul Silver. Pineapple Express adalah jenis daun ganja langka yang berhasil dibeli oleh Dale dari Saul. Sayangnya, sehabis membeli barang tersebut ia melihat kasus pembunuhan di depan matanya sendiri yang dilakukan oleh seorang polisi korup.

Keinginannya untuk menikmati Pineapple Express berubah menjadi pelarian penuh canda sekaligus berbahaya. Kini, ia bersama Saul harus menyelamatkan diri dikejar-kejar oleh gerombolon penjahat.

Karena aktingnya yang cukup menjanjikan sebagai seorang pengedar narkoba, James Franco lantas masuk nominasi untuk kategori Best Actor in a Motion Picture – Musical or Comedy di Golden Globe Awards.

2. The Big Lebowski (1998)

The Big Lebowski (1998)

Jeffrey Lebowski adalah seorang pengangguran yang kerjanya hanya menghisap ganja, minum alkohol dan bermain bowling bersama teman-temannya. Sementara itu di tempat lain, seorang milyuner yang dikenal dengan Big Lebowski hidup mewah dalam kenyamanan.

Masalah mulai muncul ketika dua orang penagih hutang membuat onar dan mengira Jeffrey adalah Big Lebowski yang mereka cari selama ini. Akibat kejadian tersebut, Jeffrey pun langsung pergi menuju rumah Lebowski sang milyuner.

Tanpa disangka, ia malah terbawa kasus penculikan yang menimpa istri Big Lebowski. Di saat seperti itulah, petualangan pria yang disapa “The Dude” ini dimulai. Film yang satu ini pada ulasan aggregator Rotten Tomatoes mendapatkan penilaian fresh dengan skor 82% berdasarkan ulasan dari 100 kritikus.

3. Super High Me (2008)

Super High Me (2008)

Super High Me adalah sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Michael Blieden, dan dibintangi oleh comedian/komika bernama Doug Benson. Cerita dalam film ini menuturkan kehidupan Benson yang selama 30 hari merokok ganja setiap hari.

Setelahnya itu, dirinya dilakukan tes medis untuk mengukur kesehatan fisik dan mentalnya selama menggunakan ganja dalam kurun waktu tersebut. Selain itu, dokumenter ini juga menambahkan wawancara dengan politisi, aktivis ganja, pemilik apotik, dan para pasien.

Semua orang yang tersebut merupakan bagian dari kelompok gerakan penggunaan ganja untuk medis (medical cannabis).  Pada tahun 2008, Super High Me diputar di lebih 1000 tempat yang berbeda dan menjadikannya sebagai film dokumenter terluas yang pernah ditayangkan kepada publik.

4. Harold and Kumar Go to White Castle (2004)

Harold and Kumar Go to White Castle (2004)

Harold Lee tinggal berdua di sebuah apartemen bersama temannya bernama Kumar Patel. Keduanya selalu menikmati hidup dengan cara menghisap ganja. Saat mabuk karena mariyuana, mereka melihat iklan restoran cepat saja White Castle di televisi dan tergoda dengan hamburger yang ditayangkan.

Ketika pergi ke tempat tersebut serangkaian kejadian lucu dan kesialan harus mereka hadapi di sepanjang jalan. Harold and Kumar Go to White Castle berhasil meraup pendapatan sekitar 5 juta dollar seminggu setelah perilisannya di Amerika Serikat dan Kanada.

Dalam penayangannya di seluruh dunia, film yang satu ini memiliki laba kotor secara total sebanyak 23 juta dollar. Para kritikus lalu menerima film ini secara baik dan positif dengan memberikan nilai 74% dalam situs Rotten Tomatoes.

5. Dazed and Confused (1993)

Dazed and Confused (1993)

Secara garis besar, film yang satu ini menceritakan tentang kehidupan remaja Kota Texas pada tahun 1976. Kisah persahabatan, drama percintaan, gaya hidup seperti merokok ganja dan minum alkohol hampir dapat ditemukan di sepanjang film ini berjalan.

Dazed and Confused dibintangi oleh aktor dan aktris yang sekarang menjadi populer seperti, Ben Affleck, Mattew McConaughey, serta Milla Jovovich. Walaupun tidak menembus box office, film ini mendapatkan kesuksesan secara kritik selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2002, sutradara Quentin Tarantino memilih Dazed and Confused sebagai film terbaik ke-10 sepanjang masa dalam polling di majalah Sight and Sound. Film ini juga menduduki peringkat ketiga dalam daftar The 50 Best High School Movies di majalah Entertainment Weekly.

6. This Is the End (2013)

This Is the End (2013)

Setelah cukup sukses dan konyol membintangi film Pineapple Express, Seth Rogen dan James Franco berakting bersama-sama kembali di film yang satu ini. Keduanya memerankan karakter aslinya sendiri, dan premis cerita mengisahkan tentang dunia di saat kiamat.

James, Seth serta kawan-kawannya yang sedang dibawah pengaruh alkohol dan ganja harus bertahan hidup dari segala kekacauan yang ada. Lewat anggaran produksi sebanyak 32 juta dollar, film ini mendapatkan sukses secara finansial dengan meraup keuntungan 126 juta dollar di seluruh dunia.

This Is the End ditulis dan disutradarai oleh Seth Rogen bersama Evan Goldberg. Konsep cerita di film ini merupakan adaptasi dari film pendek berjudul Jay and Seth versus the Apocalypse (2007) yang naskahnya juga ditulis oleh keduanya.

7. Jay and Silent Bob Strike Back (2001)

Jay and Silent Bob Strike Back (2001)

Film ini menceritakan kisah petualangan tentang Jay dan sahabatnya Silent Bob yang sehari-hari menjual ganja. Kehidupan mereka kemudian menjadi susah karena dua orang pria bernama Dante dan Randal berusaha menangkapnya.

Namun, kedua orang sahabat ini kembali bersemangat ketika sebuah film akan diproduksi yang menampilkan cerita berdasarkan kesamaan dari kehidupan mereka.

Pada awalnya, film ini berjudul View Askew 5, namun pihak produksi merubahnya menjadi Jay and Silent Bob Strike Back. Judul dan logo yang tertera dalam film ini merupakan referensi langsung dari seri film Star Wars: The Empire Strikes Back.

Film ini meraup 11 juta dollar di akhir pekan pembukaannya, dan menempati urutan ketiga box office di belakang film komedi lainnya, American Pie 2 dan Rush Hour 2.

8. We’re the Millers (2013)

We’re the Millers (2013)

Film yang satu ini disutradarai oleh Rawson M. Thurber, dan naskahnya ditulis Bob Fisher, Steve Faber, Sean Anders dan John Morris. Film ini juga dibintangi oleh Jason Sudeikis, Jennifer Aniston, Will Poulter, dan Emma Roberts.

Diceritakan bahwa David Clark (Jason Sudeikis) meminta bantuan tetangganya untuk berpura-pura menjadi keluarganya agar bisa menyelundupkan ganja dari Meksiko ke Amerika Serikat.

We the Millers dirilis dan diproduksi oleh rumah studio film New Line Cinema. Anggaran pembuatan film ini menggelontorkan dana 37 juta dollar, dan selepas penayangannya mendapatkan keuntungan secara finansial sebesar 270 juta dollar di seluruh dunia.

Film ini kemudian berhasil masuk ke dalam empat nominasi di ajang People’s Choice Awards, dan enam nominasi di penghargaan MTV Movie Awards.

 9. How High (2001)

How High (2001)

How High merupakan stoner comedy film (film komedi tentang ganja) yang dibintangi oleh dua rapper asal Amerika, yakni Method Man dan Redman. How High adalah film debut perdana untuk seorang sutradara bernama Jesse Dylan, serta naskahnya sendiri ditulis oleh Dustin Lee Abraham. Di tahun 2002, film ini memenangkan penghargaan di ajang Stony Awards untuk kategori Best Stoner Movie

Silas (Method Man), dan Jamal (Redman) adalah dua orang sahabat yang hobi merokok ganja. Suatu ketika, keduanya membuat eksperimen gila dengan menggunakan abu dari salah seorang teman yang sudah tewas sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman ganja mereka.

Diluar dugaan hasilnya sungguh ajaib, mereka tiba-tiba menjadi cerdas dan beasiswa menuju Universitas Harvard pun di depan mata.

10. Kid Cannabis (2014)

Kid Cannabis (2014)

Kid Cannabis merupakan sebuah film yang didasarkan pada kisah nyata dari seorang remaja putus sekolah di Kota Idaho bernama Nate Norman. Di usianya yang masih belia, ia mampu menghasilkan jutaan dollar hanya dengan menjual ganja.

Dirinya menjual barang tersebut menggunakan cara ilegal, yakni dengan cara menyelundupkannya melalui hutan melintasi perbatasan Amerika Serikat dan kanada. Pembuatan film ini terinsipirasi dari sebuah artikel tentang Nate Norman asli yang ditulis oleh Mark Binelli di Majalah Rolling Stone, diterbitkan pada tahun 2005.

Dalam tulisan itu diceritakan bahwa Nate Norman berhasil membangun kartel bisnis ganja bernilai jutaan dollar sebelum akhirnya tertangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama 12 tahun. Namun, Nate telah dibebaskan lebih awal dari hukuman seharusnya.

Itulah 10 film komedi yang menceritakan tentang efek keberadaan ganja dalam kehidupan sehari-hari. Semua ulasan di atas yang berkaitan dengan penyalahgunaan ganja secara sembarangan tentu saja bukan hal yang patut dicontoh.

Namun, hal tersebut dapat menjadi sebuah inspirasi untuk kamu agar bisa mengedukasi diri sendiri terhadap baik dan buruknya tanaman yang satu ini. Selamat menonton ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *