Bacaterus / Film Romantis / Aduh! 10 Film Tentang Friendzone Ini Bikin Penontonnya Baper

Aduh! 10 Film Tentang Friendzone Ini Bikin Penontonnya Baper

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2019

Friendzone adalah sebuah istilah untuk orang yang naksir atau jatuh cinta pada sahabatnya sendiri. Orang-orang ini mengalami kesulitan untuk mengungkapkan cintanya lantaran terikat dengan hubungan pertemanan atau persahabatan. Tak sedikit orang-orang yang berada di “zona teman” ini hanya dijadikan tempat curhat oleh sahabatnya.

Kisah orang-orang yang terlibat friendzone ternyata sempat diangkat ke sejumlah film layar lebar, lho. Nah, kalau saat ini kamu sedang berada di dalam friendzone atau ingin nostalgia dengan pengalaman friendzone yang terdahulu, 10 film tentang friendzone rekomendasi Bacaterus ini bakal cocok untuk menemani waktu luangmu.

1. When Harry Meet Sally [1989]

When Harry Meet Sally

Jauh sebelum kata “friendzone” menjadi beken seperti saat ini, ternyata di akhir tahun 80-an dirilis film dengan tema friendzone. “When Harry Meet Sally” adalah film yang mengisahkan tentang percintaan dua sahabat, yakni Harry (Billy Crystal) dan Sally (Meg Ryan).

Harry dan Sally adalah dua orang sahabat yang lulus dari universitas yang sama. Keduanya sama-sama pernah berkencan dengan orang lain. Hubungan persahabatan keduanya sempat terputus hingga lima tahun kemudian mereka kembali dipertemukan.

Ketika keduanya sama-sama pernah mengalami kegagalan cinta dengan orang lain, kini mereka mulai menyadari bahwa sebenarnya mereka saling mencintai.

2. Love, Rosie [2014]

Love, Rosie

Siapapun pasti akan dibuat gregetan dengan perjalanan cinta Rosie (Lily Collins) dan Alex (Sam Claffin). Dua orang yang bersahabat dan bertetangga sejak kecil ini harus berpisah lantaran keluarga Alex harus pindah ke Amerika. Saat menghadiri prom night di sekolahnya, Alex justru mengajak Bethany (Suki Waterhouse) dan Rosie memutuskan untuk pergi bersama Greg (Christian Coke).

Di malam prom night, Rosie dan Greg melakukan hubungan intim yang menyebabkan Rosie hamil. Impian Rosie untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi harus kandas. Alex yang harus pergi ke Amerika tidak mengetahui bahwa sahabatnya hamil.

Rosie yang sempat menjadi single parent akhirnya memutuskan untuk menikah dengan Greg, ayah biologis dari anak kandungnya. Sementara Alex bertemu kembali dengan Bethany dan keduanya mencoba untuk kembali bersama. Sayangnya, hubungan Rosie-Greg dan Alex-Bethany menemukan kegagalan.

Persahabatan Rosie dan Alex membuat mereka dekat kembali. Sampai pada akhirnya mereka menyadari bahwa sudah saling mencintai dan membutuhkan sejak dulu hingga saat ini.

3. Just Friends [2005]

Just Friends

Bagaimana rasanya ketika menyatakan cinta kepada seseorang tapi justru ditolak dengan dalih: “Sorry, kamu teman yang baik untukku”? Perasaan tersebut dirasakan oleh Chris (Ryan Reynolds), cowok bertubuh gemuk yang jatuh cinta pada temannya yang cantik, Jamie (Amy Smart).

Setelah cintanya ditolak dan sempat jadi bahan olok-olok di acara kelulusan SMA-nya, Chris akhirnya pindah dari New Jersey ke New York. Di sana, Chris mengubah penampilannya menjadi pria langsing dan tampan. Chris juga memiliki pekerjaan yang cukup sukses, yaitu sebagai agen artis.

Chris sempat dekat dengan Samantha (Anna Faris), seorang penyanyi baru yang ternyata adalah maniak seks. Namun, pertemuan Chris dengan Jamie membuatnya sadar bahwa dirinya masih mencintai Jamie. Sekali lagi Chris harus berjuang merebut hati Jamie. Apalagi kini ia memiliki saingan, Dusty (Chris Klein) – sahabat mereka yang ternyata juga menaruh hati pada Jamie.

4. 500 Days of Summer [2009]

500 Days of Summer

Film friendzone yang satu ini agaknya sedikit berbeda dengan film-film sejenis lainnya. Jika film friendzone lainnya menceritakan tentang dua orang sahabat yang jatuh cinta sejak lama tapi tak berani mengungkapkannya, tokoh dalam film 500 Days of Summer justru baru berkenalan di usia dewasa. Keduanya juga sempat memiliki hubungan TTM (Teman Tapi Mesra).

Tom (Josep Gordon-Levitt) dan Summer (Zooey Deschanel) merasa klop ketika mengobrol. Bahkan, beberapa kali Tom pernah mencium Summer. Akan tetapi, Summer selalu menolaknya dan menganggap Tom sebagai teman saja.

Kisah cinta mereka dipenuhi lika-liku dan perjalanan yang panjang. Sampai pada akhirnya kedua sahabat ini menyadari bahwa mereka bukan pasangan yang tepat satu sama lain. Mungkin pernah ada ketertarikan di antara keduanya, tapi itu bukan cinta sejati.

5. Friends with Benefits [2011]

Friends with Benefits

Friends with benefits adalah istilah untuk hubungan pertemanan yang sama-sama mendapatkan keuntungan (dalam hal seks). Hubungan ini dialami oleh Jamie (Mila Kunis) dan Dylan (Justin Timberlake). Mereka berdua sama-sama lelah mencari cinta sejati dan terus mengalami kegagalan dalam hubungan.

Dua orang sahabat ini memutuskan untuk menjalin hubungan sejenis friends with benefits di mana akhirnya mereka berdua melibatkan seks dalam persahabatannya. Pada awalnya, mereka berdua berkomitmen untuk bercinta tanpa ikatan emosional. Namun ternyata hal tersebut lebih sulit dari yang dibayangkan karena lama kelamaan keduanya menaruh perasaan satu sama lain.

6. Friend Zone [2019]

Friend Zone

“Friend Zone” adalah film Thailand yang rilis pada tahun 2019 dan mendapatkan respons yang positif dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Drama komedi romantis ini dibintangi oleh Naphat Nine dan Baifern Pimchanok.

Palm (Naphat Nine) dan Gink (Baifern Pimchanok) berada dalam zona pertemanan selama 10 tahun. Mereka bersahabat sejak SMA dan ketika itu Palm mengungkapkan perasaannya dan Gink menolaknya karena merasa menjadi teman lebih baik ketimbang pacar.

Baik Palm maupun Gink tetap bersahabat meskipun keduanya sama-sama menjalin hubungan dengan orang lain. Palm selalu ada untuk Gink ketika cewek itu bertengkar dengan pacarnya dan ingin curhat.

Suatu ketika Gink menduga bahwa pacarnya berselingkuh. Palm pun mendampingi Gink yang sedang terpuruk. Namun, siapa sangka bahwa momen ini justru mengungkap perasaan yang mereka pendam selama ini.

7. No Strings Attached [2011]

No Strings Attached

Film komedi romantis “No Strings Attached” dibintangi oleh aktor dan aktris kawakan, yaitu Ashton Kutcher da Natalie Portman. Sinopsisnya menceritakan tentang Emma (Natalie Portman) yang mengalami krisis dalam hubungan asmara sehingga enggan untuk menjalin hubungan serius dengan pria.

Suatu hari, Emma bertemu dengan temannya pada masa kecil, yakni Adam (Ashton Kutcher). Dengan mudah mereka kembali menjalin persahabatan sampai akhirnya keduanya sepakat untuk menjalani hubungan friends with benefits.

Bercinta tanpa adanya emosional mungkin terlihat mudah. Namun, hal tersebut jadi semakin sulit ketika Adam mulai menaruh hati pada Emma. Pun begitu dengan Emma, wanita yang tadinya apatis dengan cinta kini mulai takut kehilangan Adam yang ternyata mulai dicintainya.

8. One Day [2011]

One Day

Bagi kamu penyuka film drama romantis, One Day adalah rekomendasi film yang tepat untuk mengisi waktu luangmu. Film ini mengisahkan tentang dua orang insan, Emma (Anne Hathaway) dan Dexter (Jim Stuggess). Hubungan keduanya bermula pada saat mereka lulus dari Edinburgh University,

Emma dan Dexter sepakat untuk melakukan hubungan intim. Namun, rencana tersebut batal dan keduanya memutuskan untuk bersahabat saja.

Selama dua dekade menjalin persahabatan, kamu akan diajak larut dalam tarik-ulur kisah cinta antara Emma dan Dexter. Mungkin ceritanya akan terasa membosankan, tapi tak ada salahnya untuk ditonton sampai habis untuk mengetahui akhir kisah cinta Dexter dan Emma.

9. You Are the Apple of My Eye [2011]

You Are the Apple of My Eye

Mengambil setting pada tahun 1994, “You Are the Apple of My Eye” adalah drama romantis Taiwan yang cukup menuai kesuksesan di negara-negara Asia. Bukan hanya sekadar teman, tokoh sentral dalam film ini dulunya saling tidak menyukai.

Ko Teng adalah cowok bandel dan malas, sedangkan Shen Cia Yi merupakan cewek cantik yang pintar dan selalu menjadi kesayangan guru. Dua karakter dengan sifat yang kontras ini tadinya saling membenci, lalu karena suatu hal akhirnya keduanya menjalin persahabatan dan tak segan untuk saling membantu.

Dari persahabatan yang mereka jalin, muncul rasa tertarik dan kemudian menjadi cinta. Walaupun sama-sama saling suka, tapi baik Ko Teng dan Shen Cia Yi tidak pernah mengungkapkan perasaannya. Nah, akankah hubungan friendzone seperti ini bisa berlanjut?

10. My Best Friend’s Wedding [1997]

My Best Friend’s Wedding

Old but gold! Itulah kata-kata yang bisa mendeskripsikan film friendzone yang berikut ini. “My Best Friend’s Wedding” dibintangi oleh Julia Roberts dan Dermot Mulroney. Dalam film ini mereka memerankan sosok Julianne dan Michael yang bersahabat sejak masih kecil.

Semasa dulu, Julianne dan Michael mengikrarkan janji bahwa jika di usia 28 tahun mereka berdua masih lajang, maka mereka akan menikah. Empat hari sebelum ulang tahun Julianne, Michael mengumumkan bahwa dirinya akan menikah dengan seorang wanita bernama Kimberly (Cameron Diaz).

Seketika Julianne tersadar bahwa dirinya mencintai Michael dan tidak ingin kehilangan pria tersebut. Julianne bersumpah akan menggagalkan pernikahan sahabatnya itu.

Rekomendasi film seputar friendzone ini menarik untuk ditonton, lho. Kalau kamu punya rekomendasi judul film lainnya, kamu boleh menuliskan judulnya di kolom komentar yang tersedia di bawah, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar